Tips Diet Turunkan Berat Badan Bagi Penderita GERD

GERD

Lambung adalah bagian tubuh yang penting untuk mencerna makanan, karena makanan akan masuk ke dalam lambung setelah melewati tenggorokan. Asam Lambung, cairan yang ada di dalam lambung yang akan membantu mencerna makanan dan bersifat panas.

Lambung memiliki bagian yang gunanya seperti pintu, karena ada makanan yang masuk nantinya pintu tersebut akan mengendur dan terbuka, namun penurunan fungsi dari pintu tersebut bisa juga terjadi. Lambung yang seharusnya menutup karena otot lambung yang berada disekitarnya akan tegang, tetapi apabila fungsi lambung menurun maka otot lambung akan kendur dan longgar sehingga akan selalu dalam keadaan terbuka.

Maka, cairan yang berada dalam lambung bisa keluar melalui celah terbuka tersebut dan kondisi lambung seperti ini yang akan menyebabkan penyakit yang dikenal dengan Penyakit Asam Lambung atau GERD. Penyakit Asam Lambung juga berpotensi menjadi penyakit jangka panjang yang bisa sering kambuh jika asam lambung naik. Maka dari itu, seseorang yang memiliki riwayat penyakit ini akan sering terganggu dan merasa tidak nyaman setiap kali Penyakit Asam Lambung kambuh, tidak hanya karena asam lambungnya naik namun juga memiliki keterbatasan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu.

Pentingnya Memperhatikan Makanan Bagi Penderita GERD

Penyebab Penyakit Asam Lambung karena otot lambung yang lemah sehingga tidak dapat menegang atau menutup pintu lambung. Penyebab bagian penting lambung tersebut mengalami masalah disebabkan kerusakan pada bagian lambung tersebut yang bisa saja terjadi akibat pola makan dan pola hidup yang kurang sehat atau bahkan jarang mengonsumsi makanan sehat.

Tekanan pada lambung yang berlebihan bisa menyebabkan asam lambung naik atau Penyakit Asam Lambung. Penekanan tersebut bisa dialami karena lemak yang begitu banyak menumpuk akibat mengalami kegemukan atau obesitas. Itulah alasannya mengapa untuk orang yang memiliki riwayat penyakit GERD sebaiknya harus diet atau tidak mengalami obesitas, karena bisa jadi selain Penyakit Asam Lambung juga akan berpotensi mengalami penyakit lainnya yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Selain karena asam lambung naik dan kelebihan berat badan, Penyakit Asam Lambung bisa disebabkan dari makanan yang dikonsumsi karena ada beberapa jenis makanan yang sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita GERD. Mengapa? Karena jenis makanan tersebut jika dikonsumsi akan menyebabkan kerja lambung semakin berat dan berpotensi menyebabkan asam lambung naik, hal yang tentunya sangat dihindari. Selain itu, ada jenis makanan yang mengandung lemak atau berlemak harusnya dihindari karena membutuhkan proses yang cukup lama dan tentu sangat berat untuk lambung. Untuk itu, bagi yang lambungnya masih tergolong sehat, ada baiknya tidak terlalu sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak agar lambung tidak mengalami kerusakan seperti yang dialami penderita GERD.

Tips Diet Bagi Penderita GERD

Dengan fakta-fakta yang sudah dikemukakan diatas, maka penting untuk diketahui bagi penderita GERD yang ingin diet atau menurunkan berat badan mengetahui dan memperhatikan dengan baik makanan yang dikonsumsi serta cara-cara dietnya, seperti tips diet bagi penderita GERD yang direferensikan berikut ini.

Makanan yang Harus Dihindari Untuk Diet Bagi Penderita GERD

Sama dengan diet pada umumnya, ada jenis makanan yang harus dihindari bagi penderita GERD yang ingin melakukan diet atau menurunkan berat badan, seperti berikut ini:

  • Minuman Bersoda,
  • Kafein,
  • Alkohol,
  • Buah Jeruk dan Jus,
  • Coklat,
  • Tomat dan Makanan Berbahan Dasar Tomat,
  • Bawang Putih,
  • Peppermint,
  • Makanan Pedas,
  • Makanan Berlemak,
  • Gorengan
Untuk diketahui, makanan-makanan tersebut memiliki potensi memperburuk kondisi GERD yang dialami seseorang. Selain jenis makanan tersebut, ada makanan lain yang juga pantangan atau sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita GERD, seperti susu berlemak tinggi, daging lemak, serta makanan olahan yang tidak sehat.

Atur Kebiasaan Makanan yang Baik

Terkadang, memiliki kebiasaan makan yang kurang baik mengakibatkan banyak orang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Untuk penderita GERD, ada kebiasaan-kebiasaan khusus yang harus dilakukan agar tidak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.
  1. Makan dalam porsi sedikit tapi sering. Kebiasaan makan dalam porsi yang besar dapat mengakibatkan Esofagus kewalahan sehingga berpotensi mengakibatkan refluks. Dengan memiliki kebiasaan makan dalam porsi sedikit, maka tekanan perut tidak akan terlalu besar dan kondisi lambung lebih rileks. Agar terhindar dari rasa lapar, meskipun makan dalam jumlah sedikit tapi usahakan sering dan sebaiknya diatur sebaik mungkin durasinya.
  2. Jangan berbaring setelah makan. Setelah makan, pastikan posisikan badan dengan tegak setelah setelah makan selama 2-3 jam untuk mencegah terjadinya refluks. Jika langsung berbaring setelah makan, akan mempermudah makanan naik ke esofagus.
  3. Minum di antara makan, bukan bersama makanan. Perut kembung dapat memicu terjadinya refluks, dan untuk mencegahnya cara minum di antara makan bisa diterapkan bagi penderita GERD yang berkeinginan diet atau menurunkan berat badan.
Demikian beberapa tips diet untuk turunkan berat badan bagi penderita GERD. Jika GERD menyerang atau kambuh, Promag Herbal dapat membantu meredakan dan membuat tubuh lebih rileks serta nyaman. Tapi yang terpenting, jangan lupa untuk terus menjaga pola hidup sehat agar GERD dapat teratasi.

Sumber Foto: Photo by S O C I A L . C U T on Unsplash

Tidak ada komentar