Sulit Belajar Eksakta? Sinotif Bimbel Live Interaktif Solusinya

Sinotif Bimbel Live Interaktif

Saat sedang pillow talk dengan Razan, putra kedua saya yang saat ini duduk di kelas 11 SMK, iseng saya bertanya rencana setelah lulus SMK ingin melanjutkan kemana. Awalnya saya berpikir Razan berkeinginan keras memilih melanjutkan ke SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) selepas SMP karena tertarik dan ingin berkecimpung dalam dunia IT atau setidaknya ilmu yang berhubungan dengan komputer, menjadi programmer misalnya.

Ternyata, dugaan saya salah, saat ditanya rencana setelah tamat SMK yang masih satu tahun lagi, Razan dengan yakin mengatakan ingin meneruskan sekolah atau kuliah di jurusan yang berhubungan dengan luar angkasa, atmosfer, keplanetan, dan sejenisnya. Kaget dong saya! Impiannya ini menurut saya agak melenceng jauh dari jurusan yang dipilihnya di SMK. Tidak hanya itu, Razan sudah memiliki sekolah kedinasan dan perguruan tinggi incaran yang memang memiliki jurusan yang diinginkannya tersebut.

Untuk sekolah kedinasan, Razan sudah mencari informasinya yaitu Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) yang kebetulan berlokasi di Tangerang. Sedangkan untuk perguruan tinggi, Razan berharap bisa masuk di jurusan idamannya, yaitu Program Studi Sains Atmosfir dan Keplanetan yang berada di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Lampung. Duh…saya membayangkan Razan akan menempuh perjalanan sulit jika berhasil masuk di program studi idamannya, meskipun memang sejak kecil Razan suka sekali menonton film-film yang bertema luar angkasa.

sains atmosfer dan keplanetan
Sumber foto: Freepik.com

Rasa khawatir ini bukan alasan, karena berkaca dari pengalaman Kakak Razan yang saat ini sudah memasuki semester lima Program Studi Teknik Material di ITERA, pernah mengalami masa-masa sulit saat awal kuliah terutama saat Tahap Persiapan Bersama (TPB) karena kakak Razan dulu juga adalah lulusan SMK. Hanya bedanya Kakak Razan lulusan SMK Penerbangan, dan saat kelas 10, Kakak Razan masih mendapat pelajaran Fisika juga Kimia, meskipun saat naik ke kelas 11 dan 12, dua mata pelajaran tersebut sudah tidak diajarkan lagi.

Padahal saat semester awal (1 dan 2) dan Masa Tahap Persiapan Bersama (TPB), Matematika, Fisika Dasar, dan Kimia dasar masuk dalam mata kuliah wajib dengan jumlah SKS antara 3-4. Bayangkan, bagaimana jatuh bangunnya Kakak Razan mengejar ketertinggalan pelajarannya, syukurlah masa sulit itu kini sudah dilewati.

Akankah pengalaman ini terulang lagi? Apalagi Razan sejak kelas 10 sampai sekarang kelas 11 hanya belajar Matematika sedangkan Kimia dan Fisika tidak diajarkan. Pastilah jalan yang akan ditempuh jauh lebih berat. Sebenarnya saya sudah menyarankan pada Razan untuk memilih melanjutkan kuliah di politeknik sesuai jurusan saat SMK, tapi sampai hari ini Razan masih teguh dengan keinginannya.

Sepertinya saya harus curhat nih dengan Kakak Razan, siapa tahu ada jalan keluar dan nasihat buat Razan agar bisa mempersiapkan diri lebih baik dari kakaknya dulu. "Daftarin Razan ke bimbel aja ma, fokus pada pelajaran yang tidak diajarkan saat SMK terutama Fisika dan Kimia" saran Kakak Razan. Yah…benar juga, dulu saya tidak sempat memikirkan opsi ini karena Kakak Razan beruntung bisa melanjutkan kuliah lewat jalur SNMPTN, yang sekarang istilahnya berubah menjadi SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

Lulusan SMK Ingin Lanjut Kuliah? Ini Tipsnya

tips lulusan smk yang ingin lanjut usia

"Kak, dari pengalaman kakak, mama minta pendapat dan tipsnya nih buat Razan supaya lebih siap saat tes masuk nanti, syukur kalau bisa menjadi salah satu siswa eligible jadi memiliki peluang masuk lewat jalur SNBP." 

