Bikin Konten Bareng Anak Makin Asyik Pakai ASUS Zenfone 9

ASUS Zenfone 9

"Kapan kita bikin video atau foto lagi, ma!" Aisha bertanya dengan antusias. Memang selain menjadi ibu rumah tangga, saya juga bekerja dari rumah sebagai web content writer dan blogger yang sesekali harus membuat postingan atau konten di akun media sosial yang saya miliki untuk mendukung pekerjaan tersebut. Terkadang ada saja konten yang harus diposting di akun media sosial saya, entah dalam bentuk foto atau video bersama Aisha. Awalnya lumayan susah lho membujuk Aisha untuk mau membuat konten bersama. Tapi setelah Aisha mulai menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui media daring, di mana Aisha harus mengerjakan tugas dari sekolah dalam format video atau foto. akhirnya mulai terbiasa bahkan kini mulai menyukainya.

Sebenarnya membuat konten bagi anak-anak di masa sekarang bukanlah hal baru. Bahkan, seiring berkembangnya teknologi digital, muncul profesi baru yang ternyata tidak hanya menjadi tren di kalangan anak muda, tapi juga anak-anak. Tidak heran jika anak-anak sekarang ditanya cita-citanya, ada yang menyebutkan ingin menjadi seorang Youtuber. Banyak orangtua yang belum tahu jika seorang Youtuber adalah bagian dari profesi Konten Kreator. Sebuah profesi yang menjanjikan di masa depan, mengingat teknologi digital pastinya akan semakin berkembang. Namun disisi yang lain, agar bisa menjalani profesi konten kreator dalam jangan panjang, sangat disarankan memiliki skill khusus, diantaranya.

Memiliki Keahlian Dalam Bidang Tertentu

Bisa bernyanyi, bermain musik, menari, menggambar, koding, bermain game, memasak, atau keahlian apapun bisa menjadi nilai tambah suatu konten. Namun haruskah seseorang memiliki keahlian unik yang jarang dimiliki orang lain agar bisa membuat konten menarik? Tidak juga, karena memiliki keahlian umum asalkan dikemas menarik tentu akan mendatangkan banyak audiens juga. Tapi tentu, keahlian spesial akan membuat konten juga menjadi spesial. Jadi jangan ragu menggali potensi atau bakat yang dimiliki ya!

Selain itu, memiliki keahlian tertentu membuka peluang seorang konten kreator membuat konten tutorial. Apalagi konten jenis ini sangat disukai banyak orang, bahkan konten tutorial selalu menempati posisi teratas di search engine lho. Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat konten tutorial sangat disukai audiens, salah satunya karena konten seperti ini memiliki nilai edukasi tinggi. Tidak heran jika beberapa platform media sosial seperti Youtube, sangat menyukai konten semacam ini terutama untuk konten anak-anak.

Memiliki Keahlian Edit Foto dan Video

Percayalah, awalnya para konten kreator yang kini sudah memiliki nama besar belum memiliki tim editing sendiri. Tidak jarang para konten kreator ini merekam video, mengedit, sampai meng-upload video, semua dilakukan sendiri. Inilah yang menjadi alasan mengapa seorang konten kreator harus memiliki keahlian mengedit video, minimal mengoperasikan aplikasi video editor melalui smartphone yang dimiliki. Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak aplikasi video editor yang memiliki fitur yang sangat mudah dioperasikan, bahkan pemula sekalipun.

Selain membuat konten dalam format video, biasanya seorang konten kreator juga membuat konten dalam bentuk foto. Untuk konten dalam bentuk foto ini, seorang konten kreator harus memiliki kemampuan mengemas konten foto sehingga memiliki tampilan visual yang menarik. Tapi tidak perlu khawatir, karena sudah banyak aplikasi foto editor yang selain mudah dioperasikan juga bisa mengubah tampilan foto biasa menjadi luar biasa. Tentu, untuk ibu rumah tangga yang ingin membuat konten menarik bersama anak, aplikasi edit foto dan video yang user friendly sangat membantu.

