Saat Osteoarthritis Lutut Semakin Parah, Ini Solusi Pengobatan yang Tepat

Pengobatan Osteoarthritis Lutut
Foto: Freepik.com
"Hasil analisa saya mengarah pada gejala Osteoarthritis atau radang sendi pada lutut, tapi masih tahap awal sehingga pengobatannya lebih ringan." Akhirnya setelah berminggu-minggu menahan sakit dan sendi terasa kaku setiap bangun tidur, saya putuskan untuk memeriksakan diri ke dokter. Kondisi ini membuat saya tidak nyaman karena lutut terasa kaku dan sakit saat digerakkan dan semakin terasa jika bangun di pagi hari. Saya membutuhkan waktu cukup lama agar kaki bisa menapak dengan sempurna di lantai, namun meskipun terasa sakit, saya masih bisa melakukan berbagai aktivitas termasuk mengantar dan menjemput si bungsu yang saat ini duduk di bangku kelas tiga Sekolah Dasar. Tadinya saya pikir, mungkin kaki saya kelelahan karena hampir setiap hari berjalan kaki, tapi meskipun sudah beristirahat, ternyata rasa kaku dan nyeri ini tidak juga hilang, dan semakin terasa saat bangun tidur di pagi hari, syukurlah hasil analisa dokter menyatakan jika radang sendi pada lutut ini masih stadium awal. Nah...saat menunggu antrian di rumah sakit, saya sempat berkenalan dan berbincang dengan salah satu pasien yaitu seorang ibu lanjut usia yang juga menderita Osteoarthritis pada lutut yang sudah cukup parah sehingga jika sendinya digerakkan, akan terasa sakit luar biasa. Sambil menunggu panggilan dokter, kami berbincang cukup lama mengenai Osteoarthritis di mana gejala radang sendi pada lututnya ini sudah berlangsung cukup lama. Kebetulan saat itu dokter memanggilnya karena untuk pengobatan Osteoarthritis stadium parah dibutuhkan penanganan yang tepat sehingga penderita bisa terbantu melakukan berbagai aktivitas ringan sehari-hari yang selama ini sulit dilakukan dan sangat mengandalkan bantuan orang disekitarnya.

