3 Tips Sukses Mengerjakan Ujian Nasional

Tips sukses ujian nasional
Sumber: Pixabay.com
Setiap tahun, di akhir tahun ajaran ada satu moment yang sangat dinantikan dan menjadi salah satu faktor penentu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, yaitu ujian nasional. Namun, khusus bagi siswa kelas 3 SMA/SMK, ujian nasional merupakan langkah awal menuju ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan menjadi salah satu faktor penentu masa depan, yaitu perguruan tinggi. Meskipun, ujian nasional bukanlah satu-satunya faktor penentu kelulusan, namun nilai dari ujian nasional menjadi salah satu pertimbangkan yang memudahkan siswa kelas 3 SMA melaju menuju jenjang perguruan tinggi, termasuk dapat menjadi syarat dan pertimbangan untuk mendapatkan beasiswa belajar di perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. 

Ada banyak cerita anak kelas 3 SMA yang berjuang untuk mendapatkan nilai terbaik di ujian nasional, umumnya mereka terinspirasi dari kesuksesan saudara kandungnya yang tidak hanya berhasil menyelesaikan ujian nasional dengan nilai terbaik, namun juga mendapatkan beasiswa untuk belajar di perguruan tinggi negeri, bahkan ada yang mendapatkan beasiswa dari universitas bergengsi di mancanegara. Tentu saja, bisa melihat anak-anaknya lulus ujian nasional dengan nilai baik serta mendapatkan beasiswa adalah harapan terbesar orangtua, dan keinginan membuat orangtua bangga harusnya menjadi faktor pendorong siswa kelas 3 SMA untuk giat belajar jelang ujian nasional.

Beberapa tahun terakhir ini, untuk ujian nasional yang berbasis komputer diperkenalkan konsep soal yang baru, sehingga tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan saat mengerjakan ujian nasional. Konsep soal ujian nasional yang baru ini terkenal dengan sebutan konsep HOTS (High Order Thinking Skills) di mana soal-soal ujian dibuat berdaya nalar tinggi. Seperti apa sih konsep HOTS ini? Alice Thomas dan Glenda Thorne mendefinisikan HOTS sebagai cara berpikir pada tingkat yang lebih tinggi daripada hanya sekadar menghapal atau menceritakan kembali sesuatu yang sudah diceritakan atau diungkapkan orang lain. Melalui konsep HOTS ini, siswa di ajak untuk belajar mengerjakan soal dengan cara menganalisis, mengevaluasi, lalu menciptakan konsen baru sesuai dengan urusan cara berpikir tersebut, jadi tidak hanya sekadar mengingat, memahami, dan menuliskannya kembali. Meskipun di satu sisi, siswa di ajak untuk berpikir kreatif dengan menjawab soal ujian yang penuh tantangan, namun tidak sedikit siswa yang masih mengalami kesulitan mengerjakan soal ujian dengan konsep HOTS ini karena sistem pengajaran belum sepenuhnya berpedoman pada konsep ini. Namun...ujian akan segera tiba dan siswa kelas 3 harus segera mempersiapkan diri agar mendapat nilai terbaik.

Belajar Online di Ruangguru
Aplikasi Ruangguru.com
Saat jelang ujian nasional biasanya banyak siswa kelas 3 mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk belajar dengan berbagai cara, salah satunya adalah mencari tips sukses ujian nasional dari berbagai referensi. Ada yang mencari referensi dari internet atau media online, dan ada yang bertanya secara khusus pada kakak-kakak kelas yang saat ujian nasional tahun lalu mendapatkan nilai yang bagus, bahkan berhasil mendapatkan beasiswa belajar di perguruan tinggi negeri. Nah...berikut ini ada 3 tips sukses ujian nasional bersumber dari berbagai referensi.
  1. Membuat Strategi Belajar. Untuk menghadapi ujian nasional tentu dibutuhkan strategi khusus, karena bisa dipastikan ada soal-soal ujian yang sulit belum lagi jumlah mata pelajaran yang berbeda setiap hari. Nah...untuk mengatasinya buatlah strategi belajar yang baik dan tidak menguras pikiran, tentunya dengan sedikit trik, seperti membuat rangkuman pelajaran, membuat jadwal belajar bersama atau secara berkelompok dengan teman-teman, apalagi jika teman-teman tersebut memiliki niat serta keinginan yang sama, lulus ujian dengan nilai baik. Belajar bersama salah satu strategi yang cukup baik, karena bisa saling bertukar pikiran atau berdiskusi untuk memecahkan masalah atau pelajaran yang dianggap sulit.
  2. Manajemen Waktu. Tips sukses ujian nasional selanjutnya adalah yang berhubungan dengan manajemen waktu atau kemampuan untuk mengatur waktu secara tepat agar tujuan bisa tercapai. Manajemen waktu ini juga berkaitan dengan kemampuan untuk menciptakan strategi saat mengerjakan soal ujian nasional, karena waktu untuk mengerjakannya terbatas. Solusinya, kerjakan dahulu soal yang dianggap mudah dan jangan habiskan waktu untuk mengerjakan soal yang sulit, setelah selesai mengerjakan soal yang mudah baru lanjut mengerjakan soal yang dianggap sulit tadi. Tips lainnya, bagilah beberapa menit untuk mengerjakan satu soal lalu buatlah perkiraan waktu untuk mengerjakan semua soal, dan jangan lupa sisakan sedikit waktu untuk mengecek kembali jawaban, terutama kelengkapan pengisian identitas yang sangat penting.
  3. Belajar Secara Online Di Ruangguru. Beberapa tahun terakhir, banyak kakak kelas yang sudah menyelesaikan ujian nasional berbagi pengalaman tentang ujian nasional yang cukup sulit. Untuk itu, selain belajar di sekolah, ada baiknya untuk menambah jam belajar dengan mengikuti les di luar jam sekolah. Jika tidak memiliki banyak waktu luang, belajar secara online bisa menjadi pilihan, salah satunya adalah belajar di Ruangguru. Belajar secara online di Ruangguru selain sudah terpercaya menjadi solusi belajar online terlengkap, juga banyak memiliki metode atau cara belajar yang praktis, serta memberikan banyak solusi untuk siswa kelas 3 ketika menghadapi soal yang sulit. Belajar secara online di Ruangguru juga menawarkan banyak keuntungan, yaitu mendapatkan fasilitas try out online, kisi-kisi untuk ujian nasional, serta berbagai tips sukses ujian nasional yang sudah teruji sukses mengantarkan banyak siswa kelas 3 SMA menyelesaikan ujian nasional dengan nilai bagus. Bagaimana, menarik bukan?
Ruangguru
Aplikasi belajar online Ruangguru.com
Sesungguhnya masih banyak tips sukses ujian nasional lainnya yang bisa membantu siswa kelas 3 menyelesaikan ujian nasional dengan hasil yang baik dan sesuai harapan, namun yang pasti mantapkan niat untuk belajar tekun agar apa yang diharapkan tercapai. Jangan lupa untuk meminta restu orangtua dan berdoa agar saat menempuh ujian nanti, tidak ada halangan serta rintangan. Ingatlah, meskipun ujian nasional bukanlah penentu utama kelulusan, tapi setidaknya dengan nilai ujian yang baik, beban untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya akan lebih ringan. Selamat menempuh ujian nasional!

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.