Apartemen, Hunian Ideal Untuk Keluarga Muda, Ini Alasannya

website sewa apartemen

Tinggal dan bekerja di kota besar masih menjadi impian sebagian orang karena menawarkan banyak keuntungan yang membuat hidup semakin mudah. Selain tersedia fasilitas hiburan serta kesehatan yang lengkap dan sangat modern, sebagian besar masyarakat memilih pindah ke kota besar karena alasan melanjutkan pendidikan atau justru mencari kerja. 

Kota besar umumnya menjadi pusat perekonomian yang secara otomatis memberikan banyak peluang kerja untuk siapa saja yang memiliki kriteria tenaga kerja yang dibutuhkan. Tidak heran jika angka pertambahan jumlah penduduk di beberapa kota besar di Indonesia setiap tahun selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan, terutama untuk tiga kota besar yang merupakan favorit masyarakat Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, secara otomatis juga mempengaruhi kondisi lalu lintas di kota-kota besar sehingga muncul kemacetan. Berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Riset Inrix, sepanjang tahun 2017, ada beberapa kota besar di Indonesia yang masuk dalam daftar kota termacet di Indonesia, dan tiga besar dari daftar kota tersebut adalah Kota Jakarta, Kota Bandung, dan Kota Malang (Jawa Timur). Kondisi lalu lintas ini secara tidak langsung ikut mengubah pola pikir masyarakat kota, yang selalu menginginkan kemudahan serta kepraktisan dalam segala hal, termasuk dalam urusan hunian atau tempat tinggal.

Tinggal di hunian vertikal atau apartemen kini menjadi pilihan favorit masyarakat kota, terutama keluarga muda, baik yang tinggal di kota besar seperti Jakarta atau kini menyusul Kota Bandung, di mana angka keluarga yang menghuni apartemen cenderung mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Jika ditelusuri lebih lanjut, sesungguhnya ada beberapa alasan yang membuat keluarga muda lebih memilih tinggal di apartemen, seperti berikut ini.

Apartemen, Hunian Ideal Untuk Keluarga Muda, Ini Alasannya

1. Berada Di Lokasi yang Strategis

Sudah bukan rahasia lagi jika sebagian besar apartemen berdiri di lokasi yang sangat strategis dan sangat memudahkan akses ke berbagai tempat sesuai kebutuhan semua anggota keluarga. Mulai dari tempat bekerja atau kantor, sampai fasilitas pendidikan yang cukup lengkap. Bahkan tidak hanya itu, beberapa apartemen bahkan berdiri dalam satu area dengan fasilitas hiburan, rumah sakit, dan mall. Tidak heran jika keluarga muda banyak yang memilih tinggal di apartemen untuk memudahkan mobilitas pekerjaannya.

2. Tersedia Fasilitas yang Lengkap

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tinggal di apartemen memang memberikan banyak keuntungan untuk keluarga muda, seperti dalam hal tersedianya fasilitas penunjang hidup yang sangat lengkap, seperti fasilitas pendidikan mulai dari jenjang pra sekolah hingga perguruan tinggi, bahkan ada beberapa apartemen yang berada di lokasi sangat dekat atau bahkan dalam satu area dengan mall atau pusat perbelanjaan. Selain fasilitas tersebut, beberapa apartemen bahkan memiliki fasilitas pribadi untuk kebutuhan penghuninya, seperti taman, fasilitas olahraga, kolam renang, cafe, hingga minimarket sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk keluar apartemen. Para penghuni bisa memanfaatkan fasilitas tersebut saat libur akhir pekan sambil beristirahat dengan nyaman.

3. Jaminan Fasilitas Keamanan

Faktor keamanan, menjadi sesuatu yang sangat penting untuk keluarga muda, terutama yang memiliki bayi dan anak-anak berusia di bawah lima tahun. Apartemen hingga saat ini dikenal sebagai hunian yang sangat menjaga privasi serta keamanan penghuninya, bahkan beberapa apartemen memiliki sistem keamanan berlapis agar keluarga muda yang tinggal di apartemen tersebut merasa tenang meninggalkan bayi dan anak-anak yang masih kecil untuk bekerja. Jaminan keamanan yang ditawarkan hunian apartemen makin maksimal dengan ditempatkannya kamera CCTV di beberapa area yang strategis, bahkan ada beberapa apartemen yang memberikan akses bagi penghuninya untuk memantau kondisi anak-anaknya saat ditinggal bekerja.

4. Hidup Lebih Praktis

Umumnya tiap unit apartemen memiliki ruangan yang tidak terlalu luas sehingga memudahkan pekerjaan untuk merawat tempat tinggal, seperti membersihkan area dalam rumah yang biasanya dilakukan secara rutin setiap hari. Tidak hanya urusan untuk membersihkan rumah, biasanya setiap apartemen memiliki layanan lengkap untuk membantu penghuni mengurusi masalah teknis, seperti perbaikan AC, saluran air yang rusak, dan berbagai masalah lainnya. Jika mengalami masalah teknis yang berhubungan dengan unit apartemen, tinggal menghubungi maintenance gedung maka semua masalah akan beres, layanan yang sulit ditemukan jika tinggal di rumah tapak.

5. Quality Time Lebih Maksimal

Orangtua mana yang tidak bahagia bisa melihat progress tumbuh kembang buah hatinya setiap hari, apalagi keluarga muda yang masih memiliki anak usia di bawah dua tahun, pasti sangat antusias merawat si kecil. Nah...jika tinggal di apartemen yang umumnya berlokasi di pusat kota atau dekat dengan tempat bekerja, tentu peluang untuk memiliki quality time bersama keluarga akan lebih besar dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan. Sudah bukan rahasia lagi jika kondisi lalu lintas yang padat dan macet setiap hari, terutama di jam-jam pergi dan pulang kerja, sangat mempengaruhi quality time bersama keluarga. Dengan menghabiskan banyak waktu bersama keluarga, tentu akan membuat komunikasi menjadi lebih baik, terutama untuk keluarga muda.

