Mau Beli Mobil Secara Online? Simak Dulu Tips Berikut Ini

Toyota Voxy

Minggu yang cerah, senang rasanya bisa menikmati me time meskipun hanya sebentar setelah melewati minggu-minggu yang menegangkan karena menemani anak-anak menyelesaikan ujian Penilaian Akhir Semester (PAS) secara daring dari rumah. Me time-nya sih sederhana saja, cukup menemani suami memeriksakan kendaraannya di bengkel resmi Auto 2000, dan kebetulan hari ini adalah jadwal service berkala untuk perawatan mobil. Saya paling suka menemani suami ke bengkel, biasanya sambil menunggu mobil di service, saya punya kesempatan melihat-lihat mobil keluaran terbaru dari Toyota secara langsung, salah satunya adalah Toyota Voxy, mobil jenis MPV yang pastinya sangat nyaman untuk berkendara jarak jauh bersama keluarga tercinta.

Sejak dahulu saya memang mengidam-idamkan memiliki mobil yang nyaman untuk digunakan bepergian bersama keluarga, apalagi anak-anak bertambah besar dan otomatis membutuhkan kabin yang lebih luas atau lapang agar lebih leluasa melakukan aktivitas serta tidak jenuh jika menempuh perjalanan jauh, seperti pulang kampung atau mudik. Selain nyaman, keamanan menjadi faktor yang sangat penting ketika memutuskan membeli mobil untuk keluarga, dan kebetulan saya pernah membaca beberapa artikel bahwa membeli mobil idaman untuk keluarga agar tidak mengecewakan ada tips-tipsnya lho, seperti berikut ini.

1. Pertimbangkan Jumlah Anggota Keluarga.

Umumnya keluarga di Indonesia membeli jenis mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) untuk dijadikan mobil keluarga, karena memang mobil jenis ini bisa menampung cukup banyak penumpang antara 7-8 orang. Mobil jenis ini juga terlihat lebih nyaman, apalagi jika melakukan perjalanan jauh dan tentu saja anak-anak membutuhkan kabin yang lebih luas agar leluasa bergerak. Untuk itu, sebelum memutuskan membeli mobil baru untuk keluarga, pertimbangkan dahulu jumlah anggota keluarga yang dimiliki, serta ukuran kabin mobil, semakin luas kabin mobil tentu akan membuat anak-anak makin nyaman saat diajak menempuh perjalanan jauh.

2. Kehadiran Bagasi.

Melakukan perjalanan bersama keluarga tidak hanya identik dengan jumlah penumpang yang cukup banyak, tapi juga barang-barang yang dibawa apalagi jika masih memiliki anak usia batita atau balita. Untuk itu, pertimbangkan kehadiran bagasi agar kabin mobil tidak perlu disesaki dengan barang-barang bawaan, karena percuma memiliki mobil dengan kabin lapang jika disesaki banyak barang bawaan. Memang mobil jenis MPV yang menjadi favorit keluarga di Indonesia umumnya tidak memiliki ruang khusus untuk bagasi. Namun, ruang duduk dibagian belakang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang karena kursinya dapat dilipat. Dengan ukuran kabin yang lapang, maka bisa dimodifikasi agar nyaman untuk menempuh perjalanan jauh bersama keluarga tanpa harus disesaki barang bawaan.

3. Memiliki Fitur Keamanan.

Selain nyaman, mobil idaman keluarga juga harus memiliki standar atau dilengkapi fitur keamanan agar keselamatan anggota keluarga selama menempuh perjalanan bisa terjaga. Beberapa fitur keamanan mobil yang bisa dijadikan pertimbangan saat akan membeli mobil keluarga adalah wajib memiliki fitur sabuk pengaman di tiap kursi penumpang, memiliki sistem Child Safety Lock untuk menjaga keamanan anak karena sering tidak terduga anak-anak bermain dengan handle pintu atau jendela mobil saat sedang berkendara. Sistem keamanan lainnya adalah fitur Airbag dan Anti-Lock Braking System, untuk meminimalisir potensi cidera jika terjadi kecelakaan.