Memiliki Keahlian Komunikasi

Sudah bukan rahasia lagi kalau seorang konten kreator harus memiliki skill komunikasi yang bagus. Tidak hanya keahlian bicara tapi juga kemampuan menyampaikan ide atau gagasan dalam bentuk konten, baik video atau foto sehingga mudah dipahami audiens. Berdasarkan pengalaman saya, skill inilah yang cukup sulit untuk dilakukan, karena untuk menerjemahkan ide atau gagasan dalam bentuk konten foto atau video tidak hanya butuh keahlian tapi juga pengalaman.

Setidaknya ada empat bentuk komunikasi yang kerap digunakan konten kreator untuk membuat konten menjadi lebih menarik, inspiratif, dan memiliki nilai edukasi, yaitu:
  1. Komunikasi Verbal, berupa kata-kata yang diucapkan langsung (berbicara) baik dilakukan secara langsung melalui tatap muka (Face to Face) atau melalui perantara media.
  2. Komunikasi Non Verbal, yang merupakan bentuk komunikasi melalui bahasa tubuh, ekspresi wajah, kontak mata, sentuhan tangan, serta intonasi suara.
  3. Komunikasi Dalam Bentuk Tulisan, yang merupakan gaya komunikasi lewat huruf, simbol, dan angka.
  4. Komunikasi Visual, merupakan gaya komunikasi yang diekspresikan melalui foto, seni, gambar, grafik, sketsa, dan visual lainnya.
Memiliki Keahlian Menulis (Copywriting)

Keahlian lainnya yang tidak kalah penting adalah skill menulis. Apapun media kontennya, keahlian menulis tetap dibutuhkan, jadi tidak hanya sebatas membuat caption saja ya. Bahkan seorang Youtuber dituntut harus memiliki keahlian menulis skenario yang baik agar konten yang dihasilkan berkualitas dan edukatif. Untuk seorang konten kreator, skill menulis sangat membantu mendeskripsikan sesuatu menjadi lebih menarik.

Ketika membuat konten, setiap orang pasti memiliki cara dan kebiasaan yang berbeda. Nah, kalau saya sebelum membuat konten, entah dalam bentuk foto atau video biasanya selalu membuat storyline sederhana sesuai tema yang dipilih. Keahlian menulis ini sangat membantu saya membuat storyline yang menarik lho, selain itu storyline juga bisa dijadikan basic ketika membuat caption. Barulah setelah itu, saya membuat konten dalam bentuk video atau foto. 

skill konten kreator

Agar tidak lupa dan mudah diakses, biasanya saya menulis storyline di smartphone. Sambil menulis, saya juga bisa browsing mencari referensi yang dibutuhkan agar konten yang dibuat bisa dipertanggungjawabkan dari sumber terpercaya. Ini menjadi salah satu alasan mengapa saya sangat membutuhkan smartphone yang tidak hanya nyaman digunakan dalam satu genggaman, tapi juga memiliki kemampuan multitasking yang tinggi. Tahu sendiri kan, kalau membuat konten bareng anak harus cepat dan tepat, untuk menghindari anak menjadi badmood.

Konten paling sulit yang harus saya buat bareng Aisha adalah dalam format video. Kadang suka kesal dan bingung cara mengeditnya jika melihat hasil rekaman video tidak stabil alias goyang-goyang, karena merekam aktivitas Aisha di luar rumah. Padahal jauh-jauh hari saya sudah membuat storyline yang menarik, tapi saat eksekusi hasilnya justru sangat mengecewakan karena rekaman video yang kurang stabil. Saat sedang browsing mencari referensi smartphone yang tidak hanya memiliki kamera berkualitas tinggi tapi juga anti guncangan, saya menemukan smartphone yang sangat direkomendasikan, yaitu ASUS Zenfone 9. Langsung deh saya cari tahu apa saja sih fitur-fitur unggulan ASUS Zenfone 9.