Wah...saya cukup terkejut mengetahui jika radang sendi pada lutut ada tahapan di mana kondisi penderitanya dikategorikan sudah parah sehingga membutuhkan pengobatan yang lebih serius. Namun sebelum saya sharing informasi seputar Osteoarthritis pada lutut yang termasuk kategori cukup parah, ada baiknya kita memahami bagaimana penyakit ini bisa menyerang seseorang serta faktor apa saja yang bisa meningkatkan resiko seseorang terkena Osteoarthritis atau radang sendi pada lutut. Sebenarnya radang sendi tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan pada lutut seseorang, namun bisa juga menyerang tangan, pinggul, serta tulang belakang, dan serangan ini tidak hanya masalah kesehatan tersebut, namun bisa juga menyerang sendi-sendi lainnya jika tidak segera dilakukan pengobatan. Osteoarthritis sendiri merupakan suatu kondisi di mana tulang rawan mengalami penurunan fungsi atau kerusakan secara perlahan. Tulang rawan sendiri berupa jaringan ikat padat yang bertekstur kenyal, licin, dan elastis, yang menyelubungi ujung tulang pada persendian untuk melindunginya dari gesekan saat terjadi pergerakan. Nah...jika tulang rawan mengalami kerusakan, maka tidak ada lagi yang melindungi tulang saat terjadi pergerakan, sehingga kerap terjadi peradangan yang menimbulkan rasa sakit dan kaku pada lutut.
Faktor-Faktor yang Meningkatkan Resiko Mengalami Osteoarthritis, diantaranya,
  1. Faktor Usia. Resiko seseorang mengalami Osteoarthritis semakin meningkat seiring bertambahnya usia, terutama bagi yang berusia 50 tahun ke atas. Sudah bukan rahasia lagi jika seiring bertambahnya usia, maka organ-organ tubuh pun mengalami penurunan fungsi sehingga sangat berpengaruh pada kesehatan.
  2. Faktor Keturunan. Ternyata resiko ini bisa diturunkan dari genetika sehingga saat anggota keluarga mengalami Osteoarthritis, seharusnya anggota keluarga lainnya mulai waspada dan melakukan deteksi dini Osteoarthritis, jika perlu segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan.
  3. Pernah mengalami cidera pada sendi. Seseorang yang pernah mengalami kondisi seperti ini, bahkan pernah mengalami operasi memiliki resiko besar menderita Osteoarthritis.
  4. Faktor Obesitas. Ternyata obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu faktor yang meningkatkan resiko seseorang menderita Osteoarthritis, karena sendi-sendi di pacu untuk bekerja lebih keras menopang tubuh yang jauh dari berat badan idealnya, ini merupakan salah satu alasan yang membuat dokter sering menyarankan pasien untuk diet saat berat badan mulai bergeser menjauhi angka ideal. Apalagi sebagian besar penderita Osteoarthritis disebabkan oleh faktor obesitas atau berat badan berlebih.
  5. Faktor mengalami kondisi arthritis lain, seperti penyakit asam urat yang akhirnya semakin memperburuk kondisi penderita Osteoarthritis. Saya ingat, penyakit asam urat ini menjadi salah satu pemicu semakin memburuknya kondisi kesehatan ibu saya dahulu, yang juga menderita Osteoarthritis.
Foto: Pixabay.com
Resiko mengalami Osteoarthritis ini semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia dan lebih banyak di alami kaum wanita, apalagi saat wanita sudah mulai memasuki usia menopause yang tidak jarang menjadi salah satu penyebab munculnya beragam masalah kesehatan pada wanita. Mungkin dalam kasus saya, karena dahulu ibu saya juga menderita Osteoarthritis, secara tidak langsung saya teredukasi dan waspada dengan gejala yang saya alami sekarang, sehingga cepat terdeteksi, namun masih banyak masyarakat yang belum menyadari bagaimana gejala radang sendi lutut atau Osteoarthritis, berikut beberapa gejalanya:
  • Rasa nyeri pada sendi yang hilang timbul. Pada tahap-tahap awal, seringkali penderita Osteoarthritis hanya mengalami gejala nyeri pada sendi lutut yang hilang timbul, bisa muncul kapan saja dan menghilang dengan sendirinya. Biasanya saya mengalami nyeri saat bangun pagi, apalagi jika sebelumnya saya intens melakukan berbagai aktivitas, seperti banyak berjalan, naik dan turun tangga, terlalu lama duduk, atau dalam posisi berlutut. Selain itu, ada beberapa orang yang mengalami radang sendi yaitu rasa nyeri pada persendian lutut saat udara dingin.
  • Lutut terasa kaku saat digerakkan. Sebelumnya sudah dijelaskan jika seiring bertambahnya usia, maka resiko mengalami Osteoarthritis juga meningkat, otot menjadi lemah dan kondisi sendi cenderung tidak stabil. Hal ini mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan saat akan berdiri, atau saat menekuk serta meluruskan lutut. Dahulu, jika Osteoarthritis ibu saya sedang kambuh, untuk berdiri dari posisi duduk, ibu membutuhkan waktu yang lama dan tempat untuk berpegangan.
  • Terdengan bunyi gemeretak saat lutut digerakkan. Bunyi gemeretak itu sendiri timbul karena pertemuan permukaan kasar dan tonjolan tulang yang saling bergesekan satu sama lain sehingga memunculkan bunyi gemeretak saat orang tersebut berjalan atau mengerakkan sendinya. Hal ini juga menandakan jika orang tersebut sudah kehilangan beberapa tulang rawan.
  • Terjadi Peradangan. Seringkali radang sendi lutut menyebabkan peradangan secara periodik di mana kulit di bagian lutut terlihat kemerahan dan terasa hangat saat disentuh, tidak jarang peradangan ini menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Penderita Osteoarthritis stadium akhir biasanya sudah tidak membaik meski sudah diberikan pengobatan atau obat anti-inflamasi.
Memahami gejala Osteoarthritis ini sangat penting lho agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat. Apakah bisa di obati? Sangat bisa, asalkan penderita Osteoarthritis mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai dengan tingkat keparahan penyakitnya. Namun untuk pengobatan Osteoarthritis, dokter perlu menyesuaikan dengan tingkat keparahan yang di alami penderita radang sendi pada lutut ini, karena ada beberapa penderita yang membutuhkan tindakan medis serius untuk mengatasi gejala radang sendi pada lutut yang tergolong sangat parah karena si penderita tidak bisa melakukan berbagai aktivitas, termasuk yang ringan sekalipun. 
Pengobatan Osteoarthritis Pada Lutut Sesuai Stadium,
  1. Osteoarthritis Lutut Stadium 1. Pada tahap ini umumnya penderita belum begitu merasakan gejala radang sendi pada lutut, meskipun muncul sesekali namun terbilang sangat jarang sehingga penderita cenderung kurang waspada. Untuk mendeteksinya terbilang masih cukup sulit, namun jika penderita memiliki riwayat keluarga yang mengalami radang sendi ini seharusnya mulai waspada dan jika perlu melakukan tes kesehatan agar hasilnya valid. Penderita juga tidak perlu melakukan perawatan khusus dan dianjurkan untuk rutin berolahraga untuk memperlambat munculnya gejala radang sendi yang lebih serius, jika perlu konsumsi suplemen yang tepat seperti Glukosamin dan Kondroitin.
  2. Osteoarthritis Lutut Stadium 2 atau Ringan. Pada tahap ini, penderita masih bisa melakukan berbagai aktivitas dengan normal, karena gejala yang di alami masih hilang timbul tergantung aktivitas fisik yang dilakukan. Umumnya penderita mengalami keluhan berupa kekakuan pada sendi lutut atau bahkan sedikit mengalami pembengkakan, namun setelah beberapa waktu, keluhan ini akan menghilang dengan sendirinya. Biasanya dokter merekomendasikan terapi fisik tanpa obat serta menjalankan pola hidup sehat dan menghindari aktivitas yang menyebabkan penyakit Osteoarthritis kambuh. Jika penderita merasa tidak nyaman dengan sakit yang dideritanya, maka dokter akan membantu meringankannya dengan memberikan Paracetamol atau Anti Nyeri NSAID.
  3. Osteoarthritis Lutut Stadium 3 atau Tahap Sedang. Pada tahapan ini, penderita sudah mengalami gejala yang lebih serius, di mana rasa sakit akan dialami saat berjalan, berlari, atau saat menekuk lutut. Kekakuan sendi akan berlangsung lama bahkan dan sangat terasa jika bangun di pagi hari, bahkan tidak jarang mengalami pembengkakan. Penderita agak sedikit kesulitan melakukan aktivitas ringan, bahkan mengalami kekakuan sendi saat duduk terlalu lama, sehingga sangat menganggu. Pada stadium ini, dokter akan memberikan suntikan Kortison Steroid untuk mengurangi rasa nyeri dan merangsang produksi steroid alami pada tubuh. Namun penggunaan suntikan ini sangat tidak dianjurkan untuk jangka panjang, karenanya jika kondisi radang sendi pada lutut penderita semakin parah, dianjurkan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat sesuai pertimbangan dokter.
  4. Osteoarthritis Lutut Stadium 4 atau Tahap Parah. Saat penderita berada pada stadium ini, maka akan mengalami rasa nyeri atau sakit yang luar biasa saat mengerakkan sendinya. Hal ini terjadi karena ruang sendi antara tulang sangat sempit dan tulang rawan hampir hilang sehingga gesekan tersebut menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Tindakan operasi umumnya adalah pengobatan yang paling efektif untuk membantu meringankan rasa sakit yang di alami penderita saat mengerakkan sendinya, dan menjadi solusi bagi penderita Osteoarthritis agar dapat melakukan aktivitas sehari-harinya lagi tanpa hambatan rasa sakit dan nyeri hebat pada sendi lututnya.
Operasi Lutut
Foto: https://dokter.my/ortopedi/total-knee-replacement

