E-Learning Hosting, Solusi Optimalkan Pembelajaran Jarak Jauh

e-learning hosting Hoster.co.id

Tahun baru 2021 telah dilewati, namun pandemi virus Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, bahkan pemerintah terus memperketat pembatasan kegiatan masyarakat khususnya di Pulau Jawa dan Bali di awal tahun 2021 ini dengan memberlakukan PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) untuk mengganti istilah PSBB. Salah satu kegiatan yang sangat dibatasi adalah sekolah, di mana sampai saat ini kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring melalui sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Meskipun sudah melewati hampir sepuluh bulan dengan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), tetap saja banyak hambatan dan memang perubahan aktivitas belajar yang sebelumnya dilakukan disekolah secara tatap muka kemudian diganti secara daring bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan strategi yang tepat agar kualitas belajar mengajar tetap maksimal seperti tatap muka. Permasalahan yang sebelumnya dihadapi selama PJJ harusnya menjadi bahan evaluasi agar pembelajaran di semester ini bisa berjalan sukses tanpa hambatan.

Salah satu permasalahan yang kerap menghambat kegiatan belajar mengajar secara daring adalah kurangnya sarana yang dapat mempermudah transfer ilmu dari guru kepada murid secara daring. Apalagi banyak sekolah belum memiliki platform e-learning yang baik untuk menunjang PJJ, padahal fasilitas tersebut sangat penting untuk mengoptimalkan aktivitas belajar secara daring. 

Sampai saat ini, menjadi tantangan tersendiri bagi pihak sekolah untuk memiliki website e-learning yang memiliki kelengkapan fitur untuk proses belajar mengajar secara daring. Setidaknya, ada beberapa fitur penting yang harus dimiliki website e-learning, agar PJJ bisa optimal, antara lain:

  1. Memiliki fitur untuk mendistribusikan materi dan tugas harian siswa. Website e-learning tentu saja tidak berbeda dengan aktivitas belajar tatap muka, di mana setiap hari guru dan murid saling berinteraksi melalui materi pelajaran dan tugas yang harus dikerjakan. Untuk itu, website e-learning harus memiliki fitur yang memudahkan guru mendistribusikan materi dan tugas, serta kemudahan siswa untuk mengirimkan atau mengunggah tugas yang sudah diselesaikan.
  2. Tersedia fitur untuk ujian online, baik ulangan harian, ujian pertengahan semester, maupun ujian akhir semester. Aktivitas belajar mengajar tentu tidak terlepas dari metode untuk menilai dan mengukur sejauh mana kemampuan dan daya serap siswa atas materi pelajaran yang sudah diberikan. Demikian juga kegiatan pendidikan secara daring, kemampuan siswa tentu harus diukur sebagai bahan evaluasi untuk guru dan orangtua. Untuk itulah, fitur ujian harus tersedia dalam website e-learning, dan akan lebih baik jika fitur ujian yang tersedia memungkinkan guru memberikan ujian dengan bentuk soal yang beragam, seperti pilihan ganda atau essay. Selain memudahkan siswa, website e-learning juga memudahkan guru melakukan proses penilaian dalam waktu singkat, sehingga hasil ujian bisa cepat diketahui.
  3. Tersedia fitur Laporan Hasil Ujian atau Rapor online. Tentunya, fitur ini sangat memudahkan guru dalam mengirimkan rapor hasil ujian siswa, dan orangtua juga tidak perlu repot mengambil rapor secara langsung, selain pembagian rapor siswa bisa lebih cepat juga lebih hemat biaya.
Tentunya keberadaan website e-learning yang memiliki kelengkapan fitur seperti di atas sangat membantu pembelajaran jarak jauh yang lebih optimal. Tapi nyatanya sampai saat ini masih banyak hambatan, terutama tantangan dari segi teknis untuk mewujudkan sistem pembelajaran jarak jauh yang efektif, padahal website e-learning sangat membantu mendukung sistem pembelajaran lebih optimal. 

Apa saja sih tantangan teknis yang harus diatasi agar pembelajaran jarak jauh bisa efektif dan optimal? Diantaranya berikut ini.

