3 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Pindah Rumah

Rumah yang dahulu nyaman untuk ditinggali karena anak-anak masih kecil kini makin terasa sempit sehingga membutuhkan rumah yang lebih luas. Tapi mencari rumah yang tepat dan sesuai keinginan bukanlah hal yang mudah karena prosesnya bisa membutuhkan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan lamanya. Untuk itu ketika sudah menemukan rumah sesuai impian, perasaan lega dan bahagia bercampur menjadi satu. Tapi proses belum selesai karena untuk mendapatkan rumah dengan harga yang terbaik, tentu harus melakukan proses negoisasi harga yang biasanya cukup sulit, belum lagi jika bermaksud menjual rumah lama untuk menutupi sebagian biaya pembelian rumah baru yang lebih luas, tentu membutuhkan waktu atau proses yang tidak sebentar. Nah...setelah proses transaksi pembelian rumah selesai, akhirnya rumah baru sudah bisa ditempati. Proses pindah rumah bukanlah hal yang dianggap sepele, apalagi untuk seorang pekerja yang setiap hari sibuk dengan pekerjaannya sehingga merasa tidak punya waktu banyak untuk mempersiapkan kepindahan di rumah baru. Tapi jangan lupa, selain mempersiapkan kepindahan di rumah yang baru, ada beberapa hal yang harus diurus sebelum meninggalkan rumah lama, seperti membayar tagihan listrik bulan terakhir, memutus langganan TV berbayar dan internet jika berlangganan, serta beragam fasilitas lainnya yang selama ini digunakan.

Lamudi.co.id
Agar nyaman saat pindah rumah, pastikan untuk mempersiapkannya jauh hari (Foto: Lamudi.co.id)
Umumnya banyak orang memilih pindah pada saat weekend atau akhir pekan tiba, selain libur dan tidak beraktivitas, biasanya lalu lintas jalan biasanya lebih lenggang sehingga proses kepindahan bisa berjalan lancar. Meskipun begitu, bukan berarti saat weekdays tidak melakukan persiapan apa-apa, karena saat pindah ternyata barang yang harus di kemas banyak sekali, hingga tidak jarang banyak yang merasa stress duluan saat mempersiapkan kepindahan. Belum lagi proses mempersiapkan rumah baru, karena sebelum ditempati harus dipastikan rumah tersebut sudah memiliki berbagai fasilitas, seperti listrik, air, layanan internet, dan lainnya sehingga seluruh anggota keluarga merasa nyaman saat menempati rumah baru. Bagi orangtua yang sudah memiliki anak usia sekolah, jangan anggap sepele pindah rumah karena harus mempersiapkan waktu yang tepat agar pelajaran anak-anak tidak terganggu, misalnya setelah bagi raport kenaikan kelas atau tengah semester. Selain itu, persiapkan juga sekolah yang baru sehingga anak-anak bisa langsung sekolah dan meneruskan pelajarannya.

Setelah beres melakukan persiapan sekolah anak-anak, ada banyak daftar persiapan lainnya agar proses pindah rumah menjadi lancar. Kira-kira, apa saja yang harus dipersiapkan agar proses pindah rumah tidak membuat stress, berikut penjelasannya yang dilansir dari Freshome.com.
1. Tentukan Waktu Deadline
Saat sudah merencanakan pindah rumah, tentu waktu yang tepat untuk pindah sudah dipersiapkan dan dipikirkan matang-matang. Tapi terkadang, karena terlalu banyak yang dipersiapkan dan dipikirkan, akhirnya persiapan pindah justru membuat stress karena rumah baru pun juga harus dipersiapkan agar nyaman saat ditinggali nanti bersama keluarga. Ada cara yang lebih mudah untuk mempersiapkan pindah rumah menurut Portal Jual Beli Rumah yang banyak mereferensikan rumah di jual Lamudi.co.id, yaitu dengan membuat list lengkap dengan waktu deadline. List biasanya memuat daftar apa saja yang harus dipersiapkan atau dilakukan minimal dua bulan sebelum pindah sehingga proses mempersiapkan kepindahan akan berjalan lancar.