Saat Osteoarthritis Lutut Semakin Parah, Ini Solusi Pengobatan yang Tepat
Seperti yang telah di singgung sebelumnya, ada dua hal yang menandakan penyakit Osteoarthritis semakin parah, yaitu rasa nyeri dan sakit yang luar biasa saat mengerakkan sendi, serta yang kedua si penderita tidak dapat melakukan aktivitas apapun tanpa bantuan dari orang lain. Tentu bisa dimaklumi jika penderita sudah berusia lanjut, karena saat memasuki usia lanjut, fungsi organ-organ penting tubuh pun mengalami kemunduran yang memunculkan beragam penyakit, namun beberapa penderita Osteoarthritis ada yang masih berusia muda sehingga sangat disayangkan jika tidak dapat melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupannya. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati, dan memang idealnya sebelum mengalami osteoarthritis yang semakin parah, penderita melakukan tindakan pencegahan. Ada beberapa cara pencegahan agar Osteoarthritis lutut tidak semakin parah, diantaranya:
  • Menjaga berat badan, karena penumpukan lemak di tubuh akan memberikan tekanan ekstra pada bantalan sendi, khususnya di bagian lutut.
  • Menerapkan gaya hidup sehat karena faktor usia dan genetik menjadi salah satu faktor yang berpotensi meningkatkan resiko seseorang mengalami radang sendi pada lutut.
  • Rajin berolahraga, karena dengan melakukan gerakan olahraga tertentu, memicu tubuh akan lebih sehat karena kalori yang terbakar melalui aktivitas olahraga tidak berpotensi menjadi penyebab timbulnya Osteoarthritis.
Namun untuk beberapa orang yang masuk dalam kategori Osteoarthritis lutut tahap parah, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah segera berkonsultasi dengan dokter yang ahli dalam bidang tersebut, biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes dan disarankan untuk melakukan X-ray atau MRI. Jika setelah melewati serangkaian tes, penderita Osteoarthritis berada pada tahap parah sekali dan semua perawatan yang dilakukan tidak efektif, maka operasi lutut adalah solusi pengobatan yang paling tepat.