Bikin Konten Bareng Anak Makin Asyik Pakai ASUS Zenfone 9

Setelah saya mencari referensi lebih lanjut, ternyata bulan November 2022 lalu ASUS secara resmi baru meluncurkan Zenfone 9 di Indonesia. Saya yang awalnya hanya mencari tahu smartphone yang memiliki kamera dengan kualitas tinggi dan anti goyang, akhirnya tahu kalau Seri Zenfone tidak hanya dirancang untuk menghadirkan fitur-fitur unggulan tapi juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk merasakan pengalaman ponsel flagship yang ultra-compact, ultra-stylish, dan ultra-speedy bagi semua penggunanya di Indonesia.

Launch ASUS Zenfone 9

Saya yang awalnya hanya fokus mencari fitur unggulan Asus Zenfone 9 untuk fotografi dan multitasking, jadi tahu nih selain fitur tersebut masih banyak fitur keren lainnya, yang disematkan pada Seri Zenfone terbaru ini. Apa saja fitur-fitur unggulan ASUS Zenfone 9 yang cocok dijadikan smartphone andalan ketika bikin konten bareng anak, berikut ulasan versi saya ya!
"Smartphone ini benar-benar memenuhi apa yang dibutuhkan konsumen terkini, yaitu smartphone dengan fitur yang lengkap dalam balutan body yang ringkas, tampilan yang lebih eye-catching, dilengkapi sertifikasi perlindungan dari debu dan air, peningkatan fitur fotografi dengan kamera 50MP IMX766 dan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer untuk hasil foto lebih tajam serta bebas guncangan." (Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia).

Performa Powerful ASUS Zenfone 9

Zenfone 9 diperkuat prosesor flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform untuk menghadirkan performa yang lebih smooth dan responsif. Walau performanya galak, ponsel ini tetap adem berkat teknologi cooling system yang sudah diperbaharui dengan vapor chamber berteknologi tinggi dan fitur penyebaran panas, sehingga memungkinkannya menghasilkan performa tinggi tanpa kenaikan suhu berlebihan.

Dibandingkan pendahulunya, all-new Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform menawarkan CPU clock speed yang tinggi sampai 3.2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1. Untuk meminimalisir potensi bottleneck, Zenfone 9 dilengkapi LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage. Wah...kalau smartphone se-powerful ini, pastinya bikin konten bareng anak makin asyik tanpa pusing memikirkan harus take foto atau video berkali-kali, untuk mendapatkan hasil foto atau video dengan sudut pandang terbaik.

performa poweful ASUS Zenfone 9

Pernah kejadian smartphone jadi panas, sepanas bara api saat mengambil foto dan merekam video berkali-kali di luar ruangan, akhirnya smartphone jadi hang dan membuat aktivitas membuat konten jadi terhambat. Untuk konektivitas, jangan khawatir karena Zenfone 9 sudah mendukung WI-FI paling ngebut, yaitu WI-FI 6E yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan saat kondisi crowded sekalipun. Jadi kalau mau upload konten instant, bisa banget ya meskipun di luar rumah, karena pengguna akan diarahkan menggunakan sinyal terbaik.

Lantas, bagaimana dengan ketahanan baterainya? Jangan khawatir karena performa powerful dari ASUS Zenfone 9 sudah menggunakan baterai berkapasitas 4300mAH, lebih besar dari seri Zenfone lainnya. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, tentu sangat mendukung aktivitas multitasking yang dilakukan seharian. Bikin konten bareng anak makin asyik nih, soalnya tidak perlu khawatir bakal kehabisan baterai saat sedang merekam video atau mengambil foto. Selain itu, hasil foto atau video bisa langsung diedit lho melalui aplikasi di smartphone.

ASUS Zenfone 9; Desain Ringkas, Nyaman Digenggam, dan Mudah Di Kontrol

Dirancang sebagai ponsel yang ringkas, Zenfone 9 memberikan pengguna kemampuan untuk melakukan kontrol yang cepat dan mudah, bahkan hanya dengan satu tangan. ASUS merancang ponsel ini dengan layar 5,9 inci dengan panjang kurang dari 14,8 cm dan lebar kurang dari 7 cm sehingga bisa digenggam satu tangan dan muat di saku.

