Villa Murah Di Cisarua Bogor, Solusi Liburan Nyaman Bersama Keluarga

Kawasan Bogor adalah lokasi wisata favorit keluarga kami, selain karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami di Tangerang, untuk menuju Bogor, kami tidak perlu jauh-jauh melintasi Kota Jakarta karena ada banyak jalan alternatif dari Tangerang menuju kawasan Kota Bogor. Setidaknya satu atau dua kali dalam satu bulan, saya dan suami selalu mengusahakan untuk mengajak anak-anak liburan di lokasi wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal kami, dan Bogor selalu menempati posisi pertama lokasi wisata yang tidak bosan-bosannya kami jelajahi. Apalagi sebagian besar kawasan wisata di Bogor sangat ramah anak dan sarat edukasi sehingga banyak keluarga dan sekolah yang memilih Kota Bogor untuk berwisata. Cisarua, adalah salah satu kawasan wisata yang sangat terkenal di Kota Bogor karena terdapat beberapa lokasi wisata favorit keluarga, salah satunya adalah Taman Safari Indonesia. Setiap weekend atau momen libur panjang menjadi puncak kepadatan wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor, termasuk kawasan Cisarua. Tidak heran jika banyak keluarga yang memutuskan untuk menginap dan memilih menyewa villa murah di Cisarua agar anak-anak bisa beraktivitas serta beristirahat dengan nyaman saat liburan.

Istana Bogor
(Photo: Pribadi)
Memang mengajak anak-anak saat momen liburan tidaklah mudah, orangtua harus pintar-pintar memilih lokasi wisata agar anak-anak nyaman saat liburan. Dulu ketika anak-anak masih balita, saya dan suami nyaris selalu menghindari daerah wisata yang berkonsep outdoor atau di luar ruangan karena anak-anak saya memiliki riwayat alergi udara dingin, kalaupun kebetulan di ajak keluarga besar liburan di lokasi wisata alam, kami memilih untuk tidak terlalu sering berada di luar ruangan apalagi anak-anak saya tergolong anak yang aktif dan hobi berlari kesana kemari. Bisa dibayangkan dong repotnya kami harus mengejar anak-anak. Oh ya saya punya pengalaman yang lumayan menyeramkan jika di ingat ketika berwisata ke Kebun Raya Bogor saat anak-anak masih kecil. Kebetulan anak pertama dan kedua saya laki-laki, dan ketika saya sibuk mengurus adiknya yang masih bayi, kedua anak laki-laki saya menghilang dari pandangan saya sedangkan suami sedang membeli makanan. Bisa dibayangkan betapa paniknya kami, dan buru-buru lapor pada petugas yang berjaga di kawasan Kebun Raya Bogor. Untunglah, berkat kesigapan petugas tidak sampai dua jam, kedua anak saya berhasil ditemukan, kebetulan anak-anak berniat menyusul ayahnya dan penjual makanan cukup sigap menahan anak-anak saya agar tidak kemana-mana. 

