Minggu, 05 Mei 2013

SRIKANDI BLOGGER, DARI RUMAH MENGGENGGAM KARYA

Di era digital sekarang ini, bukan suatu hal yang baru bagi seorang perempuan untuk membagi pikiran, ide, impian, dan kisah paling inspiratif dalam kehidupan melalui media digital. Media digital yang paling umum digunakan adalah blog, yang bisa diakses, diperbaharui, dibagi, dan dinikmati kapan saja tanpa batasan ruang, tempat, dan waktu.

Nyatanya blog bukan lagi sekadar lifestyle, namun sudah menjadi kebutuhan bagi kaum perempuan untuk selalu up to date dan menjadikan ngeblog sebagai kegiatan yang positif serta berpotensi memberikan kontribusi penghasilan tambahan.

Dengan blog, para perempuan bisa berbagi tentang pengalaman hingga minat mereka, masalah yang mereka hadapi, dan belakangan juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk berbisnis dan mengembangkan usaha yang tengah dirintis, walaupun pada umumnya semua dimulai dari keinginan untuk saling berbagi pengalaman.

Memanfaatkan waktu luang untuk menyalurkan hobi dan berbagi memberikan nilai tersendiri bagi kehidupan para blogger perempuan. Perasaan diakui dan mendapat tempat di hati para pengguna internet menjadi salah satu alasan kenapa para blogger perempuan ini bersedia meluangkan waktu sibuk mereka untuk mengepost berbagai hal menarik melalui blog mereka untuk dibagi dengan para pengguna internet lainnya.

logo kumpulan emak blogger
Kumpulan Emak Blogger atau biasa disebut KEB adalah komunitas blogger perempuan Indonesia dan telah memiliki ratusan anggota yang terdiri dari blogger perempuan dari berbagai komunitas blogger Indonesia, baik yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri. Sejak dibentuk pada Januari 2012 lalu, KEB semakin banyak dikenal masyarakat luas, terutama kaum perempuan. Perjalanan KEB dalam mensosialisasikan blog kepada kaum perempuan terbukti telah banyak memberikan manfaat dan inspirasi bagi kaum perempuan, agar melalui blog mampu tercipta karya-karya yang bermanfaat dan memberikan inspirasi serta kontribusi bagi perkembangan emansipasi kaum perempuan yang digagas dan diperjuangkan RA Kartini.

Di ulang tahunnya yang pertama Kumpulan Emak Blogger (KEB) mengangkat tema Aktualitas Perempuan di Era Digital, memberikan apresiasi kepada para blogger perempuan Indonesia dalam ajang pemilihan Srikandi Blogger 2013. Di ajang Srikandi Blogger 2013 ini, akan dipilih blogger perempuan yang bisa menyampaikan dan mengaktualisasikan kegiatan atau aktivitasnya secara online maupun offline.

Setelah melalui proses panjang dan seleksi yang ketat, dimulai dengan mengumumkan 50 unggulan Srikandi Blogger 2013. Bertepatan dengan Hari Kartini 2013, Panitia Srikandi Blogger 2013 mengumumkan 10 Finalis Srikandi Blogger 2013 yaitu Alaika Abdullah, Anazkia, Dina Begum, Diadjeng Laraswati, Eka Mayya, Nchie Hanie, Myra Anastasia, Octaviani Nur Hasanah, Shinta Ries, dan Winda Krisnadefa.

Meskipun tidak bisa menyaksikan secara langsung, namun gegap gempita acara Final Srikandi Blogger 2013 sangat terasa, hal ini dibuktikan dengan banyaknya berseliweran post-post di grup maupun tweet dari para member KEB. Bahkan pada saat acara final berlangsung tanggal 28 april 2013, ada live tweet yang bisa dibaca bahkan diretweet oleh member lain. Ternyata penganugrahan Srikandi Blogger 2013 bukan hanya milik para finalis, panitia, dan member yang hadir, tetapi milik semua member yang bernaung di bawah payung Kumpulan Emak Blogger, pelopor komunitas blogger perempuan Indonesia.