Lantas, bagaimana dengan kenyamanan saat mengenggam ponsel ringkas ini? Dalam balutan material kualitas premium, ASUS Zenfone 9 hadir dalam empat warna pilihan baru, yaitu MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black. Tidak hanya itu, Zenfone 9 juga memiliki ketahanan yang luar biasa di mana layar yang diproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya empat kali lebih antigores dibanding kompetitor dan tangguh saat jatuh dari ketinggian sampai 2 meter, tapi body-nya juga sudah tersertifikasi IP68 sehingga sudah anti air dan debu. 

desain ringkas dan nyaman digenggam ASUS Zenfone 9

Desainnya yang sleek dan clean, diperkuat mid-frame dengan material matte aluminum dengan tombol multifungsi ZenTouch di sisinya, untuk gesture control yang lebih lengkap. ASUS membekali Zenfone 9 dengan ZenUI 9 yang memberikan performa yang lebih cepat dan smooth, sekaligus lebih pintar, yang sudah disesuaikan untuk penggunaan satu tangan yang lebih mudah. Dengan antarmuka ini, Zenfone 9 lebih mudah dinavigasi, dilengkapi dengan tool Edge untuk menemukan aplikasi favorit dengan lebih cepat.

Asyiknya Motret & Rekam Video Tanpa Cela Dengan ASUS Zenfone 9

Untuk seri Zenfone terbaru ini, kamera masih diperkuat dengan formasi kamera depan dan belakang berkualitas pro dari Sony. Untuk kamera utama 50MP ultra-wide angle dari SONY IMX766 yang diperkuat teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer dan Autofocus untuk pengambilan gambar yang lebih stabil dan bebas guncangan. Kamera ini juga mampu merekam video 8K/24fps dengan OIS/EIS. Mampu merekam foto 16MP dengan light sensitivity yang lebih tinggi menggunakan filter warna Quad Bayer dan perekaman hingga 50MP pada kondisi terang.

6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer ASUS Zenfone 9

Bagaimana? Keren kan spesifikasi kamera depan Zenfone 9. Tidak hanya itu, kamera utamanya juga didukung penstabil gambar OIS atau Optical Image Stabilization. Gimbal rancangan ASUS ini menggunakan 6-sumbu stabilisasi yang memberikan kompensasi guncangan hingga 3 derajat, atau 2 derajat lebih tinggi dari OIS Standar. Dengan OIS yang lebih stabil ini, proses perekaman video yang dilakukan sambil berlari tetap akan stabil dan hasilnya tidak goyang. 

Tidak hanya itu, memotret di malam hari yang membutuhkan beberapa detik pengambilan gambar, tentu akan minim noise dengan detail yang menakjubkan. Kemudian ada kamera kedua 12MP ultra-wide dengan sensor SONY IMX363 yang mendukung fotografi makro dan disertai fitur autofocus. Kamera ini mampu merekam video 4K/60fps dengan EIS dan koreksi distorsi yang real-time. Kamera ini mampu merekam foto makro dengan fokus sampai jarak 4 cm.

Bagaimana dengan kamera depan Zenfone 9? Bagi yang suka selfie ngak perlu khawatir, karena sudah tersemat kamera selfie 12MP dengan sensor Sony IMX663 yang memiliki fitur PDAF atau Phase Detection Autofocus. Zenfone 9 menjadi ponsel pertama yang menggunakan sensor SONY IMX663 yang mampu melakukan autofocus dengan cepat berkat dual PDAF. 

bikin konten seru pakai ASUS Zenfone 9

Kamera depan ini mampu merekam foto hingga 12MP dan video 4K/30fps atau FHD/60fps dengan EIS. Tidak hanya mampu melakukan zoom, pengguna juga bisa melakukan selfie dengan tingkat kedalaman yang tinggi dan lebih tajam. Bagi ibu-ibu yang suka selfie bareng anaknya pasti bakalan suka nih dengan kamera depan Zenfone 9, yang mampu memberikan hasil bagus. Kemampuan autofocus pada kamera depan bikin foto menunjukan warna yang natural pada wajah, tanpa harus terlihat berlebihan. Selain detailnya yang luar biasa, juga minim noise.

