8 Tanda Aki Motor Harus Diganti Untuk Keamanan Saat Berkendara

aki motor

Siapa nih yang pernah mengalami kendaraan sepeda motor tiba-tiba mati dijalan? Duh...saya pernah mengalaminya, untung lokasi matinya tidak jauh dari sekolah anak-anak, jadi bisa dititip sebentar untuk mencari pertolongan. Setelah dicek, ternyata aki motor rusak dan harus diganti saat itu juga...wah kok saya bisa lupa ya! Pengguna kendaraan sepeda motor pasti tahu kalau aki motor adalah komponen vital dalam kendaraan yang memiliki peran penting untuk menyediakan daya listrik agar berbagai perangkat atau fitur pada sepeda motor bisa berfungsi secara maksimal.

Bagi yang sama seperti saya tidak terlalu tahu tentang aki motor, sepertinya harus mencari referensi apa itu aki motor. Setelah membaca berbagai artikel otomotif, ternyata aki motor merupakan salah satu komponen sepeda motor yang memiliki fungsi penting dalam sistem kelistrikan kendaraan. Aki motor juga menjadi sumber tenaga agar sepeda motor bisa diajak melakukan perjalanan jauh dan menempuh perjalanan hingga beratus-ratus kilometer. Bayangkan jika aki motor tidak dirawat dengan baik, tidak hanya mengganggu kenyamanan saat menggunakan sepeda motor tapi juga berpotensi mengancam keamanan berkendara.

Aki motor juga dikenal sebagai accu, yaitu alat yang mengandung cairan aki untuk menghasilkan dan menyimpan energi listrik. Aki terdiri dari beberapa komponen penting, seperti anoda, katoda, dan elektrolit. Nah, komponen-komponen inilah yang secara bersama-sama menghasilkan tegangan aki yang sangat dibutuhkan dalam sistem kelistrikan motor. Sebagai pengguna sepeda motor, sudah seharusnya mengetahui komponen-komponen vital dalam sepeda motor, terutama aki sehingga tidak lalai untuk merawatnya. Perawatan aki motor yang tepat tentu akan memperpanjang usianya, sehingga merasa aman dan nyaman saat menggunakan sepeda motor.

Selain melakukan perawatan aki motor dengan tepat, hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah mengetahui kapan aki motor harus diganti. Tahukan kalau aki biasanya terdiri atas beberapa sel baterai yang berisi elektrolit dengan terminal positif negatif. Nah, seperti baterai pada umumnya, aki atau accu harus diganti secara berkala karena memiliki masa pakai atau umur yang terbatas. Seiring perjalanan waktu dan lamanya usia sepeda motor, tentu aki akan mengalami penurunan performa. Jika masalah ini terus dibiarkan, maka sistem kelistrikan sepeda motor pun tidak bisa berfungsi optimal dan berpotensi mengganggu keamanan saat berkendara.

8 Tanda Aki Motor Harus Diganti Untuk Keamanan Saat Berkendara

Aki motor adalah komponen vital dalam sistem kelistrikan sepeda motor, karena itulah sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan secara rutin agar aki bisa berfungsi optimal. Namun setelah dipakai bertahun-tahun tentu performa aki motor akan mengalami penurunan yang berimbas pada terganggunya sistem kelistrikan sepeda motor. Inilah alasan mengapa aki motor harus diganti agar performanya kembali maksimal.

tanda aki motor harus diganti
Gambar oleh Ralph dari Pixabay

Nah, yang menjadi permasalahannya tidak semua pengguna sepeda motor, terutama ibu rumah tangga seperti saya mengetahui kapan aki motor harus diganti agar performa sepeda motor tetap maksimal. Berikut ini 8 tanda aki motor harus diganti untuk keamanan saat berkendara.

