5 Alasan Membeli Perahu Karet Murah Berkualitas

jual perahu karet

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) jauh-jauh hari sudah memprediksi bahwa Indonesia akan mengalami cuaca ekstrim akibat fenomena La Nina menjelang akhir tahun ini, dan di Bulan Desember 2021 ini tanda-tanda cuaca ekstrim tersebut sudah terlihat. Fenomena La Nina terjadi di Indonesia akibat peningkatan masa udara basah dari Samudera Pasifik menuju Indonesia. Saat curah hujan semakin tinggi, beberapa kota di Indonesia rentan mengalami banjir dan salah satu transportasi umum yang sangat membantu mobilitas masyarakat saat banjir adalah perahu karet, tidak heran jika saat ini banyak yang jual perahu karet dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Perahu karet atau dalam Bahasa Inggris biasa di sebut Inflatable Boat merupakan perahu yang bahan dasarnya terbuat dari karet. Biasanya, perahu karet ini berjenis perahu ringan (Light Weight Boat) yang sisi-sisinya terbuat dari tabung fleksibel (Flexible Tube) yang berisi tekanan udara atau gas. Untuk perahu karet dengan ukuran kecil, lantai dan hull-nya di buat fleksibel, namun untuk perahu karet dengan ukuran lebih dari 2,5 meter biasanya lantainya terbuat dari bahan yang keras dan dapat dibongkar pasang, tergantung ukuran dari perahu karet tersebut.

Tidak hanya digunakan sebagai transportasi saat banjir, perahu karet juga kerap digunakan untuk menunjang misi penyelamatan, militer, serta keperluan rekreasi, seperti pada wisata arung jeram. Dengan bahannya yang terbuat dari karet, perahu jenis ini sangat mudah dibawa kemana-mana dan ringan. Jika sedang tidak dipergunakan, perahu tersebut bisa dikempiskan dan dikembangkan lagi saat hendak dipergunakan. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik ingin memiliki perahu jenis ini, apalagi jika dibandingkan perahu jenis lainnya, harga perahu karet ini terbilang cukup terjangkau.

perahu karet

Bagaimana, tertarik ingin memiliki perahu karet? Tapi sebelumnya ketahui dulu jenis-jenis perahu karet yang biasanya disesuaikan dengan kegunaannya, seperti berikut ini:

1. Perahu Karet Jenis LCR (Landing Craft Rubber Boat).

Perahu karet jenis ini umumnya paling banyak digunakan, dan biasanya digunaka untuk evakuasi, patroli, dan saat terjadi bencana alam, seperti banjir. Perahu karet jenis LCR ini memiliki ukuran yang beragam, yang dapat disesuaikan dengan kapasitas penumpang. Selain itu, juga terdapat keunggulan lainnya, yaitu lebih kuat, lebih tangguh, bisa menggunakan mesin atau dayung, serta dapat digunakan untuk keperluan sipil atau militer.

2. Perahu Karet Jenis Inflatable Raft.

Perahu karet jenis ini banyak digunakan untuk aktivitas olahraga dan rekreasi, seperti arung jeram atau rafting serta penggunaan yang sifatnya ringan lainnya. Selain itu, perahu karet jenis ini juga bisa dipergunakan untuk keperluan evakuasi atau saat terjadi bencana banjir. Nah, yang membedakannya dengan perahu karet jenis LCR, perahu karet jenis ini harus menggunakan dayung karena tidak tersedia transom untuk OBM (Outboard Motor atau mesin tempel).

3. Perahu Karet Jenis Inflatable Kayak.

Perahu karet jenis Inflatable Kayak ini terbuat dari bahan PVC dan Hypalon, namun sekarang sudah dikembangkan juga dari bahan material Nitrylon yang lebih ramah lingkungan. Perahu karet jenis ini memiliki beberapa keunggulan, seperti lebih ringan, ringkas, mudah disimpan dan dibawa, mudah diperbaiki, dan sebagainya, sehingga sangat cocok jika dimiliki untuk keperluan pribadi.

4. Rigid Inflatable Boat.

Rigid Inflatable Boat (RIB) merupakan pengembangan evolusi perahu karet yang berkinerja tinggi, berkapasitas tinggi, dan dibangun dengan dasar lambung yang stabil dan juga kokoh. Perahu karet jenis ini biasanya digunakan untuk patroli, SAR (Search and Rescue), pemadam kebakaran, operasi khusus, transportasi, dan aktivitas penting lainnya.

5. Rigid Bouyancy Boats (RBB).

Perahu karet jenis ini merupakan pengembangan dari perahu karet jenis RIB, namun dengan desain yang lebih kokoh sehingga cocok digunakan untuk operasi khusus militer, penyelamatan, keamanan khusus, dan operasi khusus lainnya.

Ternyata, ada beragam jenis perahu karet sesuai dengan peruntukkannya, karena itu jika ingin memiliki perahu karet untuk keperluan pribadi, pastikan untuk memilih yang tepat. Secara umum, perahu dengan bahan dasar karet ini memiliki banyak sekali manfaat untuk menunjang aktivitas masyarakat. Meskipun begitu, pastikan berhati-hati saat penggunaannya, agar perahu yang berbahan dasar karet ini tidak mudah rusak atau bocor. Harga perahu karet dipasaran pun sangat beragam, mulai dari harga perahu karet murah hingga yang berharga cukup mahal. 

