Cara Praktis Cari Resep Ayam dan Resep Daging yang Istimewa, Hanya Di Reseppedia

Reseppedia
Foto : Pixabay.com

Tahun ajaran baru 2020 ini, sekolah-sekolah tetap menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena Pandemi Virus Covid-19 belum menampakkan tanda-tanda penurunan yang memungkinkan pelajar dan mahasiswa belajar seperti biasa, termasuk anak-anak saya. Selain saya harus menyediakan waktu khusus menemani anak-anak belajar secara online dari rumah, saya juga harus ekstra nih mencari resep makanan yang istimewa untuk anak-anak agar tetap semangat belajar. Bulan-bulan pertama sih belum muncul masalah karena saya sudah punya bekal resep ayam dan resep daging cukup banyak, dua jenis makanan favorit anak-anak. Tetapi setelah masuk bulan-bulan berikutnya hingga tahun ajaran baru ini, kadang saya suka bingung mau masak apalagi, soalnya bukan hanya anak-anak saja yang bosan karena saya pun bosan bolak-balik masak resep yang sama.

Tapi di sisi yang lain, Pandemi Covid-19 yang mengharuskan anak-anak belajar dari rumah sehingga semua aktivitas terbatas hanya dirumah saja punya banyak manfaat positifnya kok, salah satunya adalah meningkatkan intensitas bonding antara orangtua dengan anak. Manfaat positif lainnya, saya jadi lebih rajin memasak dan mencoba berbagai variasi resep baru dari bahan makanan yang disukai anak-anak, yaitu daging ayam dan sapi. Selain itu, saya bisa belajar nih bagaimana memilih daging ayam dan sapi yang segar dan baik agar kualitas masakan jadi lebih istimewa, seperti berikut ini.

Tips Memilih Daging Ayam Segar

  1. Daging ayam segar berwarna pink, jadi kalau sudah berubah menjadi kebiruan atau hitam pertanda daging tersebut sudah tidak segar.
  2. Cium aroma khasnya, biasanya berbau amis.
  3. Cek teksturnya, dengan cara tekan atau pencet daging ayam jika teksturnya kenyal dan jika ditekan akan mudah kembali (elastis) maka artinya daging ayam tersebut masih segar dan berkualitas baik.
  4. Lihat penampakkan daging ayam tersebut, karena ayam yang terlalu lama dicelup formalin akan cenderung kaku dan biasanya lalat tidak mau mendekat.

Tips Memilih Daging Sapi Segar dan Berkualitas Baik

  1. Ciri fisik yang mudah terlihat adalah warna, untuk itu pilihlah daging sapi yang masih berwarna merah cerah dan jangan sekali-kali memilih daging sapi dengan warna yang sudah tidak merah lagi karena sudah pasti tidak layak konsumsi.
  2. Dari segi tekstur, untuk daging sapi yang segar masih kenyal dan untuk mengetahuinya tekan sedikit bagian daging jika teksturnya kembali lagi setelah ditekan atau masih kenyal artinya daging tersebut masih segar serta masih baik untuk dikonsumsi.
  3. Daging sapi yang masih segar memiliki bau atau aroma yang segar atau istilahnya bau daging.
  4. Tidak terlihat adanya cairan, seringkali jika membeli daging terlihat cairan yang mirip darah mengalir dari sela-sela daging tersebut, untuk diketahui cairan ini bukanlah darah melainkan sari dari daging tersebut. Jika cairan tersebut banyak keluar maka sudah pasti daging tersebut sudah tidak ada rasa atau tidak enak setelah dimasak.
  5. Usahakan untuk tidak membeli daging beku, karena membekukan daging tujuannya untuk mempertahankan keawetan daging tapi sebenarnya daging tersebut sudah tidak segar lagi. Tapi jika sangat terpaksa untuk membeli daging beku sebaiknya pilih daging yang tidak ada bunga esnya karena sudah pasti daging tersebut sudah tidak baik atau tidak segar lagi dan sudah melalui tiga kali proses pengawetan, yaitu pembekuan, pendinginan, dan pembekuan kembali.
Nah...setelah tahu tentang cara memilih daging ayam dan sapi yang segar serta berkualitas baik, tentunya saya harus bersiap memilih resep apa sih yang istimewa untuk anak-anak dan menambah semangat belajarnya ditengah masih berlangsung pandemi virus Covid-19. Selain itu, memilih daging ayam dan sapi yang masih segar dan baik pastinya juga akan mendukung kesehatan anak-anak, apalagi saat pandemi virus ini, kesehatan menjadi suatu hal yang sangat penting. Tentunya resep yang saya pilih selain terbuat dari bahan yang segar dan berkualitas, juga sudah teruji kelezatannya agar menjadi istimewa saat disantap bersama keluarga. 