Dengan formasi kamera selengkap dan secanggih ini, pastinya bikin konten bareng anak ngak hanya asyik tapi juga berkualitas. Saya tidak perlu mengedit foto nih, karena foto yang dihasilkan dari kamera Asus Zenfone 9 sudah sangat memenuhi syarat, apalagi kamera selfienya juga sudah menunjang hasil foto yang natural dan bagus. Untuk perekaman video juga lebih stabil dan pastinya anti goyang, karena sudah tersemat teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer.

Pengalaman Audio yang Impresif ASUS Zenfone 9

Kualitas audio menjadi salah satu pertimbangan penting saat memilih smartphone. Untuk Zenfone 9 tidak hanya punya dua speaker linier yang masif dan didukung oleh Qualcomm AqsticTM smart amps, tapi juga dilengkapi dengan jack audio 3.5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru. Bersama dengan sound tuning dari Dirac, Zenfone 9 memberikan pengalaman audio yang impresif.

Teknologi OZO Audio ASUS Zenfone 9

Penggemar headphone 3.5mm bakal dipuaskan dengan output Hi-res Audio yang mampu dihasilkan oleh ponsel ini. Audio jack ini bahkan sudah menggunakan Qualcomm® AqsticTM WCD9385 DAC terbaru dan menghasilkan dynamic range dan low distortion yang luar biasa. Tidak hanya itu, dengan teknologi OZO Audio, pengguna bisa menikmati rekaman berkualitas tinggi yang jernih dengan fitur 3D surround-sound dan wind-noise reduction. Dengan fitur ini, perekaman video saat berada di luar ruangan jadi minim noise dan pastinya bikin konten bareng anak jadi lebih fokus.

Performa Layar Tercepat Di Dunia ASUS Zenfone 9

Layar AMOLED 5,9 inci pada Zenfone 9 ini layak disebut layar flagship karena panelnya mampu menghasilkan akurasi warna yang tinggi. Untuk mempertahankan akurasi warna yang tinggi, bahkan di outdoor, panel layar ini memiliki tingkat brightness sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits.  Dengan formasi layar secanggih ini, bikin konten bareng anak di luar ruangan jadi ngak terganggu ya!

Selain itu, keuntungan lainnya yang bisa dinikmati pengguna pada layar Zenfone 9 adalah kecepatan responnya yang tinggi untuk pengalaman menikmati berbagai kontem dengan visual yang lancar dan mulus. Ponsel ini juga sudah diperkuat refresh rate 120Hz yang ultra-smooth, touch-sampling rate 240Hz, dan response time hanya 1ms. 

Layar AMOLED 5,9 inci ASUS Zenfone 9

Tak perlu khawatir menggunakannya untuk movie marathon, karena layar ini sudah tersertifikasi SGS Eye Care Display untuk emisi blue-light yang lebih rendah sehingga lebih nyaman di mata. Layar ini juga sudah mendukung DC Dimming, Always-on Display, dan menawarkan empat pilihan refresh rate, yaitu 120Hz, 90Hz, 60Hz, dan Auto.

Bikin Konten Bareng Anak Makin Asyik Pakai Asus Zenfone 9

ASUS Zenfone 9, dengan layar 5,9 inci, dirancang agar pas dengan ukuran satu tangan serta saku membuat penggunanya lebih nyaman dan bebas bergerak. Selain itu, Antarmuka ASUS ZenUI 9 (Android™ 12) sudah dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan. Termasuk penggunaan ASUS ZenTouch, yaitu tombol power multifungsi yang menggabungkan sensor sidik jari untuk unlock yang lebih mudah dan penggunaan gesture control yang lebih nyaman.