1. Starter Tidak Menyala atau Berbunyi Klik Ketika Ditekan

Pengguna sepeda motor pastinya tahu kalau keberadaan electric starter memberikan kemudahan agar tidak perlu repot lagi menyalakan kendaraan dengan kaki. Cukup tekan tombol starter yang lokasinya dekat dengan stang motor dan taraaa...sepeda motor pun menyala siap dikendarai. Tapi terkadang muncul masalah sudah menekan tombol starter berulang kali tapi tidak ada reaksi apapun, bahkan hanya terdengar bunyi klik. Masalah ini biasanya dipicu salah satu tanda kalau aki motor tidak lagi mampu menyediakan daya listrik yang cukup agar starter bisa beroperasi. Jika mengalami kondisi dimana starter tidak menyala, maka ini sebagai tanda aki motor harus diganti. Bisa saja menyalakan sepeda motor dengan kaki, namun aki motor tetap harus diganti untuk keamanan saat berkendara.

2. Mesin Sulit Dihidupkan 

Salah satu tanda paling umum yang menjadi penanda aki motor harus segera diganti adalah ketika mesin sepeda motor untuk dihidupkan. Terutama jika sepeda motor tidak digunakan dalam jangka waktu cukup lama. Sepeda motor yang jarang dipakai dan hanya disimpan di rumah justru kerap memunculkan masalah, seperti ini...mesin sulit dihidupkan. Kondisi ini umumnya menjadi penanda daya pada aki motor sudah menurun. Aki yang sudah lemah tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk menghidupkan mesin motor, bahkan terkadang mesin sulit untuk dihidupkan sama sekali. Jika sudah mengalami hal yang cukup berbahaya ini, segera ganti aki motor agar performa mesin motor kembali optimal, terutama saat berkendara di jalan raya.

3. Cahaya Lampu Sepeda Motor Meredup

Pengguna sepeda motor pastinya tahu kalau lampu memiliki fungsi sangat fundamental pada kendaraan, yaitu memberikan penerangan apabila sedang berkendara terutama saat malam hari. Tidak hanya itu, pengendara sepeda motor saat ini juga wajib selalu menyalakan lampu agar tidak terkena tilang. Jenis lampu pada sepeda motor sangat beragam, namun yang pasti lampu-lampu tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, mulai dari lampu sein, lampu depan, lampu rem, lampu jauh, serta lampu untuk speedometer. 

Nah, lampu-lampu ini erat kaitannya dengan sistem kelistrikan sepeda motor yang tentu saja disuplai oleh aki motor. Kondisi cahaya lampu yang sudah mulai meredup dari biasanya, bisa menjadi tanda kalau aki motor mulai melemah dan harus diganti dengan aki baru. Namun jika masih belum yakin bahwa masalah lampu motor yang mulai meredup dari biasanya disebabkan oleh aki yang mulai melemah, ada baiknya mencari layanan servis motor terdekat agar masalah bisa segera dideteksi dan dicarikan solusi untuk mengatasinya.

4. Suara Klakson Sepeda Motor Tidak nyaring atau Mengecil Volumenya

Klakson mungkin terlihat sebagai salah satu komponen yang sederhana, tapi memiliki fungsi yang sangat penting lho. Klakson berperan dalam menjaga keselamatan pengguna sepeda motor dan pengendara lainnya dengan cara memberikan tanda bahwa ada sepeda motor yang melintas didekat pengendara tersebut. Inilah alasan mengapa klakson harus dirawat sebaik mungkin agar suaranya tetap nyaring saat sepeda motor berjalan di jalan raya. Klakson membantu memberi peringatan untuk menghindari kemungkinan tabrakan atau memberi tahu pengendara lain kalau sepeda motor yang dinaiki akan berbelok atau berganti jalur.

Nah, jika terdengar suara klakson sepeda motor tidak nyaring atau mengecil volumenya, jangan abaikan justru sebaliknya segera di cari akar permasalahannya. Terkadang melemahnya aki motor bisa membuat suara klakson terdengat tidak nyaring, sehingga sangat disarankan untuk mengganti aki motor dengan yang baru. Aki motor yang mulai melemah tidak dapat memberikan daya yang cukup untuk menghasilkan suara motor yang kencang, yang tentu saja membahayakan pengendara itu sendiri dan tentu saja pengendara lainnya. Demi keamanan, jika suara klakson sepeda motor tidak nyaring atau mengecil volumenya, segera ganti dengan aki baru dan datangi layanan servis motor terdekat.