Biasanya, harga perahu karet ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain model, ukuran, hingga fasilitas yang tersedia pada perahu karet tersebut. Nah, bagi yang memiliki budget dan ingin membeli perahu karet, pastikan untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut agar perahu karet yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat untuk menunjang kelancaran aktivitas.

Manfaat Penggunaan Perahu Karet

Secara umum, perahu yang berbahan dasar ini diketahui memiliki beragam manfaat, sesuai dengan jenis penggunaannya, antara lain:

  1. Sebagai alat bantu pertolongan atau aktivitas evakuasi. Sudah disebutkan di atas jika perahu karet bisa digunakan sebagai transportasi penting saat terjadi bencana alam, seperti banjir. Biasanya pada saat terjadi musibah banjir, Tim SAR menggunakan perahu karet tersebut mengevakuasi para korban banjir, serta memberikan bantuan berupa makanan, minuman, atau obat-obatan. Jenis perahu karet yang mudah dibawa dan digunakan sehingga bisa meringankan tugas tim SAR untuk melakukan penyelamatan dalam air.
  2. Dapat digunakan sebagai sekoci pada kapal-kapal besar. Untuk diketahui, pada kapal-kapal yang berukuran besar sekalipun, perahu berbahan karet juga sangat diperlukan, dan umumnya digunakan sebagai sekoci. Sekoci ini biasanya digunakan sebagai penyelamat jika terjadi sesuatu yang buruk pada kondisi kapal. Nah, sekoci ini biasanya merupakan perahu karet yang dapat dikempeskan dan mudah dikembangkan lagi jika diperlukan. Dengan menggunakan sekoci dari perahu karet, maka tidak memerlukan ruang penyimpanan terlalu besar.
  3. Untuk digunakan penjaga pantai. Bagi yang sering berkunjung ke pantai, tentu tidak asing lagi dengan keberadaan perahu karet milik penjaga pantai. Biasanya perahu karet ini digunakan penjaga pantai untuk mengawasi daerah di sekitar pantai dan memberikan peringatan kepada pengunjung pantai agar berenang tidak terlalu jauh ke tengah laut.
  4. Untuk keperluan wisata. Perahu karet tidak hanya bermanfaat sebagai alat bantu pertolongan, tapi juga sering digunakan untuk keperluan wisata air, seperti arung jeram. Umumnya untuk kebutuhan wisata ini, jenis perahu karet yang digunakan adalah yang memiliki ketahanan cukup tinggi, kokoh, dan awet, karena akan dipakai untuk mengarungi medan yang cukup sulit di sungai yang berair cukup deras dan banyak bebatuan.
Selain manfaat tersebut, masih banyak manfaat lainnya dari perahu berbahan dasar karet ini. Bahkan bisa dibilang, perahu karet merupakan salah satu alat transportasi air yang dapat diandalkan dari segala sisi, mulai dari sisi keamanan, efektivitas, dan lainnya. Tidak heran jika banyak orang yang ingin memiliki perahu karet untuk mendukung aktivitasnya, terutama bagi yang tinggal di kawasan rawan bencana banjir. Harga perahu karet pun cukup beragam, ada yang menjual perahu karet murah berkualitas dan ada juga yang berharga cukup tinggi dengan kualitas yang tentu sama baiknya. Tapi sebelumnya, pastikan tahu alasan tepat untuk membeli perahu karet murah berkualitas.

5 Alasan Membeli Perahu Karet Murah Berkualitas

Perahu karet saat ini tidak hanya bermanfaat untuk mendukung aktivitas penyelamatan saat terjadi bencana saja, karena ada jenis perahu karet yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas wisata atau bahkan rekreasi. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik ingin membeli dan memiliki perahu karet secara pribadi. Ada banyak jasa jual perahu karet murah, tapi pastikan sebelum membelinya tahu kualitas dari perahu karet tersebut agar bisa dipergunakan dalam waktu yang lama.

perahu karet murah

Berikut ini, lima alasan terbaik mengapa perahu karet sangat diminati oleh banyak orang dan kerap dipakai sebagai alat transportasi air meskipun daya jelajahnya terbilang cukup pendek.

1. Lebih Efektif dan Efisien.

Perahu karet dapat digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti memancing, arung jeram, rekreasi, mendayung, olahraga air, atau untuk aktivitas yang lebih serius seperti SAR dan Patroli Laut. Untuk harga sangat variatif, tergantung jenis bahan dan kapasitas dari perahu karet tersebut. Namun jika dibandingkan dengan perahu alumunium atau perahu fiberglass, tentu harga perahu karet jauh dibawahnya. 