Operasi Lutut
Foto: https://dokter.my/ortopedi/total-knee-replacement
Operasi pergantian lutut sangat diperlukan jika penderita Osteoarthritis berada pada kondisi:
  • Nyeri lutut yang sangat parah sehingga tidak dapat melakukan aktivitas harian.
  • Nyeri lutut saat sedang beristirahat siang atau malam hari.
  • Terjadi peradangan yang tidak mereda meskipun sudah beristirahat dan minum obat.
  • Terjadi kram pada lutut sehingga tidak bisa menekuk atau meluruskan lutut.
Untuk sebagian orang terutama yang sudah lanjut usia, saat mendengar vonis dokter bahwa operasi pergantian lutut adalah solusi untuk membantu mengatasi rasa nyeri yang berkepanjangan, tentu muncul rasa tidak nyaman dan sedikit rasa khawatir, terutama masalah biaya dan kualitas pelayanan. Untuk alasan inilah mengapa banyak penderita Osteoarthritis yang mencari second opinion yang tidak hanya mendukung solusi kesehatan pertama yang ditawarkan, namun juga keakuratan dari diagnosis  atas penyakit tersebut serta anjuran treatment yang disarankan. Nah...sekarang penderita Osteoarthritis yang berada pada tahap parah tidak perlu ragu serta mengalami kesulitan saat mencari second opinion, karena saat ini sudah hadir startup dari Eropa yang membangun platform bebas biaya untuk memfasilitasi kemudahan mencari second opinion serta perjalanan medis ke berbagai rumah sakit di Asia Tenggara, terutama Malaysia, yaitu DOKTER.MY. 