pemenang srikandi blogger 2013
Gambar di pinjam dari sini

Bangga? Tentu saja, sebagai bagian dari komunitas blogger perempuan Indonesia, rasa bangga itu menjelma menjadi rasa haru manakala detik-detik pengumuman pemenang melalui live tweet berlangsung hingga diumumkannya...jreng...jreng Emak Alaika Abdullah sebagai Srikandi Blogger 2013, Emak Anazkia sebagai Srikandi Favorit 2013, Emak Myra Anastasia, ketua kelasku di KEB Online Editing sebagai Srikandi Persahabatan 2013, Emak Haya Aliya Zaki, ibu guruku di KEB Online Editing sebagai Blogger Inspiratif, dan Emak Yati Rachmat, bunda yang ramah dan tidak sombong sebagai Blogger dengan Lifetime Achievement.

Selanjutnya mengintip hadiah yang dibawa pulang para emak yang beruntung itu, wow...bikin ngiler. Ada Acer Aspire V5-471PG dengan touchscreen notebook dan Acer Aspire E1-471. Perangkat komputer ini sangat berguna untuk mendukung kegiatan ngeblog, apalagi bila perangkat yang dimiliki berupa laptop dan tablet. Laptop memang paling ideal untuk mendukung kegiatan ngeblog di manapun bahkan di alam terbuka sekalipun, praktis, dan sangat mobile. Namun yang sedang menjadi trend sekarang ini adalah penggunaan tablet untuk mendukung kegiatan blogging dan googling, lebih simple, compact dan mobile.

Dan yang semakin bikin ngiler adalah hadiah berdus-dus Rinso, sebagai emak yang sangat matematis hadiah ini bisa membuat anggaran belanja sedikit mengalami penurunan alias hemat, selamat buat emak-emak yang beruntung. Selain hadiah lain yang juga membuat ngiler tidak ada habisnya. Semoga hadiah dan keberuntungan para pemenang Srikandi Blogger 2013 memberikan inspirasi untuk ikut serta di tahun berikutnya. Sebuah inspirasi bahwa melalui Srikandi Blogger 2013, seorang emak bisa bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya. Bahwa seorang Srikandi Blogger mampu memberikan kontribusi sebuah karya nyata yang dibawanya dari rumah tanpa harus menanggalkan predikat sebagai seorang istri dan ibu.


Tulisan ini diikutsertakan dalam Acer Srikandi Blogger Competition 2013.

Sumber tulisan :
http://emak2blogger.web.id
http://media-bloggerku.blogspot.com

8 komentar:

  1. Wow, tulisannya keren deh, Mak! Membacanya, menerbitkan rasa bangga dan haru, bahwa, kini, para emak [perempuan2 Indonesia], telah lebih jauh lagi langkah dan gaungnya, dalam mengisi dan memperindah kemerdekaan negeri ini, dengan karya2nya, baik di dunia maya maupun nyata. Yuk, semangat dan tebarkan terus virus positif ini yuk. :)

    Sukses ya, Mak! Semoga menang!

    BalasHapus
  2. wow...suka dengan komentnya. Makasih ya Mak, sudah meluangkan waktunya untuk mampir. Selamat atas terpilihnya sebagai Srikandi Blogger 2013

    BalasHapus
  3. wah kumpulan emak blogger emang inspiratif banget dan mendorong kita menjadi blogger yang hebat. semangat makk

    BalasHapus
  4. makasih Mak puteriamirillis, berkegiatan positif dengan ngeblog.

    BalasHapus
  5. kereennn...semoga sukses yaa...

    BalasHapus
  6. Inspiratif mak. Btw, kalo aku dr angkot menggenggam karya, maksudnya sering ngeblog pas di angkot hehehe

    BalasHapus
  7. hehehe....hebat Mak, kalo aku naik mobil suka pusing kalo mikir, jadi tidooorrr. Btw juga....tengkyu ya Mak, Salam kenal.

    BalasHapus
  8. Juri visit. Bagus artikelnya, Mak. Semoga sukses :)

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...