4. Pastikan Mobil Irit Bahan Bakar.

Berkendara bersama keluarga mengunjungi tempat-tempat wisata, melakukan perjalanan mudik atau pulang kampung, atau hanya sekadar berkeliling kota menikmati weekend, bersama keluarga tentu sangat menyenangkan. Tapi apa jadinya jika mobil yang dimiliki tidak memiliki fitur irit bahan bakar? Untuk itu, pastikan mobil keluarga yang menjadi idaman memiliki fitur irit bahan bakar, selain menghemat pengeluaran juga lebih ramah lingkungan karena penggunaan bahan bakar bisa diminimalisir.

5. Memiliki Fasilitas Hiburan.

Bayangkan jika anak-anak diajak menempuh perjalanan berjam-jam, bahkan bisa lebih dari 10 jam, bisa dipastikan anak-anak terutama usia batita dan balita menjadi bosan serta rewel. Kehadiran fitur hiburan bisa menjadi obat yang cukup ampuh agar anak-anak tenang saat diperjalanan, seperti pemutar music atau bahkan televisi kecil untuk menonton film favoritnya. Beberapa mobil keluarga jenis MPV sudah dilengkapi fitur hiburan, karena itu pertimbangan kelengkapan fitur yang satu ini sebelum membeli mobil idaman keluarga.

Toyota Voxy

Fitur-fitur kelengkapan mobil seperti yang telah dijelaskan di atas penting untuk dipertimbangkan saat hendak membeli mobil idaman keluarga. Namun, ada hal lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu tahap pembelian mobil karena tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk memilih jenis mobil yang jadi idaman keluarga, apalagi setiap tahun selalu keluar jenis mobil baru. Membeli mobil secara online bisa menjadi solusi bagi seseorang yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengunjungi dealer mobil secara langsung. Tapi, masih banyak orang yang ragu-ragu untuk membeli mobil secara online dengan berbagai alasan. 

Nah…untuk meminimalisir keragu-raguan saat hendak membeli mobil secara online, simak dulu tips berikut ini.

1. Cari Website atau Aplikasi Terpercaya.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat hendak membeli mobil secara online adalah mencari website atau aplikasi pembelian mobil secara online yang terpercaya. Jangan khawatir, saat ini sudah banyak penyedia layanan website jual mobil secara online yang memiliki kredibilitas baik dan terpercaya, bahkan sudah ditangani langsung oleh dealer mobil tersebut. Hal ini tentu saja akan memudahkan konsumen memilih jenis mobil idaman sesuai kebutuhannya hanya dengan satu langkah sederhana. Lalu bagaimana kriteria menemukan website penjualan mobil secara online yang bisa dipercaya kualitas layanannya? Perhatikan ciri-ciri berikut, website tersebut telah dilengkapi fitur keamanan untuk menyimpan data pribadi seperti nama lengkap, kartu identitas, alamat, atau bahkan kartu kredit.

Perlu diketahui, website atau situs yang aman untuk jual beli online biasanya telah dilengkapi sertifikat SSL, di mana akan memiliki tampilan alamat “https” serta terdapat simbol gembok. Selain itu, pastikan website tersebut memiliki fitur customer service yang akan melayani konsumen selama 24 jam untuk membantu konsumen saat membeli mobil secara online atau saat konsumen mengalami kesulitan. Hal penting lainnya adalah pastikan website tersebut mencantumkan alamat lengkap dan kontak lainnya untuk memudahkan konsumen mengecek pembelian secara langsung. Agar lebih menyakinkan, sebaknya pilih website yang memiliki fitur testimoni dari pelanggan yang sudah melakukan pembelian, dan ulasan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli mobil secara online.

2. Cari dan Baca Ulasan atau Review Mobil.

Saat ini, tidak sulit menemukan ulasan atau review tentang suatu produk atau barang, karena semua informasi ini bisa dicek dan dibaca secara online, termasuk pembelian mobil, mulai dari brand, jenis, hingga kualitas layanan yang diberikan. Agar lebih yakin, sebaiknya cari dan baca juga ulasan atau review mobil tersebut dari para ahli otomotif, karena biasanya akan diulas secara lengkap mulai dari spesifikasinya, kelebihan, serta kekurangan mobil tersebut. Apalagi, tidak semua orang tahu secara detil tentang mobil yang ingin dibelinya, dan selain itu akan memudahkan konsumen menemukan jenis mobil sesuai kebutuhannya. Contohnya, jika ingin membeli mobil keluarga, ulasan atau review dari ahli otomotif akan membantu konsumen menemukan spesifikasi mobil keluarga sesuai kebutuhan.

