Mau Jadi Kreator Konten Gaming? Pakai Dulu ASUS ROG Phone 8

ASUS ROG Phone 8

Mau jadi kreator konten gaming? Saya mengerutkan alis mendengar jawaban Razan, putra kedua saya yang saat ini sedang duduk di bangku kelas 11 SMK saat ditanya rencana melanjutkan sekolah setelah lulus SMK tahun depan. Saya pikir Razan sama seperti remaja seusianya yang rata-rata memiliki hobi bermain game online di sela-sela aktivitas belajar di sekolah. Ternyata diam-diam Razan memiliki keinginan untuk serius menekuni hobinya yang satu ini, tidak heran jika hampir setiap minggu di email saya selalu muncul notifikasi pemberitahuan kalau salah satu channel youtube kreator konten gaming yang di subscribe Razan mengunggah konten video gaming baru. Meskipun sudah kelas 11 SMK, Razan masih login menggunakan email saya di smartphone miliknya.

"Jadi kreator konten gaming itu tidak mudah lho, selain harus konsisten dan mau belajar serta yang terpenting tidak mudah putus asa atau patah semangat kalau belum berhasil," saya menjawab untuk menguji keseriusannya. "Iya tahu, banyak juga yang cerita di video-video kalau awal-awal banyak gagalnya, penontonnya sedikit, terus dibilang kontennya kurang menarik, tapi Razan mau coba." Hmmm...mendengar ucapannya saya sedikit lega karena Razan tahu kalau mau menekuni sesuatu pasti ada risiko dan hambatannya. "Oke kalau Razan mau memulainya boleh-boleh saja, tapi pikirkan juga rencana sekolah setelah lulus SMK ya dan usahakan fokus belajar juga," akhirnya saya memberikan kesempatan tentunya dengan sejumlah persyaratan yang harus di penuhi Razan.

"Oh iya, kalau mau membuat konten, kualitasnya harus bagus dan informatif," saya mengingatkan Razan. "Pasti dong ma, apalagi kalau dukungan penuh mama diwujudkan dengan membelikan ASUS ROG Phone 8, pasti lebih mudah membuat konten yang bagus," sungguh jawaban yang tidak terduga dan membuat saya tersenyum hingga akhirnya mengucapkan "doakan ya nak, supaya dukungan mama bisa diwujudkan dengan membelikan ASUS ROG Phone 8." Sejujurnya saya tidak terkejut dengan permintaannya mengingat smartphone dengan fitur-fitur yang unggul dan mumpuni sangat dibutuhkan para kreator konten, termasuk kreator konten gaming.

Generasi Z atau lebih familiar dengan sebutan Gen Z dikenal memiliki ciri sebagai generasi yang mempunyai banyak ide kreatif, inovatif, dan tentu saja memiliki kemahiran dalam menggunakan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Tiktok, Youtube, Twitter/X, dan lainnya. Hal ini wajar mengingat Gen Z lahir, tumbuh, dan berkembang dalam naungan kemajuan teknologi digital yang mudah diakses melalui beragam perangkat teknologi, seperti smartphone atau ponsel pintar dan komputer baik PC maupun laptop. Tidak hanya membawa perubahan dalam pola berpikir, Gen Z juga dikenal memiliki cara berkomunikasi yang lebih khas, dan terkadang membuat saya serta ayahnya yang merupakan Generasi X (katanya) agak terheran-heran alias shock...hehehe.

ROG Phone 8 Ponsel Gaming
Credit Foto: ASUS

Penelitian yang dilakukan oleh platform permasaran dan media terkemuka di Asia Pasifik, TotallyAwesome ini kemudian menyebutkan bahwa dalam konteks pembangunan ikatan sosial dan ekspresi individu Gen Alpha dan Gen Z menganggap permainan sebagai lingkungan utama bagi interaksi sosial mereka. Permainan tidak hanya diartikan sebagai hiburan semata, melainkan telah menjadi bentuk baru dari interaksi sosial. Dengan kata lain, game menjadi salah satu sarana yang mampu menjembatani mereka dalam membangun hubungan sosial. Kebetulan saya mengalaminya sendiri ketika mengantar Razan pertama kali masuk SMK, interaksi dengan teman-teman barunya selalu diawali dengan membicarakan masalah game, terutama game favorit mereka.

