Dukung Potensi Inner Strength Pada Anak Di Biskuat Academy

Biskuat Academy

"Potensi anak tidak hanya sekadar prestasi akademis, masih banyak potensi lain dalam diri anak yang harus digali dan diasah orangtua untuk membantu kesuksesannya di masa depan." Kata-kata yang diucapkan psikolog anak dalam acara pertemuan wali murid di sekolah putri saya, Aisha masih tergiang terus ditelinga saya hingga saat ini. Lantas, bagaimana cara saya sebagai orangtua untuk menggali potensi yang dimiliki Aisha semaksimal mungkin, agar potensi ini bisa mendukung kesuksesan Aisha kelak?

Orangtua mana yang tidak bangga jika melihat anaknya berprestasi di bidang akademis, mendapat nilai-nilai bagus sehingga bisa masuk di sekolah favorit. Namun satu hal yang harus diingat, berdasarkan pengalaman banyak orangtua, termasuk saya, prestasi akademis sebenarnya bukanlah satu-satunya tolak ukur kesuksesan anak lho. Sejatinya, ada banyak fakta yang berhasil diungkap bahwa beragam cara bisa dilakukan untuk mendukung potensi anak, dan salah satu hal yang penting dilakukan orangtua adalah membantu anak menemukan dan menggali Inner Strength dalam dirinya.

Apa Itu Inner Strength Pada Anak

Dirangkum dari berbagai sumber, Inner Strength merupakan kekuatan positif yang ada dalam diri setiap orang. Apabila kekuatan positif pada anak ini digali dan diasah serta dilatih dengan baik, maka Inner Strength berpotensi besar mampu menciptakan generasi yang kuat dan tangguh...setangguh harimau! Percayalah, setiap anak terlahir dengan beragam potensi dalam dirinya. Namun harus diakui, bukanlah hal yang mudah untuk menggali dan memunculkan potensi dalam diri si anak sehingga orangtua harus mencari cara yang tepat.

Dalam sebuah acara diskusi virtual, Psikolog Anak Seto Mulyadi atau yang lebih akrab dipanggil Kak Seto menyebutkan bahwa Inner Strength dapat berupa kekuatan karakter positif yang ada dalam diri semua orang, seperti percaya diri, berani, tangguh, baik hati, dan karakter positif lainnya. Untuk menumbuhkan dan menggali Inner Strength dalam diri anak dibutuhkan peran besar orangtua. Inner Strength sangat dibutuhkan anak untuk memaksimalkan potensinya, yang tentunya sangat dibutuhkan untuk masa depan anak kelak. Dengan memiliki karakter yang kuat, anak-anak akan menjadi generasi yang tidak hanya tangguh tapi juga sosok anak muda yang visioner. Berikut ciri-ciri anak yang memiliki Inner Strength.
  1. Tumbuh sehat secara fisik dan mental.
  2. Memiliki empati, suka menolong, dan melakukan perbuatan baik untuk orang lain.
  3. Memiliki kemampuan memilih mana yang baik dan buruk.
  4. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi.
  5. Pantang menyerah, tidak mudah putus asa, dan selalu optimis bisa menyelesaikan masalah.
  6. Menjadi pribadi yang menyenangkan untuk orang disekitarnya.
Untuk menumbuhkembangkan potensi anak memerlukan kepercayaan diri. Disinilah peran orangtua yang harus mengapresiasi semua potensi yang dimiliki anak untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Anak yang sudah memiliki rasa percaya diri tinggi secara otomatis akan mudah memunculkan Inner Strength dalam dirinya.

Cara Mendukung Potensi Anak Untuk Mengasah Inner Strength

Sejatinya, semua anak memiliki potensi tidak terbatas dalam dirinya, dan menjadi tugas orangtualah untuk memberikan dukungan agar anak bisa menggali dan mengasah potensi dalam dirinya. Anak yang memiliki prestasi akademis baik akan membantu anak untuk sukses di masa depan, namun hal ini harus didukung Inner Strength agar karakter positif anak bisa terbentuk dengan baik. Paduan prestasi akademis dan Inner Strength pada anak, akan menjadi modal untuk meraih kesuksesan di masa depan. 

