Lakukan 6 Langkah SEO Ini Untuk Optimasi Toko Online

Hosting Indonesia
Source: Pixabay.com
Suka belanja online? Pastinya kan, saya juga akhir-akhir ini lebih suka belanja beberapa keperluan secara online, termasuk untuk kebutuhan rumah tangga seperti minyak goreng, deterjen, sabun, dan keperluan lainnya. Selain lebih praktis dan ekonomis karena saya tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, ada banyak promo serta diskon yang ditawarkan sehingga belanja online jika dihitung-hitung akan jauh lebih hemat. Bahkan, ada situs marketplace yang menawarkan cashback atau potongan hingga 50%, meskipun tetap ada batasan jumlah cashback yang diberikan, tidak heran jika semakin banyak ibu rumah tangga yang memilih berbelanja secara online untuk kebutuhan rumah tangga, karena dari segi anggaran akan jauh lebih hemat dan disiplin. Tren meningkatnya jumlah konsumen yang berbelanja secara online ini juga terlihat dari semakin banyaknya situs marketplace atau e-commerce yang bermunculan, menawarkan beragam promo serta diskon yang tidak hanya menguntungkan bagi konsumen, namun juga bagi penjual online atau seller karena sangat terbantu dari sisi promosi serta penjualan. Meskipun marketplace atau e-commerce menawarkan banyak benefit bagi penjual online, namun untuk kelangsungan bisnis jangka panjang memiliki website sendiri dengan hosting Indonesia premium bagi toko online tetap adalah opsi yang terbaik, karena menyangkut profesionalitas dan kepercayaan konsumen jangka panjang.

Memang tidak semua seller atau penjual online memiliki rencana jangka panjang untuk membangun bisnis onlinenya, ada yang hanya sekadar memanfaatkan momentum atau tren di mana banyak orang terutama ibu rumah tangga yang memiliki toko online. Namun alangkah sayangnya jika bisnis online yang sudah di tekuni bahkan sudah memberikan pemasukan tambahan tersebut tidak di jalani secara serius, apalagi jika sudah memiliki konsumen yang cukup loyal dengan toko online tersebut. Oh ya saya mau sedikit sharing pengalaman pribadi mengenai belanja online karena selama ini saya sering mendengar ungkapan kekecewaan dari orang-orang di sekitar saya ketika belanja online. Seringkali produk yang sampai ke tangan konsumen berbeda dari yang diiklankan atau setidaknya dari gambar yang ditampilkan, atau mungkin ekspetasi atau harapan konsumen yang terlalu tinggi sehingga tidak menyadari bahwa ada harga ada kualitas. Ketika melihat promo atau iklan suatu produk yang menarik, saya selalu melihat merek atau brandnya, jadi sekalipun iklan atau promo produk tersebut dari situs marketplace atau e-commerce, saya selalu mencari informasi dahulu tentang produk tersebut dan semakin yakin untuk membeli jika brand tersebut memiliki website atau bahkan toko online yang di kelola secara mandiri, karena pastinya brand tersebut bisa mempertanggungjawabkan produknya dari segi kualitas.