Kepopuleran permainan game online di kalangan Gen Z ini mendorong terus tumbuhnya E-Sport di Indonesia, apalagi dibanding generasi sebelumnya, Generasi Z menunjukkan minat yang sangat besar dalam bermain dan menyaksikan pertandingan e-sport. Media sosial dan streaming platform turut memberikan pengaruh bagi peningkatan popularitas e-sport dikalangan Gen Z, seperti dalam bentuk penyiaran langsung dan konten e-sport. Platform streaming, seperti Youtube menjadi wadah bagi para penggemar e-sport untuk menonton pertandingan langsung serta konten yang terkait e-sport. Generasi Z, termasuk Razan dengan mudah dapat mengakses dan menonton pertandingan atau konten favorit mereka kapan saja dan dimana saja. 

ROG Phone 8 untuk Gamer, Streamer, Content Creator
Credit Foto: ASUS

Influencer dan Pro-Player e-sport juga turut memberikan pengaruh untuk membangkitkan minat Gen Z di dunia e-sport. Melalui konten-konten di media sosial dan platform streaming, influencer serta pro-player ini tidak hanya menghibur, menginspirasi tapi juga membentuk tren dan lifestyle seputar e-sport. Besarnya peluang ini kemudian dimanfaatkan dengan baik oleh berbagai media sosial dan platform streaming, seperti Youtube, Twitch, Instagram, Tiktok, dan platform online lainnya untuk memfasilitasi kemudahan membuka channel serta akun-akun khusus berbagi konten seputar gaming dan e-sport tanpa membutuhkan infrastruktur yang mahal.

Bahkan media sosial dan platform streaming ini menberikan peluang bagi para kreator konten untuk mendapatkan penghasilan atau menghasilkan uang melalui monetisasi iklan, donasi, sponsor, kemitraan dengan merek, dan lainnya, asalkan tidak melanggar ketentuan yang ditetapkan media sosial dan platform streaming yang digunakan untuk berbagi konten. Nah, inilah yang membuat banyak Gen Z termasuk Razan yang termotivasi menjadi seorang kreator konten gaming, yang tidak hanya berpeluang menjadi sumber penghasilan tapi juga mendapat popularitas. Untuk sukses, tentu tidak semudah membalik telapak tangan atau hanya bermodal minat yang besar, ada banyak faktor yang ikut mempengaruhi peluang kesuksesan para kreator konten gaming.

Mau Jadi Kreator Konten Gaming? Ini Tipsnya

Youtube menjadi salah satu media sosial sekaligus platform streaming yang banyak diminati Gen Z dalam mengakses konten-konten gaming dan menonton pertandingan e-sport. Tidak heran jika Youtube secara serius memberikan panduan dalam bentuk tips dan trik agar konten yang diunggah berkualitas dan disukai para subscriber. Hal ini menunjukkan kalau media sosial dan platform streaming sangat memfasilitasi para kreator konten untuk membuat konten terbaik dan memiliki ciri khas tersendiri. Tentu saja dengan konten yang berkualitas tersebut, peluang menjadikan konten sebagai sumber penghasilan akan lebih besar. Tidak hanya itu, kreator konten gaming bisa dijadikan pilihan profesi atau karir yang menjanjikan.

kreator konten gaming

Persaingan antar kreator konten gaming, pasti ada! Tapi yang pasti seorang kreator konten gaming harus mampu menciptakan konten yang tidak hanya bertujuan menghibur tapi juga mengedukasi dan berinteraksi dengan penonton serta pengikutnya yang umumnya adalah penggemar game. Nah, berikut ini beberapa tips untuk memuluskan langkah awal menjadi seorang kreator konten gaming, sebagai catatan untuk Razan yang kebetulan memiliki keinginan yang sama.