dukung inner strength anak

Tapi permasalahannya, bagaimana cara terbaik yang bisa dilakukan orangtua untuk mendukung potensi anak dan memunculkan Inner Strength dalam dirinya.
  1. Berikan ruang seluas-luasnya pada anak untuk bereksplorasi agar mendapat pengalaman baru.
  2. Buka kesempatan anak berteman dan bermain dengan teman sebayanya agar anak belajar bersosialisasi atau memiliki Social Skills.
  3. Pastikan anak selalu merasa aman dan nyaman untuk menumbuhkan percaya dirinya.
  4. Berikan contoh dan tanamkan etika bergaul, serta ajarkan nilai-nilai baik di masyarakat.
  5. Biarkan anak belajar dari kesalahan yang diperbuat, untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam dirinya.
  6. Selalu dukung anak melakukan aktivitas atau hobi yang disukainya.
  7. Berikan kesempatan anak untuk mengerjakan pekerjaannya sendiri agar mandiri.
  8. Ajarkan anak untuk disiplin dan memahami konsekuensi dari apa yang dilakukan.
  9. Ajarkan anak untuk berbagi, berempati, dan membantu orang lain.
  10. Ajarkan anak mengontrol emosi dan mencari solusi ketika menghadapi masalah.

Saya percaya, setiap anak adalah unik dan berbeda antara satu dengan lainnya. Meskipun Aisha, putri saya bukanlah anak yang memiliki prestasi menonjol dalam akademis, namun saya selalu mengapresiasi semangatnya untuk berjuang ketika menginginkan sesuatu. Tapi memang jika diamati ada beberapa karakter khusus dalam diri Aisha yang menjadi catatan saya, seperti kurang tertarik bersosialisasi dengan kelompok besar dan kurang memiliki empati. 

Selain itu, Aisha juga kerap mengalami kesulitan ketika bekerjasama dengan teman-temannya, karena ada karakter khusus dalam dirinya yang menyukai mengerjakan semua pekerjaan sendiri agar cepat dan sesuai dengan standar yang dimiliki. Meskipun karakter ini baik, tapi seiring bertambahnya usia, Aisha pasti akan mengalami kesulitan ketika harus dihadapkan pada kewajiban untuk bekerjasama dengan orang lain, baik dalam kelompok kecil maupun kelompok besar.  Selain itu, Aisha juga perlu tahu bahwa tidak semua keinginannya bisa terwujud.

Dari berbagai referensi artikel atau buku yang saya baca, ada cara untuk mengasah serta mendukung potensi karakter yang sudah dimiliki Aisha, yaitu dengan aktivitas olahraga. Rasanya, semua orang tahu jika olahraga tidak hanya memiliki manfaat untuk dukung kesehatan fisik anak, tapi juga kesehatan mental anak. Saat melakukan aktivitas olahraga, anak bisa mempelajari hal-hal baru, seperti komitmen, disiplin, serta keterampilan bersosialisasi dengan teman-teman baru. 

Bahkan menurut beberapa sumber, kegiatan olahraga membuat anak memiliki pengalaman dengan peraturan fair play atau kejujuran dalam melakukan permainan. Pengalaman inilah yang nantinya akan mengasah Inner Strength pada anak sehingga menjadi lebih tangguh, disiplin, serta percaya diri. Selain itu, kegiatan olahraga juga memiliki manfaat mengasah keterampilan bersosialisasi anak dengan saling berbagi peran. Apalagi ada jenis-jenis olahraga yang sangat mengutamakan kerjasama antar anggota kelompok, seperti sepak bola.

Dukung Potensi Inner Strength Pada Anak Di Biskuat Academy

Hampir semua anak-anak dari beragam usia sangat menyukai aktivitas fisik yang dilakukan di alam terbuka, tidak heran jika sepak bola menjadi salah satu jenis olahraga yang disukai di sekolah. Sepak bola tidak hanya memberikan manfaat bagi perkembangan fisik anak, tapi juga membantu menggali dan mengasah potensi Inner Strength positif dalam diri si anak. 

Lewat permainan sepak bola, anak akan belajar banyak skill yang bermanfaat untuk masa depannya. Sepak bola tidak hanya mengasah skill dalam diri anak tapi juga social skill sehingga anak bisa bekerja sama dalam tim, berkomunikasi, dan berkoordinasi. Jika anak-anak bercita-cita menjadi pemain sepak bola, yang handal, tidak hanya dibutuhkan skill bermain bola yang mumpuni tapi harus dipadukan juga memiliki karakter yang kuat dan positif.