Mungkin saat ini keberadaan situs marketplace dan e-commerce telah dianggap cukup bagi sebagian seller sebagai tempat untuk berjualan online, karena relatif tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya serta tidak membutuhkan keterampilan digital yang mumpuni, yang terpenting rajin update informasi, fast respon ketika ada konsumen yang bertanya soal produk atau melakukan pembelian, serta tidak menunda pengiriman barang jika konsumen sudah melakukan pembayaran. Tapi sekali lagi, jika seller atau penjual online memiliki rencana mengembangkan bisnis jangka panjang, memiliki website pribadi yang di kelola secara serius tetap adalah solusi yang terbaik. Nah…berikut ini beberapa manfaat positif jika seller atau penjual online memiliki website pribadi. 
  1. Upaya membangun branding akan lebih mudah. Website pribadi adalah salah satu tempat terbaik untuk membangun branding, karena di dalam website tersebut bisa ditampilkan atau diperkenalkan beragam unsur branding, seperti logo toko online, merek atau brand, tampilan visual logo dan produk tersebut, slogan atau tagline, video produk hingga sambutan dari pemilik atau owner brand tersebut baik dalam bentuk tulisan, gambar, atau rekaman video. Tentu keleluasaan untuk meletakkan semua unsur branding ini tidak bisa dilakukan di situs marketplace atau e-commerce, karena space atau ruang yang diberikan untuk masing-masing toko online terbatas. Apa sih tujuan branding? Untuk seller atau penjual online yang memiliki visi membangun bisnisnya jangka panjang, branding sangat penting karena menyangkut kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut, terutama dari sisi jaminan kualitas produk yang di jual. 
  2. Dapat membuat website toko online reseller. Jika seller atau penjual online ingin mengembangkan produknya dengan cara memperluas jaringan pemasaran, merekrut reseller adalah solusi terbaik, karena keberadaan reseller ini akan sangat membantu promosi serta penjualan sehingga seller atau penjual online bisa fokus pada inovasi atau pengembangan kualitas produk. Dengan website ini, penjual online bisa memberikan benefit tambahan bagi konsumen loyal, tidak hanya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan penjualan namun juga berbagi ilmu berjualan secara online. Apalagi saat ini jumlah pengguna internet yang mengakses melalui smartphone semakin hari semakin bertambah, dan dari keseluruhan jumlah tersebut pasti terdapat kelompok usia yang menjadi target market produk yang di jual secara online. Nah…keberadaan reseller akan sangat membantu membidik promosi dan penjualan produk ke konsumen yang tepat dan benar-benar membutuhkan. Seorang konsumen dengan karakteristik demikian pasti akan berpotensi menjadi konsumen loyal. 
  3. Dapat membuat website dengan fitur forum. Ternyata tidak hanya situs marketplace atau e-commerce besar saja yang bisa memiliki fitur forum pada websitenya, toko online dengan skala yang jauh lebih kecil juga memiliki kesempatan untuk memasukkan fitur forum pada websitenya, tentunya website tersebut harus memiliki hosting dengan kapasitas yang cukup. Bagi seorang seller atau penjual online, memiliki website sendiri berfitur forum memiliki keuntungan tersendiri lho, terutama dari sisi inovasi atau pengembangan produk. Biasanya dalam forum tersebut antar anggota tidak hanya berbagi tips dan cara mengatasi masalah pada produk tersebut, namun juga harapan serta saran tentang bagaimana produk yang diinginkan di masa yang akan datang. Seller atau penjual online tidak perlu lagi repot membuat angket atau kuesioner untuk mengetahui informasi seputar kualitas produk yang di jual.
Meskipun ada banyak keuntungan jika seller atau penjual online memiliki website sendiri di samping berjualan melalui situs marketplace atau e-commerce, namun untuk mencapai tujuan tersebut, website harus dioptimasi karena tanpa melakukan hal tersebut, membuat website akan sia-sia, konsumen tidak bisa menemukan jalan untuk menuju toko online tersebut. Nah…optimasi website menjadi salah satu anak kunci untuk membuka pintu gerbang agar konsumen berdatangan dan tentunya diharapkan akan melakukan pembelian serta bertahan menjadi konsumen yang loyal. SEO atau Search Engine Optimization menjadi salah satu cara untuk mengoptimasi website agar konsumen bisa menemukan jalan masuk ke toko online tersebut.
Sekilas Mengenal SEO
SEO atau Search Engine Optimization bukanlah barang baru bagi mereka yang sudah lama berkecimpung dalam dunia online, bahkan dahulu selain lomba menulis di blog, lomba atau kontes SEO juga sering diselenggarakan dengan hadiah yang cukup besar lho, lebih besar dari hadiah lomba menulis di blog. SEO di anggap sebagai kunci bagi website untuk menduduki atau menempati posisi terbaik atau teratas dalam search engine atau mesin pencari, yang tentu saja akan berpeluang besar di kunjungi oleh konsumen. Lantas, bagaimana cara kerja SEO ini? Sebenarnya sangat mudah, yaitu melalui kata kunci atau sederet kata yang di tulis konsumen pada mesin pencari atau search engine. Nah…melalui deretan kata kunci ini begitu konsumen menekan tombol enter atau search maka akan muncul hasil pencarian berupa situs atau website yang relevan dengan kata kunci tersebut, beruntung jika website yang di miliki muncul pada halaman pertama mesin pencari sehingga peluang untuk di kunjungi akan semakin besar. 