Tentukan Niche yang Tepat Agar Memiliki Ciri Khas

Riset penting lho sebelum membuka channel atau akun khusus untuk mengunggah konten gaming. Meskipun pasar game di Indonesia cukup luas, tapi harus diakui bahwa hanya beberapa game online yang populer dan diminati penggemar game di Indonesia. Kreator konten gaming harus memahami pasar game, tren terkini, game yang populer, dan preferensi target audiens. Setelah itu, cobalah untuk mengidentifikasi niche atau tema khusus yang akan menjadi fokus konten, misalnya dengan memilih fokus pada review game, panduan permainan, ulasan game, tutorial permainan, analisis permainan, hiburan gameplay, dan sebagainya.

Dengan memilih niche yang tepat, selain menjadi ciri khas juga membantu membuat target permirsa lebih spesifik dan membangun audiens agar lebih terlibat. Kalau masih bingung, mulailah dari game yang disukai dan mahir dalam memainkannya, agar konten bisa dibuat dengan lebih mudah. Game yang populer dan banyak dimainkan gamer bisa menjadi referensi untuk menemukan niche yang tepat. Biasanya game yang tergolong populer sedang ramai diperbincangkan dan dicari, sehingga peluang channel atau akun untuk berkembang akan lebih besar.

Buat Branding Channel atau Akun yang Kuat

Seorang kreator konten gaming yang sukses pastinya akan menginspirasi banyak orang untuk ikut terjun menjadi seorang kreator, jadi wajar saja jika ada persaingan. Nah, salah satu cara untuk memenangkan persaingan dalam dunia konten kreator termasuk gaming adalah dengan memiliki branding yang kuat. Jika memilih menjadi kreator konten gaming di media sosial dan platform streaming, pastikan channel atau akun tersebut dipersiapkan secara matang agar memiliki pesona branding yang kuat. 

Tidak hanya konten yang unik, tapi juga memiliki desain logo, warna, dan gaya yang unik dalam membuat konten akan membantu membedakan dari kreator konten gaming lainnya. Untuk memudahkan, bisa menggunakan alat analitik yang biasanya disediakan platform agar kinerja konten bisa dipahami. Lakukan analisis statistik dan perhatikan juga umpan balik dari para penonton untuk mengoptimalkan konten dan mengetahui mana konten yang harus diperbaiki agar kedepannya bisa memberikan tayangan konten yang lebih berkualitas.

Aktif Berinteraksi Dengan penonton 

Sangat disarankan untuk membangun komunikasi yang kuat dengan penonton, terutama yang menjadi subscriber atau followers agar terbentuk komunitas yang dalam jangka panjangnya akan memberikan banyak benefit bagi kelangsungan channel yang dimiliki kreator. Luangkan waktu untuk menjawab komentar yang masuk, berikan ruang bagi penonton untuk berpartisipasi, dan bisa dipertimbangkan juga opsi melibatkan subscriber dalam proses pengambilan keputusan, misalnya untuk memilih konten game apa yang akan dibahas atau dimainkan berikutnya. Sudah pasti penonton dan subscriber merasa senang dan tanpa disadari akan muncul keterikatan moral dengan channel tersebut.

Punya akun media sosial? Harus punya dong, karena akun ini bisa dijadikan media untuk mempromosikan konten-konten yang sudah diunggah di platform streaming. Bagikan cuplikan konten berupa gambar atau video pendek tentang konten yang sudah diunggah di channel, dan jangan lupa luangkan waktu untuk menanggapi komentar-komentar yang masuk agar peluang menambah traffic ke channel makin bertambah besar. Bagaimana pun kepuasan penonton menjadi salah satu aspek penting untuk menjadi seorang kreator konten gaming yang sukses dan menginspirasi.

