Rabu, 17 April 2013

BISNIS MELESAT BERKAT OLAH MARKETING

Banyak cara yang dilakukan para pelaku bisnis supaya produk yang dimiliki bisa diterima pasar. Strategi Marketing adalah hal mendasar yang harus diperhatikan. Inilah yang ditekankan oleh Veronica Ratna Ningrum, seorang Womenmarketer.

Marketing atau pemasaran adalah suatu proses untuk mendekatkan produk yang telah dihasilkan oleh pelaku bisnis ke konsumen. Tujuannya adalah agar produk tersebut dapat dengan mudah diakses oleh konsumen atau dapat digunakan konsumen secara tepat untuk memenuhi kebutuhan. Bagian marketing ini memang merupakan bagian yang sangat penting dan krusial dalam bisnis yang dijalankan karena konsep marketing yang tepat akan menentukan keberhasilan dalam bisnis.

strategi marketing
Melesatkan bisnis melalui Olah Marketing ini dapat dilihat dari dua sisi pandang yaitu dari pihak produsen dan pihak konsumen. Dari pihak produsen apabila hasil produksinya berupa barang, maka yang harus diperhatikan adalah :
  1. Tempat, tempat yang dipilih harus strategis sehingga dapat diakses dengan mudah oleh konsumen. 
  2. Kualitas produk harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen.
  3. Harga diusahakan terjangkau oleh konsumen serta sesuai dengan manfaatnya, atau harga yang kompetitif dibanding dengan produk sejenis lainnya. Hal ini menjadi penting karena jika harga yang ditentukan tidak kompetitif maka positioning produk harus benar-benar kuat menyasar target pasar.
  4. Faktor promosi haruslah akan lebih mendekatkan produk yang telah dihasilkan ke konsumen sehingga konsumen akan mengetahui dengan benar bagaimana, apa, manfaat, dan keunggulan produk tersebut.

Dari pihak konsumen, hal yang harus diperhatikan adalah usaha untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen tersebut, kenyamanan konsumen terhadap produk yang dihasilkan, hal ini  lebih berkaitan pada kepuasan yang diperoleh konsumen setelah menggunakan produk tersebut. Dengan adanya rasa puas tersebut maka timbul keinginan konsumen untuk menggunakan produk itu kembali.

loyalitas konsumen
Rasa puas setelah mengkonsumsi suatu produk secara tidak langsung akan terciptanya kepercayaan dan komitmen terhadap suatu produk. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun loyalitas konsumen, yaitu berikan nilai lebih pada produk Anda, selalu berikan yang terbaik bagi konsumen Anda, buat kegiatan rutin atau forum khusus untuk para pelanggan setia Anda, dan ciptakan citra yang baik di mata para pelanggan Anda. Beberapa keuntungan yang diperoleh dari loyalitas konsumen, antara lain :
  • Penjualan produk semakin meningkat setiap harinya.
  • Pembelian produk dalam jangka waktu lama dan berkelanjutan.
  • Mengurangi biaya pemasaran, sebab konsumen yang sudah loyal akan membantu pemasaran bisnis Anda. 
Semua ini harus diramu dengan benar dan tepat oleh pihak marketing suatu produk, karena hal inilah yang akan menjadi kunci keberhasilan untuk melesatkan bisnis. Bisnis melesat berkat Olah Marketing yang tepat plus standar mutu yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...