3. Informasi Lengkap Fitur Mobil.

Fitur mobil seperti apa sih yang jadi idaman? Nah…seringkali seseorang memutuskan ingin membeli mobil baru karena mobil tersebut telah dilengkapi fitur yang jadi impiannya selama ini. Ada beberapa fitur dasar yang wajib dimiliki agar nyaman saat berkendara, yaitu AC, sunroof, desain kabin, irit bahan bakar, bagasi, dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan konsumen membeli mobil secara online, pastikan memilih website yang telah dilengkapi fitur informasi lengkap dan detail tentang fitur mobil yang jadi incaran. Jika konsumen masih kurang jelas, maka tersedia fitur yang memungkin konsumen mendapatkan informasi secara lengkap tentang fitur dan spesifikasi mobil melalui email dan janji temu secara langsung, sehingga konsumen lebih mudah memutuskan jenis mobil mana sesuai kebutuhan yang akan dibeli secara online.

4. Perawatan dan Suku Cadang.

Layanan setelah pembelian atau after sales, seperti bengkel resmi untuk service mobil secara berkala, juga menjadi pertimbangan yang tidak kalah pentingnya sebelum membeli mobil secara online. Bahkan, jika perlu konsumen bisa mengakses informasi terkait layanan jasa apa saja yang akan didapatkan terkait perawatan mobil yang sedang diincar, beserta biayanya agar konsumen bisa memperkirakan dan menganalisa mobil sesuai kebutuhan.

Selain itu, ketersediaan suku cadang juga sangat penting, apalagi suku cadang mobil pasti memiliki jangka waktu pemakaian dan harus diganti yang baru agar performa mesin serta mobil tetap optimal. Untuk itu, pilih mobil yang tidak hanya memiliki layanan bengkel resmi untuk melakukan perawatan mobil, namun juga ketersediaan suku cadang yang mudah didapatkan, sehingga apapun jenis kerusakan akan mudah diperbaiki kembali. Akan semakin mantap jika tersedia layanan booking service mobil secara online, sehingga konsumen tidak perlu antri di bengkel resmi terlalu lama dan lebih efisien dari segi waktu.

5. Budget yang Disediakan.

Memang pada akhirnya, apapun jenis mobil yang jadi idaman dan kebutuhan akan kembali pada biaya atau budget yang telah disiapkan. Layanan inilah yang membuat membeli mobil secara online banyak dipilih konsumen, karena bisa mendapatkan informasi harga mobil idaman secara cepat dan real time. Bahkan, konsumen bisa membandingkan harga satu jenis mobil dengan mobil lainnya dengan mudah tanpa harus repot datang secara langsung. 

Jika konsumen berencana membeli mobil secara kredit, pada website sudah tersedia fitur yang memungkinkan konsumen melakukan simulasi perhitungan pembiayaan (leasing) secara mandiri, sehingga konsumen bisa menyiapkan planning atau perencanaan untuk membayar kredit setiap bulan sesuai jangka waktu kredit yang dipilihnya. Digiroom Auto 2000, sudah memiliki layanan yang lengkap untuk berbagai fitur yang dibutuhkan konsumen untuk membeli mobil secara online.

Mau Beli Mobil Secara Online? Digiroom Auto 2000 Solusinya

Website Auto2000.co.id kini telah bertransformasi menjadi Digiroom Auto 2000 dengan layanan e-commerce lengkap, mulai dari penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia, termasuk Toyota Voxy, mobil MPV idaman keluarga. Melalui transformasi website baru Auto 2000 ini, konsumen pecinta mobil Toyota akan lebih mudah menemukan mobil keluaran terbaru idamannya atau melakukan pembelian suku cadang yang dibutuhkan.

Toyota Voxy
Aplikasi Mobile Digiroom Auto 2000

Berbagai layanan spesial untuk pelanggan dapat diakses melalui website ini, seperti melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris mobil, serta Trade In dan pembelian mobil bekas (bekerjasama dengan Astra Auto Trust), dengan sangat mudah tanpa harus pindah ke website lain. 