Berdasarkan pengalaman, Kakak Razan memberikan tips buat saya terutama untuk adiknya yang kebetulan sama-sama lulusan SMK dan ingin melanjutkan kuliah.
  1. Tentukan jurusan dan program studi yang akan dipilih saat melanjutkan kuliah. Idealnya sih, untuk lulusan SMK memilih jurusan yang linear dengan jurusan semasa SMK, misalnya Razan yang saat SMK jurusan TKJ idealnya memilih jurusan yang berhubungan dengan dunia IT atau ilmu komputer. Tapi, terkadang anak SMK juga memiliki impian masuk ke jurusan lain, seperti Razan yang ingin masuk program studi Sains Afmosfer dan Keplanetan. Untuk kasus ini, tentu dibutuhkan usaha lebih keras mempelajari pelajaran yang sama sekali tidak diajarkan saat SMK, seperti kimia dan fisika.
  2. Cari informasi melalui website perguruan tinggi di mana jurusan yang diinginkan tersedia, biasanya ada informasi lengkap tentang jurusan atau program studi tersebut, termasuk mata kuliah apa saja yang akan dipelajari selama kuliah di jurusan atau program studi tersebut, terutama saat semester 1 dan 2 di mana hampir semua adalah mata kuliah dasar. Untuk program studi incaran Razan, ternyata sama seperti kakaknya dulu yang saar semester awal mendapat mata kuliah matematika, kimia dasar, dan fisika dasar.
  3. Persiapkan diri dengan baik, tidak hanya untuk kebutuhan tes masuk tapi juga jika diterima di jurusan tersebut. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri adalah dengan mengikuti bimbingan belajar atau bimbel. Agar fokus, pilih bimbel yang memang spesialis dalam tiga pelajaran yang nantinya dibutuhkan Razan, yaitu matematika, fisika, dan kimia.
Wah…tips dari Kakak Razan ini sangat membantu, saya jadi tahu bagaimana mendampingi Razan untuk mempersiapkan diri mengikuti tes masuk Perguruan tinggi nanti, dan mudah-mudahan bisa diterima di jurusan impiannya. "Untuk bimbelnya jangan khawatir ma, beberapa teman menyarankan bimbel tempat mereka belajar dulu yang fokus mengajarkan matematika, fisika, dan kimia, yaitu Sinotif, mama bisa cari informasinya dulu," saran Kakak Razan.

3 tips lulusan smk yang ingin lanjut kuliah
3 Tips Lulusan SMK Ingin Lanjut Kuliah

Sinotif? Sepertinya bimbel spesialis matematika, fisika, dan kimia ini tidak asing ditelinga saya karena beberapa teman penulis pernah merekomendasikan bimbel ini untuk membantu anak-anak mengatasi kesulitan belajar eksakta. 

Tapi apa bisa belajar secara online ya? Soalnya Razan dari Senin sampai Jumat pulang sekolah jam setengah empat sore, dan setelah itu tiga kali seminggu latihan bulutangkis untuk kegiatan ekstrakurikulernya. Kebayang capeknya kalau harus berangkat bimbel lagi, bisa-bisa kurang fokus selama belajar.

Setelah mencari informasi lebih lengkap, ternyata metode belajar di Sinotif sesuai dengan keinginan saya, karena Razan bisa belajar dengan metode online live interaktif. Seperti apa metode belajar dan keunggulan Sinotif Bimbel Live Interaktif, simak dibawah ini ya!