Dengan fitur selengkap dan secanggih ini, para orangtua bisa memanfaatkan Zenfone 9 tidak hanya untuk kebutuhan multitasking pekerjaan serta hiburan semata, tapi juga sebagai sarana untuk mengabadikan momen indah bersama anak-anaknya, baik dalam bentuk foto maupun video. Ada banyak orangtua yang akhirnya beralih profesi menjadi influencer atau vlogger karena keberhasilan membuat konten yang bagus dan memiliki nilai edukasi bersama anak-anak mereka. 

Selain membuka peluang menjadi konten kreator bersama anak-anak, membuat konten bareng anak bisa menjadi sarana memperkuat bonding antara orangtua dan anak. Berikut tiga cara orangtua dan anak bisa seru-seruan bikin konten bersama pakai ASUS Zenfone 9.

Abadikan Momen Seru Lewat Foto atau Vlog Bersama Anak

Aktivitas merekam momen indah bersama anak, baik lewat foto atau video selain bisa meningkatkan bonding antara orangtua dengan anak, juga bisa dijadikan sarana berbagi konten berkualitas dengan audiens.  Tidak bisa dipungkiri, seiring berkembangnya media digital dan teknologi smartphone, peluang orangtua dan anak untuk menjadi keluarga konten kreator sangat besar. Namun tentu saja, konten yang dibuat haruslah berkualitas, karena beberapa media sosial memiliki aturan sangat ketat mengenai konten yang melibatkan anak-anak. Berikut beberapa konten yang direkomendasikan di buat oleh orangtua dan anak.
  1. Konten yang menunjukkan atau mendorong rasa hormat, perilaku baik, dan kebiasaan sehat. Seperti konten tentang menjadi teman yang baik, makan sayuran, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, serta konten edukasi lainnya.
  2. Konten yang mendorong pemikiran kritis, mendiskusikan ide-ide baru, penemuan dan eksplorasi dunia.
  3. Konten yang merangsang pikiran atau imajinatif serta kreativitas anak. Seperti bernyanyi bersama, bermain alat musik bersama, mendongeng, membuat aneka kerajinan tangan, dan lainnya.
  4. Konten tentang keberagaman, kesetaraan, dan inklusi, yang mendorong anak memiliki sudut pandang dan pemikiran yang luas serta proporsional.
Dengan kamera sekelas flagship dan diperkuat formasi kamera depan dan belakang berkualitas pro dari Sony, orangtua bisa membuat konten berkualitas bareng anak. Kamera utama Sony IMX766 memungkinkan orangtua atau bisa juga anak mengambil foto sempurna bahkan ditempat minim cahaya sekalipun. Dengan teknologi 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer, baik foto maupun video yang direkam bebas blur dan anti goyang, bahkan jika sedang dalam posisi bergerak atau berlari. Bidikan kameranya juga terlihat super mulus dan profesional namun tetap terlihat natural.

ASUS Zenfone 9 juga didukung dengan durability yang tangguh jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, tiba-tiba hujan turun saat sedang bikin konten outdoor bareng anak atau perangkat ketumpahan air saat bikin konten. Bikin konten bareng anak memang seru dan asyik, tapi risikonya juga besar lho terutama yang berhubungan dengan perangkat yang digunakan. Jika hal ini terjadi, tidak perlu khawatir karena Zenfone 9 sudah memiliki sertifikasi ketahanan air IP68 yang dapat menghindari percikan air tidak terduga.

Ukuran Zenfone 9 yang terbilang mungil membuat orangtua bisa bergerak leluasa mengambil foto atau merekam video aktivitas anak, bahkan saat di lokasi outdoor sekalipun. Tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat membuat konten terutama konten video, karena Zenfone 9 sudah dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 4300mAh. Tidak hanya itu, kebutuhan akan perangkat yang responsif dan mulus saat membuat konten juga sudah dipenuhi oleh Zenfone 9 yang menggunakan Platform Seluler Snapdragon® 8+ Gen 1.