Sebenarnya, tidak ada teknik baku tentang bagaimana mengoptimasi website melalui SEO, hal ini tergantung pada kreativitas pemilik website itu sendiri. Namun memang ada kriteria atau faktor-faktor khusus yang di nilai atau di analisa oleh mesin pencari untuk menempatkan website tersebut pada posisi tertentu pada halaman-halaman mesin pencari. Kriteria atau faktor tersebut terbagi dua, yaitu faktor yang berada dalam website atau SEO On Page dan faktor yang berasal dari luar website atau SEO Off Page. Ada banyak pendapat mengenai faktor mana yang harus didahulukan, namun idealnya sebuah website harus memaksimalkan atau mengoptimasi SEO On Page-nya dahulu baru kemudian mengoptimasi SEO Off Page, agar tidak di curigai oleh mesin pencari. 

Ada beberapa bagian penting dalam SEO On Page yang wajib diketahui pemilik website, yaitu judul blog atau judul tiap halaman blog, struktur alamat blog, deskripsi blog, alamat blog, sitemap blog, konten atau isi blog, jumlah dan kualitas outbound link, internal link, serta frekuensi update. Jadi agar optimasi website berhasil, konten website harus terus di update agar tidak hanya baik di masa mesin pencari namun juga berpotensi membuat konsumen merasa betah melihat-lihat isi website tersebut. Selain itu, SEO Off page di peroleh website melalui backlink, di mana backlink adalah link yang mengarah pada website atau halaman blog yang berasal dari blog atau halaman blog lain. Meskipun keberadaan backlink sangat membantu menaikkan posisi website pada mesin pencari, namun tidak semua backlink memiliki pengaruh positif pada website tersebut. Hanya website dengan performa terbaik yang bisa membantu mendongkrak popularitas suatu website di mata mesin pencari. Secara umum, ada dua tipe backlink dalam di kenal dalam dunia online, yaitu backlink Nofollow dan backlink Dofollow. Backlink Nofollow sendiri merupakan backlink yang tidak di hitung oleh mesin pencari karena tidak dapat ditelusuri atau dirayapi, backlink jenis ini tidak memberikan pengaruh positif untuk posisi website tersebut di mata mesin pencari, namun tentu saja akan memberikan performa baik di mata mesin pencari. Sedangkan untuk backlink Dofollow merupakan backlink yang memberikan pengaruh cukup besar bagi website yang dilinkkan tersebut, bahkan semakin banyak backlink dofollow suatu website maka kemungkinan masuk dalam halaman pertama mesin pencari akan semakin besar.
6 Langkah SEO Untuk Optimasi Website Toko Online
Setelah sekilas mengenal apa itu SEO, dan bagaimana kriteria atau faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas SEO suatu website toko online agar menempati posisi terbaik pada halaman mesin pencari, selanjutnya mari kita mengetahui 7 langkah SEO yang direferensikan untuk mengoptimasi website toko online, karena tanpa di optimasi sebagus apapun website dan produk yang di jual, konsumen tidak akan tahu jalan menuju ke toko online tersebut. 

1. Kualitas Layanan Hosting. 

Untuk sebuah website toko online yang memiliki visi jangka panjang, pilihan layanan hosting sangat penting karena kualitas hosting sangat mempengaruhi loading atau kecepatan website toko online tersebut, bayangkan jika website lambat atau bahkan sulit di akses, pasti konsumen yang tadinya tertarik untuk membeli menjadi kecewa. Selain jelek di mata konsumen, kualitas hosting yang buruk juga membuat performa jelek di mata mesin pencari sehingga upaya optimasi SEO toko online menjadi sia-sia. Sekadar saran, layanan Cloud Hosting bisa menjadi pilihan jika tidak ingin terganggu masalah kapasitas hosting yang jika untuk layanan lain memiliki kapasitas terbatas sesuai paket layanan yang di pilih. Selain bisa menghindari masalah tersebut, memilih menggunakan cloud hosting juga memberikan manfaat positif lain seperti kinerja website toko online akan lebih stabil, performa cepat, serta lebih aman dari kemungkinan serangan cyber crime. 

2. Memilih kata kunci yang tepat. 

Pemilihan kata kunci yang tepat sasaran terbilang cukup sulit karena untuk membidik kata kunci yang banyak digunakan konsumen harus melalui riset. Ada banyak tools di internet yang dapat membantu melakukan riset kata kunci agar menemukan kata kunci yang tepat sehingga konsumen bisa menemukan website toko online serta bisa menempati posisi terbaik di halaman awal mesin pencari. Usahakan untuk menyisipkan long tail keyword untuk konten website toko online karena kata kunci yang panjang ini sangat di sukai mesin pencari. Jika memungkinkan, pilih kata kunci yang tidak hanya berpotensi mendatangkan pengunjung ke website toko online, namun juga menampilkan informasi kualitas dari produk yang di jual tersebut. Dengan kata kunci yang unik dan eksklusif ini, website toko online tidak hanya berpotensi menempati posisi terbaik di halaman awal mesin pencari, namun juga nampak berbeda dengan ratusan bahkan ribuan toko online lain dengan jenis produk yang sama. 