Sinotif Bimbel Live Interaktif, Bimbel Spesialis Matematika Fisika Kimia

Digitalisasi dunia pendidikan membuat semua orang terutama siswa dengan mudah bisa mengakses berbagai ilmu dan pengetahuan, dari mana saja dan kapan saja. Tidak heran jika dalam perkembangannya mulai muncul berbagai metode belajar baru yang berbasis online, di kemas dalam bentuk metode belajar live interaktif.

Meskipun berbasis online, namun dari sisi cara belajar metode live interaktif memiliki berbagai keunggulan yang membuat suasana belajar-mengajar layaknya kelas tatap muka, bahkan dari beberapa artikel yang saya baca, metode live interaktif lebih unggul dari metode belajar berbasis online lainnya. Alasannya, karena metode live interaktif merupakan metode pembelajaran yang bisa mengkombinasikan berbagai gaya belajar anak, yaitu visual, auditori, dan kinestetik.

bimbel live interaktif
Sumber Foto: https://www.sinotif.com/

Selain itu, metode live interaktif juga memungkinkan belajar dua arah, di mana ada siswa dan ada guru atau tutornya. Saya merasa yakin bimbel dengan metode belajar live interaktif inilah yang dibutuhkan Razan untuk membantunya mempersiapkan diri menghadapi tes masuk perguruan tinggi nanti. Mengapa? Karena untuk pelajaran eksakta, dalam hal ini matematika, fisika, dan kimia membutuhkan guru atau tutor untuk membantu memahami pelajaran yang selama ini masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian siswa. Berbagai keunggulan bimbel live interaktif inilah yang membuat saya mantap memilih sinotif.

Tentang Sinotif

Bagi yang belum mengetahuinya, Sinotif adalah bimbingan belajar spesialis eksakta, yang secara khusus bergerak di bidang Matematika, Fisika, dan Kimia. Sinotif secara resmi berdiri pada 25 Maret 2000, dan sejak pandemi di tahun 2020, bertransformasi menjadi bimbingan belajar online dengan konsep "live dan interaktif." Sampai dengan saat ini, Sinotif sukses membimbing lebih dari tiga puluh ribu siswa dari seluruh Indonesia.

Sinotif
Sumber Foto: https://www.sinotif.com/

Selama lebih dari dua puluh tahun, Sinotif terus mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dari berbagai sekolah nasional dan internasional, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, bahkan sampai mahasiswa semester awal di universitas. Dengan metode online live interaktif, Sinotif ingin para siswa merasakan pengalaman bimbel "Online Rasa Tatap Muka" dengan berbagai pilihan program yang sesuai kebutuhan serta target masing-masing siswa.

Bahkan tidak hanya itu, Sinotif juga memahami bahwa setiap anak memiliki keunikan masing-masing, di mana keunikan tersebut membawa anak tumbuh dengan kebutuhan yang berbeda, termasuk dalam hal belajar. Sinotif selalu berupaya agar setiap anak bisa mendapatkan layanan yang tepat sesuai kebutuhan disekolahnya, sehingga orangtua merasa lebih tenang dan bisa lebih fokus dalam bekerja atau melakukan aktivitasnya.

