Ini Cara Nikmati Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Odeng Ala Jajanan Korea Di Rumah

Produk Baru Fiesta Seafood


Suka jajanan ala Korea? Sekarang ada cara mudah untuk nikmati jajanan ala Korea di rumah dengan hadirnya Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Fiesta Seafood Odeng. Korea Selatan memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki aneka jajanan atau street food yang lezat dan menggoda selera. Ragam makanan dan jajanan khas Korea ini nyaris selalu ada dalam adegan drama Korea, membuat masyarakat Indonesia yang dikenal sangat menyukai drama Korea merasa tertarik ingin mencicipinya juga. Selain menggugah selera, jajanan khas Korea ini juga disukai karena rasanya yang bersahabat di lidah dan pengolahannya yang relatif mudah.

Seafood menjadi salah satu jenis hidangan yang sangat disukai masyarakat Korea, bahkan aneka jajanan berbahan seafood nyaris selalu muncul dalam adegan drama Korea. Populernya drama Korea di Indonesia membuat banyak masyarakat Indonesia kini mulai menyukai aneka jajanan khas Korea ini, bahkan sampai viral di media sosial. Namun, dibalik viralnya jajanan khas Korea yang berbahan seafood ini, harus diakui bahwa seafood memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kandungan gizi yang terdapat pada seafood, mulai dari ikan, udang, kerang, lobster, kepiting, dan lainnya.

Seafood memiliki kandungan gizi unggulan, yaitu protein hewani. Protein hewani yang terdapat pada seafood merupakan jenis protein yang mengandung asam amino mudah diserap oleh tubuh. Hal inilah yang membuat protein hewani yang terdapat pada seafood merupakan jenis yang berkualitas baik. Selain memiliki kandungan protein hewani yang berkualitas baik, pada seafood juga terdapat kandungan gizi lainnya, yaitu Asam Lemak Omega 3. Dengan mengonsumsi hidangan berbahan seafood, maka seseorang akan memperoleh asupan omega 3 alami dengan kandungan AA dan DHA cukup tinggi.

Ayo Makan Seafood
Foto: www.canva.com

Pada seafood juga terdapat kandungan mineral dan vitamin yang berbeda dengan kandungan pada bahan makanan lainnya lho. Mengapa? Hal ini disebabkan kandungan jenis protein dan lemak yang berbeda. Seafood menjadi bahan makanan alami yang mengandung mineral yodium cukup baik untuk tubuh, dimana yodium penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh. 

Tidak hanya mineral yodium, sebagian besar seafood juga mengandung banyak vitamin B complex serta mineral jenis selenium dan kalsium. Dengan banyak kandungan gizi unggulan seafood ini, tidak heran jika masyarakat Korea menjadikan hidangan berbahan seafood sebagai makanan favoritnya, dan sudah seharusnya masyarakat Indonesia juga harus gemar makan seafood, karena memiliki sederet manfaat baik untuk kesehatan. Ayo makan seafood!

Manfaat Seafood Untuk Kesehatan, Ayo Makan Seafood!

Sudah tahu kan, kalau seafood memiliki cukup banyak kandungan gizi yang penting untuk membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti kandungan protein, asam lemak, mineral, dan vitamin. Wajar jika banyak yang mengatakan kalau seafood menjadi salah satu jenis makanan paling sehat di dunia, hal ini dibuktikan pada masyarakat Korea yang gemar makan seafood dan memiliki tubuh yang sehat. Berikut beberapa manfaat seafood untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Seafood Kaya Akan Nutrisi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau seafood memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, seperti protein hewani, asam lemak, mineral, dan vitamin. Bahkan, kandungan protein hewani yang terdapat pada seafood bisa dibilang yang terbaik, terutama untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan deretan kandungan gizi unggul ini, tentu sangat wajar jika seafood kaya akan nutrisi yang membantu tubuh menjadi lebih sehat.