3. Optimalkan kolom deskripsi singkat produk. 

Sebagai konsumen belanja online, saya kurang suka berbelanja di toko online yang tidak mencantumkan deskripsi singkat produk yang di jualnya, karena terkesan tidak serius atau asal-asalan. Nah…untuk itu, sebaiknya kolom deskripsi produk dimaksimalkan dengan keterangan singkat tentang produk tersebut dan jangan lupa sisipkan kata kunci yang berhubungan dengan produk tersebut, langkah ini sangat membantu pengunjung menemukan website toko online. Deskripsi singkat tersebut bisa berupa ukuran, warna, bahan yang digunakan, dan lain-lain di mana informasi ini sangat membantu konsumen memilih produk yang sesuai kriteria yang diinginkannya. Selain itu, deskripsi yang singkat, padat, lengkap, dan jelas di sertai kata kunci yang tepat akan memudahkan mesin pencari menelusuri website toko online hingga akhirnya muncul pada halaman awal mesin pencari. 

4. Pilih foto produk dengan kualitas terbaik. 

Bukan rahasia lagi jika foto menjadi salah satu faktor pertimbangan konsumen ketika membeli produk secara online. Foto dengan tampilan yang bagus akan membangkitkan minat konsumen, apalagi jika foto ditampilkan secara detail dari berbagai sisi, peluangnya akan bertambah besar lagi. Namun memang, tidak semua seller atau penjual online memiliki kemampuan fotografi yang bagus, tapi kelemahan itu bisa diakali dengan menggunakan jasa fotografer profesional atau menggunakan bantuan aplikasi edit foto sehingga hasil akhir foto yang ditampilkan akan bagus. Perlu di ingat, usahakan agar ukuran foto tidak lebih dari 100 KB, agar loading website tidak berat dan lama. Loading website yang lama tidak hanya berpotensi ditinggalkan konsumen namun juga membuat performa SEO menurun. 

5. Update secara teratur konten berupa artikel. 

Salah satu trik SEO yang tidak kalah pentingnya adalah berupa konten artikel dan usahakan konten tersebut berhubungan dengan produk di jual. Semakin banyak konten berupa artikel yang bermanfaat untuk pengunjung, maka performa website toko online akan semakin meningkat. Isi konten tersebut bisa berupa tips, trik, atau berbagi informasi seputar produk yang di jual secara online. Jangan lupa menyisipkan kata kunci yang tepat pada bagian artikel, agar artikel yang terposting di website memiliki nilai SEO, serta usahakan membuat artikel yang lebih dari 500 kata karena artikel yang panjang namun informatif sangat di sukai mesin pencari terutama Google. 

6. Mobile Friendly. 

Saat ini sebagian besar konsumen mengakses website toko online melalui smartphone, dan karenanya sangat penting bagi website toko online untuk memberikan pengalaman terbaik bagi konsumennya melalui tampilan website yang mobile friendly. Selain membuat konsumen merasa lebih nyaman, website yang mobile friendly ini memiliki skor SEO yang baik. Untuk itu, jangan lupa cek website toko online, apakah sudah mobile friendly atau belum, dan segera benahi agar performa SEO tidak menurun. 

Dari uraian ini sangat jelas jika SEO adalah bagian terpenting untuk mengoptimasi website toko online, karena SEO merupakan kunci yang akan membuka peluang website muncul dan menempati posisi terbaik di halaman pertama mesin pencari. Nah…bagi seller atau penjual online yang memiliki visi jangka panjang, memiliki website dengan hosting berkualitas dan skor SEO yang tinggi adalah aset yang membuat toko online tersebut profesional, yang secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Yuk optimasi Toko Online dengan melakukan langkah SEO yang tepat!