Selain itu, dari segi penyimpanan perahu karet lebih praktis karena tidak membutuhkan ruang yang besar untuk penyimpanannya, perahu karet bisa dikempiskan atau dikembangkan lagi sesuai kebutuhan dengan mudah. Biaya perawatan perahu karet juga tidak mahal atau relatif kecil dibandingkan jenis perahu lainnya. Faktor inilah yang membuat perahu karet lebih efisien dan juga lebih efektif dibandingkan kapal atau perahu jenis lainnya.

2. Memiliki Daya Tahan Cukup Tinggi.

Penting untuk diketahui, perahu karet memiliki ketahanan dalam hal fleksibilitas dan benturan, di mana hal ini berkaitan erat dengan sifat perahu karet yang fleksibel. Kapal atau perahu yang berbahan keras, seperti kayu, alumunium, atau fiberglass umumnya bisa rusak apabila terkena benturan atau berbenturan dengan bidang yang keras dan tajam. Dengan kemajuan teknologi saat ini, untuk jenis perahu karet dengan bahan Hypalon jenis tertentu dan ketebalan tertentu telah dilengkapi dengan fungsi anti bocor dan tidak mudah terbakar.

3. Memiliki Keamanan yang Sangat Baik.

Saat dirancang, sisi keamanan perahu karet sangat diutamakan karena hal itulah prinsip utama perancangan perahu karet. Umumnya, perahu karet diproduksi dengan beberapa sekatan antara tabung atau tube dengan tujuan apabila salah satu bagian tertusuk dan terjadi kebocoran, maka hanya di ruang sekatan itu saja yang kempis anginnya. Jika terjadi kondisi darurat ini, pengguna tidak perlu khawatir akan tenggelam karena perahu karet masih akan tetap mengapung. Jadi jangan khawatir dengan kondisi perahu karet karena saat ini perahu karet sudah dirancang dengan beberapa saluran udara dalam beberapa ruang sekatan sehngga jika ada bagian yang bocor atau rusak, ruang sekatan lain bisa berfungsi dengan baik

4. Pemeliharaan dan Penyimpanan yang Mudah.

Dari sisi pemeliharaan perahu karet terbilang sangat sederhana dan tentu saja tidak serumit pemeliharaan pada kapal pada umumnya. Cara pemeliharaannya pun cukup mudah, cukup bersihkan dari pasir atau kotoran yang menempel pada badan perahu karet, lalu bilas dengan air tawar dan keringkan. Setelah bersih dan kering, kempiskan lalu simpan di tempat yang bersih.

Pada prinsipnya, perahu karet sudah dirancang dengan baik untuk disimpan dan dikemas dalam bentuk volume kecil. Selain mudah disimpan, perahu karet juga mudah dipindahkan atau dibawa kemana saja saat diperlukan. Untuk membawanya pun juga sangat praktis, karena bisa disimpan dalam mobil dan tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar sehingga bisa digabungkan dengan barang-barang lain. Dengan kepraktisan ini, siapa yang tidak tertarik memiliki perahu karet?

5. Sangat Portabel dan Mudah Digunakan.

Berapapun ukuran perahu karet, tetap mudah disimpan dan sangat portabel, dan inilah yang menjadi keunggulan perahu karet sehingga banyak orang yang ingin memilikinya. Apalagi rentang harga perahu karet cukup terjangkau, mulai dari perahu karet murah hingga yang berharga cukup mahal. Meskipun ada jenis perahu karet murah namun tetap berkualitas sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Oleh karena perahu karet sangat portabel, sehingga penyimpanannya mudah dipindah-pindah, bahkan saat liburan bersama keluarga, perahu karet bisa dibawa dan disimpan dalam bagasi mobil bersama perlengkapan rekreasi lainnya. Selain itu, perahu karet juga mudah digunakan dan tidak membutuhkan keahlian yang rumit untuk mengemudikannya. Bahkan, anak-anak pun bisa belajar menaiki perahu karet untuk aktivitas wisata edukasi. Jadi, memiliki perahu karet memiliki banyak keuntungan bukan?

Dengan alasan ini, jangan ragu untuk membeli perahu karet murah berkualitas, karena memiliki banyak manfaat untuk menunjang aktivitas. Bahkan, perahu karet bisa dijadikan sarana edukasi kelautan untuk anak lho! Karena wisata menggunakan perahu karet bisa menjadi momen yang menyenangkan untuk anak, tidak heran jika saat ini banyak wisata arung jeram yang diperuntukkan untuk anak, tentunya dengan tingkat kesulitan dan kondisi medan sesuai kemampuan si anak.

Saat ini sudah banyak penyedia jasa jual perahu karet yang memberikan layanan maksimal untuk berbagai kebutuhan, baik untuk kebutuhan penyelamatan, patroli, hingga untuk wisata. Salah satunya adalah Yacht Sourcing, sebagai salah satu perusahaan kapal yacht terkemuka di Asia Tenggara yang dengan keahliannya berusaha keras untuk memanfaatkan pengetahuan multikultural untuk meningkatkan solusi keberlanjutan dan berkontribusi pada industri kelautan di pusat Asia. Dengan semangat dan inovasi, Yacht Sourcing memberikan layanan yang maksimal bagi siapa saja yang ingin memiliki berbagai jenis perahu karet untuk beragam kebutuhan.

Tidak ada komentar