Kembangkan dan Asah Terus Skill Sebagai Kreator

Percayalah, menjadi kreator konten gaming yang sukses tidaklah mudah, dibutuhkan skill untuk menghasilkan konten-konten berkualitas dan disukai banyak orang. Diantara deretan skill yang wajib dimiliki kreator konten adalah skill fotografi dan videografi. Kedua skill ini penting karena seorang kreator konten harus mampu menyajikan tayangan visual yang tidak hanya menarik dan bagus komposisinya tapi juga informatif. Tentu udah membuat konten berkualitas seperti ini dibutuhkan keahlian fotografi dan videografi yang sangat baik.

Pengambilan gambar dan perekaman video yang sudah baik akan memudahkan proses editing, sehingga lebih hemat waktu dalam pembuatan satu konten. Keahlian editing juga dibutuhkan, agar konten yang dihasilkan memiliki kontras warna, ketajaman, efek, dan transisi yang nyaman di mata penonton. Skill lainnya tentu saja tentang tools atau alat yang digunakan, seperti smartphone, kamera DSLR, dan kamera mirrorless dalam proses pengambilan gambar atau video. Seorang konten kreator gaming harus bisa memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia pada perangkat tersebut untuk mendukung konten agar makin berkualitas. Untuk itu, kembangkan dan asah terus skill sebagai kreator ya Razan!

Pilih Smartphone yang Punya Fitur Premium dan Mendukung Multitasking

Mungkin secara global, kebanyakan kreator konten atau streamer fokus pada game-game PC seperti Dota 2 atau Counter-Strike: Global Offensive. Tapi beda lagi di Indonesia, game e-sport yang populer adalah mobile game, seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. Bagi para kreator konten gaming yang memiliki kanal menyiarkan sesi gaming secara langsung secara streaming, bisa saja menghubungkan ponsel yang digunakan ke PC atau laptop. Tapi, jika para streamer memilih smartphone yang punya fitur premium dan mendukung multitasking, maka streamer bisa merekam dan mengedit video langsung dari smartphone. Salah satu kriterianya adalah sudah didukung chipset terbaik dan tentu saja RAM yang besar.

Launch ROG Phone 8
Credit Foto: ASUS

Saat pembahasan sampai ke tips ini, Razan mengingatkan saya kembali kalau memiliki smartphone dengan fitur dan spesifikasi mumpuni sangat mendukung mimpinya menjadi kreator konten gaming, dan tentu saja pilihannya jatuh pada ASUS ROG Phone 8 yang baru saja dirilis di Indonesia tanggal 20 Maret 2024. Penasaran dong saya, fitur-fitur apa sih yang disematkan pada ROG Phone 8, sehingga Razan bisa mengatakan kalau seri ROG yang terbaru ini tidak hanya mendukung aktivitas bermain game untuk para gamers tapi juga dirancang sebagai smartphone serba bisa yang tangguh untuk para streamer dan kreator konten, termasuk kreator konten gaming. Daripada penasaran, lebih baik ikut saya cari tahu keunggulan ASUS ROG Phone 8 yuk!

Mau Jadi Kreator Konten Gaming, Pakai Dulu ASUS ROG Phone 8

Tahun 2024 menjadi tahun yang penting untuk para pecinta ROG Phone di Indonesia, karena tepat tanggal 20 Maret 2024 ini, ASUS Republic of Gamers (ROG) secara resmi merilis ASUS ROG Phone 8 di Indonesia...benar-benar kabar gembira untuk para gamers yang sudah lama menantikannya. Bersamaan dengan dirilisnya ASUS ROG Phone 8 di Indonesia, ASUS mengumumkan bahwa seri ROG Phone terbaru ini menjadi penanda dimulainya perjalanan revolusioner untuk berevolusi dari ponsel gaming murni menjadi perangkat premium berteknologi masa depan, yang menjadi game-changer.