DOKTER.MY hadir menjadi satu-satunya perwakilan resmi dari Rumah Sakit KPJ Sabah Specialist Hospital dan KPJ Kuching Specialist Malaysia, yang tidak hanya membantu memberikan solusi pengobatan yang tepat namun juga alternatif pilihan layanan rumah sakit yang berkualitas di Malaysia untuk penyakit Osteoarthritis ini. Mengapa Malaysia? Karena sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian masyarakat Indonesia memilih negara Malaysia sebagai tempat mencari second opinion atas penyakitnya, terutama saat bertambah parah.
Alasan Memilih "Second Opinion" di DOKTER.MY
  1. Rumah sakit yang menjadi rekanan telah teruji dan berpengalaman untuk operasi lutut dan pinggul lebih dari 20 tahun.
  2. Catatan jumlah kasus penderita Osteoarthritis yang di telah ditangani lebih dari 350 per tahun.
  3. Saat pembedahan menggunakan teknik Minimal Invasive: Subvatus atau quadriceps Sparing Approach.
  4. Waktu pemulihan yang sangat cepat.
  5. Jenis Protesis yang digunakan dari Johnson and Johnson, yang sudah berpengalaman selama 30 tahun dan telah teruji kualitasnya adalah yang terbaik.
  6. Biaya operasi yang ditawarkan plus biaya perawatan relatif terjangkau.
  7. Rata-rata operasi berlangsung selama 45 - 60 menit.
  8. Post operasi dengan rehabilitasi yang lengkap.
  9. Rumah sakit telah terakreditasi internasional, bahkan mulai dari tahun 2015 sampai 2017 industri kesehatan Malaysia memenangkan penghargaan International Medical Travel Journal untuk kategori "Health and Medical Tourism Destinastion of The Year."
  10. Tidak ada daftar tunggu sehingga semua pasien yang membutuhkan operasi akan segera menerima perawatan medis, karena rumah sakit memiliki banyak kamar operasi dan ahli bedah yang profesional serta memiliki kualifikasi internasional.
DOKTER.MY
https://dokter.my/
Meskipun melalui tindakan operasi lutut, penderita Osteoarthritis tidak mungkin sembuh dengan sempurna, tapi setidaknya operasi membantu mereka untuk bisa melakukan beberapa aktivitas dengan normal dan yang terpenting tidak lagi merasa nyeri hebat saat mengerakkan sendi. Untuk penderita Osteoarthritis lutut tahap parah, ada beberapa operasi lutut yang bisa dilakukan, diantaranya:
  • Operasi Penataan Tulang (Osteotomi), yaitu dengan cara memotong tulang di atas atau di bawah lutut, operasi ini akan mengeser titik-titik tulang taji yang semakin membesar dan biasanya dilakukan untuk pasien yang lebih muda.
  • Artroplasti, merupakan prosedur operasi yang ditujukan untuk mengembalikan fungsi sendi yang terganggu dengan cara menganti lapisan sendi yang sudah rusak dengan perangkat plastik dan logam. Efek samping dari perawatan ini umumnya berupa infeksi pada kulit yang di sayat atau masalah pembukaan darah. Proses pemulihannya pun membutuhkan waktu beberapa minggu atau bulan, serta harus menjalankan terapi fisik untuk menjaga agar lutut buatan tersebut bisa mengantikan fungsi lutut sebelumnya, namun setelah melewati masa penyembuhan dan terapi bisa dipastikan kondisi penderita Osteoarthritis akan semakin membaik dan bisa melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman serta produktif.
Operasi Lutut
Foto: https://dokter.my/ortopedi/total-knee-replacement
Kata operasi memang menakutkan bagi sebagian orang, bahkan banyak penderita Osteoarthritis yang sudah dalam kondisi parah tidak ingin menjalani pengobatan dengan cara operasi lutut seperti yang disarankan dokter karena berbagai alasan. Jika sudah begini ada baiknya mencari second opinion yang tepat, yang tidak hanya mencarikan solusi pengobatan atas penyakit yang diderita, namun juga menawarkan alternatif pelayanan kesehatan yang pasti aman, tentunya dengan dukungan dokter dan fasilitas rumah sakit yang profesional dan berkualitas, seperti layanan yang diberikan DOKTER.MY.  Saat Osteoarthritis lutut semakin parah, maka operasi lutut adalah solusi pengobatan yang tepat, terutama bagi penderita Osteoarthritis yang masih berusia muda agar tidak lagi merasakan nyeri yang luar biasa saat mengerakkan sendi dan bisa menjalani hidup yang nyaman serta produktif. Tapi sebelumnya, pastikan untuk memilih pusat pelayanan kesehatan yang profesional serta berkualitas, yang tidak hanya menjamin prosedur operasi yang aman namun juga proses pemulihan setelah operasi. Jadi jangan ragu untuk mencari solusi pengobatan yang tepat karena manusia wajib selalu berikhtiar!