Tapi ternyata, tidak semua orang pintar memasak lho, jadi ingat saat awal-awal menikah saya juga tidak mahir memasak harus berkali-kali belajar memasak agar rasa dan takaran bisa pas dengan selera keluarga, terutama anak-anak. Tapi jangan khawatir, karena saat ini belajar memasak untuk pemula tidak lagi sulit karena informasi dan referensi seputar beragam resep makanan mudah sekali didapat. Berikut ini beberapa tips menemukan resep makanan yang bercita rasa istimewa untuk keluarga.

1. Buku Resep

Wah...ini adalah cara yang tidak pernah lekang dimakan zaman karena membaca buku resep adalah sumber informasi dan referensi yang paling disukai banyak orang. Tidak hanya itu, menemukan resep  makanan melalui buku resep juga menjadi satu cara mendapatkan resep yang sudah teruji baik dari sisi rasa maupun bahan masakan yang dipilih karena biasanya ada buku resep yang menyertakan tips memilih jenis bahan masakan yang baik untuk dimasak. Untuk referensi, sebaiknya membeli buku resep makanan dengan penerbit dan penulis yang memiliki kualifikasi dibidang kuliner atau pakar kuliner agar resep makanan yang dibuat menjadi istimewa.

2. Resep Makanan Di Majalah

Selain melalui buku, cara lain menemukan resep makanan yang istimewa untuk keluarga adalah melalui majalah karena biasanya diberbagai majalah terdapat rubrik khusus yang membahas seputar resep makanan, mulai dari bercita rasa nasional hingga internasional, mulai dari bahan makanan yang praktis dan mudah ditemui hingga yang secara khusus harus dibeli melalui toko tertentu. Bahkan, ada juga majalah yang secara khusus hanya membahas seputar kuliner termasuk resep-resep makanan yang sudah pasti telah teruji dan istimewa.

3. Menonton Channel Memasak atau Cooking Di Televisi

Acara memasak kini bukan hal yang sulit ditemui karena berbagai stasiun televisi kini sudah memiliki acara memasak, biasanya dipandu oleh chef yang sudah terkenal dalam urusan masak-memasak. Bahkan, melalui saluran televisi kabel atau berlangganan sudah terdapat channel khusus seputar kuliner termasuk share resep-resep yang telah teruji kelezatan dan keistimewaan untuk menjadi panduan resep makanan keluarga.

4. Beragam Video Di Youtube

Salah satu cara yang saat ini sedang tren dikalangan masyarakat adalah menonton beragam video di Youtube, dan memang banyak sekali channel di Youtube yang kontennya adalah resep makanan, baik hanya sekadar share referensi resep makanan ataupun praktek langsung. Konten-konten seputar resep makanan ini cukup banyak di Youtube lho, bahkan semua orang dengan mudah bisa mengakses aneka resep makanan lintas negara untuk dipraktekkan dirumah sebagi variasi makanan. Beberapa chef ternama bahkan memiliki channel khusus di Youtube untuk berbagi resep makanan dengan penggemarnya sehingga bisa belajar memasak dirumah. 

5. Reseppedia, Situs Online yang Menyediakan Kumpulan Resep Makanan Terlengkap

Di era digital ini, sudah terdapat banyak situs online yang menyediakan beragam kumpulan resep makanan dari berbagai daerah tanpa harus repot datang secara langsung. Bahkan tidak hanya menemukan resep makanan, karena semua member atau anggota Reseppedia bisa saling berbagi resep makanan dengan member lainnya, sehingga bisa terjalin komunikasi yang baik antar sesama member Reseppedia.

Penasaran? Yuk Cari Tahu Tentang Reseppedia Di Sini!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Reseppedia.com adalah platform online yang menyediakan layanan berbagai kumpulan resep masakan lengkap dan juga sebagai media berbagi resep masakan. Adapun berbagai resep masakan yang bisa diakses melalui Reseppedia mulai dari masakan khas Nusantara hingga masakan yang go internasional. Selain bisa mengakses berbagai resep masakan, di Reseppedia juga terdapat banyak layanan yang sangat membantu siapapun belajar memasak atau justru ingin mengembangkan passion nya dalam urusan masak-memasak, seperti berikut ini.
Reseppedia
1. Mudah Di Akses Dari Mana Saja dan Kapan Saja.