Keunggulan Sinotif

Dari berbagai referensi dan testimoni yang saya baca, setidaknya ada 7 alasan mengapa Sinotif Bimbel Live Interaktif sangat direkomendasikan untuk membantu anak yang mengalami kesulitan dalam belajar, termasuk kesulitan seperti yang dialami Razan, putra saya.
  1. Proses belajar disusun untuk mencapai target belajar dan nilai yang ingin dicapai siswa.
  2. Dibimbing langsung oleh guru-guru spesialis matematika, fisika, dan kimia. Untuk diketahui, guru-guru Sinotif memiliki standar yang tinggi karema telah menjadi rangkaian pelatihan dan sertifikasi dati pakar pendidikan dan psikologi, sehingga tidak hanya ahli dalam bidang ilmunya melainkan juga bisa memahami karakter peserta didiknya. Cocok nih buat Razan yang mengalami sedikit masalah dan merasa kurang percaya diri dalam pelajaran matematika, fisika, dan kimia.
  3. Siswa dibimbing secara personal sesuai dengan kebutuhan dan karakternya. Apalagi setiap anak memiliki gaya belajar berbeda, ada yang kinestetik, visual, atau auditori. Di Sinotif, semua materi yang diajarkan akan menyesuaikan dengan gaya belajar anak sehingga anak akan cepat memahami materi pelajaran yang diberikan.
  4. Modul belajar lengkap dan sistematis, serta sesuai kebutuhan siswa disekolah.
  5. Orangtua merasa lebih tenang dan bisa fokus pada aktivitasnya, karena perkembangan belajar anak bisa dimonitor dan dilaporkan secara berkala. Bahkan orangtua bisa mengakses progress belajar anak secara rutin setiap akhir sesi.
  6. Bisa bertanya soal atau PR, memperdalam materi dan latihan soal kapan saja dan dimana saja 24 jam nonstop.
  7. Belajar secara online, live, dan interaktif.
Sampai saat ini, Sinotif yang kini mulai mengembangkan metode bimbel live interaktif yang online rasa tatap muka, sudah membantu lebih dari tiga puluh ribu siswa untuk mengatasi kesulitan belajar eksakta, dalam hal ini matematika, fisika, dan kimia.

bimbel matematika
Sumber Foto: https://www.sinotif.com/

Sinotif memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun, dengan menggunakan metode belajar Kurikulum Nasional, Nasional Plus, dan Internasional (Cambridge, IB, HSC). Sampai saat ini, Sinotif banyak membantu siswa dari sekolah negeri maupun swasta favorit.

Sinotif Learning Method

Sinotif Learning Method adalah suatu metode mengajar matematika fisika kimia yang sistematis, sehingga mudah dipahami siswa dan mampu mengidentifikasi kebutuhan siswa secara tepat. Berikut beberapa keunggulan Sinotif Learning Method:
  • SPECIALIZED. Di Sinotif para siswa memiliki kesempatan untuk belajar dengan guru-guru yang kompeten dan ahli dalam bidangnya, yang merupakan guru spesialis matematika, fisika, dan kimia. Selain ahli, guru-guru tersebut telah tersertifikasi khusus sehingga memahami metode belajar yang menarik dan mudah dimengerti para siswa.
  • PERSONALIZED. Di Sinotif siswa mendapatkan layanan personal sesuai kebutuhan dan target belajar yang diinginkan. Catatan dan laporan belajar dikirimkan setiap selesai sesi belajar.
  • SYSTEMIZED. Di Sinotif belajar jadi mudah dan efektif, karena siswa mendapatkan modul soal yang sistematis dengan kombinasi gaya belajar linear dan global untuk memudahkan pemahaman konsep.
  • LIMITLESS. Layanan 24 jam nonstop. Di Sinotif siswa bisa mengakses website e-learning untuk belajar mandiri melalui seratusinstitute.com, dan tanya soal secara instan dengan aplikasi Tanya Jawab Soal - kapan pun, dimana pun.

Program Sinotif

Nah, setelah mengetahui metode belajar dan keunggulan Sinotif, selanjutnya bagi orangtua yang berencana ingin mendaftarkan anaknya menjadi salah satu siswa di Sinotif Bimbel Live Interaktif harus mengetahui apa saja produk-produk bimbel Sinotif yang bisa dipilih sesuai kebutuhan belajar anak. Ada 2 program Sinotif, yaitu Sinotif Premier dan Sinotif Mobile, yang akan dijelaskan secara singkat berikut ini.