Berbekal pengalaman yang sangat tidak menyenangkan tersebut, akhirnya kami lebih selektif memiliki lokasi wisata dan memutuskan untuk memilih lokasi wisata yang nyata-nyata ramah terhadap anak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menetapkan empat kriteria destinasi wisata yang ramah anak, yaitu:
  • Dari sisi keamanannya, dimana destinasi wisata tersebut haruslah dilengkapi dengan fasilitas keamanan untuk pengunjung anak-anak, dan menempatkan sejumlah petugas khusus untuk membantu orangtua memantau anak-anak, terutama saat lokasi wisata tengah padat pengunjung.
  • Dari sisi keselamatan, di mana destinasi wisata tersebut harus melengkapi kawasan wisatanya dengan informasi atau peringatan khusus jika tergolong bisa membahayakan keselamatan anak-anak yang masih kecil. Pengeras suara bisa menjadi alat bantu untuk memperingatkan orangtua agar tidak lengah dengan anak-anaknya.
  • Dari sisi pelayanan, di mana destinasi wisata yang ramah anak tidak hanya fokus menyajikan wisatanya saja melainkan juga memaksimalkan konten wisata tersebut agar memiliki muatan edukatif untuk pengunjung anak-anak.
  • Dari sisi kepatuhan, destinasi wisata tersebut harus lebih aktif lagi mengajak pengunjung terutama orangtua untuk mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan pihak pengelola, terutama yang berhubungan dengan keselamatan anak-anak, baik dalam bentuk himbauan maupun perjanjian tertulis agar keselamatan anak benar-benar nomor satu. Jika Perlu sediakan fasilitas sticker khusus untuk pengunjung anak di mana orangtua wajib menuliskan identitas penting.
Kebun Raya Bogor
(Photo: Pribadi)
Setelah kejadian tersebut selama beberapa waktu saya memilih sementara tidak mengunjungi lokasi wisata outdoor, atau kalaupun harus memilih lokasi wisata outdoor saya jauh lebih selektif untuk menjaga keselamatan anak-anak yang ketika itu masih sangat kecil dan merupakan anak yang aktif. Padahal wisata alam dan laut sangat bagus untuk merangsang motorik dan pengetahuan anak akan alam sekitar lho, karenanya berikut beberapa tips untuk menambah wawasan orangtua yang hendak membawa anak-anak berlibur ke lokasi wisata.
  1. Tentukan destinasi liburan yang memenuhi empat kriteria dari KPAI, yaitu keamanan, keselamatan, pelayanan optimal, dan kepatuhan, sehingga dapat dipastikan destinasi wisata tersebut ramah anak. Sedikit tips dari saya, pastikan untuk menulis identitas si anak dan kontak orangtua di berbagai tempat untuk menjaga keamanan dan keselamatan si anak.
  2. Anak wajib di dampingi orangtua atau orang yang lebih dewasa jika berlibur ke lokasi wisata yang diperkirakan akan ramai dikunjungi wisatawan. Selain untuk menjaga keamanan dan keselamatan si anak, fungsi orangtua atau orang dewasa disekitarnya juga untuk memastikan anak tidak akan melakukan pelanggaran peraturan yang ditetapkan pengelola demi keselamatan pengunjung.
  3. Selipkan konten edukasi untuk anak agar perjalanan wisata yang dilakukan bisa memberikan nilai manfaat bagi pendidikan anak, selain tentunya menambah referensi pengalaman anak bersentuhan dengan dunia luar atau alam, sehingga nantinya akan muncul perasaan cinta pada alam sekitar.
  4. Keselamatan anak adalah hal wajib yang utama, karenanya sebelum berangkat menuju lokasi wisata, pastikan orangtua sudah mempersiapkan segala kebutuhan anak, apalagi jika berlibur dalam kondisi cuaca yang kurang baik, obat-obatan, jaket, dan jas hujan adalah benda wajib yang harus dipersiapkan.
  5. Pilih lokasi penginapan yang nyaman dan aman untuk aktivitas anak selama liburan. Ada beberapa referensi tempat menginap yang nyaman untuk keluarga, salah satunya adalah menginap di villa. Ada beberapa alasan yang membuat banyak keluarga memilih villa sebagai tempat menginap, diantaranya karakteristik villa yang mirip rumah sendiri sehingga anak-anak nyaman beraktivitas dan tidak rewel selama liburan. Menginap di villa juga menjadi solusi paling efektif lho jika berlibur bersama keluarga besar, selain jauh lebih ekonomis, atmosfer keakraban jadi lebih intens jika menginap bersama dalam satu tempat, seperti menyewa villa karena anggota keluarga yang tadinya jarang bertemu menjadi lebih dekat.
Layaknya kota yang menjadi destinasi wisata favorit keluarga, Bogor memang menawarkan banyak potensi wisata, terutama wisata alam yang dibalut dengan wisata edukasi, tidak heran jika setiap liburan atau weekend selalu dipadati wisatawan, baik yang tinggal di sekitar Kota Bogor maupun kawasan Jabodetabek. Terkadang pada musim liburan tertentu, ada rombongan anak sekolah yang berasal dari luar Pulau Jawa lho, yang secara khusus ingin mengunjungi destinasi wisata sejarah. Yap...selain terkenal dengan wisata alamnya, Kota Bogor juga menjadi saksi banyaknya peninggalan bersejarah dan menjadi salah satu kota di Indonesia yang namanya tercetak dalam sejarah bangsa, mulai dari periode keemasan kerajaan di nusantara hingga saat di jajah kolonial Belanda. Berdasarkan referensi Wikipedia, Kota Bogor pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff tahun 1745 dijadikan tempat peristirahatan para petinggi kolonial Belanda dengan membangun Istana Bogor, yang hingga kini menjadi salah satu ikon Kota Bogor. Selain udaranya yang sejuk karena berada pada ketinggian 190 sampai 330 m dari permukaan laut, Kota Bogor juga di kenal dengan sebutan "Kota Hujan" karena curah hujan yang cukup tinggi, sekitar 70% dalam setahun, tidak heran jika kota ini cocok menjadi tempat bersantai dan beristirahat bersama keluarga.

