Proses Tumbuh Kembang Anak

Pertumbuhan dari buah hati selalu menjadi momen yang terbaik. Tumbuh kembang anak sangat perlu untuk dipahami oleh para orang tua. Karena, hal ini akan membuatnya paham mengenai perkembangan anak. Terutama, untuk para ibu yang baru pertama kali memiliki anak. Tentunya, sangat penting untuk bisa memahami hal ini.

Dalam pencapaian proses menjadi lebih besar, akan melalui beberapa tahapan. Mulai dari usia yang kecil, sampai besar. Pertumbuhannya bisa menjadi cukup siginifikan. Banyak sekali hal baru yang mungkin belum ibu ketahui. Ingin tahu bagaimana proses tumbuh kembang anak? Yuk, cari tahu bersama selengkapnya ada pada artikel ini.

Tumbuh Kembang Anak
Foto: Pixabay.com
Proses Tumbuh Kembang Anak

Jadi, untuk perkembangan yang terjadi pada anak memang cukup cepat. Berikut proses secara lebih lengkapnya:

Usia 0 – 3 Bulan

Pada usia ini, anak akan mengalami perkembangan yang begitu cepat. Para ibu yang baru saja memiliki anak, mungkin tidak akan percaya mengenai proses ini. Seperti pada awal, anak hanya mampu untuk bergerak dan menyusui saja. Kemudian, hal ini berlanjut terus menerus sampai anak sudah bisa melakukan gerakan kecil.

Termasuk, ada usia ini anak mungkin akan menjadi lebih aktif. Perasaan yang dimiliki sudah tumbuh dan berkembang. Sebagai orang tua, tentunya harus bisa menganggap hal ini wajar terjadi. Karena, jika tidak begitu akan membuat proses mengasuh anak kurang baik.

Usia 3 – 6 Bulan

Bayi akan terlihat lebih semangat dari yang sebelumnya, kemudian berbagai macam gerakan juga bisa terjadi. Menariknya, akan ada waktu dimana bayi senang dan memberikan senyuman kepada ibu. Langkah ini bisa menjadi hal yang sangat tepat. Rasa kegelisahan yang dimiliki oleh ibu akan menjadi hilang.

Anak sudah bisa diajak untuk berkomunikasi dengan baik. Meskipun, untuk membalas percakapannya anak hanya bisa tersenyum saja. Namun, hal ini tentu akan sangat menyenangkan bukan? Bahkan, membuat ibu yakin bahwa dengan begitu semangat mengasuh menjadi lebih tinggi.

Usia 6 Bulan – 1 Tahun

Tanpa disadari, anak sudah mulai bisa melakukan banyak hal. Seperti mengucapkan sedikit kata, sampai dengan melakukan hal lainnya. Serta, anak juga sudah bisa merangkak untuk menuju ke suatu tempat. Ketertarikan terhadap hal baru tumbuh dengan begitu cepat. Dalam fase ini, tentu orang tua harus bisa memperhatikan secara penuh kepada anak.

Gerakan pada anak juga akan berkembang dengan semakin lebih tinggi lagi. Perkataan yang muncul akan menjadi informasi untuk para ibu. Pada perkembangan waktu ini, anak juga sudah mulai bisa belajar berjalan. Jadi, tidak ada salahnya para orang tua mengajarkan hal tersebut.

Usia 1 – 3 Tahun

Anak sudah tumbuh dengan benar, berbagai macam aktivitas sudah bisa dilakukan. Bahkan, anak juga sudah bisa berlarian. Pencapaian ini tentu sangat luar biasa, jadi harus bisa dipahami oleh para orang tua. Ajarkan anak untuk hal yang baik dan boleh dilakukan, serta tidak boleh dilakukan.

Komunikasi kepada anak akan menjadi lebih baik karena sistem pembicaraannya sudah lebih tinggi. Karena itu, tidak ada salahnya agar bisa mengajarkan kosakata untuk komunikasi lebih lancar. Hal ini penting demi kemajuan pada pertumbuhan anak.

Begitulah proses tumbuh kembang anak yang bisa dipahami bersama. Dalam perkembangannya, anak jelas membutuhkan peran dari orang tua. Adanya peran orang tua akan sangat membantu untuk mencapai pertumbuhan tersebut lebih baik. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.