Perhatikan 5 Kriteria Ini Sebelum Memilih Apartemen Ramah Anak

Apartemen Jakarta
Gambar: Pexels.com
Umumnya, sebagian besar apartemen di bangun di pusat kota atau di kawasan-kawasan strategis yang menjadi pusat aktivitas bisnis, seperti di Kota Jakarta yang merupakan ibukota Negara Indonesia. Dengan alasan kepraktisan, banyak keluarga muda yang memilih tinggal di apartemen, apalagi banyak apartemen Jakarta yang telah dilengkapi beragam fasilitas sehingga bisa mengakomodasi seluruh kebutuhan anggota keluarga, terutama fasilitas pendidikan untuk anak-anak yang orangtuanya memilih tinggal di apartemen. Meskipun sudah banyak pengembang apartemen yang telah melengkapi fasilitas apartemennya sehingga layak untuk dijadikan hunian yang nyaman keluarga yang memiliki anak-anak, namun masih banyak pengembang yang belum menyadari bahwa hunian termasuk apartemen sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak agar menjadi generasi berkualitas di masa depan. Nah...mencari apartemen yang ramah anak dan telah dilengkapi berbagai fasilitas dasar yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak menjadi pekerjaan rumah yang sulit untuk orangtua. Padahal sebagian besar orangtua memilih tinggal di apartemen dengan alasan lebih praktis dan dekat dengan tempat bekerja sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan. Pada akhirnya orangtua berharap memiliki waktu berkualitas yang cukup untuk berkumpul bersama keluarga, saling berbagi cerita serta bercengkrama bersama anak-anak.

Di saat tren mulai menunjukkan semakin banyaknya hunian yang ramah anak, beberapa orangtua pun menjadikan apartemen sebagai hunian favorit yang dianggap bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup masa kini yang menuntut kepraktisan dan efisiensi di segala bidang kehidupan. Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan hunian bertipe apartemen sehingga semakin banyak keluarga yang memilih tinggal di apartemen sekalipun telah memiliki anak.
  • Berlokasi Di Kawasan Strategis. Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang memilih tinggal di apartemen karena sebagian besar apartemen berada di kawasan penting dan strategis sehingga dianggap lebih praktis. Tidak hanya berada di kawasan strategis, sebagian besar apartemen di bangun di pusat kota sehingga mobilisasi penghuninya lebih mudah. Hunian apartemen dianggap mewakili karakteristik masyarakat modern masa kini yang lebih mengutamakan sisi kepraktisan dan efisiensi karena tidak memiliki banyak waktu luang untuk melakukan beragam aktivitas yang dianggap tidak memiliki manfaat.
  • Keamanan yang Terjamin. Demi mendapatkan rasa aman yang maksimal, banyak orang yang memiliki apartemen sebagai hunian favorit karena menawarkan fasilitas jaminan keamanan yang maksimal. Tidak sembarang orang bisa masuk ke area hunian apartemen tanpa konfirmasi dari penghuninya secara langsung, dan hal inilah yang membuat penghuni apartemen merasa aman dan nyaman tinggal di huniannya. Sistem keamanan yang ketat dan kartu akses semakin membuat keamanan apartemen terlihat eksklusif, bahkan ada beberapa apartemen yang penghuninya memiliki akses lift pribadi sehingga bisa bebas keluar masuk kapan saja, apalagi banyak pekerja di kota-kota besar tidak jarang harus lembur dan pulang dini hari, nah...dengan lift pribadi mereka bisa leluasa masuk tanpa harus menganggu istirahat penghuni lainnya. Selain itu, biasanya apartemen juga dilengkapi pengaman berupa CCTV yang terpasang di setiap sudut serta keamanan selama 24 jam nonstop untuk memberi rasa aman yang lebih maksimal untuk semua penghuninya.
  • Tersedia Fasilitas yang Cukup Lengkap. Nah...salah satu faktor yang membuat banyak orang tertarik memilih hunian apartemen adalah keberadaan fasilitas penunjang yang sangat lengkap, mulai dari kolam renang, tempat fitnes, minimarket, kafe, restoran, dan masih banyak lagi, bahkan ada beberapa apartemen yang berlokasi satu kawasan dengan mall sehingga akses untuk mendapatkan berbagai kebutuhan lebih mudah dan singkat. Selain bisa beristirahat dengan nyaman, penghuni apartemen juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan untuk menikmati berbagai fasilitas tersebut.
Dengan kelebihan ini, pilihan masyarakat untuk tinggal di apartemen merupakan solusi terbaik terutama untuk mereka yang beraktivitas dan bekerja di kawasan pusat bisnis dan kawasan strategis lainnya sehingga tidak perlu menghabiskan waktu di jalan serta memiliki waktu luang berkualitas untuk keluarga atau aktivitas lainnya. Meskipun saat ini sudah banyak pengembang apartemen yang ramah anak, namun tidak semua apartemen tersebut memenuhi kriteria orangtua, apalagi sebagian orangtua memiliki target tersendiri untuk pendidikan dan masa depan anaknya.

