Berbagi Pengalaman Dengan Menulis Review Jujur Sangat Menyenangkan, Berikut Manfaatnya

Storie.id
Foto: Pixabay.com
Meskipun sudah lebih dari 6 tahun menulis di blog ini, tapi sejak tiga atau dua tahun belakangan ini, saya terbilang jarang menulis organik tanpa di sisipi pesan sponsor...hihihi, tapi jumlah pengunjung terbanyak di artikel yang pernah saya tulis sebagian besar adalah tulisan organik yang berupa review karena murni adalah pengalaman pribadi. Dulu, saya pernah menulis pengalaman saat mengajukan klaim membuat kacamata dengan menggunakan layanan BPJS di salah satu situs PBN dan saya terkejut karena jumlah pegunjungnya mencapai ratusan ribu, padahal menurut saya tulisan itu sangat simpel dan sederhana. Di lain waktu, saya pernah menulis pengalaman trik menutup space atau area tembok rumah saya yang belum di plester dengan tanaman dollar rambat, tulisannya menurut saya simpel dan tidak terlalu panjang, tapi hingga saat ini artikel yang saya tulis tahun 2017 silam itu masih menduduki posisi puncak dengan jumlah pengunjung puluhan ribu dan pernah iseng saya cek, ternyata foto-foto yang saya post di blog saya digunakan beberapa situs jual beli tanaman secara online, tapi ya sudahlah, yang terpenting mereka tidak meng-crop credit foto tersebut dan masih mengakui jika foto yang mereka gunakan berasal dari blog saya.

Selain menyempatkan diri menulis review berdasarkan pengalaman, saya juga sering membaca review yang di tulis teman atau orang lain di blog atau situs yang mereka miliki, entah karena saat momen blogwalking atau karena memang saya mencari referensi tentang sesuatu. Bagi bagi, mencari referensi sebelum membuat suatu keputusan, entah untuk membeli barang atau melakukan suatu aktivitas membuat saya lebih siap jika mengalami sesuatu yang kurang menyenangkan. Bahkan, pernah sebelum membeli produk elektronik, hari-hari sebelumnya saya mencari referensi informasi yang ditulis berdasarkan review, hingga akhirnya saya mantap untuk menjatuhkan pilihan pada satu merek atau brand yang menurut saya sudah cukup baik, meskipun pengalaman setiap orang pasti berbeda-beda dan tidaklah sama. Biasanya jika saya membutuhkan referensi informasi tentang sesuatu, cukup tinggal mengetikkan kata kunci yang saya inginkan, tapi hasilnya tentu tidak semuanya memuat artikel tentang review produk, adakalanya beberapa artikel hanya berupa penjelasan produk, karena itulah tulisan tentang review sangat penting dan dibutuhkan. 
Manfaat Menulis Review
1. Membantu Orang Lain Membuat Keputusan yang Tepat.

Biasanya seseorang menulis review berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan produk atau brand tersebut sehingga review yang dituliskan sangat lengkap, di sertai dengan kekurangan dan kelebihan produk atau brand tersebut. Namun memang, masing-masing orang tentu memiliki pengalaman yang berbeda, tergantung kondisi dan situasinya, karenanya semakin banyak orang yang menulis review suatu produk atau brand tentu akan semakin baik karena sangat bermanfaat untuk membantu orang lain membuat keputusan serta pilihan yang tepat. Memang ada sebagian orang yang seringkali merasa bingung untuk membuat pilihan, apalagi brand yang memproduksi suatu produk biasanya cukup banyak dan terkadang sama-sama berkualitas, karenanya review yang ditulis seseorang setidaknya menjadi sumber referensi agar orang tersebut bisa memilih dan membuat keputusan yang tepat. Saya sendiri cukup terbantu jika ada orang yang bersedia menuliskan review berdasarkan pengalamannya, meskipun bukan alasan utama untuk membuat keputusan tapi setidaknya dengan beberapa referensi review yang saya baca, bisa membantu saya membuat keputusan yang tepat.

2. Membantu Brand Untuk Memperbaiki Kekurangan dan Kualitas Produk.

Banyak brand sebelum meluncurkan produk terbaru selalu memberikan contoh atau tester pada orang atau kelompok tertentu, bahkan saat ini banyak komunitas ibu-ibu rumah tangga yang bertugas mencoba suatu produk sebelum secara resmi diluncurkan di pasar. Tujuan utamanya adalah agar brand bisa mengetahui kekurangan serta kualitas produk tersebut, dan jika memang masih ada yang harus diperbaiki, biasanya brand akan menunda peluncuran dan memperbaiki dahulu kualitas produk tersebur agar masyarakat nyaman ketika menggunakan produk tersebut. Nah...menulis review bisa membantu brand untuk meningkatkan kualitas produk serta memperbaiki kekurangan agar produk menjadi lebih baik lagi jika diluncurkan edisi terbaru, tentunya dengan masukan yang tepat sesuai sensasi pengalaman yang dirasakan.