5. Tampilan Speedometer Semakin Meredup atau Error

Spare part lainnya yang tidak kalah vitalnya adalah speedometer yang letaknya tepat dihadapan pengendara motor sehingga mudah terlihat. Sesuai dengan namanya, speedometer berfungsi sebagai alat ukur untuk mengendalikan kecepatan sepeda motor saat dikendarai, dan dijadikan ukuran untuk mengatur kecepatan di ruas jalan yang dibatasi maksimal kecepatan kendaraan atau minimal laju kendaraan. Saat ini, di pasaran terdapat dua jenis speedometer, yaitu versi analog dan digital. 

Sebagai bagian dari komponen vital sepeda motor, terutama menyangkut keselamatan pengendara agar tidak memacu kecepatan kendaraannya terlalu tinggi, tentu speedometer harus dilakukan perawatan dengan baik. Jika mengalami tampilan speedometer yang semakin meredup atau error, waspadalah segera karena bisa jadi aki motor mulai melemah, dan salah satu solusi untuk mengatasinya adalah mengganti aki motor dengan yang baru secepat mungkin, agar tampilan speedometer kembali terang dan maksimal.

6. Tarikan Sepeda Motor Menjadi Terasa Berat atau Lemah

Pernah mengalami saat berkendara, tarikan sepeda motor menjadi terasa berat atau lemah? Biasanya saat mulai berkendara, tuas gas tidak perlu ditarik terlalu dalam dan kendaraan sudah melaju kencang. Tapi yang terjadi, justru kendaraan masih terasa lambat meskipun tuas gas sudah ditarik cukup dalam. Jika sudah mengalami masalah ini, tentu membuat tidak nyaman saat berkendara bahkan menjadi tidak aman. Nah, jika mengalami masalah ini, bisa saja menjadi tanda kalau aki motor sudah harus diganti dengan yang baru, karena tarikan yang menjadi berat, tidak responsif, dan terasa lemah saat akselerasi artinya aki motor tidak menyediakan daya listrik yang cukup serta stabil.

7. Tegangan Aki Motor Di Bawah 12 Volt

Untuk sepeda motor yang sudah dilengkapi dengan speedometer digital, biasanya terdapat tampilan tegangan aki. Nah, jika tampilan tegangan aki terus-menerus berada di bawah 12 Volt saat sepeda motor sedang dikendarai, bisa menjadi penanda kalau aki motor mulai melemah dan harus diganti. Jika terdapat fitur indikator besaran tegangan aki, coba perhatikan lampu indikator pada tampilan speedometer. Jika lampu indikatornya berkedip atau menyala terus-menerus, hal tersebut bisa menjadi indikasi masalah pada aki motor dan pertanda harus diganti dengan aki baru.

8. Masa Pakai Aki Motor Sudah Mencapai 2 Tahun atau Lebih

Usia atau masa pakai aki motor juga sangat mempengaruhi kualitas atau performanya. Idealnya, masa pakai aki motor sekitar 1,5 sampai 2 tahun, paling lama. Bayangkan jika usia aki sudah lebih dari dua tahun, tentu akan berakibat performa aki yang mulai menurun dan melemah. Kondisi melemahnya aki motor tentu akan mempengaruhi sistem kelistrikan sepeda motor, yang bisa saja menyebabkan motor tidak dapat digunakan. Jika usia atau masa pakai aki motor sudah lebih dari 1,5 tahun, segera rencanakan untuk mengganti dengan yang baru agar tidak memunculkan masalah baru yang bisa saja mempengaruhi komponen vital lainnya.