Nah...berikut ini ada 5 kriteria yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan orangtua sebelum memilih apartemen ramah anak.

1. Luas Bangunan Apartemen.

Untuk keluarga yang memiliki anak tentu membutuhan luas bangunan apartemen yang berbeda dengan pasangan yang baru menikah atau masih single, apalagi anak-anak yang masih berusia balita sedang aktif-aktifnya bergerak dan bermain serta berlari-lari di ruangan. Pertimbangkan untuk memilih luas bangunan apartemen sesuai kebutuhan agar anak-anak lebih leluasa bermain, apalagi anak yang masih berusia balita sedang dalam masa pertumbuhan dan eksplorasi maksimal, sehingga membutuhkan apartemen dengan luas bangunan yang cukup. Sedangkan untuk keluarga yang memiliki anak usia lebih besar tentunya juga butuh ruangan yang lebih luas, terutama kamar tidur pribadi, dan ini tentu harus dipertimbangkan orangtua saat memilih apartemen yang tidak hanya ramah anak, namun juga bisa mengakomodir semua kegiatan serta aktivitas anak.

2. Fasilitas Pendidikan.

Tidak bisa di pungkiri jika fasilitas pendidikan untuk orangtua yang sudah memiliki anak, terutama anak usia sekolah keberadaan fasilitas pendidikan yang lengkap mulai dari jenjang terendah hingga tingkat atas menjadi hal yang penting dipertimbangkan. Bayangkan, jika orangtua dekat dengan tempat bekerja namun anak jauh dari fasilitas pendidikan, maka pendidikan anak tentu kurang maksimal karena lebih banyak menghabiskan waktu di jalan, karena sejatinya keinginan orangtua memilih tinggal di apartemen agar memiliki lebih banyak waktu luang dengan keluarga terutama anak-anak. Saat ini, sudah banyak pengembang apartemen yang menyediakan fasilitas pendidikan yang cukup lengkap dan berkualitas, bahkan beberapa diantaranya memberikan akses yang mudah untuk menjangkau fasilitas pendidikan tingkat perguruan tinggi agar keluarga semakin nyaman tinggal di apartemen. Tentu keberadaan fasilitas pendidikan yang lengkap menjadi satu pertimbangan melabeli apartemen tersebut sebagai apartemen ramah anak.

3. Sistem Pengaman.

Apartemen ramah anak wajib memenuhi standar pengamanan yang lengkap sehingga orangtua merasa nyaman saat meninggalkan anaknya untuk bekerja dan beraktivitas. Adapun sistem pengamanan standar meliputi alat pemadam kebakaran, CCTV, penjagaan 24 jam, pagar, dan lainnya. Namun khusus untuk unit apartemen ramah anak yang nantinya akan ditempat keluarga bersama anak-anak tentu harus memiliki pengamanan tambahan, seperti area balkon, dapur, jendela, dan area berbahaya lainnya, karena untuk anak-anak yang masih kecil keinginan bereksplorasi di lingkungan sekitarnya sangat besar. Sediakan fasilitas pengamanan tambahan atau opsi pengamanan ekstra untuk apartemen ramah anak agar orangtua tidak lagi mengalami rasa was-was saat meninggalkan anak-anak di apartemen. Akan sangat membantu jika pihak pengembang apartemen menyediakan fasilitas CCTV di dalam apartemen agar orangtua bisa memantau aktivitas anak-anaknya secara realtime sekalipun anak-anak itu di asuh oleh orang terpercaya.