1. Kapasitas Server Hosting Tidak Mencukupi.

Sebelum sistem pembelajaran jarak jauh lewat media daring diberlakukan karena pandemi virus yang semakin meluas dan membahayakan kesehata anak-anak, umumnya website sekolah hanya menampilkan konten berupa informasi dan berita seputar aktivitas sekolah terutana kegiatan anak-anak. Tapi tidak dengan website e-learning di mana kelengkapan fitur menjadi untuk memudahkan proses belajar mengajar menjadi hal yang mutlak harus dimiliki, yang tentu saja membutuhkan sumber daya dan kapasitas server yang lebih besar.

Kapasitas server hosting harus mampu memiliki penyimpanan yang mampu menampung banyak data, misalnya dalam bentuk konten website, materi pelajaran, database terutama akun peserta didik, fitur yang mendukung ujian secara daring dengan berbagai metode soal, dan masih banyak lagi, sesuai kebutuhan institusi pendidikan tersebut. Selain itu, agar proses pembelajaran jarak jauh bisa optimal, kapasitas RAM atau memori server harus cukup sehingga fitur-fitur yang dibutuhkan dalam e-learning bisa berjalan lancar, contohnya dalam hal loading halaman dan saat mengunduh materi pelajaran.

Selain dua hal tersebut, tantangan lainnya adalah kapasitas Bandwidth harus diperkirakan cukup untuk menampung pengunjung yang akan mengakses website tersebut secara bersamaan, terutama saat ujian online. Jika kapasitas server hosting tidak mencukupi, tentu akan memunculkan berbagai hambatan mulai dari loading website yang terasa sangat lambat bahkan bisa jadi gagal loading, yang tentunya akan mengurangi semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh.

2. Keamanan Server.

Server hosting website e-learning harus memiliki jaring pengaman untuk melindungi data-data yang terdapat dalam website tersebut, karena jika keamanan server lemah maka website e-learning bisa disalahgunakan pihak lain yang tidak bertanggung jawab, apalagi dalam website tersebut terdapat data-data nilai hasil ujian online yang sangat penting. Untuk menghindari dampak yang sangat merugikan tersebut, pastikan website e-learning memiliki server yang aman atau sebaiknya membeli layanan e-learning hosting yang menjamin memberikan perlindungan keamanan.

3. Server Kurang Stabil.

Ujian online menjadi salah satu cara untuk menguji apakah server hosting stabil atau tidak, karena biasanya hampir 100% peserta didik akan mengakses website secara bersamaan. Jika server kurang stabil, tentu akan memunculkan berbagai masalah teknis yang membuat pembelajaran jarak jauh tidak optimal. Untuk itu, dibutuhkan staf IT sekolah yang memiliki kemampuan teknis untuk menjaga agar server tetap stabil. Namun tentu saja bukanlah hal yang mudah, karena banyak sekolah yang belum memiliki staf IT.

Solusinya adalah dengan membeli layanan hosting, namun sebelumnya pastikan server yang ditawarkan penyedia layanan hosting memiliki uptime yang baik, di mana uptime adalah prosentase lamanya waktu online sebuah server. Salah satu penyedia layanan hosting di Indonesia yang memiliki layanan Hosting Khusus untuk e-Learning adalah Hoster.co.id, dengan jaminan performa layanan hosting yang diberikan tentunya pembelajaran jarak jauh akan lebih optimal. Seperti apa layanan hosting yang ditawarkan Hoster.co.id? Simak penjelasannya berikut ini.

E-Learning Hosting Dari Hoster.co.id, Solusi Optimalkan Pembelajaran Jarak Jauh

Sebelumnya telah dijelaskan jika sampai saat ini pembelajaran jarak jauh masih banyak mengalami hambatan, terutama tantangan dari segi teknis sehingga website e-learning yang menjadi ujung tombak pembelajaran jarak jauh tidak optimal. Solusi untuk mengatasi tantangan tersebut adalah dengan menggunakan layanan hosting yang memang didedikasikan untuk mensupport aktivitas belajar mengajar secara daring tersebut. 

e-learning Hosting Hoster.co.id

Hoster.co.id sebagai penyedia layanan Unlimited SSD Web Hosting Indonesia memiliki layanan hosting khusus e-learning yang didesain untuk mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh melalui media daring. Layanan yang ditawarkan sudah sangat mensupport aktivitas belajar mengajar secara daring, bahkan tidak hanya itu dengan layanan hosting khusus e-learning, website bisa memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap sehingga memudahkan peserta didik dan guru melakukan aktivitas belajar mengajar. 