1. Sinotif Premier, belajar live dan interaktif serta tatap muka secara online. Ada 4 Sinotif Premier, yaitu Premier Diamond, Premier Platinum, Premier Gold, dan Premier Silver.
  • Premier Diamond merupakan layanan belajar privat, eksklusif, dan bergaransi uang kembali.
  • Premier Platinum dimana siswa bisa belajar sesuai kebutuhan tentunya dengan penanganan personal.
  • Premier Gold dimana siswa bisa belajar bersama guru spesialis dengan modul lengkap dan sistematis.
  • Premier Silver, siswa bisa belajar mandiri dengan bimbingan guru dan bebas tanya PR kapan saja, 24 jam nonstop.
2. Sinotif Mobile, para siswa bisa belajar kapanpun, dimanapun, selama 24 jam sehari 7 hari seminggu. Bagaimana cara belajarnya? bisa dengan mengakses situs web seratusinstitute.com dan Aplikasi Tanya Jawab Soal by Sinotif.

Sulit Belajar Eksakta? Sinotif Bimbel Live Interaktif Solusinya

Setelah mencari tahu tentang Sinotif, membuat saya semakin tertarik dan merasa bimbel online rasa tatap muka ini sangat cocok untuk Razan yang ingin belajar eksakta tapi mengalami kesulitan untuk membagi waktu antara sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan bimbel. Apalagi saya tahu belajar eksakta tidaklah mudah, Razan membutuhkan guru atau tutor yang benar-benar ahli dalam bidang tersebut.

Rasanya tidak sabar ingin mendaftarkan Razan di Sinotif, tapi sebelumnya saya perlu berdiskusi dengan Razan terlebih dahulu nih agar lebih siap saat mengikuti bimbel. Syukurlah respon Razan sangat baik bahkan sangat antusias, tapi setelah dipertimbangkan saya dan Razan sepakat untuk memulai aktivitas bimbel di Sinotif semester depan. Tapi khusus untuk Bimbel Matematika, harus dimulai secepatnya karena pelajaran ini diajarkan di SMK dan juga untuk kebutuhan tes masuk perguruan tinggi.

Sulit belajar eksakta? Sinotif Bimbel Live Interaktif solusinya, bahkan dari beberapa testimoni yang saya baca banyak siswa yang berhasil mengatasi kesulitan belajar matematika fisika kimia setelah menjadi salah satu siswa di Sinotif. Tersedia juga fasilitas 1 kali belajar gratis yang bisa dimanfaatkan siswa untuk mencoba Sinotif Learning Method.

Sinotif spesialis matematika fisika kimia

Wah…belajar di Sinotif bisa menjadi solusi untuk Razan, siswa SMK yang ingin melanjutkan kuliah dan mengalami kesulitan belajar matematika fisika kimia. Apalagi Sinotif memiliki metode online yang berbeda, yaitu Live Interaktif menggunakan Zoom, sehingga proses belajar lebih efektif karena dua arah ada siswa dan ada gurunya. Bisa memilih sistem privat (1 guru 1 siswa), semi privat (1 kelas ada 3-5 siswa), atau berkelompok dengan 6 - 15 siswa.

Bersama guru-guru di Sinotif yang tidak hanya ahli dalam matematika fisika kimia tapi juga memiliki kemampuan mengenali karakter dan gaya belajar siswa, pastinya akan membuat belajar eksakta tidak lagi sulit karena sesungguhnya eksakta sama seperti ilmu lainnya. 

Hanya untuk mempelajarinya membutuhkan guru yang tidak hanya ahli dalam bidangnya tapi juga mampu mengemas materi dan suasana belajar menjadi lebih menarik, dan semua ini bisa didapatkan di Sinotif Bimbel Live Interaktif. Yuk daftar Sinotif sekarang bersama Razan!
Mutia Erlisa Karamoy
Mutia Erlisa Karamoy Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Another Blog bundadigital.my.id | Contact: elisakaramoy30@gmail.com

14 komentar untuk "Sulit Belajar Eksakta? Sinotif Bimbel Live Interaktif Solusinya"

Comment Author Avatar
yesssss, ini yg aku cariii
karena generasi jaman now butuh bgt layanan belajar seperti ini.