Nih saya kasih bocoran sedikit dari segi desainnya, kenapa banyak kreator konten yang sudah lama menunggu ROG Phone 8 rilis di Indonesia. Untuk ROG Phone 8 ini, hadir dengan desain yang lebih ramping, lebih ringan, dan bezel lebih tipis, dengan keunggulan desain ini menjadikan ROG Phone 8 sangat sempurna untuk melengkapi gaya hidup para gamer. Tunggu dulu! Tidak hanya untuk para gamer lho, dengan desain yang sempurna dan tentu saja fitur yang mumpuni ROG Phone 8 telah dirancang sebagai ponsel dengan kemampuan multitasking yang tangguh, yang cocok digunakan para streamer dan konten kreator atau kreator konten. Nah, ini saatnya para gamer melebarkan sayapnya untuk mendapat penghasilan, baik sebagai streamer maupun kreator konten gaming.

ROG Phone 8 Beyond Gaming
Credit Foto: ASUS

Tidak salah jika untuk series ROG Phone terbaru ini, ASUS memberi tagline "ASUS ROG Phone 8 Beyond Gaming" dimana ponsel gaming tidak hanya didesain dengan fitur unggulan untuk para gamer tapi juga melengkapi gaya hidup atau lifestyle para gamer dikesehariannya. ROG Phone 8 ini unggul dengan berbagai fitur yang ramah untuk bermain game dipersenjatai performa terbaik bertenaga AI, desain yang premium, tanpa meninggalkan sisi kepraktisan layaknya smartphone lain yang digunakan untuk mendukung aktivitas harian. 

Wajar jika Razan yang hobi bermain game online dan memiliki impian menjadi seorang kreator konten gaming bercita-cita bisa memiliki ASUS ROG Phone 8. Biar ngak penasaran lagi, yuk explore lebih dalam smartphone gaming ini yang dirancang khusus lebih dari sekadar bermain game namun menghadirkan pengalaman premium terbaik bagi audiens yang lebih luas.

ASUS ROG Phone 8 Miliki Desain yang Premium, Lebih Dari Sekadar Permainan

Para gamer yang sudah lama menggunakan ROG Phone pastinya tahu bagaimana tangguhnya smartphone ini saat dipakai bermain game, bahkan game yang tergolong berat sekalipun, Namun, lebih dari sekadar permainan, untuk ROG Phone 8 desainnya telah sepenuhnya ditata ulang, tetap mempertahankan reputasinya sebagai ponsel gaming yang tangguh luar biasa namun hadir dalam wujud yang baru, lebih stylish sehingga cocok digunakan untuk menemani aktivitas harian tidak hanya para gamers tapi juga pengguna lainnya.

Desain baru dari ROG Phone 8 yang menarik perhatian ini hadir dengan bezel lebih tipis hingga 15% dari generasi sebelumnya tanpa mengorbankan performa, pastinya lebih nyaman dibawa kemana saja dan digunakan untuk aktivitas apapun. Meskipun desain bodi ROG Phone 8 lebih ramping, lebih ringan, dengan bezel lebih tipis, tetap menghadirkan fitur yang canggih dan premium sehingga cocok untuk diajak melakukan aktivitas multitasking, seperti bermain game, membuat konten yang berkualitas, melakukan pekerjaan, berkomunikasi, dan sederet aktivitas lainnya layaknya ponsel lifestyle.

Desain Premium ROG Phone 8
Credit Foto: ASUS

Seri ROG Phone 8 hadir sebagai penentang anggapan umum dalam industri mobile gaming, bahwa ponsel gaming hanya diperuntukkan untuk bermain game dan tidak nyaman untuk dipakai melakukan aktivitas harian. Meskipun ROG Phone 8 telah melebarkan jaringan penggunanya dan tidak lagi fokus pada pengguna khusus gamers, namun tetap menghadirkan performa yang luar biasa dan fitur premium. Tentu telah dirilisnya ROG Phone 8 di Indonesia ini menjadi kabar gembira bagi pengguna yang suka bermain game dan memiliki passion dalam industri game, namun disaat yang bersamaan bercita-cita menjadi konten kreator disela-sela aktivitas utamanya sebagai pekerja atau bersekolah.