Kebun Raya Bogor
(Photo: Pribadi)
Salah satu destinasi wisata yang beberapa kali kami kunjungi adalah Kebun Raya Bogor, karena jika kebetulan ada saudara yang datang berkunjung dari luar kota, selalu minta di antar mengunjungi lokasi wisata Kebun Raya Bogor. Sejak dahulu, Kebun Raya Bogor merupakan salah satu ikon wisata alam dan edukasi yang sangat terkenal di Kota Bogor. Tidak heran jika saat liburan tiba, lokasi wisata ini selalu di padati pengunjung, baik wisatawan domestik maupun dari mancanegara. Kebun Raya Bogor sendiri memiliki luas mencapai 87 hektar serta memiliki koleksi 15.000 jenis pohon dan tumbuhan, dan beberapa diantaranya termasuk tanaman langka berumur ratusan tahun. Lokasi wisata ini sangat cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga karena anak-anak bisa bebas bermain dan mengenal aneka tumbuhan, tapi tentu saja harus di dampingi orangtua yah...agar pengalaman yang tidak menyenangkan saat anak-anak saya masih kecil dahulu tidak terulang kembali. Tidak hanya koleksi pohon dan tumbuhan, di sekitar Kebun Raya Bogor juga terdapat beberapa lembaga penelitian dan museum seperti Museum Zoologi Bogor. Tidak heran jika hampir setiap hari Kebun Raya Bogor di padati pengunjung, mulai dari keluarga hingga rombongan anak sekolah dari berbagai kota di Indonesia.
Selain destinasi wisata yang berlokasi di Kota Bogor, terdapat beberapa destinasi wisata favorit keluarga yang berada di sekitar Kota Bogor, salah satunya di kawasan Cisarua. Nah...sejak beberapa bulan yang lalu, kami sudah berencana mengunjungi salah satu destinasi wisata yang berada di kawasan Cisarua, yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, tapi karena waktu yang belum memungkinkan, apalagi anak-anak sedang fokus menyelesaikan ujian sekolah, maka keinginan tersebut harus di tunda dahulu. 
Berikut beberapa lokasi wisata keren yang berada di kawasan Cisarua, yang sangat cocok di kunjungi bersama keluarga.