Membantu Menyehatkan Jantung

Seafood atau makanan laut memiliki kandungan Asam Lemak Omega 3 cukup banyak. Kandungan inilah yang bisa membantu menyehatkan jantung, termasuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, serangan jantung, hingga aritmia jantung. Beberapa studi di bidang kesehatan juga menyebutkan bahwa mengonsumsi seafood, terutama ikan secara rutin bisa membantu menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga menurunkan risiko mengalami penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Sebuah studi tentang kesehatan menemukan kalau Asam Lemak Omega 3 yang terdapat seafood dapat membantu memudahkan pergerakan sendi dan mengurangi kekakuan pada sendi akibat peradangan kronis pada sendi yang disebut juga arthritis rheumatoid. Kandungan vitamin D yang terdapat pada beberapa jenis ikan, seperti ikan salmon dan tuna sangat membantu pertumbuhan tulang dan penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

Meningkatkan Kemampuan Otak

Kandungan Asam Lemak Omega 3 pada seafood atau makanan laut sangat membantu meningkatkan kemampuan otak, terutama otak anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini karena seafood atau makanan laut dapat meningkatkan kadar asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexanoic (DHA), sehingga baik untuk mendukung pertumbuhan otak terutama pada bayi dan anak-anak.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Investigative Ophthalmology and Visual Science menemukan bahwa degenerasi makula (bagian tengah mata) terkait usia cenderung berkurang pada orang yang rutin mengonsumsi seafood atau makanan laut. Dengan demikian dapat dikatakan kalau mengonsumsi seafood, seperti minyak ikan dapat membuat mata lebih sehat dan cerah.

Manfaat tersebut sesungguhnya hanya sedikit dari banyak manfaat lainnya jika rutin mengonsumsi seafood atau makanan laut. Bahkan, dalam suatu artikel kesehatan disebutkan bahwa seafood bisa membantu mencegah terjadinya depresi atau justru mengatasi depresi, dimana seafood dipercaya bisa membantu meningkatkan hormon yang menciptakan suasana bahagia dalam diri seseorang. Dengan sederet manfaat seafood tidak hanya untuk kesehatan fisik tapi juga mental, tidak heran jika masyarakat Korea sangat menyukai makanan berbahan seafood. Seafood tidak hanya dijadikan hidangan pelengkap makanan utama atau lauk-pauk saja, tapi juga dijadikan jajanan yang laris manis dan sangat disukai masyarakat Korea.

Salah satu street food atau jajanan khas Korea yang sedang viral di Indonesia adalah Odeng. Hayoo…siapa nih yang belum pernah mencicipi jajanan khas Korea Odeng? Bagi yang belum mengetahuinya, odeng merupakan salah satu jajanan tradisional Korea yang dalam istilah lainnya disebut eomuk. Buat penggemar drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini, karena sering muncul dalam adegan makan atau jajan para tokoh drama Korea. Odeng terbuat dari bahan dasar ikan dan sering dimakan saat cuaca sedang dingin karena disajikan dalam bentuk berkuah.

Jajanan Korea Odeng

Di negeri asalnya, yaitu Korea Selatan, Odeng kerap dijual di gerobak-gerobak atau kios, sehingga banyak orang mengenal odeng sebagai street food. Dilansir dari situs Korean Bapsang, eomuk atau odeng Korea adalah makanan atau jajanan terbuat dari ikan yang dihaluskan sebagai bahan utama di tambah bahan-bahan lainnya. Odeng yang dijual sebagai jajanan kaki lima di Korea umumnya disajikan dengan tusuk sate dan kuah kaldu panas. Kuah kaldu khas Korea ini biasanya disajikan dalam mangkuk terpisah. Meskipun dikenal sebagai jajanan kaki lima, orang Korea kerap membuat odeng atau eomuk di rumah tanpa tusuk sate dan disajikan sebagai sup untuk makanan sehari-hari.

Di Korea Selatan, odeng yang terkenal enak berasal dari Busan. Busan merupakan salah satu kota pelabuhan yang memiliki hasil laut berlimpah, tidak heran jika kota ini terkenal dengan seafood atau makanan lautnya. Odeng yang dibuat di Busan terkenal karena komposisi ikannya yang lebih banyak, dan tidak hanya disajikan siap makan, tapi juga dalam bentuk beku sehingga bisa disimpan dalam waktu cukup lama. Bagi yang sudah mencoba odeng Korea bisa merasakan teksturnya yang kenyal namun lembut, biasanya disajikan dalam bentuk berkuah. Nah, bagi yang ingin mencicipi odeng, jajanan khas Korea yang sedang viral di rumah, tidak perlu bingung untuk membuatnya, karena Fiesta Seafood mengeluarkan produk terbaru, yaitu Fiesta Seafood Odeng dan juga Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget.