#BiskuatDukungMimpimu

Begitu banyaknya manfaat positif bermain sepak bola untuk anak, membuat banyak orangtua mendukung hobi dan cita-cita anak-anaknya untuk berlatih sepak bola, karena selain mendukung perkembangan fisik anak menjadi lebih baik juga dapat mengembangkan berbagai kekuatan baik dari dalam atau kerap di sebut Inner Strength, seperti berani, tidak mudah putus asa, percaya diri, tangguh, dan baik hati, baik saat berinteraksi dengan orang lain maupun untuk dirinya sendiri.

Setelah tahu bahwa pengembangan kekuatan baik dari dalam (Inner Strength) dapat disalurkan melalui olahraga sepak bola, ada kabar baik nih untuk semua orangtua yang mendukung potensi Inner Strength anaknya, yaitu dengan mengikuti Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022.

Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022

Siapa nih yang anak-anaknya suka sekali Biskuat? Tidak hanya Aisha, putri saya, saya pun suka sekali ngemil Biskuat saat santai di rumah. Biskuat merupakan salah satu brand unggulan Mondelez International yang memiliki purpose-led brand (tujuan mulia) dalam rangka menciptakan #GenerasiTiger, yaitu anak-anak yang tidak hanya berprestasi tapi juga memiliki kekuatan baik dari dalam atau diikenal dengan Inner Strength, yang tercermin dari karakter positif anak.

Disini ditunjukkan bahwa Biskuat percaya setiap anak memiliki potensi tidak terbatas melebihi apa yang terlihat. Percayalah, anak akan selalu memiliki kekuatan sejati dan unik yang terletak dalam dirinya. Hanya persoalannya, bagaimana cara orangtua untuk memunculkan kekuatan baik tersebut. Untuk membantu orangtua mendukung potensi Inner Strength dalam diri anak inilah maka hadir Biskuat Academy.

sekolah bola online Biskuat Academy
Foto: https://www.instagram.com/biskuatindonesia/

Melalui Program Biskuat Academy, selain prestasi dalam bidang akademik, Biskuat juga mendorong pencapaian prestasi anak-anak Indonesia di bidang olahraga, khususnya olahraga sepak bola. Dalam program ini juga Biskuat mengajak orangtua di manapun berada di seluruh Indonesia untuk menciptakan #GenerasiTiger, yaitu generasi yang memiliki karakter tangguh, percaya diri, pemberani, dan baik hati.

Biskuat Academy sendiri merupakan serangkaian acara tahunan dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran olahraga bagi anak Indonesia yang bertujuan mengembangkan tidak hanya kekuatan fisik tapi juga kekuatan baik dari dalam (Inner Strength). Berikut keuntungan mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022.

  1. Belajar teknik sepak bola dari Coach Timo Scheunemann.
  2. Belajar langsung dari pemain-pemain sepak bola Indonesia.
  3. Ada hadiah seru setiap minggu dan hadiah utama Tur ke Stadion Bola Internasional.
  4. Mendapatkan E-Certificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik dengan tanda tangan Kemendikbud Ristek dan Kemenpora untuk Finalis.
Sepanjang perjalanan Biskuat Academy, ada banyak program yang sudah dilakukan. Mulai dari peningkatan keterampilan sepak bola dari pelatih berlisensi UEFA A sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan, hingga bertemu pemain profesional dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia. Jadi, orangtua tidak hanya mendapatkan benefit skill sepak bola yang baik untuk anak-anaknya setelah mengikuti Program Biskuat Academy, tapi juga kesempatan langka bertemu dan belajar langsung dari pemain sepak bola yang sudah berpengalaman.

Ayo ajak anak mengikuti Biskuat Academy 2022, caranya mudah sekali dan berikut langkah-langkahnya.
  1. Beli Biskuat kemasan khusus Biskuat Academy.
  2. Daftar via Whatsapp.
  3. Hadiah langsung akses ke Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022 dan menangkan hadiahnya.
Biskuat Academy, tidak hanya menjadi wadah dan kesempatan terbaik bagi orangtua untuk mendukung potensi anak melalui bidang non akademik, tapi juga untuk menumbuhkan serta mengasah Inner Strength yang ada dalam diri anak. Prestasi anak tidak selalu identik dengan akademik, karena melalui kegiatan olahraga seperti sepak bola, anak juga bisa berprestasi dan mampu membanggakan tidak hanya orangtua tapi juga bangsa serta negara. 

Kebetulan saya ada video inspiratif dari Biskuat yang wajib untuk disimak agar orangtua makin semangat dukung potensi Inner Strength anaknya melalui Program Biskuat Academy.