1. Taman Safari Indonesia. 

Lokasi wisata yang cocok di kunjungi bersama keluarga ini terletak di Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, atau lebih di kenal dengan kawasan Puncak. Lokasi wisata keluarga yang berbasis lingkungan alam ini berorientasi pada pengembangan habitat satwa di alam bebas, tidak heran jika beraneka ragam jenis satwa bisa di jumpai di lokasi wisata ini, bahkan beberapa satwa tergolong hewan buas. Keunikan dari wisata ini adalah pengunjung bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk melihat aneka jenis satwa dari dekat dengan menggunakan kendaraan pribadi atau naik bus yang sudah disiapkan pihak pengelola. Selain bisa melihat aneka jenis satwa dari dekat, pengunjung juga diizinkan untuk berinteraksi dengan beberapa jenis satwa yang tentu saja telah di jamin aman untuk di dekati, termasuk oleh anak-anak. Nah...aktivitas ini yang sangat menarik untuk anak-anak, tidak heran jika mereka sangat antusias dengan rencana mengunjungi lokasi wisata Taman Safari Indonesia. Selain berinteraksi dengan aneka jenis satwa, pengunjung juga bisa menikmati berbagai pertunjukkan yang menarik, seperti pertunjukkan gajah, kesenian tradisional, pentas sirkus, dan masih banyak lagi. Pastinya, mengunjungi lokasi wisata ini akan menjadi momen indah untuk di kenang anak-anak setelah dewasa nanti.

2. Taman Wisata Matahari

Satu lagi lokasi wisata keluarga yang ramah anak adalah Taman Wisata Matahari, berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor. Destinasi wisata ini termasuk menjadi favorit keluarga lho, tidak heran jika saat liburan tiba, selalu di padati pengunjung, baik pengunjung yang berasal dari kota disekitarnya maupun kota-kota yang terbilang cukup jauh dari lokasi wisata ini. Dengan mengusung konsep "Recreation and Education Park"  ada banyak wahana permainan yang sangat cocok untuk anak-anak, antara lain wahana wisata edukasi, wahana wisata air, wahana permainan, dan wahana yang fokus membangkitkan jiwa petualangan pada anak. Di sini, anak-anak bisa belajar menjadi petani, membajak sawah dan menanam padi, mengenal aneka jenis sayur-sayuran, serta aktivitas bernilai edukasi lainnya. Dengan harga tiket yang cukup terjangkau, anak-anak bisa menikmati aneka permainan yang bernilai edukasi dan menjadikan liburan menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi anak.

3. Kebun Teh Gunung Mas atau Agrowisata Gunung Mas.

Nah...lokasi wisata yang satu ini memang sangat cocok dikunjungi anak-anak karena memiliki banyak fasilitas untuk di nikmati anak saat libur tiba. Lokasi wisata yang terletak di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Bogor ini memang menawarkan konsep berwisata sambil menikmati hijaunya hamparan perkebunan teh dengan udaranya yang sejuk. Ada beberapa aktivitas favorit yang kerap dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Agrowisata Gunung Mas, yaitu menunggang kuda mengelilingi kebun teh dan olahraga Tea Walk mengelilingi area perkebunan teh di temani pemandu khusus. Selain berjalan santai mengelilingi hamparan perkebunan teh, pengunjung juga berkesempatan untuk melihat dari dekat bagaimana teh di petik dari pohonnya, bahkan jika beruntung bisa mencoba belajar memetik teh. Pastinya semua aktivitas ini akan menjadi momen yang membahagiakan jika di kenang setelah anak dewasa nanti.

4. Air Terjun Cilember atau Curug Cilember.

Wisata air selalu menjadi lokasi wisata favorit anak-anak, tidak heran jika anak-anak bersemangat sekali jika di ajak mengunjungi lokasi wisata yang terletak kawasan Puncak, Cisarua, Bogor ini. Selain menikmati bentang alam yang indah, pengunjung juga bisa menikmati tujuh buah air terjun yang berada di satu kawasan. Tidak hanya bisa bermain air sepuasnya, di lokasi wisata ini juga terdapat berbagai tempat yang cocok dijadikan media edukasi anak, yaitu Taman Konservasi Kupu-kupu, wisata keluarga, dan fasilitas lainnya yang cukup lengkap sehingga nyaman untuk dikunjungi bersama anak-anak. Dengan tiket masuk yang cukup terjangkau, wisata berkonsep alam bebas ini membuat mata terasa sejuk dengan hijaunya pepohonan dan gemerisik air terjun dengan airnya yang jernih dan segar, membuat anak-anak betah berlama-lama bermain air di Curug Cilember ini, namun pastikan untuk selalu menjaga keselamatan anak, karena batu-batuan di sekitar air terjun cukup banyak.