no ribet ribet club ya kaannn
Comment Author Avatar
Waaaah.. Mudahnya jaman sekarang ya. Semua serba ada. Kebetulan aku juga lulusan SMK yg diberi kesempatan kuliah, Mb. Dan jurusan SMK erat dg matematika, kimia, fisika. Dulu rasanya susah cari bimbel yg fleksibel, sekarang alhamdulillah ada Sinotif.
Comment Author Avatar
Wah, anak sekarang memang keren-keren ya pilihannya. Dulu rasanya kebanyakan orang hanya ingin masuk ke kampus dengan bidang studi umum yang sedang banyak dicari. Namun ternyata kini banyak yang lebih berani dan semangat untuk memutuskan mengambil jurusan keilmuan yang sesuai minatnya. Bagus juga ada bimbel seperti sinotif yang bisa ikut membantu mewujudkan cita-citanya ya Mbak.
Comment Author Avatar
Nyari tutor yang gak hanya sekedar mengajar namun bisa memahami karakter belajar anak yang sulit ya mbak. Nah sinotif bisa jadi solusi, krn gurunya memiliki kemampuan mengenali karakter dan gaya belajar siswa, pastinya akan membuat belajar eksakta tidak lagi sulit.
Comment Author Avatar
Pelajaran eksakta ini memang lebih menantang ya mbak
Senang kalau ada bimbel online yang memudahkan belajar eksakta seperti Sinotif ini ya
Comment Author Avatar
Sukses ya Razan, semoga dimudahkan dan dikabulkan segala doa, cita-cita dan harapan...Aamiin. Senangnya metode belajar di Sinotif yang online live interaktif ini efektif buat membantu siswa belajar yaa
Comment Author Avatar
Wah jadi pingin les in anak disini. Komplit dan profesional sepertinya ya. Apalagi mampu memberikan banyak solusi solusi keren dalam pelajaran eksakta jadi belajar makin seru
Comment Author Avatar
Keren sekali, kak..
Rasanya senang anak-anak sudah memiliki sekolah impian, tujuan dan masa depan untuk dirinya yang diimpikan. Demi meraih cita-cita, kudu dipersiapkan dengan baik dari sekarang dengan mengikuti Sinotif Bimbel Live Interaktif. Ini salah satu bentuk sayang orangtua dan support system yang positif untuk ananda.

Sukses untuk mas Razan.
Comment Author Avatar
Weww.. kaget juga dengan plot twist nya Razan.. kirain akan lanjut ke jurusan yang linier dengan jurusan di SMK saat ini ..
Tapi ya begitulah anak-anak ya mba, kita orang tua hanya bisa memberikan support yang terbaik . Untung ada Sinotif ^^
Comment Author Avatar
Semoga tercapai cita-citanya ya Kak Razan, keren nih kak cita-citanya
Comment Author Avatar
Sukses untuk mas Razan ya! Semoga dengan adanya bimbel Sinotif ini juga bisa mewujudkan mimpi kak Razan. Setahu saya kemampuan IT kak Razan nantinya pasti bakal dibutuhkan juga untuk kuliah di bidang tersebut. Misalnya menghitung probabilitas munculnya bintang atau planet, biasanya pake software atau perhitungan yang melibatkan IT
Comment Author Avatar
wah saya baru tahu nih ada kuliah jurusan planet gitu. keren banget nih Razan cita-citanya jadi kayak penelitin bintang gitu yaa. alhamdulillah sekarang bimbel dan kursus sudah bisa online ya, mbak. saya juga kepikiran begitu buat anak saya semisal jadwal sekolahnya terlalu padat lesnya cari yang online aja kayaknya biar nggak capek
Comment Author Avatar
Jadi sinotif ini spesialis eksakta kah? Asyik juga ya ada bimbel spt ini. Sukses ya Kak Razan
Comment Author Avatar
Jadi sinotif ini spesialis eksakta kah? Asyik juga ya ada bimbel spt ini. Sukses ya Kak Razan