Lalu apa saja keunggulan layanan hosting e-learning Hoster.co.id dibandingkan layanan hosting lainnya? Berikut penjelasannya.

1. Pilih Paket Sesuai Kebutuhan e-Learning.

Khusus untuk layanan Hosting e-Learning, Hoster.co.id menyediakan beberapa paket pilihan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan institusi pendidikan. Tentu saja, basis dari pemilihan paket untuk e-learning adalah jumlah peserta didik yang akan melakukan aktivitas online. Untuk kebutuhan tersebut, ada empat pilihan paket hosting untuk e-learning, yaitu ideal sampai 50 peserta online, 200 peserta online, 500 peserta online, dan 1000 peserta online.

Selain itu, tersedia pilihan memori server atau RAM yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, sehingga proses loading halaman website dan download materi pelajaran bisa optimal tanpa hambatan. Bandwidth yang kerap menjadi masalah ketika peserta didik mengakses website secara bersamaan tidak akan ditemui jika mengunakan layanan hosting khusus e-learning dari Hoster.co.id, karena untuk semua paket memiliki layanan unlimited bandwidth. 

Selain bandwidth, layanan unlimited lainnya adalah database, subdomain, dan email, sehingga website e-learning bisa menyimpan lebih banyak database peserta didik, atau memiliki subdomain dan email, yang membuat website bisa memaksimalkan fungsinya, tidak hanya sebagai media untuk mengakses pembelajaran jarak jauh secara daring tapi juga fungsi lainnya, seperti informasi pendaftaran peserta didik baru, hingga memiliki perpustakaan digital sendiri yang memungkinkan peserta didik bisa mengakses informasi ketersediaan buku atau melakukan kegiatan administrasi peminjaman buku dari perpustakaan sekolah. Jika paket yang dipilih belum mencukupi, proses upgrade ke paket yang lebih besar kapasitasnya bisa dilakukan dengan mudah.

2. Spesifikasi Teknis Hosting Terbaik.

Selain tersedia pilihan paket sesuai kebutuhan website e-learning, Hoster.co.id juga menyediakan layanan dengan spesifikasi khusus untuk mendukung server hosting, diantaranya SSD Disk Space yang super cepat. Apa sih SSD Disk Space itu? SSD Disk Space merupakan kapasitas dari hosting yang hampir sama dengan hardisk. Biasanya layanan hosting berkualitas pasti akan menyediakan SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpanannya, seperti pada Hoster.co.id. yang memberikan layanan penyimpanan SSD untuk akses yang super cepat dan stabil untuk mendukung website e-learning.

Dukungan cPanel Kontrol Panel dimana cPanel merupakan kontrol panel terpopuler untuk mengelola web hosting, memiliki fitur terbaik, dan mudah digunakan. Selain itu, ada juga dukungan LiteSpeed Web Server yang memberikan kecepatan akses website 10 kali lebih cepat dari apache web server. Penurunan pemakaian resouce dapat dioptimalkan dengan LiteSpeed Web Server sehingga bisa meningkatkan kinerja web server untuk memproses lebih banyak data. Dukungan server Indonesia juga membuat website lebih cepat diakses pengunjung website.

3. Bantuan Online Support All Time

Tidak semua orang memiliki kemampuan teknis untuk membuat sebuah website, terutama website e-learning terbilang memiliki fitur-fitur yang cukup rumit untuk mendukung pembelajaran secara daring. Untuk itu, bantuan online support setiap waktu sangatlah dibutuhkan, dan Hoster.co.id sangat mengerti akan kebutuhan ini dengan memberikan dukungan online support yang dapat diakses selama 24 jam, 7 hari dalam satu minggu, selama 365 hari...mantap kan layanannya!

e-learning Hoster.co.id

Jadi jangan ragu untuk beralih menggunakan layanan hosting dari Hoster.co.id untuk mengoptimalkan website e-learning, karena dukungan teknis yang diberikan sangatlah lengkap dan tentunya akan membuat aktivitas belajar mengajar secara daring tidak mengalami hambatan. Dengan dukungan layanan hosting e-learning yang lengkap, sekolah bisa melengkapi fitur-fitur dalam website sehingga siswa tidak hanya menggunakan website sekadar untuk mengunduh materi dan ujian online, tapi juga bisa mengakses konten pendidikan lainnya, seperti perpustakaan digital.