Referensi Artikel:
https://mbahwp.com/19-panduan-seo-untuk-toko-online-wordpress/
https://intermezzo.id/mengenal-apa-itu-branding-dan-fungsinya-dalam-bisnis/

22 komentar:

  1. Hai Mbak, duh kayaknya PR ku untuk optimalisasi website masih banyak nih 😅. Yang terakhir emang udah aku lakukan soalnya kalo nggak mobile friendly biasanya juga pembaca males mampir. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, mobile friendly memang wajib apalagi sebagian besar visitor mengakses website melalui smartphone, dan ini juga PR buat saya.

      Hapus
  2. iya yah mba sekarang zamannya toko online jadi wajib banget punya websitenya biar konsumen juga percaya..
    btw aku masih terus belajar SEO sampe kini kutakpaham wkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Para pemilik toko online WAJIB BANGET baca artikel ini nih
    Karena emang kompetisi di dunia digital sangat ketat ya mba
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Nah .... tentang "website pribadi adalah salah satu tempat terbaik untuk membangun branding", masih banyak yang gak ngeh ya Mbak. Semoga saja dengan adanya tulisan seperti ini bisa tersosialisasikan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah bingung sekarang branding-ku apa, Mbak
      Tahun 2020 ingin benar-benar membangun branding sebagai Parenting Blogger sih

      Hapus
  5. Jadi yang butuh SEO bukan hanya bLogger ya bun tapi juga penjual toko online juga yang pengen punya website sendiri kudu melek SEO juga. Tapi kayaknya kebanyakan penjual online ini belum bnyak tahu tentang SEO ini ya bun?

    BalasHapus
  6. Wah iyaaa kualitas layanan hosting penting juga buat toko online. Kalo toko online yang kita kunjungi loadingnya lama, bisa-bisa nggak jadi liat-liat di situ deh, tutup website nya dan pindah cari di toko online lain yang loadingnya lebih cepet, ya.

    BalasHapus
  7. nah penting banget ini mobile friendly, apalagi buat emak-emak kayak saya yang kadang buka web harus curi-curi waktu. Kalau harus buka tutup laptop kelamaan

    BalasHapus
  8. Layanan hosting mempengaruhi kualitas SEO ya. Harus cari hosting yang terpercaya dan gak bikin blog kita down trus ya

    BalasHapus
  9. Setuju banget mba, online shop kudu cepat dibuka ya ngga lelet dan harus detil deskripsinya, foto yang jernih juga menunjang banget

    BalasHapus
  10. Penting banget nih kalau punya toko online. Jadi ada gambaran kalau suatu saat aku punya toko online harus gimana

    BalasHapus
  11. Kualitas layanan hosting pengaruh ya mba ke SEO. Kalau hostingnya jelek, trus web sering down juga, siapa yang mau ngunjungin kan? Saya masih kesulitan nyari kata kunci nih

    BalasHapus
  12. Pantesan beberapa toko online saat ini juga ada artikelnya. Ternyata itu bagian dari SEO juga, ya

    BalasHapus
  13. Aku masih harus belajar banyak nih tentang SEO,masih suka susah nyari kata kunci dan konsisten menulis. Makasih udah share ilmu berfaedah ini yah mbak,

    BalasHapus
  14. Key nya dapat banget mba. Bisnis online akan semakin mudah dan lancar yaa.. Insya Allah..

    BalasHapus
  15. Enggak mudah juga ya Mbak kalau mau bikin dan mengelola website online shop. Ngurus blog biasa aja susah kalau aku, gimana mau bikin website buat jualan? Hiks. *curcol

    BalasHapus
  16. Mbak sudah praktekkan semua stepnya?
    Hasilnya berapa lama dari proses prakteknya Mbak?
    Aku juga jadi penasaran mau praktekkan...

    BalasHapus
  17. Aku juga kepengen deh punya website toko online sendiri, tapi ngurus blog pribadi aja aku masih keseret2 hihihi. Poin pertama penting banget ya, kalau load web nya lama bikin calon pembeli kabur. Soalnya aku suka gitu hihi

    BalasHapus
  18. Bener nie pengalaman berjualan di beberapa ecommerce kita harus bisa nulis deskripsi biar keluar SEO nya

    BalasHapus
  19. Memang benar kalo mau bagus SEO nya harus berlangganan hosting juga nih. Hm kapan ya aku tergerak berlangganan hosting? Heheh

    BalasHapus
  20. Sampe sekarang masih mager dan berapa masih kurang banyak waktu buat duduk santai nguprek SEO blog sendiri, padahal penting banget buat performa blog kita

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.