Performa yang Tak Terkendali ASUS ROG Phone 8

Bagian penting dan yang menjadi inti dari ASUS ROG Phone 8 adalah Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja yang tak tertandingi dan menghasilkan performa benchmark yang melampaui pesaing dikelasnya. 

Chipset Snapdragon® 8 Gen 3
Foto: Chipset Snapdragon® 8 Gen 3 (ASUS)

Untuk memungkinkan sesi gaming maraton tanpa panas berlebih, ROG Phone 8 telah didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8, yang akan mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang. Turut didukung oleh pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C.

Rapid-Cooling Conductor ROG Phone 8
Foto: Rapid-Cooling Counductor (ASUS)

Dengan performa yang luar biasa ini pastinya aktivitas bermain game terutama mobile game yang tergolong berat dan membuat konten menjadi lebih mudah serta lancar. Dengan tagline "Beyond Gaming" ROG Phone 8 kini tak hanya sekadar ponsel gaming tapi juga mendukung aktivitas keseharian penggunanya, salah satunya untuk pembuatan konten bagi kreator konten gaming. Dengan dukungan chipset yang tangguh, kapasitas RAM yang besar, dan Thermal Gamecool 8, aktivitas membuat konten baik berupa foto maupun video menjadi lebih mulus dengan hasil gambar serta video yang lebih detail.

Thermal GameCool 8 ROG Phone 8
Foto: Thermal GameCool 8 (ASUS)

Tidak hanya menghasilkan konten yang lebih mulus dan berkualitas, proses editing yang menjadi bagian dari rutinitas para kreator menjadi lebih lancar dan anti lagging. ROG Phone 8 juga memungkinkan kreator melakukan multitasking, seperti merekam permainan game online yang dimainkan dan disiarkan secara live melalui platform streaming. Dengan performa yang tak tertandingi, ROG Phone 8 bisa diajak bekerjasama untuk melakukan aktivitas berat sebagai kreator konten gaming, yang tidak hanya bermain game tapi juga membuat konten gaming yang berkualitas.

Kemampuan AI Snapdragon® 8 Gen 3 juga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menghapus obyek yang tidak diinginkan dari foto maupun video, membuat background artifisial, hingga meningkatkan kualitas musik dan kinerja game. Era baru generative AI memungkinkan pengguna menghasilkan konten unik, membantu produktivitas, dan menciptakan karya inovatif serta kreatif lainnya. ROG Phone 8 benar-benar Beyond Gaming!

Standar IP68 Tahan Debu dan Air
Foto: Standar IP68 Tahan Debu dan Air (ASUS)

Selain menawarkan desain premium dan performa terbaik, ROG Phone 8 merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68, yang dibuat untuk tahan terhadap debu dan air sehingga pengguna dapat memaksimalkan fitur-fitur unggulan tanpa rasa khawatir di mana pun berada. Tidak heran jika ROG Phone 8 sangat direkomendasikan untuk seorang kreator konten gaming yang terkadang mengambil konten di tempat yang ekstrem, banyak air dan berdebu.

Ultra-Bright Display, ASUS ROG Phone 8

ROG Phone 8 menampilkan panel terbaru, yaitu AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO. Dimana sistem dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan untuk mengurangi konsumsi daya.

Ultra-Bright Display ROG Phone 8
Foto: Ultra-Bright Display ROG Phone 8 (ASUS)

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz untuk bermain game yang lancar, dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan yang menakjubkan. Tingkat kecerahan tertinggi sekarang ditingkatkan menjadi 2500 nits, sehingga pengguna dapat bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari tanpa masalah sama sekali. Dengan tingkat kecerahan seperti ini pastinya membuat konten outdoor terasa lebih nyaman, tidak ada lagi cerita kalau sulit melihat hasil foto atau video saat berada di luar rumah dan matahari sedang bersinar dengan teriknya.

