Kenali Penyebab Berat Badan Sulit Bertambah dan Cara Menggemukkan Badan yang Efektif

Ada yang merasa resah setiap kali memikirkan berat badan yang selalu bertambah dan beragam cara menurunkan berat badan sudah dilakukan, tapi lagi-lagi hanya sementara karena tidak lama berat badan kembali bertambah. Tapi jangan lupa, ada seseorang yang berusaha keras untuk menambah berat badan agar terlihat lebih berisi dan ideal, namun sudah melakukan berbagai cara, berat badan tetap susah bertambah. Saya jadi ingat dahulu saat masih remaja, berat badan sangat sulit bertambah sekalipun sudah makan banyak atau bahkan beberapa kali saya diberikan vitamin oleh mama, tapi tetap saja angka timbangan tidak pernah naik tapi jika saya sakit dan kurang nafsu makan, berat badan cepat menyusut, sehingga saya dijuluki "Kutilang" kurus-tinggi-langsing karena kebetulan saya memiliki tinggi badan di atas rata-rata anak perempuan lainnya. Selain di tuding kurang makan, orang yang memiliki perawakan cenderung kurus sering juga di tuding cacingan...hahaha, padahal tidak semua orang kurus atau berat badan sulit bertambah karena cacingan lho. Kenapa sih repot-repot ingin menaikkan berat badan, sementara banyak orang lain yang merasa kesulitan mengontrol berat badan yang selalu bertambah? Ada banyak alasan yang membuat sebagian orang ingin menggemukkan badan, diantaranya karena ingin terlihat lebih berisi dan ideal, apalagi jika orang tersebut memiliki tinggi badan yang terbilang lebih dibandingkan orang seusianya sehingga jika terlihat lebih gemuk akan membuat postur tubuh lebih ideal. Selain itu, karena alasan orang yang memiliki berat badan ideal akan terlihat lebih sehat, tidak heran jika mereka yang merasa berat badannya tidak ideal melakukan berbagai cara menggemukkan badan berdasarkan berbagai informasi dan referensi yang dimilikinya.