Ini Cara Nikmati Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Odeng Ala Jajanan Korea Di Rumah

Sudah pernah mencoba berbagai olahan seafood yang disajikan oleh Fiesta Seafood? PT Central Proteina Prima Tbk melalui anak usahanya, yaitu PT Centralpertiwi Bahari (CP Prima Seafood) baru saja meluncurkan produk terbaru, yaitu Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Fiesta Seafood Odeng. Peluncuran produk baru yang berbasis olahan udang dan olahan ikan kualitas premium ini semakin mengukuhkan Fiesta Seafood sebagai produsen makanan olahan berbasis boga bahari yang terpercaya.

Fiesta Seafood

Peluncuran produk baru hasil olahan seafood ini sebagai bentuk konsistensi CP Prima Seafood dalam menyediakan alternatif sumber protein terutama dari makanan laut dengan bahan-bahan yang berkualitas. Produk-produk olahan seafood ini tentunya sangat membantu masyarakat yang ingin rutin mengonsumsi seafood dengan cara lebih praktis, dan mendapatkan hasil olahan dari bahan-bahan berkualitas. Produk Fiesta Seafood tidak hanya dikenal unggul dalam rasa dan kualitas bahan baku, tapi juga kemudahan dalam penyajiannya. Salah satunya dengan memberikan kesempatan masyarakat Indonesia yang ingin mencicipi jajanan khas Korea yang sedang viral, yaitu odeng melalui produk Fiesta Seafood Odeng.

Seperti di negara asalnya, yaitu Korea, odeng tidak hanya dikonsumsi dalam bentuk jajanan saja lho tapi dapat juga dijadikan pelengkap hidangan atau bagian dari lauk pauk makanan sehari-hari. Hal ini sesuai anjuran para ahli kesehatan tentang porsi makanan gizi seimbang yang sebaiknya terdiri dari dua per tiga makanan pokok dengan sepertiga protein, bisa nabati atau hewani namun akan lebih baik jika memilih protein hewani terutama dari makanan laut atau seafood, seperti ikan, udang, dan lainnya.

Buat ibu rumah tangga yang ingin serba praktis, tidak perlu bingung untuk melengkapi porsi makanan gizi seimbang, khususnya asupan protein hewani dari seafood atau makanan laut, Fiesta Seafood hadir dengan beragam varian frozen seafood yang berkualitas tinggi untuk konsumen yang ingin menikmati sajian ala restoran di rumah dengan praktis. Semua produk terbuat dari real seafood ingredients sehingga kandungan gizi dan nutrisinya tetap terjaga. Fiesta seafood dapat dinikmati dengan berbagai cara, bisa digoreng, dikukus, direbus, atau diolah menjadi beragam sajian unik seperti direstoran. Nah, berikut ini cara nikmati Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Fiesta Seafood Odeng ala jajanan Korea di rumah.

Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget

Akhirnya…Fiesta Seafood mengeluarkan varian nugget dengan bubble crumb yang disukai anak-anak saya, yuk cari tahu! Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dibuat dengan daging udang asli pilihan yang terasa diteksturnya, dan rasa bumbu yang enak, dipadukan dengan bubble crumb yang renyah menghasilkan sensasi kriuk yang super lezat, pastinya disukai semua golongan usia. Sama seperti produk Fiesta Seafood lainnya, Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget sangat mudah diolah, cukup digoreng atau dijadikan bahan pelengkap menu makanan praktis lainnya.

Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget

Berikut ingredients Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget yang pertama di Indonesia dengan perpaduan udang dan renyahnya crispy bubble, kriuk di luar, juicy di dalam.
Udang, air, tepung terigu, surimi, pati jagung, pati tapioka, gula, garam, lada putih bubuk, penguat rasa, (mononatrium glutamat,dinatrium inosinat, dinatrium guanilat) bawang bombay bubuk, pengawet kalium sorbat.
Selain rasanya yang sudah pasti enak dan lezat, Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget ini memiliki kandungan protein hewani, omega 3, 6, 9, dan asam amino esensial yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan jaminan kesegaran bahan baku seafood yang digunakan, produk baru dari Fiesta Seafood ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh serta pertumbuhan anak-anak. Apalagi anak-anak dikenal sangat menyukai olahan nugget, baik untuk pelengkap hidangan utama maupun camilan. Selain praktis dan siap masak, juga tersedia dalam kemasan berukuran 450 gram.

Keunggulan Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget

Selain disajikan dengan cara digoreng dan dicocol saus favorit keluarga, Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget juga bisa dinikmati sebagai lauk makan. Nah, ini salah satu resep Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget yang saya masak untuk menemani sahur bersama keluarga. Selain praktis dan bahan-bahannya mudah, resep ini bisa menjadi variasi menu untuk sahur atau berbuka ala restoran di rumah.

Resep Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget Cabai Garam

Resep Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget

Bahan-bahan:
  • 300 gram Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget
  • 8 siung bawang putih, cincang kasar
  • 7 buah cabe rawit, iris bulat
  • 1 batang daun bawang bagian hijau, iris bulat
  • 1 sendok teh gula pasir
  • Garam dan merica sesuai selera
  • Bawang goreng
  • Minyak goreng
Bubble Crumb Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget

Cara Memasak:
  1. Panaskan minyak goreng. Masukkan Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget lalu goreng hingga keemasan.
  2. Setelah matang dan berwarna keemasan, angkat dan tiriskan lalu potong-potong sesuai selera.
  3. Panaskan kembali minyak di wajan, kemudian tumis bawang putih dan irisan cabe rawit hingga beraroma lalu masukkan irisan daun bawang, aduk rata.
  4. Masukkan potongan Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget, aduk sebentar lalu bumbui dengan garam, gula, dan merica, aduk rata kembali.
  5. Angkat dan sajikan dengan irisan daun bawang serta taburi dengan bawang goreng.
  6. Sajian Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget Cabai Garam ala restoran siap dihidangkan.

Fiesta Seafood Odeng

Bagi yang ingin mencicipi jajanan viral khas Korea, yaitu odeng atau eomuk, ada kabar gembira nih! Sudah tersedia odeng dalam kemasan praktis dan siap saji, yang merupakan produk baru dari Fiesta Seafood, yaitu Fiesta Seafood Odeng. Fiesta Seafood Odeng merupakan produk olahan yang terbuat dari bahan baku ikan terbaik, dicampur dengan bumbu-bumbu yang berkualitas dan memiliki tekstur empuk dengan rasa yang gurih. Fiesta Seafood Odeng telah tersertifikasi Halal dan BPOM RI sehingga aman dan pastinya enak untuk dikonsumsi bersama keluarga dan teman, terutama para pecinta makanan Korea (K-Food Lovers).

Fiesta Seafood Odeng

Sama seperti produk Crispy Shrimp Nugget, Fiesta Seafood Odeng juga memiliki keunggulan dari segi nutrisinya, karena dalam setiap lembaran odeng mengandung Omega 3 dan 6 yang baik untuk pertumbuhan otak, Omega 9 untuk mengurangi kadar lemak jahat dalam darah, dan Asam Amino Esensial yang memiliki fungsi menjaga keseimbangan metabolisme tubuh serta sebagai antioksidan.

Produk Fiesta Seafood Odeng ini tersedia dalam kemasan berukuran 500 gram. Adapun saran penyajiannya, direbus dengan kuah kaldu dan sayuran favorit keluarga. Fiesta Seafood Odeng cocok dijadikan camilan untuk dinikmati saat cuaca dingin atau hujan karena kuah kaldunya bisa membantu menghangatkan tubuh, seperti penyajiannya di negara asalnya, yaitu Korea.