Berikut beberapa contoh membuat list pindah rumah, mencari dan mempersiapkan kardus bekas yang sangat penting untuk menaruh barang-barang saat pindah rumah. Selain itu, buatlah list untuk memilah barang-barang yang masih bisa di bawa atau yang ingin di buang sehingga tidak membuat sesak ruangan di rumah yang baru nanti. Buatlah list secara detail hingga waktu kepindahan, sehingga tidak ada persiapan yang lupa atau kelewatan. Jangan lupa untuk membersihkan rumah sebelum pindah agar pembeli atau orang yang akan menempati selanjutnya merasa tidak terganggu. Pastikan semua persiapan sudah selesai satu hari menjelang kepindahan, untuk menghemat tenaga karena saat tiba di rumah baru pun, masih banyak hal yang harus dilakukan, seperti menata perabotan dan mengeluarkan barang-barang yang di kemas saat pindah.
2. Jangan Lupa Bungkus Barang dan Perabotan
Saat pindah rumah, tentu banyak barang dan perabotan yang harus dipersiapkan serta di kemas dengan baik agar tidak rusak. Memang sih pekerjaan ini terbilang sangat melelahkan apalagi jika sebelumnya kita banyak memiliki barang atau perabotan. Jangan lupa, jarak dari rumah lama ke rumah baru juga sangat penting, semakin jauh jarak ke rumah baru maka perabotan harus di kemas lebih baik agar tidak rusak atau tergores saat diperjalanan. Untuk itu, list pertama yang harus dilakukan adalah mencari kardus-kardus untuk memasukkan barang yang dapat di kemas dalam kardus, bungkus dengan rapi kardus tersebut agar tidak tercecer saat kotak di angkat naik kendaraan saat pindah. Agar lebih mudah saat mencari barang yang diinginkan, berikan penanda atau tulisan pada setiap kotak kardus yang berisi barang, selain untuk memudahkan pencarian, kardus tersebut bisa diletakkan sesuai ruangan yang diinginkan, misalnya kardus berisi mainan anak-anak, bisa diletakkan langsung di kamar anak-anak saat tiba di rumah baru.

Untuk penempatan pada mobil pengangkut barang atau pick up, sebaiknya letakkan barang-barang yang berukuran berat di bawah dan barang yang ringan di atasnya. Untuk kardus yang berisi barang pecah-belah, pastikan sudah dilengkapi dengan pengaman seperti kain-kain atau pakaian bekas, untuk mencegah terbentur sana-sini saat diperjalanan. Untuk kulkas, persiapkan space tersendiri, karena kulkas harus dalam posisi tegak agar mesinnya tidak rusak. Sedangkan untuk peralatan elektronik seperti televisi, pastikan dalam kardus sudah disisipi stereofoam untuk mencegah terbentuk saat perjalanan pindah, apalagi jika kondisi jalan menuju rumah baru tidak terlalu mulus.
3. Mintalah Bantuan atau Sebaiknya tidak Melakukan Sendiri
Sekilas setelah membuat list persiapan pindah rumah, tentu pekerjaan akan terasa lebih ringan, tapi ternyata tidak, karena saat barang-barang di bongkar untuk di kemas, ternyata jumlahnya sangat banyak, akibatnya waktu dan tenaga banyak tersita untuk melakukan pekerjaan ini, belum lagi jika harus bekerja atau melakukan aktivitas pekerjaan lain, jangan sampai jelang pindah badan jadi kurang fit. Untuk itu, mintalah bantuan pada saudara atau tetangga yang sudah dekat dan terbiasa berkunjung ke rumah agar persiapan bungkus-membungkus barang terasa lebih ringan. Selain itu, manfaatkanlah waktu ini untuk berpamitan sambil mengobrol santai di sela membungkus barang, agar persaudaraan yang sudah terjalin bisa berlanjut lagi meskipun pindah ke rumah baru yang lokasinya cukup jauh dari rumah lama. Jika memungkinkan, mintalah bantuan kembali saat hari H pindah rumah tiba agar proses mengangkat barang lebih cepat dan ajaklah untuk ikut mengantar hingga ke rumah baru, agar di lain waktu bisa berkunjung kembali.

Nah...dengan tips ini, pastinya pindah rumah menjadi hal yang sangat menyenangkan bukan hal yang merepotkan, selain akan menemukan suasana baru yang mungkin lebih baik, rumah baru biasanya lebih nyaman untuk ditinggali bersama keluarga saat anak-anak bertambah besar.

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.