Cara Menggemukkan Badan
Gambar: Pexels.com
Sebenarnya, ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang sulit untuk menaikkan berat badan, apalagi jika ingin memiliki postur tubuh dengan berat badan yang ideal. Nah...berikut ini akan diuraikan beberapa penyebab berat badan sulit bertambah agar cara menggemukkan badan yang di pilih tidak berakhir dengan kekecewaan.
  1. Stress. Dalam kondisi mental yang tidak sehat atau mengalami yang namanya stress, seringkali seseorang merasa menemukan kesulitan untuk menaikkan berat badan, apalagi jika telah melakukan berbagai cara namun berat badan masih tidak bertambah, bisa dipastikan orang tersebut akan semakin stress dan justru akan mengalami penurunan berat badan. Selain itu, kondisi stress sering menyebabkan seseorang mengalami gangguan makan, entah itu makan dalam jumlah yang banyak atau justru tidak nafsu makan, yang jelas kedua-duanya menyebabkan seseorang kerap mengalami gangguan kesehatan, yang tentu saja bisa berimbas pada sulitnya mengalami kenaikan berat badan. Tidak nafsu makan juga secara otomatis akan menyebabkan kurangnya asupan nutrisi dan zat gizi, yang akhirnya akan menyebabkan gangguan kesehatan pada seseorang.
  2. Kurang minum air putih. Air, merupakan salah satu komponen penting yang sangat dibutuhkan tubuh, dan kurangnya asupan air putih bisa dipastikan akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan yang bisa berakibat pada sulitnya menaikkan berat badan. Mengapa? Karena asupan air putih dalam takaran yang ideal bisa membantu keseimbangan metabolisme tubuh agar lebih sehat sehingga sistem pencernaan akan berlangsung dengan baik dan tidak mengalami gangguan yang bisa saja menyebabkan seseorang sulit menaikkan berat badan ke angka yang ideal.
  3. Kekurangan Nutrisi. Nutrisi sangat dibutuhkan untuk menunjang kehidupan untuk semua orang dari berbagai golongan usia, mulai dari bayi hingga lanjut usia. Bisa dibayangkan jika tubuh mengalami kekurangan nutrisi, selain akan mengalami berbagai gangguan kesehatan juga berat badan akan sulit mengalami kenaikan. Untuk itu, penting bagi seseorang yang ingin menaikkan berat badan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti buah dan sayuran agar tubuh semakin sehat dan berpotensi berat badan akan mengalami kenaikan.
Sebenarnya, ada banyak cara untuk menggemukkan badan agar tubuh terlihat lebih berisi dan ideal, karena seringkali penampilan yang terlalu kurus sangat menganggu, apalagi jika mengenakan pakaian model tertentu. Berikut ini beberapa cara menggemukkan badan yang alami dan aman untuk tubuh agar postur tubuh terlihat lebih berisi dan ideal.
  1. Pilih Menu Makanan yang Banyak Mengandung Kalori. Gunakan cara ini untuk menaikkan berat badan dengan cara yang alami dan aman, yaitu memilih menu makanan yang banyak mengandung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, namun pastikan jumlah kalori yang terkandung dalam makanan tersebut di konsumsi sesuai dengan kebuutuhan kalori per usia, karena tiap usia pasti juga berbeda kebutuhan kalorinya. Dengan memiliki menu makanan yang banyak mengandung kalori, maka akumulasi dari makanan yang banyak mengandung kalori tersebut akan berpotensi menaikkan berat badan sehingga cita-cita ingin gemuk akan tercapai. Perbandingan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh haruslah lebih banyak dibandingkan dengan kalori yang terbakar, jadi dalam sehari setidaknya tubuh orang dewasa harus mendapatkan asupan kalori kurang lebih 7000 - 10000 kalori.
  2. Memilih Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Protein. Untuk diketahui, pembentukkan massa otot adalah dari protein dan tanpa protein, kalori-kalori yang masuk dalam tubuh akan berakhir menjadi lemak. Nah...salah satu cara untuk menggemukkan badan adalah dengan rajin minum susu, karena susu banyak mengandung protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi perlu diingat, bahwa asupan protein juga tidak boleh berlebihan, karena terlalu banyak jumlah protein akan menyebabkan gangguan kesehatan bagi tubuh, selain itu, makanan yang mengandung protein akan menyebabkan tubuh menjadi cepat kenyang sehingga asupan kalori menjadi berkurang atau tidak maksimal.
  3. Memilih Menu Makanan yang Mengandung Karbohidrat dan Lemak, setidaknya 3 kali dalam sehari Dengan Porsi Seimbang. Jika biasanya untuk menjalani program diet, asupan makanan yang sangat dihindari adalah yang mengandung karbohidrat dan lemak, maka tentu jika ingin menggemukkan badan, lakukan hal yang sebaliknya, dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Pilihlah jenis makanan yang banyak mengandung 2 zat gizi ini, tapi pastikan untuk seimbang dengan zat gizi yang lain, agar berat badan bertambah dengan cara yang sehat dan tidak mengabaikan zat gizi yang lainnya. 
  4. Rutin Berolahraga. Cara untuk menggemukkan badan secara aman dan alami tidak hanya terbatas pada memilih asupan makanan yang tepat dan banyak mengandung nutrisi, namun juga haruslah rutin berolahraga. Olahraga terbilang merupakan cara yang cukup ampuh untuk menggemukkan badan, karena dengan rutin berolahraga makan asupan nutrisi akan berfungsi dengan maksimal dan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak akan berubah menjadi lemak. Tidak harus melakukan olahraga berat, lakukan olahraga ringan seperti jogging, push-up, sit-up, berenang, bersepeda, dan lainnya. Tapi jangan lupa, setelah berolahraga, pastikan untuk mengonsumsi menu makanan yang kaya protein agar hasilnya maksimal.
Dengan memilih menu makanan yang tepat dan aman untuk menggemukkan badan, maka bisa dipastikan usaha untuk menaikkan berat badan akan berlangsung optimal terutama dari sisi kesehatan. Tentu semua orang menginginkan cara menggemukkan badan yang ideal namun aman agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan pada tubuh, karena semua orang tidak ingin dong, memiliki badan gemuk tapi tidak sehat. Untuk itu, sebelum berencana menggemukkan badan karena menilai berat badan yang dimiliki sekarang masih kurang ideal, maka pastikan untuk mengenali penyebab berat badan yang sulit bertambah agar solusi yang di pilih tepat dan aman.

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.