Bikin Konten Menarik yang Disukai Anak

Pernah mengalami kesulitan membuat konten bareng anak? Orangtua bisa eksplore atau browsing topik-topik konten yang menarik dan pastinya disukai anak-anak. Orangtua juga bisa mengeksplore keahlian yang dimiliki anak lho, seperti menari, menyanyi, memasak, olahraga, bermain alat musik, dan lainnya. Biasanya anak akan makin semangat kalau konten yang dibuat sesuai dengan minat dan disukainya. Dengan resolusi kamera depan dan belakang yang berkualitas dari Zenfone 9, aktivitas membuat konten menarik yang disukai anak makin seru dan asyik lho. 

Jika perangkat terjatuh karena tidak sengaja tersenggol atau terlepas dari genggaman anak saat bikin konten, tidak perlu khawatir karena Zenfone 9 sudah dirancang demikian tangguhnya yang dibarengi kualitas material yang premium. Hal ini karena layar Zenfone 9 telah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus, yang membuatnya empat kali lebih anti gores dan tangguh saat jatuh dari ketinggian sampai dua meter. Jadi, biarkan anak berkreasi dengan membuat konten yang disukainya, asalkan syarat konten berkualitas terpenuhi dan ada unsur edukasinya.

Libatkan Anak Saat Proses Editing dan Jangan Lupa Tunjukkan Hasilnya

Ketika semua footage dari aktivitas yang dilakukan sudah selesai diambil, sekarang waktunya melibatkan anak dalam proses editing sampai hasil akhir dari konten yang dibuat selesai, Hal ini penting lho, agar anak bisa memahami proses pembuatan konten yang selama ini dia saksikan melalui berbagai media sosial, serta sekaligus membiasakan anak menikmati momen setiap proses yang dilaluinya. Momen dalam proses editing juga bisa dimanfaatkan untuk bertanya pada anak mengenai perasaan mereka selama membuat konten serta tidak lupa memuji kesungguhan mereka.

Edit konten pun bisa dilakukan dengann nyaman pakai ASUS Zenfone 9 yang memiliki layar AMOLED canggih, yang menghadirkan warna setingkat sinema bioskop dengan detail sangat akurat. Selain itu, kecepatan refresh adaptif 120 Hz mampu menghadirkan visual super mulus dengan penghematan daya yang ditingkatkan. Proses editing juga makin mudah berkat rekaman berkualitas tinggi yang jernih dengan fitur 3D surround - sound dan wind - noise reduction.  

Setelah proses editing selesai, orangtua bisa menunjukkan hasilnya ke anak untuk membangun rasa puas bangga pada diri mereka. Lanjut ke proses upload nih, di mana Zenfone 9 memiliki fitur unggulan WIFI 6E dan Hyperfast 5G terbaru yang menhadirkan kecepetan luar biasa untuk mengunduh dan mengunggah, sehingga aktivitas upload konten dimana pun berada tidak mengalami masalah. Bagaimana? Setuju kan kalau bikin konten bareng anak makin asyik pakai ASUS Zenfone 9.

Bikin konten bareng anak pakai ASUS Zenfone 9

Setelah mengetahui kecanggihan fitur unggulan ASUS Zenfone 9, pastinya banyak orangtua yang tertarik ingin membelinya. Zenfone 9 hadir secara resmi di Indonesia dengan tiga varian kapasitas penyimpanan, yaitu 6GB/128GB, 8GB/256GB, dan 16GB/256GB.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

"Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari"

Referensi Artikel:
https://www.asus.com/id/mobile/phones/zenfone/zenfone-9/
Press Release ASUS Zenfone 9 Launch Indonesia

Sumber Foto: ASUS Indonesia
Mutia Erlisa Karamoy
Mom of 3 | Lifestyle Blogger | Web Content Writer | Digital Technology Enthusiast | Mombassador SGM Eksplor | Another Blog bundadigital.my.id