Selain lokasi wisata tersebut, sesungguhnya masih banyak lokasi wisata lainnya di Kota Bogor, khususnya di kawasan Cisarua, dan untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut tidak cukup hanya satu hari, melainkan harus menginap. Nah...di kawasan Cisarua banyak tersedia penginapan, namun jika berlibur bersama keluarga tentunya akan lebih nyaman jika memilih menginap di villa, apalagi banyak tersedia villa murah di Cisarua yang bisa di sewa sesuai budget untuk beberapa hari dengan fasilitas yang cukup lengkap sehingga nyaman untuk keluarga yang menginap bersama anak-anak. Sudah disinggung sebelumnya, ada beberapa alasan menginap di villa menjadi solusi liburan yang nyaman untuk keluarga, diantaranya:
  • Keamanan anak-anak lebih terjamin, apalagi jika anak-anak tergolong cukup aktif dan hobi berlari kesana-kemari, tentunya menginap di villa akan lebih bebas dan tidak akan menganggu kenyamanan orang lain.
  • Beberapa villa bahkan telah dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap untuk dinikmati secara pribadi bagi keluarga yang menginap, seperti fasilitas permainan anak, kolam renang pribadi, WIFI, fasilitas olahraga, dan beragam fasilitas lainnya yang didesain untuk kenyamanan keluarga saat menginap.
  • Budget yang ditawarkan cukup ekonomis jika menginap bersama keluarga besar, di tambah lagi beragam aktivitas seru bersama keluarga bisa dilakukan secara pribadi di dalam area villa, seperti barbeque, pesta kebun, arisan, dan aktivitas seru lainnya.
Tertarik menginap di villa saat berwisata di kawasan Cisarua, Bogor? Saya juga, yuk mulai mencari referensinya.
Untuk pemesanan tidak sulit kok, bahkan bisa di akses dari mana saja dan kapan saja dengan aplikasi Traveloka. Beragam pilihan villa murah di Cisarua bisa di pilih, sesuai budget dan jumlah anggota keluarga yang akan pergi berlibur. Dengan harga yang relatif terjangkau, villa menjadi solusi liburan yang nyaman bersama keluarga lho, karena tidak hanya menawarkan beragam fasilitas namun juga view atau pemandangan alam yang indah pastinya. Anggota keluarga bisa duduk berkumpul dan bercengkerama bersama sambil menikmati sejuknya udara Kota Bogor dari ketinggian tanpa harus membuat orang lain merasa terganggu. Oh ya, dengan aplikasi Traveloka, pemesanan villa bisa dilakukan jauh-jauh hari, sehingga saat hari liburan tiba, orangtua bisa fokus mempersiapkan beragam kebutuhan anak-anak saat liburan nanti. Tahu sendiri kan, jika membawa anak-anak maka banyak perlengkapan yang harus di bawa agar anak-anak nyaman saat menginap dan saat mengunjungi lokasi wisata. Menginap di villa menjadi solusi liburan nyaman bersama keluarga!

20 komentar:

  1. Wah aku baru tahu bahkan KPAI punya syarat wisata ramah anak. Kalau begini kan penyedia wisata mesti memenuhi syaratnya agar disebut ramah anak. Kadang aku kebanyakan mikir buat nentuin wisata dgn anak, eh kebetulan tipsnya aplikatif banget. Terima kasih tipsnya mak... ❤❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, harusnya anjuran KPAI ini ditindaklanjuti pihak pengelola wisata agar orangtua merasa anak-anaknya aman saat berwisata.

      Hapus
  2. Saya juga pasti nyari di Traveloka nih kalau butuh penginapan murah di Visarua Bogor maupun kota-kota lainnya. Semoat bandingin juga sih sama aplikasi lain, tapi biasanya Traveloka udah paling murah dan pilihannya banyak. Harganya juga nett sudah termasuk pajak dll. Jadi ga perlu ngitung-ngitung lagi harus bayar berapa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya simpel mak, apalagi buat kita yang enggak mau ribet browsing sana-sini cari informasi, jadi waktunya bisa di keep buat urusan penting lainnya. Terima kasih mak sudah berbagi informasi.