Setelah menemukan paket E-Learning Hosting sesuai kebutuhan, tentu untuk memudahkan peserta didik dan guru mengakses website tersebut membutuhkan domain, dan Hoster.co.id juga memiliki layanan terbaik untuk membeli domain sesuai kebutuhan dengan harga yang sangat kompetitif. Pilihan domain sangatlah lengkap, seperti domain yang berakhiran com, id, net, atau domain yang memang diperuntukkan untuk website sekolah resmi, yang berakhiran sch.id.

e-learning hosting Hoster.co.id

Nah...jika ingin keamanan website terjamin agar tidak diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, Hoster.co.id juga melengkapi layanannya dengan dukungan Imunify360 yang memberikan perlindungan total terhadap serangan yang dikenal atau tidak dikenal, seperti berikut ini.
  • Memiliki teknologi canggih, di mana kombinasi teknologi dengan "Proactive Defense" yang dapat menghentikan malware berbahaya.
  • Bekerja secara otomatis melindungi di dalam panel kontrol hosting selama 24 jam, mudah diatur, dan digunakan.
  • Menawarkan perlindungan Firewall canggih yang menggunakan kumpulan ketahanan dan kecerdasan buatan untuk mendeteksi ancaman baru dan melindungi semua server yang menjalankan software.
  • Dengan IDPS (Intrusion Detection and Protection System) di Imunify360 maka akan dilindungi dari dalam dan luar.
  • Terdapat fitur pemindaian Malware yang secara otomatis memindai sistem file untuk injeksi malware dan mengkarantina file yang terinfeksi.
  • Dengan Imunify360 Proactive Defense akan melindungi situs web terhadap serangan "zero-day" (kerentanan perangkat lunak komputer yang tidak diketahui), bahkan menghentikan malware yang tidak dapat dideteksi oleh pemindai.
  • Memiliki fitur Patch Management yang membuat server aman dengan menambal kernel secara otomatis tanpa harus me-reboot server. 
  • Imunify360 juga dapat menganalisis apakah situs atau IP website termasuk dalam daftar "black list" atau tidak.
Website e-learning memang membutuhkan banyak fitur agar pembelajaran jarak jauh bisa berlangsung dengan optimal, dan sudah dipastikan harus memiliki kapasitas server yang cukup dan tentu saja stabil setiap waktu agar guru dan peserta didik bersemangat untuk melakukan aktivitas belajar mengajar melalui media daring. Untungnya, Hoster.co.id memiliki layanan E-Learning Hosting yang memang didedikasikan untuk mendukung aktivitas pembelajaran jarak jauh yang sampai saat ini menjadi solusi terbaik belajar di masa pandemi virus Covid-19.

Hoster.co.id

Selain layanan khusus e-learning hosting untuk kebutuhan pembelajaran jarak jauh, Hoster.co.id juga memiliki layanan hosting terbaik lainnya, yaitu Unlimited SSD Hosting dengan berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan, harga yang sangat kompetitif, aneka diskon, berkualitas, dan dukungan support terbaik yang dapat diakses kapan saja, tentu saja dukungan ini sangat dibutuhkan bagi pemula yang sebelumnya belum memiliki pengetahuan seputar hosting. Caranya sangat mudah, tinggal pilih paket hosting yang dibutuhkan, dan jika ada kesulitan tinggal klik fitur chat yang selalu online! 

Tertarik ingin melengkapi fitur e-learning agar proses belajar mengajar makin optimal, bisa mengunjungi langsung website Hoster.co.id, Penyedia Layanan Hosting Murah SSD Unlimited.

Referensi Artikel:
https://www.hoster.co.id/
Rangkuman dari berbagai sumber.

Sumber Foto: Pixabay.com dan Hoster.co.id

2 komentar

  1. E-learning memang masih memiliki banyak hambatan salah satunya hambatan teknis soal website yang memiliki fitur lengkap untuk PJJ, terima kasih infonya soal hosting khusus e-learning

    BalasHapus
  2. Hoster id emang menjadi salah satu solusi untuk PJJ ya mba, karena hosting yang satu ini sangat mengerti dengan kebutuhan kita yang berbeda. Makanya ada paket yang berbeda. Kita tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan belajar jarak jauh antara guru dengaj murid di sekolah.
    Oh ya, layanan hoster id juga jempolan. Ada garansi uang kembali pula bila layanan gak sesuai dengan promo yang dijanjikan.

    BalasHapus