Bagaimana cara memilih aki yang tepat untuk sepeda motor? Ada beberapa tips untuk memilih aki motor yang tepat agar kinerja sistem kelistrikan tetap optimal, salah satunya adalah dengan mengetahui spesifikasi aki yang direkomendasikan untuk sepeda motor berdasarkan buku manual yang disertakan dalam pembelian sepeda motor tersebut. Jika masih bingung memilih aki motor yang tepat, lebih baik menanyakannya pada layanan servis motor terdekat yang tentu saja sudah memiliki mekanik terpercaya, seperti Planet Ban.

beli aki motor di Planet Ban
https://planetban.com/

Layanan mekanik yang profesional merupakan satu dari beberapa layanan yang disediakan Planet Ban untuk membantu para pemilik sepeda motor melakukan perawatan atau mengganti spare part motornya. Planet Ban sendiri adalah toko ritel modern yang khusus menyediakan suku cadang berkualitas untuk sepeda motor. Meskipun fokus utama layanan Planet Ban ada pada penyediaan ban motor berkualitas dan tahan lama, namun terdapat juga beberapa layanan unggulan lainnya, seperti Servis Motor, Ganti Oli, dan Suku Cadang Otomotif.

Tidak perlu kebingungan mencari lokasi Planet Ban terdekat, karena sudah ada lebih dari 1100 toko Planet Ban tersebar di berbagai kota di Indonesia, dengan jumlah pelanggan lebih dari 7 juta pelanggan. Di Planet Ban terdapat berbagai pilihan ban motor eksklusif yang tersedia berkat proses kerjasama secara langsung dengan beberapa pabrikan atau prinsipal ban ternama di Indonesia, diantaranya Maxxis International, Michelin Indonesia, Astra Auto Part, Gajah Tunggal dll. Terlahirlah produk eksklusif di Planet Ban: mulai dari Presa PS-588, Planeto Gold, Presa Planeto, hingga Aspira Premio Terreno dan Stretto, Ecostreet dan Planeto Power. Planet Ban juga menyajikan merek-merek ternama seperti Michelin, Corsa, IRC, Kingland, Maxxis, Zeneos, FDR, Battlax, Aspira, Swallow, dan Metzeler, dengan variasi ukuran sesuai jenis sepeda motor.

Selain memberikan layanan pilihan ban eksklusif dan berkualitas, sesuai preferensi dan kebutuhan, Planet Ban juga menyediakan layanan servis sepeda motor berkualitas, spare part, oli motor, pengecekan sepeda motor dan konsultasi kondisi sepeda motor dengan para mekanik yang sudah berpengalaman. Salah satu spare part kualitas premium yang tersedia di Planet Bank adalah aki motor. Di sini, pemilik sepeda motor bisa meminta pengecekan aki motor, dan konsultasi memilih aki motor yang tepat, untuk keamanan saat berkendara. Harga yang ditawarkan Planet Ban juga sangat kompetitif dan transparan, sehingga pelanggan merasa nyaman. 

Di Planet Ban, Pelanggan akan merasakan pengalaman "Rasa Mesin Baru" dengan layanan servis sepeda motor berkualitas. Jadi, jika pelanggan mengalami masalah dengan aki motor dan harus diganti yang baru, Planet Ban sudah menyediakan pilihan aki motor sesuai kebutuhan. Tidak perlu bingung untuk melakukan penggantian aki motor, karena di Planet Ban tersedia layanan mekanik yang sudah terlatih dan profesional  untuk membantu pelanggan yang ingin mengganti aki motor dengan yang baru. 