Dengan alasan-alasan ini, tidak heran jika setiap tahun angka penghuni apartemen yang merupakan keluarga muda selalu mengalami kenaikan. Bahkan, untuk memudahkan pasangan muda mencari apartemen sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, sudah tersedia website sewa apartemen yang memiliki fasilitas fitur yang sangat lengkap dan praktis.

Tingginya angka permintaan hunian jenis apartemen terutama untuk keluarga muda, membuat banyak pengembang di berbagai kota besar di Indonesia membangun apartemen yang memiliki fasilitas lengkap sesuai kebutuhan keluarga muda. Tidak hanya berlokasi di tempat yang strategis dan memiliki akses mudah serta cepat, apartemen kini dilengkapi dengan beragam fasilitas yang membuat banyak pasangan muda nyaman tinggal bersama keluarga kecilnya.

sewa apartemen di bandung

Tidak hanya di Jakarta, yang merupakan pusat perekonomian dan bisnis, kota-kota besar lainnya, terutama Kota Bandung kini menunjukkan tanda-tanda akan muncul sebagai salah satu pusat bisnis serta perekonomian di Indonesia, yang secara otomatis akan membuka kesempatan lapangan kerja baru. Tidak heran jika setiap tahun jumlah penduduk di Kota Bandung cenderung mengalami kenaikan. Ketersediaan hunian baru tentu akan semakin dibutuhkan, dan dengan alasan yang telah dikemukakan di atas, apartemen kini tumbuh menjadi salah satu pilihan hunian ideal untuk keluarga muda.

Tips Sewa Apartemen Di Bandung

Siapa yang tidak mengenal Kota Bandung, selain menjadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Bandung juga dikenal sebagai destinasi wisata favorit keluarga. Tidak heran jika setiap liburan, Bandung selalu dipadati wisatawan, baik yang berasal dari sekitar Kota Bandung maupun yang berasal dari kota-kota lain di Indonesia. Pertumbuhan yang cukup pesat di sektor pariwisata ini membuat Bandung menjelma menjadi kota impian para pencari kerja, yang secara tidak langsung membuat jumlah hunian baru meningkat tajam.

Sama seperti Kota Jakarta, apartemen kini menjadi salah satu hunian favorit pasangan muda dengan keluarga kecilnya. Apalagi saat ini membeli atau menyewa apartemen di Bandung bukan lagi hal yang sulit karena sudah banyak website sewa apartemen yang memberikan layanan kemudahan untuk mengakses informasi tersebut dari mana saja dan kapan saja. Namun, sebelum itu pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu, apartemen seperti apa sih yang dibutuhkan, berikut panduannya.
  1. Pilih apartemen yang berlokasi dekat dengan tempat kerja, agar mobilitas lebih mudah, lebih praktis, dan tentu saja tidak terganggu dengan kondisi lalu lintas di Kota Bandung yang kini identik dengan kemacetan seperti halnya kota-kota besar lainnya di Indonesia.
  2. Berapa anggaran atau budget yang disiapkan untuk kebutuhan sewa atau beli apartemen di Bandung. Jika memutuskan untuk membeli apartemen, pastikan sudah memperhitungkan dengan cermat potensi perkembangan lokasi apartemen tersebut agar untuk jangka panjang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.
  3. Berapa banyak kamar yang dibutuhkan, serta apakah memerlukan apartemen yang sudah fully furnished, semi furnished, atau justru non furnished. Jika memilih yang furnished, pastikan kelengkapan apa saja yang sudah tersedia atau dibutuhkan dalam unit apartemen. Jangan lupa sesuaikan ruangan dan jumlah kamar sesuai kebutuhan agar nyaman tinggal apartemen bersama keluarga.
  4. Cek ketersediaan fasilitas di area dalam apartemen, karena fasilitas inilah yang umumnya menarik banyak keluarga muda untuk tinggal di apartemen. Apa saja kelengkapan fasilitas yang umumnya dibutuhkan? Misalnya taman bermain anak, fasilitas olahraga, kolam renang, parkir kendaraan yang nyaman, cctv untuk memantau setiap sudut apartemen hingga di dalam unit apartemen yang dapat dikendalikan penghuni, minimarket, dan fasilitas lainnya. Pastikan kelengkapan fasilitas di apartemen sudah sesuai dengan kebutuhan.
  5. Fasilitas keamanan selama 24 jam menjadi kebutuhan terutama yang masih memiliki anak usia bayi dan balita, agar nyaman saat ditinggalkan ketika bekerja. 
Meskipun karena tuntutan pekerjaan, tidak semua orang bisa meluangkan waktu untuk mencari apartemen sesuai dengan diinginkan, tapi kini sudah banyak website sewa atau beli apartemen yang bisa diakses pasangan muda dari mana saja dan kapan saja. Tapi sebelum itu, pastikan website tersebut telah dilengkapi fitur-fitur yang lengkap agar informasi seputar apartemen yang dijual atau disewakan di Kota Bandung, untuk memudahkan mencari apartemen sesuai kebutuhan. Selain itu, pastikan website tersebut memberikan informasi secara detail tentang unit apartemen yang disewakan atau justru dijual, agar pilihan apartemen di Bandung sesuai dengan kebutuhan dan budget yang disediakan. Jadi sudah tahu kan alasan mengapa banyak keluarga muda memilih apartemen sebagai hunian ideal untuk jangka panjang.

Tidak ada komentar