Telinga Berdenging Terus-menerus? Ini Cara Tepat Mengatasinya

Pernah merasakan bunyi yang aneh pada telinga secara terus-menerus? Masyarakat mengenal kondisi ini dengan sebutan berdenging, rasanya sangat tidak nyaman bahkan pada sebagian orang bisa menghambat aktivitas dan tidak jarang harus berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Dalam dunia medis, kondisi telinga yang tidak normal ini di kenal dengan istilah "gangguan Tinnitus," atau masyarakat di Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan telinga berdenging. Meskipun saat mengalami gangguan seperti mendengar suara yang berasal dari telinga, namun sesungguhnya suara ini bukanlah berasal dari dalam telinga melainkan hanya persepsi yang timbul akibat adanya kelainan pada organ telinga bagian dalam. Meskipun gangguan ini tidak memberikan efek berbahaya namun jika di alami secara terus-menerus dalam rentang waktu yang cukup lama, akan membuat perasaan tidak nyaman dan gangguan saat beraktivitas dalam jangka panjang.

Telinga Berdenging
Source: Restorationspinalcare.com
Lantas, faktor apa sajakah yang menjadi penyebab telinga berdenging?
  • Terpapar lama terhadap suara yang keras atau bising. Telinga manusia di desain hanya bisa mendengarkan suara dengan tekanan tertentu sehingga tidak bisa mentolerasi suara yang terlalu keras atau bising karena akan menimbulkan gangguan kesehatan. Kondisi ini akan semakin parah jika di alami secara terus-menerus karena dapat menganggu kesehatan organ telinga bagian dalam. Ada beberapa profesi atau pekerjaan yang mengharuskan seseorang mendengar suara yang sangat keras atau bising, namun biasanya seseorang yang bekerja di bidang ini wajib memakai pelindung telinga agar aman dan nyaman saat bekerja.
  • Infeksi telinga bagian tengah atau dalam dunia medis di kenal dengan istilah Otitis Media. Meskipun membuat pendengaran menjadi kurang nyaman, infeksi ini jika di tangani dengan tepat akan hilang sehingga tidak akan menimbulkan masalah yang berkepanjangan.
  • Akibat kotoran telinga di mana sumbatan ini akan menyebabkan iritasi pada telinga sehingga disarankan untuk rajin membersihkan kotoran telinga secara berkala.
  • Faktor usia, di mana semakin lanjut usia seseorang maka kemungkinan mengalami gangguan pendengaran seperti telinga berdenging akan semakin besar.
  • Akibat menderita penyakit tertentu, di mana kondisi ini akan menyebabkan gangguan pada telinga, seperti mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan pembuluh darah, serta berbagai penyakit yang tergolong serius sehingga membutuhkan pengobatan secara terus-menerus. 
Dalam dunia kesehatan, telinga berdenging atau Tinnitus untuk beberapa kasus memang sulit untuk ditangani dengan pengobatan tertentu, apalagi jika di alami seseorang yang menderita penyakit cukup serius, seperti darah tinggi di mana ada obat-obatan untuk penderita darah tinggi memiliki efek jangka panjang membuat telinga menjadi berdenging, untuk kasus ini dibutuhkan tenaga ahli kesehatan untuk membantu mengatasinya. Memang jika hanya sesekali mengalami telinga berdenging, mungkin akan hilang dengan sendirinya, tapi terkadang ada orang yang mengalami telinga berdenging secara permanen sehingga perasaan tidak nyaman akan selalu muncul berulang kali.
Untuk kasus yang sederhana, mungkin tidak dibutuhkan tindakan medis untuk mengatasinya, namun ada baiknya masyarakat mengetahui informasi seputar cara yang tepat untuk mengatasi kasus kesehatan telinga berdenging atau di sebut juga Tinnitus.
  1. Cari informasi detail atau pahami seluk beluk Tinnitus. Gangguan pada telinga atau telinga berdengung bisa saja muncul karena kondisi psikologis orang tersebut yang sedang gelisah atau sedang tidak tenang, dan perasaan gelisah ini semakin memperburuk kondisi tersebut karena minimnya informasi seputar cara mengatasinya. Untuk itu, saat mengalami telinga berdenging, pastikan untuk mengali dan mencari tahu informasi sedetail mungkin sehingga bisa meraba apakah kondisi ini memerlukan pengobatan dari dokter ahli atau tidak. Namun jika kondisi ini membuat aktivitas terganggu dan di alami berkepanjangan, ada baiknya untuk segera mengunjungi dokter ahli terdekat sehingga penyebabnya bisa terdeteksi dengan baik.
  2. Gunakan alat bantu dengar. Cara ini terbilang tidak cukup populer untuk mencegah telinga berdenging, namun jika merasa terganggu dengan suara-suara disekitar dan mengurangi kemungkinan mengalami Tinnitus berulang, ada baiknya menggunakan alat bantu dengar yang di sebut juga Masking Hearing Air. Untuk mengetahui apakah cara ini adalah solusi yang terbaik, berkonsultasi kepada dokter yang ahli dalam bidangnya adalah langkah yang bijaksana, selain mengetahui kondisi secara menyeluruh, biasanya dokter akan merekomendasikan langkah yang tepat untuk menangani agar kondisi telinga berdenging tidak berulang.
  3. Hindari suara keras. Adakalanya sesorang harus menghadapi kondisi di mana suara disekitarnya lebih keras dari batas ambang pendengaran manusia, dan itu bisa berakibat gangguan pada telinga, terutama telinga berdenging. Kondisi ini biasanya di alami mereka yang berprofesi sebagai pekerja tambang, las, alat berat, pilot saat menerbangkan pesawat, dan profesi lainnya. Biasanya untuk pekerja yang tidak bisa menghindari suara keras ini, dianjurkan untuk menggunakan alat pelindung telinga, selain berfungsi menghalangi masukny suara yang terlalu keras, juga digunakan untuk berkomunikasi, seperti yang digunakan pilot.
  4. Jangan menggunakan Cotton bud. Meskipun cotton bud sangat populer sebagai alat untuk membersihkan kotoran telinga, namun pastikan untuk tidak memasukkannya terlalu dalam karena beresiko menyebabkan infeksi atau ganggun lainnya. Sebaiknya gunakan alat yang direkomendasikan aman untuk membersihkan kotoran telinga, jika perlu datang ke fasilitas kesehatan yang umumnya memiliki alat khusus untuk membersihkan kotoran telinga. Kotoran telinga yang tidak pernah dibersihkan juga menjadi penyebab telinga berdenging, sehingga harus dibersihkan secara berkala jika sudah menumpuk atau terlalu banyak.
Untuk kasus telinga berdenging memang penyebabnya bermacam-macam, mulai dari yang ringan atau bisa sembuh dengan sendirinya hingga yang tergolong kasus berat dan membutuhkan penanganan serius. Agar tidak salah menduga, ada baiknya mencari referensi kesehatan dari sumber terpercaya sebagai pedoman informasi awal karena tidak semua masyarakat memiliki akses yang cepat terhadap fasilitas kesehatan, biasanya setelah mendapatkan informasi yang cukup, maka akan mudah menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya, apakah perlu untuk mendatangani dokter yang ahli dalam bidangnya atau menghindari penyebab dari kondisi tersebut. Hal ini penting untuk mengurangi rasa khawatir yang berlebihan atau tepatnya hanya menduga-duga saja kondisi yang dialami. Rasa khawatir yang berlebihan pun bisa memparah keadaan lho, karenanya tetaplah tenang dan cari referensi terpercaya sebanyak-banyaknya adalah langkah yang tepat untuk mengatasi telinga berdenging.


Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.