Setelah dilakukan penggantian aki motor yang baru di Planet Ban, jangan lupa untuk memastikan menjaga komponen terminal aki agar tetap bersih dan terbebas dari korosi. Lakukan juga perawatan yang tepat agar usia aki motor meningkat sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Jadi, jangan abaikan jika aki motor menunjukkan tanda-tanda harus diganti, segera lakukan penggantian aki motor di Planet Ban yang telah terpercaya memberikan layanan unggulan berupa Servis Motor, Ganti Oli, dan Suku Cadang Otomotif, seperti aki motor.
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

14 komentar untuk "8 Tanda Aki Motor Harus Diganti Untuk Keamanan Saat Berkendara"

Comment Author Avatar
Sepertinya harus ada sosialisasi perihal perawatan sederhana pada kendaraan khusus untuk ibu-ibu, macam saya. Biar paham gitu dan tidak bergantung pada bapak-bapak. Selain itu, masih banyak kan kaum hawa yang tahunya asal kendaraan bisa maju saja tanpa memedulikan perawatannya.
Comment Author Avatar
Aku banget nih yang sukanya asal naikin aja, gak begitu memperhatikan kondisi kesehatan motor. Tapi untungnya didekat rumah ada bengkel planet ban. Jadi, paling enggak 2 bulan sekali dibawa ke planet ban. Udah percaya banget, bisa servis malam juga. Jadi mudah atur waktu ke bengkel buat emak pekerja kayak saya...
Comment Author Avatar
Beli aki di Planet Ban memang berkualitas. Planet Ban servicenya memuaskan, cabangnya juga banyak, teknisinya berpengalaman.
Comment Author Avatar
Bener banget kak, aki motor emang wajib diperhatikan sih. Aku yg ngerasain tanda2 ini tp abai, akhirnya akinya soak alias rusak total dan ga bisa dipake lagi. Akhirnya ngengkol deh motornya.

Planet ban emang terkenal bangt kualitasnya bagus ya
Comment Author Avatar
Setuju! Aki motor termasuk yang jarang dikasih perhatian, apalagi kalau yang punya motor cewek hehehe. Supaya nggak abal2 aki motornya, beli di Planet Ban bisa jadi opsi ya Mba.
Comment Author Avatar
Nah iya, dari delapan ciri saya hanya paham beberapa mba kalau kondisi motor lagi perlu ke dokternya.. Klakson meredup bahkan mati, lampu mati, nggak bisa distater. Yg lainnya kurang bisa memahami kurnag jeli
Comment Author Avatar
wah saya baru tahu nih mbak tanda aki motor harus diganti ini. kemarin sempat sih motor saya juga mati di jalan dan pas dibawa ke bengkel orang bengkelnya bingung di mana rusaknya sampai nginap motor saya untung besoknya bisa nyala lagi motornya
Comment Author Avatar
Duh paling deg degan kalau sepeda motor suamiku ga bisa nyala starter tangannya. Alamat aki habis. Akhirnya kami ganti aki deh.. Emang aki itu penting banget utk motor
Comment Author Avatar
Wah iya Mbak. Urusan aki ini memang harus diperhatikan. Karena jika aki lemah dan kendaraan mati di tempat yang jauh dari bengkel bakal panjang urusannya. Planet Ban ternyata menyediakan aneka macam suku cadang yang lengkap juga ya. Bisa jadi tempat untuk service rutin nih.
Comment Author Avatar
Penting nih dicek apalagi kalau digunakan untuk mudik
Harus benar benar aman kendaraan yang digunakan
Apalagi kalau jaraknya jauh
Comment Author Avatar
rata-rata 2 tahun ya masa penggantian aki ini, motorku juga sekitar 2 tahun lebih sedikit ganti aki, bisa ganti di Planet Ban juga ya, ga takut ketipu aki palsu
Comment Author Avatar
Bener sekali kak service motor di Di Planet Ban, Pelanggan akan merasakan pengalaman "Rasa Mesin Baru" dengan layanan servis sepeda motor berkualitas.
Comment Author Avatar
Teknisi di Planet Ban pelayanan satset dan handal
Comment Author Avatar
Kesehatan aki penting banget untuk motor, apalagi motor matic. Lebih-lebih, motor matic sekarang udah kebanyakan tidak lagi dibekali dengan Kick-starter alias engkol sehingga kalau aki sudah habis ya ndak bisa jalan deh motornya.