3. Bentuk Dukungan Pada Produk yang Di Pakai.

Saya ingat, dahulu ibu saya terbilang sangat setia pada satu produk, sehingga selama bertahun-tahun ibu adalah pelanggan yang sangat loyal karena sudah merasakan bagaimana kualitas produk tersebut sangat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga, hanya bedanya saat itu belum tersedia platform untuk memberikan review pada produk yang digunakan. Namun kini, banyak tersedia platform, situs, atau aplikasi yang memberikan kesempatan kepada konsumen loyal untuk membagikan pengalaman melalui tulisan review, sehingga brang atau produsen serta masyarakat bisa terbantu membuat keputusan yang tepat ketika dihadapkan pada sejumlah pilihan. Selain itu, ada sebagian masyarakat yang saat membeli produk, masih belum memahami bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan produk tersebut. Nah...review yang ditulis secara lengkap termasuk cara penggunaan yang tepat, pastinya akan membantu orang lain untuk mengatasi rasa kebingungan.

4. Memperkaya Informasi dan Referensi yang Bisa Di Akses Melalui Media Internet.

Di masa sekarang ini, internet memiliki fungi yang sangat penting terutama dalam upaya penyajian informasi serta memperkaya literasi masyarakat, karena semua hal dengan mudah bisa di akses melalui search engine atau mesin pencari di internet. Bahkan, sebagian masyarakat menggunakan media internet sebagai bahan belajar untuk anak-anak sekolah, sehingga fungsi internet kini sudah semakin mempengaruhi dunia pendidikan. Semakin banyak review yang di tulis secara jujur berdasarkan pengalaman, tentunya akan menambah semakin banyak khazanah informasi dan referensi yang bisa di akses masyarakat yang membutuhkan melalui media internet, karenanya kehadiran platform, situs, atau aplikasi fokus pada review sangat penting bahkan sangat dibutuhkan, seperti aplikasi review beauty Storie.id.
Kenal Lebih Dekat Dengan Aplikasi Storie.id
Storie.id
Storie.id merupakan aplikasi review jujur untuk berbagai produk makeup dan skincare di Indonesia, dan tentunya sangat membantu memperkaya referensi informasi untuk masyarakat terutama para wanita yang masih awam dalam memilih makeup dan skincare yang tepat. Pada aplikasi review ini, ada banyak ulasan secara detail dari para beauty enthusiast terutama tentang tren makeup terkini dan memilih produk skincare yang tepat dan aman, sesuai dengan jenis kulit dan warna kulit agar penampilan semakin menarik. Ada beberapa hal yang bisa ditemukan di Storie.id, diantaranya:
  1. Review jujur yang memuat informasi produk secara lengkap. Rasanya menyenangkan jika bisa menemukan review produk yang dibutuhkan, yang di tulis secara lengkap dan detail. Nah...di aplikasi ini review yang dihadirkan tidak hanya jujur tapi juga lengkap, mulai dari tekstur, warna, harga, serta kelebihan dan kekurangan produk. Bahkan, di dalam review juga dituliskan rekomendasi makeup dan skincare yang cocok untuk warna serta jenis kulit tertentu, yang pasti sangat membantu untuk pengguna makeup dan skincare yang masih pemula.
  2. Terdapat video tutorial makeup dan skincare yang pastinya cocok untuk pemula, untuk dipakai ketika melakukan beragam aktivitas.
  3. Aplikasi memiliki fitur yang sangat mudah di akses, baik berdasarkan nama brand, warna kulit, tipe kulit, masalah kulit yang di alami, dan sebagainya. 
  4. Siapapun bisa meng-upload, posting, dan share review jujur atau informasi produk makeup dan skincare versi penggun, yang tentu saja berdasarkan pada pengalaman, bahkan untuk yang masih pemula pun sangat diperbolehkan untuk menulis review, karena masih banyak kaum wanita yang membutuhkan informasi tepat untuk mengatasi masalah kulit serta merias wajah sehingga penampilan terlihat lebih menarik.
Jadi jangan ragu untuk menulis review jujur atau mengakses informasi di Storie.id, karena ada banyak review jujur yang membantu kaum wanita terutama yang masih pemula untuk membuat keputusan menentukan pilihan makeup dan skincare yang tepat, karena kulit wajah adalah bagian dari aset kesehatan yang wajib dijaga. Yuk bantu orang lain sebarkan manfaat dengan menulis review jujur di Storie.id!

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.