15 Superfoods Kaya Nutrisi Untuk Diet

superfoods kaya nutrisi untuk diet

Istilah Superfood diperkenalkan pertama kali oleh seorang dokter dari Scripps Memorial Hospital di La Jolla, California, dan Universitas of California di San Diego, Amerika Serikat, Steven G.Pratt, M.D., FACS dalam bukunya “Superfoods RX : Fourteen Foods That Will Change your Life”, menuliskan sederet daftar sumber bahan makanan nabati yang dianjurkan, dan menu yang dibuat dari kombinasi bahan-bahan makanan itulah yang dikenal sebagai Superfoods.

Superfoods konon dipercaya dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit berkat kandungan kadar vitamin yang cukup tinggi bagi tubuh. Superfoods juga dapat menjadi sumber antioksidan, yaitu zat yang dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan sel dan membantu mencegah penyakit, termasuk membantu melawan kanker atau mengurangi resiko penyakit jantung.

Jika saat ini ada yang sedang berupaya menurunkan berat badan dengan menjalani diet, tentu sangat membutuhkan makanan khusus yang rendah kalori. Diet dengan mengonsumsi sejumlah makanan yang memberikan nutrisi cukup, tinggi protein, dan tentu lebih sehat jika dibandingkan mengonsumsi obat kimia. Berikut 15 Superfoods yang bermanfaat untuk diet atau menurunkan berat badan dengan cara lebih aman, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Blueberry

Blueberry memiliki kandungan kalori yang rendah serta mengandung berbagai antioksidan dan membantu mencegah penurunan fungsi kognitif dari penyakit melemahnya daya ingat seseorang seperti Alzheimer dan Parkinson. Dengan zat antioksidannya yang tinggi, blueberry dipercaya dapat mencegah kanker serta membantu memperbaiki kadar insulin bagi penderita diabetes.

2. Buah Alpukat

Meskipun buah ini dikenal kaya akan lemak, tapi jangan khawatir karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik atau monounsaturated fats (MUFAs) yang mampu meredam rasa lapar. Dengan kandungan serat serta protein yang kaya, buah ini konon dapat meningkatkan daya tahan tubuh, metabolism tubuh, sariawan, dan mencegah kanker. Rasanya yang nikmat membuat buah ini dapat dikreasikan menjadi makanan dan minuman yang menyehatkan.

3. Brokoli

Brokoli mengandung kadar serat yang tinggi sehingga sangat cocok untuk mendukung program diet yang sedang dijalani. selain kaya nutrisi, kandungan vitamin B kompleks, C, E, dan K dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit, mengontrol tekanan darah, anti kanker, dan mencegah osteoporosis.

4. Oats

Sebagian masyarakat mengenal oats sebagai menu sarapan pagi yang menyehatkan karena tingginya jumlah serat yang dikandungnya membuat perut cepat kenyang, dengan sendirinya mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak. Ternyata dengan kandungan Beta Glucan, oats atau sereal ini dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

5. Salmon

Kandungan Monounsaturated fat (MUFAs) pada salmon sangat tinggi sehingga sangat cocok untuk mendukung program diet Anda. Salmon juga kaya asam amino omega-3, protein, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk menjaga mata tetap sehat, mencegah Alzheimer, radang sendi, dan penyakit kardiovaskular.

6. Teh Hijau

Zat antioksidan yang bernama katekin mampu mengikis lemak dalam tubuh, selain itu dipercaya mampu membakar lemak dan kalori yang lebih banyak yang berfungsi menurunkan berat badan.

7. Asparagus

Tumbuhan ini dapat berfungsi sebagai detoksifikasi, yaitu mengeluarkan racun dan limbah buruk dari tubuh, dan juga menjaga jumlah bakteri baik yang tersimpan dalam sistem pencernaan usus. Fungsi inilah yang membuat Asparagus sangat cocok sebagai makanan untuk diet yang menyehatkan.

8. Minyak zaitun

Jika orang yang sedang melakukan diet atau menurunkan berat badan ingin tetap mempertahankan diet namun ingin makanan yang digoreng, maka gantilah minyak goreng yang kerap digunakan dengan minyak zaitun, karena minyak zaitun ini tidak melekatkan lemak pada makanan yang hendak dikonsumsi.

9. Jamur

Beberapa jenis jamur, terutama jamur kancing dapat dikonsumsi bersamaan dengan superfoods lainnya untuk mempercepat program penurunan berat badan atau diet yang sedang dilakukan. Tapi perlu diingat untuk memilih jamur kancing yang berkualitas tinggi karena meskipun tinggi kandungan vitamin namun rendah lemak.

10. Buah Apel

Buah yang rasanya manis dan lezat ini dikenal rendah kalori, tinggi kandungan serat, serta kandungan sodium. Buah ini sangat baik untuk pencuci mulut atau sebagai kudapan kecil di sela-sela makan berat.

11. Buncis

Buncis tergolong kacang-kacangan tapi masuk dalam klasifikasi sayuran, dan merupakan jenis sayuran yang sangat cocok untuk mendukung program diet Anda karena memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan dengan bantuan serat yang dikandungnya. Bahkan buncis dapat mengontrol kadar gula darah seseorang lho!

12. Buah Pisang

Dikenal sebagai buah yang merakyat, ternyata sangat bermanfaat karena kaya nutrisi dan manfaat bagi kesehatan melalui berbagai penelitian. Selain masuk dalam Superfoods diet yang telah diakui di dunia, pisang juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan wajah.

13. Buah Pir

Anda lapar tapi harus diet? Makanlah buah ini dijamin akan kenyang seketika dan tahan cukup lama, karena jumlah serat yang terkandung didalamnya sangat efektif membantu program diet yang sedang dilakukan seseorang.

14. Kacang Pinus

Kacang pinus dikenal dapat menghambat nafsu makan dengan kandungan filonutrien di dalamnya. Dengan makan kacang pinus setidaknya satu genggam setiap hari maka akan menyingkirkan keinginan makan berlebihan pada diri seseorang yang sedang melakukan upaya menurunkan berat badan atau diet.

15. Cranberry

Cranberry adalah buah yang termasuk dalam kelas berry dengan rasanya yang asam kecut tapi kaya nutrisi dan vitamin, yaitu vitamin A, beta karoten, lutein, vitamin C, folat, potassium, magnesium, dan rendah kalori. Kandungan yang rendah kalori namun kaya nutrisi membuat buah ini cocok dikonsumsi untuk program diet yang sedang dilakukan seseorang.

-------

Dari daftar superfoods di atas, seseorang yang sedang melakukan diet tinggal memilah dan memilih jenis yang mana yang akan dikonsumsi untuk mendukung program diet yang sedang dilakukan. Bagaimana cara memilih superfoods yang terbaik? Untuk memutuskan pilihan yang tepat, tetap memerlukan bantuan ahli diet yang sudah berpengalaman karena setiap orang memiliki riwayat kesehatan yang berbeda. Tapi tidak perlu khawatir jika mengalami kesulitan menemukan bahan superfoods di Indonesia, karena saat ini telah banyak gerai online di Indonesia yang menyediakan bahan superfoods tersebut. Let’s enjoy your diet!

(Dirangkum dari berbagai sumber/artikel)

Tidak ada komentar