Referensi Artikel:
https://dokter.my/ortopedi/total-knee-replacement
https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/nyeri-kronis/pengobatan-osteoarthritis-lutut/

10 komentar:

  1. Bener banget nih aku sering ketemu ibu2 terutama yg di atas 60 pada ngeluh sakit ini. Beberapa waktu lalu ibuku jg pernah sakit lutut. Wah baiknya kontrol ke dokter spesialis apa ya Mba untuk awalnya? Makasih infonya bermnafaat bangeet ini :)

    BalasHapus
  2. Duh baru sadar pentingnya kesehatan kalau sudah ada yang ngilu dan nyeri ya mbak..Tante saya juga sakit ini, ngga boleh banyak aktivitas menggunakan lutut seperti naik turun tangga..harus mengurangi berat badan juga..

    BalasHapus
  3. Nyeri dibagian lutut itu rasanya menyiksa sekali kak, aku jadi teringat dlu setelah melahirkan merasakan lutut nyeri sekali entah mungkin karena efek berat badan yang melambung tinggi..

    Akhirnya aku biasakan olahraga setiap pagi, minimal jalan santai alhamdulillah banget nyeri di lutut perlahan membaik

    BalasHapus
  4. makasih infonya mbak elisa. jadi pengin segera merealisasikan keinginan untuk cek tulang ekor. krn sering nyeri hilang timbul gitu.

    BalasHapus
  5. Usai melahirkan anak ketiga dulu, saya juga sering mengalami nyeri di lutut. Kalau sedang duduk memangku bayi dan posiinya bertumpu di lutut, makin terasa nyerinya. Belum pernah saya peeiksakan sampai sekarang, karena lama-lama nyerinya hilang sendiri. Baca artikel ini kok jadi pengen periksa, supaya segera terdeteksi jika memang ada gejala

    BalasHapus
  6. Bundaku juga pernah agak parah sakit osteoarthritisnya. Alhamdulillah setelah berobat jadi bisa beraktivitas lagi tapi tetap susah berpindah posisi dari duduk ke berdiri

    BalasHapus
  7. Walaupun "cuma" lutut, tapi kalau nyerinya nggak ketulungan pastinya mengganggu aktivitas banget ya, kalau sudah parah mau nggak mau memang harus operasi solusinya

    BalasHapus
  8. Duh aku juga udah mulai sering nyeri nih mbak pergelangan kaki, bangun tidur kaku banget dan agak mendenyut sama kayak mbak mesti agak lama menapakkan kaki.

    BalasHapus
  9. Baru tahu tentang gejala dan ada tahapan osteoarthritis dan asam urat juga bisa jadi pemicu ya mba aduh deg2an kakakku punya asam urat soalnya
    bermanfaat banget infonya ini mba buat aku yang awam

    BalasHapus
  10. aku juga paska kemo sering bangeet mba merasakan nyeri lutut. Semoga tidak memburuk dan selalu mencoba hidup lebih sehat

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.