      Hapus
  3. Beberapa kali ke tempat wisata di Bogor dari sekolahan anak, pengen deh jalan-jalan di Bogor bareng keluarga. Pernah sih ikut suami nginep di hotel di Bogor tapi ngga ke mana-mana..di hotel aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget mak, padahal Bogor terkenal sebagai destinasi wisata favorit keluarga dan selalu padat saat libur atau weekend tiba.

      Hapus
  4. Aku belum pernah ke sekitar Bogor. Wkwkwk...Kasian yaaaa
    Emang aspek keselamatan penting banget, lebih-lebih kalau bersama anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, wisata ramah anak memang harus memenuhi standar tertentu yang menjamin keamanan si anak dan kenyamanan orangtuanya. Hayukkk mbak...kapan-kapan ke Bogor hehehe.

      Hapus
  5. Mbaa .duh klo anak laki2 itu dua pas kecil pasti lari ksana kemari ya. Skrg udah beranjak besar. Tapi jalan2 bareng udah cukup enak ya.
    Liburan udara sejuk paling favorit juga. Traveloka membantu banget buat liburan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya dulu suka malas diajakin ayahnya travelling, soalnya anak-anakku pecicilan semua, tapi sekarang karena sudah lumayan karena sudah besar dan bisa di ajak kerjasama, malahan sekarang lebih banyak diemnya karena sudah pegang gadget.

      Hapus
  6. Bogor tuh sejukkk, banyak makanan enyaaak pulak.
    Mau ahh, pan kapan aku book villa di Bogor dan main2 ama keluarga
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejuknya itu yang bikin kangen ya mbak, lumayan buat istirahat sejenak.

      Hapus
  7. Aku baru tau loh, ternyata ada peraturan nya tentang tempat wisata ramah anak itu seperti apa. Bogor emang banyak tempat wisata alam nya ya mbak, terakhir ke Bogor waktu nikahan adik tahun lalu. Pengen ah ke Bogor lagi trus nginep di villa di Cisarua.

    BalasHapus
  8. Wisata k puncak memang enak adem tp macetnya juara hehehe harus hapal jam buka tutup klo weekend. Pernah kejebak macet 6 jam lebih. Trakhir kejebak macet 3 jam

    BalasHapus
  9. Bogor selalu menawarkan kesejukan ya, destinasi wisatanya yang beragam dan makin lama makin ada aja yang menarik.

    Belakangan keluargaku lumayan sering ke daerah Sentul, tapi ada planning ke daerah Cisarua ajak Anak-Anak nginep. Berarti enaknya nyari referensi Villa di Traveloka aja ya, noted Mba, makasih infonya yaaa.

    BalasHapus
  10. Sejuk banget ya pemandangan di cisarua.. Aku blm pernah kesana.. Seru bgt pasti

    BalasHapus
  11. Baru tahu kalo KPAI punya standar kriteria destinasi ramah anak. Pertimbangan selama ini hanya berdasar konten tempat wisatanya saja bersifat edukatif atau tidak. Btw saya belum pernah kesemua destinasi wisata ramah anak yang disebutin diatas. Bila ada rejeki ke Bogor, smoga bisa ngajakin anak anak kesana

    BalasHapus
  12. Bogor terkenal banget ya untuk liburan bareng keluarga, cuacanya yang sejuk dan makanan yang enak pasti bikin betah apalagi kalo kawasannya raman anak, kita jadi lebih nyaman

    BalasHapus
  13. wah makasi infonya ya mak elisaaaa, bisa jadi rekomendasi pas mau menginap di Cisarua besok niiihhh

    BalasHapus
  14. Pernah sekali ke Bogor, sempat jalan2 ke kebun raya, tapi pas waktu itu berdua aja, gak tau kalau bawa anak belum sih

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.