Tidak cukup sampai disitu, ROG Phone 8 juga memiliki visual yang luar biasa, berkolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik di dunia. Dengan akurasi warna menyerupai visual aslinya, tentu aktivitas fotografi dan videografi bisa menghasilkan konten yang berkualitas dan menyajikan fakta yang sebenarnya. Ultra-bright display membuat ROG Phone 8 benar-benar smartphone beyond gaming!

AI Kamera Tingkat Pro, ASUS ROG Phone 8

Gamer dan kreator sekarang dapat menjelajahi kemungkinan fotografi tanpa batas dengan kecanggihan tri-camera system dari seri ROG Phone 8. Selain itu, teknologi OZO Audio memberi pengguna pilihan untuk menghilangkan suara angin untuk rekaman luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.

AI Kamera Tingkat Pro ROG Phone 8
Foto: AI Kamera Tingkat Pro ROG Phone 8 (ASUS)

50 MP IMX890 Main Camera

Kamera utama menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih. Lensa sudut lebar 24 mm sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis, sementara mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk fotografi potret dan fotografi makanan.

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0

Fotografi dan videografi dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, yang memastikan video yang lebih mulus dan foto yang bebas guncangan saat bepergian. Perkembangan stabilisasinya sekarang mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya. Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis bidang pandang ini memastikan video tetap stabil.

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0 ROG Phone 8
Foto: 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer (ASUS)

3x Telephoto Camera with Optical IS

Untuk pertama kalinya, seri ROG Phone 8 menyertakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography. Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.

0,7x 13 MP Ultrawide Camera

Kamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritme canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural. Seri ROG Phone 8 memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman.

32 MP RGBW Ultrawide Selfies

Kamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View (FoV; bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Lensa ini memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Fitur yang Disempurnakan AI Pada ASUS ROG Phone 8

Empat fitur AI yang ramah untuk bermain game di seri ROG Phone 8 meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi. 
  1. Gamer dapat dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture, menjadikan perangkat ini sangat diperlukan oleh para gamer yang cerdas. 
  2. AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture.
  3. X Sense meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan.
  4. X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.
Fitur AI ROG Phone 8
Foto: Fitur AI ROG Phone 8 (ASUS)

Fitur-fitur lain yang didukung AI termasuk Semantic Search menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan. AI Wallpaper dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion, dan teknologi AI noise-cancellation dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.

AniMe Vision Pada ASUS ROG Phone 8

Seri ROG Phone 8 terbaru memiliki elemen unik yang dapat disesuaikan, termasuk logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition), yang memungkinkan pemiliknya untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas mereka. 

AniMe Vision ROG Phone 8
Foto: Layar AniMe Vision ROG Phone 8 (ASUS)

AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, sesame pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain.

Harga, Ketersediaan, dan Promo ASUS ROG Phone 8

Harga dan Ketersediaan ROG Phone 8

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000.
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000.
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000.
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000.

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
  • Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store.
  • Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.
Consumer Launch Sales Promo

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.

ASUS ROG Phone 8 lebih dari sekadar smartphone gaming biasa, tidak hanya menawarkan teknologi mutakhir dan desain yang inovatif tapi juga kenyamanan bagi penggunanya untuk mendapatkan pengalaman yang luar biasa, baik ketika bermain game, membuat konten, maupun untuk mendukung aktivitas sehari-hari. ROG Phone 8 adalah Beyond Gaming yang sebenarnya, sehingga sangat cocok dipakai gamers, streamer, dan konten kreator. Mau jadi kreator konten gaming? Pakai dulu ASUS ROG Phone 8. Yuk segera beli, sebelum masa promonya berakhir!