Dengan konsep layanan “seamless end-to-end customer experience” Auto 2000 selalu ingin memastikan pengalaman pelayanan di platform digital sama baiknya serta kepuasannya seperti yang didapatkan di cabang Auto 2000 secara langsung. Tidak berhenti sampai disitu, platform digital Auto 2000 yang terbaru juga membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota dengan cara yang lebih mudah, mulai dari pemesanan THS – Auto 2000 Home Service, melacak status service, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing), pastinya akan lebih efisien dan menghemat waktu pelanggan.

Toyota Voxy

Untuk kedepannya, Digiroom Auto 2000 akan terus dikembangkan kelengkapan layanannya, sehingga pelanggan atau konsumen akan semakin mudah mengakses fitur sesuai kebutuhan, layaknya Showroom Toyota Virtual, tapi tentu saja dengan kualitas pelayanan yang setara dengan showroom Toyota Auto 2000 seperti yang selama ini sudah dinikmati pelanggan. Wah…impian memiliki mobil keluarga Toyota Voxy bisa terwujud nih mudah-mudahan, karena Digiroom Auto 2000 bikin Urusan Toyota Lebih Mudah!

Referensi Tulisan dan Sumber Foto: https://auto2000.co.id/

14 komentar

  1. Wow... Semakin mudah juga ya sekarang Dengan hadirnya pameran showroom mobil secara virtual. Semuanya berinovasi serba digital supaya nggak ketinggalan zaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak terkadang karena kesibukan bekerja di kota-kota besar, ada keinginan tapi selalu terbentur masalah waktu seperti membeli mobil, dengan aplikasi Digiroom Auto 2000, maka hambatan membeli mobil karena tidak ada waktu bisa diatasi.

      Hapus
  2. Wah terimakasih infonya ya mba, jadi tau gimana cara beli mobil onlie biar bisa pilih2 walau beli onlien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sama-sama. yuk beli mobil juga melalui aplikasi Digiroom Auto 2000

      Hapus
  3. Kalau sudah tau spesifikasi, dan mantap memilih mobilnya pembelian online memang bisa jadi alternatif tapi kalau aku lebih senang datang langsung dan lihat. Asal jangan sampai galau aja kalau lihat yang lainnya.

    BalasHapus
  4. Sekilas mirip alphard ya bun ini tapi lebih tegas bentuk kotaknya. Makin keren aj ni keluaran barunya toyota

    BalasHapus
  5. wah sekarang semuanya bisa dibeli secara online ya mbak
    termasuk mobil bekas
    klo beli di auto 2000 emang g diragukan lagi kualitas mobil mobilnya

    BalasHapus
  6. Toyota memang nyaman dan handal. Kendaraan dinas kami juga keluaran Toyota. Usianya bahkan udah 23 tahun tapi tetap kuat di medan seperti apapun.

    BalasHapus
  7. Beli online tetap bisa test drive juga ya mbak? Ya Allah pengen Voxy. Beberapa tahun lalu sebelum masuk Indonesia, aku udah beli duluan, diecastnya wkwkk.

    BalasHapus
  8. Membaca postingan ini ada beberapa hal yang bar aku tahu. Pertama, ternyata website atau situs yang aman untuk jual beli online biasanya telah dilengkapi sertifikat SSL, di mana akan memiliki tampilan alamat “https” serta terdapat simbol gembok. Kedua, MPV itu kepanjangan dari Multi Purpose Vehicle.

    Makasih Mbaak.

    BalasHapus
  9. cari mobil dan belinya boleh online, yang penting bisa dicek dulu barangnyaa.. hehe soalnya kalau beli mobil nggak intip2 dulu tuh rasanya ga afdhol :D

    BalasHapus
  10. Sangat membantu ya digiroom auto ini. Paling tidak dari sini kita bisa melihat detil mobil yang ditawarkan tanpa takut risiko ketularan covid. Jadi jika ada yg bener-bener srek,,baru deh bisa cek langsung di dealernya biar lebih manteb ..

    BalasHapus
  11. Aku juga kalo punya mobil tuh pengen yg nyaman dan aman untuk keluarga. Mupeng sama Toyota Voxy, hehe.
    Skrg beli mobil Toyota dan urusan perawatan lainnya makin mudah dg adanya Auto2000 digiroom ya

    BalasHapus
  12. Toyota memang oke banget kalo soal Mobil ya, aku pengguna Rush type S sejak 2015 sampai hari ini ga pernah rewel.. showroom nya pun ramah banget

    BalasHapus