Reseppedia seperti yang telah dijelaskan di atas adalah platform online berbasis digital, sehingga bisa di akses dari mana saja dan kapan saja, dari berbagai perangkat digital. Untuk masyarakat milenial tentu saja akses yang cepat ini sangat memudahkan sehingga siapapun bisa belajar memasak termasuk yang pemula sekalipun dengan mudah dan cepat.

2. Tersedia Kumpulan Resep Makanan Dari Seluruh Nusantara dan Mancanegara.

Hayoo...siapa nih yang suka nonton channel kuliner di televisi atau channel digital lainnya, terkadang bikin kita jadi penasaran ingin mencoba memasaknya sendiri lho. Nah...di Reseppedia tersedia kumpulan resep masakan yang lengkap dari berbagai daerah di nusantara bahkan hingga mancanegara yang tentunya bisa disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Jadi, tidak perlu repot lagi harus mencari sumber informasi dan referensi lain ketika ingin mencoba memasak menu tertentu.

3. Terdapat Beragam Resep Masakan.

Siapa nih yang suka masakan berbahan dasar daging ayam? Nah...di Reseppedia tersedia resep menu masakan yang beraneka ragam, mulai dari resep ayam, resep daging, resep sayur, resep sambal, hingga resep menu masakan ringan seperti kue atau menu untuk sarapan praktis di pagi hari, apalagi untuk ibu rumah tangga yang kerap kerepotan menyiapkan hidangan sarapan setiap pagi...yuk akses Reseppedia!

4. Bisa Menjadi Platform Online Untuk Berbagi Resep Menu Masakan.

Siapa nih yang suka bereksperimen mencoba resep masakan baru? Nah...di Reseppedia selain bisa mengakses resep makanan, juga bisa berbagi resep masakan yang sudah dicoba sebelumnya...keren kan, selain mendapatkan feedback dari member lain juga bisa sharing dan berbagi tentang menu masakan yang cocok untuk keluarga (oh ya, untuk mengakses semua fitur atau layanan yang tersedia di Reseppedia, harus mendaftar menjadi member dulu dan caranya mudah kok). 

5. Bisa Mengunggah Resep Masakan Dengan Mudah.

Punya passion dalam memasak? Nah...di Reseppedia siapapun bisa dengan mudah mengunggah resep masakan dengan langkah berikut, log in melalui akun Reseppedia yang telah dibuat sebelumnya, isi form yang sudah disediakan, dan setelah form terisi lengkap kemudian lanjutnya dengan langkah-langkah sesuai petunjuk hingga semua pengunjung platform bisa melihat serta mengakses menu masakan kreasi member Reseppedia...bagaimana, tertarik kan?

Wah...kebetulan nih, anak-anak saya suka sekali yang namanya menu masakan berbahan dasar daging ayam dan sapi, setelah mengakses platform online Reseppedia, ternyata ada banyak sekali referensi resep ayam dan resep daging untuk dipraktekkan di rumah, apalagi dalam kondisi pandemi virus ini sebisa mungkin saya mengurangi membeli masakan dari luar, lebih baik memasak sendiri di rumah karena terjamin keamanan dan kesehatan bahan masakannya.

Dengan adanya platform online Reseppedia, jangan ragu untuk belajar memasak sendiri di rumah karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama kesehatan anak-anak. Bagi yang kurang percaya diri untuk memasak, jangan khawatir karena terdapat banyak resep masakan di Reseppedia yang sangat cocok untuk untuk pemula dalam urusan masak-memasak. Tidak hanya itu, Reseppedia juga sangat direkomendasikan untuk mahasiswa dan mahasiswi yang tinggal jauh dari orangtua, karena bisa lebih berhemat dengan memasak sendiri di rumah kostnya. Wah...saya jadi ingat nih, anak saya yang sulung tahun depan sudah mulai memasuki jenjang pendidikan tinggi, dan mulai sekarang saya harus mempersiapkan untuk hidup mandiri.

Selain resep ayam dan resep daging yang kebetulan adalah masakan favorit keluarga saya terutama anak-anak, di Reseppedia juga terdapat aneka resep masakan sayur, kue, serta menu sarapan yang sudah teruji kelezatannya. Jadi jangan ragu untuk segera mengakses platform online Reseppedia untuk mencari berbagai resep favorit keluarga, kemudian unggah resep favorit untuk berbagi dengan member lain dengan langkah mudah, dan jangan lupa pilih kategori resep yang sesuai agar member lain mudah mengaksesnya. 

Ingat Resep Ingat Reseppedia Dong! 

Sumber referensi tulisan:
https://www.reseppedia.com/

Tidak ada komentar