Spesifikasi ASUS ROG Phone 8
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

16 komentar untuk "Mau Jadi Kreator Konten Gaming? Pakai Dulu ASUS ROG Phone 8"

Comment Author Avatar
Warbiyasaaah harapan putranya mbk udah mantep jadi konten kreator sejak masa muda belum lagi didukung dengan piranti mumpuni pus spek yang gahar seperti ASUS ROG Phone 8. SUKSES SELALU deh !
Comment Author Avatar
Wah... Pasti razan senang banget nih bisa membuat konten- konten yg bermutu dengan asus rog phone 8 .. Semoga cita-cita tercapai
Comment Author Avatar
Kameranya bikin mupeng banget sempet liat video stabilnya di salah satu youtuber bawain drone. Gila sih ini. Kereen mulus bgt tanpa patah2
Comment Author Avatar
Mantap banget uy ROG Phone 8 Pro Edition ini RAMnya 24 dnegan kapasitas 1T. Wow.. bakalan puas banget ngegame dan bikin konten tanpa ngelag.
Comment Author Avatar
Semoga keinginannya tercapai abang razan.

Ternyata gaming pun harus ada niche-nya ya bund. Dan gak seganpang yg dibayangin. Berarti orang2 yang udh banyak followersnya juga membangunnya gak mudah ya

Untungnya ada ASUS ROG Phone 8 Promo. Speknya matuls buat yg suka game
Comment Author Avatar
Gamers dan content creator pasti senang buanget ada gadget yang memfasilitasi hobi mereka. Dari segi desain futuristic, dalamnya pun nggak kalah canggih. saya juga pengen iihh. Haha..
Comment Author Avatar
Aku punya sepupu² yang hobi banget gaming dan bisa menghasilkan uang pula dari sana. Terakhir lihat masih pakai android biasa sih, bisaa ni rekomendasiin Asus Rog Phone 8 ini ke mereka
Comment Author Avatar
Anak-anak zaman sekarang punya banyak pilihan cita-cita enggak seperti anak jadul kayak kita dulu. Semangat Mas Razan semoga cita-citanya terwujud
Comment Author Avatar
Keren di usia muda anak jaman sekarang dah tau mau sukses di bidang apa. Nggak sekedar ngalir. Trus tahu apa aja yang bisa mendukung dia
Comment Author Avatar
Aamiin. Semoga impian ananda segera terwujud, ya, Mba. Btw, sama kayak nulis di blog, ya, Mba. Pemilihan niche yang tepat sangat dibutuhkan sebagai awalan karier seorang kreator konten.
Comment Author Avatar
Ponsel beyond gaming idaman para IRT
Siapa pun pasti pengen punya
Apalagi kualitas kamera sejernih itu
Comment Author Avatar
Semangat mas razan meraih cita-citanya. Tenang kalau sekarang stigma game itu sudah bisa dilihat dari dua sisi jadi bisa mengembangkan bakatnya, apalagi didukung dengan asus yang cocok untuk para gaming
Comment Author Avatar
Asus memang tak ada matinya. Dengan memori besar sangat dibutuhkan konten kreator
Comment Author Avatar
Salut sama anak-anak yang sudah bisa berani mengambil pilihannya untuk masa depan.
Karena sedini mungkin mengetahui bakat dan keinginan ini bisa semakin cepat mewujudkanya juga dengan mendukung gadget yang proper seperti ASUS ROG Phone 8 ini demi konten yang dihasilkan cakep.
Comment Author Avatar
Sepertinya Asus ini tiap tahunnya tidak pernah absen merilis laptop dan ponsel baru. Mana tiap rilis, kece-kece lagi produknya. Untuk kali ini, ayo para gamer merapat.
Comment Author Avatar
Semoga kesampaian ya nak cita-cita menjadi konten kreator gaming. Dukungan smartphone kece seperti ASUS ROG Phone 8 bakalan bikin aktivitas ngontennya maksimal banget deh.