Orangtua mana yang tidak bahagia melihat anak-anaknya berprestasi, tapi mendukung anak meraih mimpi juga sama pentingnya. Dengan memiliki mimpi besar, maka anak akan percaya bahwa dalam dirinya ada kekuatan besar untuk membantunya meraih mimpi di masa depan. Indonesia butuh lebih banyak sosok inspiratif seperti Coach Aji dan Program Biskuat Academy untuk membantu orangtua mengantarkan anak-anak Indonesia meraih mimpi, #BiskuatDukungMimpimu.

"Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba KEBxBiskuat Academy 2022"

15 komentar

  1. Inner strength penting banget gak hanya buat orang dewasa tapi buat anak juga ya ternyata. Iya sih, punya mental dan inner strength yang kuat bakal lebih mandiri cara berpikirnya kala dewasa. Thanks to Biskuat academy.

    BalasHapus
  2. Inspiring bgt ya Biskuat iniii

    Bener2 ngebantu ortu utk memberikan yg terbaik bagi buah hati

    Karena inner strength itu pentiiiinggg bgt

    BalasHapus
  3. Karakternya Aisha sama kaya anakku, Umar lo, Mbak. Anakku juga cenderung tidak suka dengan keramaian, dia lebih suka privasi. Tapi, kemarin dia sempat bilang kepadaku kalau dia ingin main sepak bola karena dulu sering lihat ayahnya main bola. Pas banget untuk mengasah inner strength-nya donk. Apalagi ada program Biskuat Academy, semakin semangat euy

    BalasHapus
  4. Keren ya Biskuat Academy mendukung potensi anak non akademis. Dengan demikian anak jadi lebih happy dan engga merasa terbebani. Pas banget nih lagi ada kejuaraan Piala Dunia...

    BalasHapus
  5. Programnya Biskuat ini memang bagus banget. Mengangkat potensi anak-anak dari segala kalangan. Harga biskuitnya terjangkau banget-nget dengan fasilitas pelatih pro. Keren!

    BalasHapus
  6. Wah inner strength anak itu terbentuk bukan instan ya mb. Ada hal yang menyebabkan inner strength tumbuh pada seorang anak. Masya Allah anaknya luar biasa semangatnya

    BalasHapus
  7. Wah, kudu ikut ini. Kebayang kebahagiaan dan kebanggaan mereka kalau menang bisa tour ke stadion bola internasional

    BalasHapus
  8. Bagus ya program biskuat bisa untuk mengasah inner strength anak. Semoga ke depannya ngga cuma sepak bola ya bisa minat bakat yang lain

    BalasHapus
  9. Bagus eventnya ya. Hanya dengan membeli biskuat kemasan khusus, bisa dapat pelatihan sepak bola online dengan pelatih berstandart UEFA.

    BalasHapus
  10. Bagus ya kegiatan Biskuat Academy ini dapat mendorong talenta anak keluar secara maksimal.Semoga semakin banyak lagi kegiatan-kegiatan positif seperti ini untuk mendukung generasi muda berkembang dan semakin cerdas

    BalasHapus
  11. Keren banget program Biskuat Academy ini ya mbak
    Bisa menghadirkan jagoan sepakbola yang nggak hanya berprestasi tapi juga berkarakter ya mbak

    BalasHapus
  12. Pas nulis tentang bismuat ini aku dapet pencerahan tentang inner strenth ibi mbak, dan keren banget nih acara dan braindingnya biskuat

    BalasHapus
  13. Anak sulung dan kedua saya punya karakter yang berbeda nih. Si sulung happy bener di keramaian, si adek nggak. Yang terpenting adalah bagaimana orangtua bisa mendukung inner strength anak yaa, agar mereka bisa memaksimalkan potensinya. Nah.. ikutan Biskuat Academy ini salah satu caranya.

    BalasHapus
  14. Penting banget sebagai orang tua mendukung bakat dan minat anak. Anakku suka juga main bola. Nah, jadi kepikiran buat masukin anakku ke Biskuat Academy

    BalasHapus
  15. Aisha tipe anak mandiri nih, punya standar tinggi ya untuk menyelesaikan pekerjaan. Tinggal diimbangi dengan kemampuan berbagi bersama teman aja. Dalam hal ini berbagi tanggung jawab agar masing-masing bisa merasakan ikatan yang kuat untuk menyelesaikan pekerjaan secara bersama-sama.

    BalasHapus