Keunggulan Fiesta Seafood Odeng

Untuk resep Fiesta Seafood Odeng kali ini sangat mudah dan praktis, cocok untuk pecinta makanan Korea, yaitu Resep Fiesta Seafood Odeng Kuah Korea. Resep Odeng Kuah Korea ini di negara asalnya sering disebut juga eomuk atau fish cake soup. Rasanya sudah pasti gurih dan menyegarkan, serta sangat cocok dinikmat saat cuaca dingin atau sedang musim hujan, seperti negara asalnya Korea.

Resep Fiesta Seafood Odeng Kuah Korea

Resep Fiesta Seafood Odeng Kuah Korea

Bahan Odeng:

3 - 5 lembar Fiesta Seafood Odeng

Bahan Kuah Korea:
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 3 tangkai/batang daun bawang
  • ½  sendok teh garam
  • ¼ sendok teh kaldu bubuk
  • Merica bubuk secukupnya
  • 1 tangkai/batang daun bawang untuk taburan
  • 500 ml air
Cara Memasak:
  1. Lipat lembaran Fiesta Seafood Odeng, kemudian lipat sambil ditusuk menggunakan lidi khusus untuk sate atau tusukan sate. Jika ingin lebih rapi, hilangkan sisi-sisinya hingga berbentuk persegi panjang yang rapi saat dilipat dan ditusuk dengan tusuk sate.
  2. Untuk kuahnya, tumis bawang putih yang sudah diiris tipis sampai harum, tambahkan air dan masak hingga mendidih.
  3. Masukkan kecap asin, kecap ikan, garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk, lalu aduk kembali hingga semua bumbu tercampur. Sesaat sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang lalu aduk sebentar.
  4. Tuang kuah Korea ke dalam mangkuk secukupnya, lalu masukkan odeng yang sudah ditusuk dengan tusukan sate, taburi kembali dengan daun bawang.
  5. Fiesta Seafood Odeng Kuah Korea siap disajikan, bisa sebagai camilan atau dijadikan lauk makan.
Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Odeng

Bagaimana resepnya? Praktis dan simpel pastinya apalagi bahan-bahannya mudah didapat serta sudah tersedia produk dari Fiesta Seafood, yaitu Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Fiesta Seafood Odeng. Dua produk baru dari Fiesta Seafood ini baik dikonsumsi semua orang dari berbagai golongan usia, karena bahan baku yang digunakan berkualitas tinggi dan masih segar sehingga terjamin kandungan nutrisinya. Bagi pecinta makanan Korea, produk baru Fiesta Seafood bisa bisa menjadi cara mudah buat nikmati jajanan ala Korea yang sedang viral di rumah.

Resep yang praktis dan bahan-bahannya mudah didapat ini bisa jadi solusi lho untuk menu makanan saat sahur dan buka puasa di bulan Ramadan ini. Dengan produk baru dari Fiesta Seafood ini bikin menu makanan ala restoran di rumah saat sahur dan berbuka puasa jadi super mudah dan pastinya super lezat. Ini cara nikmati Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Fiesta Seafood Odeng ala jajanan Korea di rumah.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

5 komentar untuk "Ini Cara Nikmati Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget dan Odeng Ala Jajanan Korea Di Rumah"

Comment Author Avatar
nugget crispy bubble memang enak :D
Comment Author Avatar
Awalnya mengira odeng makanan yang gimana gitu karena makanannya praktis, tapi setelah lihat sejarahnya odeng bermanfaat ya. Jadi ngiler pengen beli di toko frozen deh....nggak kebayang deh lezatnya odeng bercamlur kuah rumahan bikinan sendiri...hmmm yummy pastinya
Comment Author Avatar
Wah nanti mau nyoba resep Fiesta Seafood Crispy Shrimp Nugget Cabai Garam. Sepertinya ini enak banget apalagi makannya pakai nasi hangat, pasti makin mantap nih
Comment Author Avatar
Fiesta seafood crispy shrimp nugget biasanya saya goreng untuk penyajiannya. Sedangkan yang fiesta odeng belum pernah mencoba. Terima kasih resepnya mbak.
Comment Author Avatar
Wah, kalau odeng, sih, bisa banget masuk ke makanan Indonesia. Salah satunya makanan favorit sejuta umat, yakni seblak, hhe. Saya paling suka jajan seblak dengan topping odeng.