10 Cara Kurangi Limbah Makanan

cara kurangi limbah makanan

Hayoo...siapa nih yang suka buang-buang makanan? Waste and Resources Action Programme (WRAP), Badan Penasihat Limbah Pemerintah Inggris untuk Global Commission on the Economy and Climate, dalam laporannya, "Strategi untuk mencapai keuntungan ekonomi dan lingkungan dengan mengurangi limbah makanan," mengindentifikasi peluang yang signifikan untuk meningkatkan kinerja ekonomi dan mengatasi perubahan iklim dengan mengurangi jumlah makanan yang terbuang pada berbagai tahap dalam rantai pasokan, mulai dari pertanian, transportasi, penyimpanan, hingga ke tahap konsumsi.

Badan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memperkirakan, bahwa di seluruh dunia masih banyak produk makanan yang terbuang, bahkan hingga menyentuh angka 30%, sementara di belahan dunia lain sekitar 800 juta orang menderita kelaparan. Berdasarkan data PBB menyebutkan bahwa total produk makanan yang terbuang mencapai sekitar 1,3 milliar ton, wah...benar-benar jumlah yang sepadan untuk memberi makan sekitar 2 milliar orang.

Di setiap tempat, ada kecenderungan setiap kali berbelanja untuk kebutuhan rumah tangga orang-orang cenderung memasukkan sayuran, telur, buah, daging, dan berbagai bahan makanan lainnya tanpa pernah berpikir bahwa tidak semua bahan makanan tersebut akan diolah. Akhirnya, selain belanjaan menumpuk, isi dompet terkuras, bahan makanan yang telah dibeli dan tidak bisa di olah karena sudah rusak atau tidak layak konsumsi, tidak segar lagi, atau bahkan sudah kadaluarsa, dan semua itu berakhir di tempat sampah. Sungguh ironis, karena di belahan dunia lain masih ada orang yang kelaparan dan anak-anak yang kurang gizi.

Mengurangi limbah makanan dapat dimulai dari diri sendiri dengan mengurangi atau bahkan meniadakan limbah makanan dari pintu rumah sendiri dengan tips berikut ini, simak yuk!

Membuat Daftar Belanja

Membuat menu makanan harian untuk keluarga merupakan salah satu cara agar kita lebih disiplin dalam berbelanja, karena berbekal menu harian kita dapat membuat perencanaan daftar belanja untuk beberapa hari ke depan atau paling tidak selama satu minggu. Membuat daftar belanja dan menu makanan selain mengurangi limbah makanan juga lebih menghemat pengeluaran kita karena menu makanan bisa disesuaikan dengan besarnya alokasi uang belanja.

Pelajari Cara Menyimpan Makanan yang Benar

Ada beberapa jenis bahan makanan yang tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama dalam suhu ruang, dan ada bahan makanan yang harus disimpan di lemari es. Beberapa jenis makanan bahkan harus dikemas secara khusus agar dapat disimpan lebih awet di lemari es. Karena itu penting bagi Anda untuk mencari informasi yang benar tentang cara menyimpan makanan untuk mengurangi jumlah limbah makanan yang bukan hanya merugikan lingkungan tapi juga mengurangi isi dompet Anda.

Masaklah Makanan Sesuai Porsi yang Dibutuhkan

Prinsip untuk tidak makan berlebihan harus diterapkan dalam rumah, termasuk untuk anak-anak dan anggota keluarga lainnya. Biasakan untuk mengambil makanan dalam porsi kecil dahulu, jika sekiranya masih kurang bisa menambah lagi. Dengan cara ini, selain mengurangi jumlah limbah makanan yang terbuang juga kita bisa menakar dengan tepat porsi makanan yang akan dimasak.

Pelajari Cara atau Resep Untuk Mengolah Sisa Makanan

Internet memudahkan semua orang untuk mencari resep-resep untuk mengolah bahan sisa makanan menjadi bahan makanan yang lezat dan bisa dihidangkan kembali untuk keluarga tercinta.

Perhatikan selalu label kadaluarsa bahan makanan yang akan dibeli

Label “Best Before” memiliki arti bahwa tanggal yang tercantum merupakan tanggal di mana suatu produk masih layak untuk dikonsumsi meskipun telah melewati batas tanggal yang tertera, namun jika produk makanan tersebut tidak segar lagi dan ada perubahan bentuk, warna, atau rasa, tetap saja tidak layak untuk dikonsumsi. Sementara “Use By” menunjukkan tanggal di mana produk tersebut sudah tidak dapat di konsumsi lagi. Tapi tetap saja, jika bahan makanan tersebut sudah dibuka, label kadaluarsa sudah tidak berlaku lagi.

Bahan makanan tidak segar lagi? jangan dibuang karena bisa diolah

Nah...jika menemukan buah-buahan dan sayur dalam kondisi yang tidak segar lagi dan sangat matang, gunakan buah-buahan yang matang untuk di buat jus dan sayuran lemas untuk dibuat sop, saus, dan menu makanan lain.

Bekukan makanan

Cara ini selain untuk mengurangi limbah makanan juga bisa menghemat tenaga dan uang. bisa juga memasak menu makanan dengan daging, ikan, dan ayam dalam jumlah banyak, kemudian bisa membagi-baginya dalam plastik atau wadah tertutup menjadi beberapa porsi lalu bekukan makanan tersebut. Jika berencana ingin memakannya, maka tinggal menghangatkannya sesuai porsi yang dibutuhkan.

Periksa suhu lemari es secara berkala

Cek bahan makanan yang telah dibeli dan sesuaikan suhu lemari es untuk mempertahankan kesegaran bahan makanan tersebut.

Berbagi makanan dengan tetangga

Jika memasak makanan dalam jumlah yang banyak, namun karena sesuatu dan lain hal ternyata beberapa anggota keluarga tidak bisa makan di rumah, mungkin ini waktunya berbagi dengan tetangga. Cara ini selain mengurangi limbah makanan juga kesempatan untuk membina hubungan baik dengan tetangga.

Membuat kompos dari sisa makanan

Jika Anda tidak bisa menghindari membuang sisa makanan, manfaatkan sisa makanan tersebut untuk dibuat kompos sebagai pupuk organik untuk tanaman kesayangan di rumah.

Bijak mengolah bahan makanan dan mengurangi limbah makanan merupakan solusi untuk membuat bumi dan lingkungan menjadi lebih baik dan lebih sehat lagi demi kelangsungan hidup anak dan cucu di masa mendatang. Apalagi saat ini sudah banyak sekali masalah lingkungan yang membuat kondisi bumi makin mempriharinkan, sehingga perlu kesadaran bersama untuk lebih bijak menjaga bumi agar tetap lestari.

Tidak ada komentar