Related Posts

19 komentar

  1. Kalo gadget punya spesifikasi mumpuni kyk gini.....pastinya ngonten makin semangaatt ya

    Duh jd mupeengg bgt nih mbaaa

    BalasHapus
  2. Emang asus versi Zenfone ini menarik buat ngonten. Aku sekarang pake yang Zenfone 6, dipake buat rekam pas konser masih mantep. Sayang di Zenfone 9 udah ga ada kamera flip huhu

    BalasHapus
  3. Ampuuuuuuu deh, Mbak Mut....racun zenfone 9 ini sungguh terlalu ya. Kan jadi pengiiiiiiin, huaaaaaaaa. Fitur canggihnya itu lo gak ketulungan euy, apalagi yang buat rekam video hasilnya layaknya seorang profesional karena dilengkapi gimbal stabilizer. Bung tabung tabung dulu

    BalasHapus
  4. Wah iya, kalau mau makin produktif bikin konten bareng anak, butuh gawai yang mumpuni ya mbak
    Ya ASUS Zenfone 9 ini

    BalasHapus
  5. Mantap nih Asus, sekarang untuk bikin konten video gak harus beli kamera dengan spek mahal. Dengan Asus pun, video bisa terekam dengan baik.

    BalasHapus
  6. Wah handphone idaman ini. Mudah dibawa kemana-mana dengan spek yang mumpuni.

    BalasHapus
  7. Uwuw, moga sukses lombanya dan makin semangat bikin konten bareng anak ya, Mbak.

    BalasHapus
  8. Anak jaman sekarang banyak banget yang bercita-cita jadi konten kreator. Kalau pakai asus zenfone 9 potensi anak bisa makin diasah ya mba.

    BalasHapus
  9. Asyik ya, Mbak punya putri yang mendukung karir Mamanya, sekaligus bisa jadi model. Semoga tercapai cita-citanya sebagai youtuber favorit.

    BalasHapus
  10. Wah, kalau perlengkapan perangnya keren, bakal nambah semangat ngonten ya mbak. Mantap

    BalasHapus
  11. Zenfone 9 mmg mantul, ponsel impian nih. kecil-kecil cabe rawit

    BalasHapus
  12. Iya paling menyenangkan membuat konten dengan anaknyang mau diajak kerjasama. Kebetulan anak saya yg pertama mudah diajak buat foto dan video. Kalau yg kedua masih kesulitan.

    BalasHapus
  13. Asyik banget mb..apalagi saya menyukai memotret, edit dan lainnya pastinya Asus Zenfone 9 ini mendukung sekali.

    BalasHapus
  14. Kalo pake gawai ini enak juga ya. Gak perlu beli gimbal lagi. Trus kalo bepergian juga gak perlu nenteng gimbal lagi. Udah satu paket buat ngonten.

    BalasHapus
  15. Seru banget bikin konten bareng anak, apalagi memakai asus zenfone 9 gambarnya dijamin cling-cling ya mba....pasti mereka tambah jatuh cinta

    BalasHapus
  16. Saya naksir Zenfone 9 nih mbak, keren ya, tapi saya suka yang warna merah, supaya lebih mudah buat kontennya, apalagi soal foto memfoto, PR banget buat saya, nah kalau pakai Zenfone 9 kan hasil fotonya sudah bagus tuh jadi ga perlu edit lagi

    BalasHapus
  17. Mantul banget emang si Zenfone 9. Dulu suami punya yang Zenfone max jadul itu aja menurutku udah bagus, ini apalagi udah series 9

    BalasHapus
  18. Asus Zenfone 9 udah paling Keren nih. Apalagi buat bikin video, ada stabilizernya. Biar nggak gampang goyang nih hasilnya. Visualnya juga jernih, udah pakai layar AMOLED

    BalasHapus
  19. Masyaa Allah banget sih produk2 dari asus ini, jadi pengen punya salah satunya.

    BalasHapus

Posting Komentar