4. Fasilitas Taman Bermain.

Anak-anak tentu merasa bosan jika hanya berada di dalam ruangan apartemen, karenanya suatu kali anak-anak pasti ingin bermain di luar, apalagi banyak ahli parenting mengatakan pentingnya sosialisasi pada anak untuk membantu membentuk karakter yang baik dan mengasah keterampilan sosialnya untuk bergaul dan berkomunikasi dengan anak atau orang lain. Nah...fasilitas taman bermain bisa dimanfaatkan anak-anak untuk belajar bergaul, berkomunikasi, dan membangun rasa empati dengan anak lainnya. Tapi jangan lupa, pastikan tempat bermain tersebut aman, bersih, dan dilengkapi berbagai alat permainan yang memacu kreativitas agar pertumbuhan anak tetap optimal. Keberadaan fasilitas ini menjadi salah satu indikator label apartemen ramah anak, yang mendukung tumbuh kembang anak tetap optimal meskipun tinggal di apartemen. Fasilitas kolam renang pun penting untuk dipertimbangkan agar anak-anak selain bermain bisa belajar berolahraga bersama orangtua tercinta.

5. Fasilitas Olahraga dan Tempat Ibadah.

Anak-anak perlu diajarkan kebiasaan yang baik sejak dini, karena itu diperlukan lingkungan yang baik dan sehat untuk tumbuh kembangnya. Atas alasan tersebut, pengembang apartemen yang ramah anak haruslah menyediakan fasilitas-fasilitas yang berpotensi mengajarkan kebiasaan baik kepada anak, seperti tersedianya fasilitas olahraga dan tempat ibadah. Kebiasaan berolahraga sejak dini memiliki pengaruh positif bagi kesehatan si anak kelak, karena itu ketersediaan fasilitas olahraga yang ramah anak, seperti kolam renang anak, alat olahraga untuk anak, serta lapangan olahraga yang cukup luas untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga, menjadi salah satu pertimbangan yang penting bagi orangtua saat memilih apartemen ramah anak untuk ditinggali bersama keluarga. Selain itu, ketersediaan tempat ibadah juga menjadi kriteria penting saat memilih apartemen, karena lingkungan yang baik akan berpotensi membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang baik kelak.

Pertimbangan memilih tinggal di apartemen sesungguhnya bukanlah keputusan yang buruk, apalagi jika bertujuan agar memiliki lebih banyak waktu berkualitas untuk anak-anak di sela-sela kesibukan orangtua bekerja atau beraktivitas. Lokasi apartemen yang dekat dengan tempat bekerja akan sangat ideal agar orangtua tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan, apalagi lalu lintas di kota besar selalu identik dengan kemacetan. Saat ini sudah banyak pengembang apartemen yang jual apartemen dengan konsep ramah anak, dimana anak-anak akan mendapatkan lingkungan yang ideal untuk tumbuh kembangnya sekalipun tinggal di apartemen bersama orangtua. Tapi tentu saja, orangtua harus mempertimbangkan kriteria-kriteria tertentu agar apartemen yang dipilih nyaman untuk ditinggali bersama anak-anak. Apartemen ramah anak bisa menjadi pilihan, namun cermati kelengkapan fasilitasnya serta lingkungan sekitar agar anak bisa tumbuh optimal meskipun tinggal di apartemen dan orangtua bisa bekerja dengan nyaman karena dekat dengan lokasi kerjanya, karena masa depan anak adalah investasi utama orangtua.

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.