Pilih Sepeda Anak yang Tepat Agar Aman Saat Bersepeda

"Ma...nanti naik kelas tiga ke sekolah naik sepeda yah."
Permintaan ini nyaris selalu di ulang setiap ada kesempatan, apalagi jelang beberapa bulan lagi sudah kenaikan kelas dan memang saya membolehkannya naik sepeda sendiri setelah duduk di kelas tiga SD, tentu saja dengan pertimbangan lokasi sekolahnya yang tidak terlalu jauh dari rumah dan jauh dari jalan raya. Sebenarnya saya masih agak trauma kalau anak saya naik sepeda lagi, karena saat duduk di taman kanak-kanak, pernah jatuh dari sepeda dan setelah di rontgen ada tulang yang bergeser sehingga harus digips selama hampir dua bulan. Hampir dua tahun ini, anak saya terbilang tidak pernah lagi naik sepeda, karena setelah kejadian hari itu sepedanya saya berikan kepada saudara saya. Tapi beberapa bulan lalu tiba-tiba anak saya mengungkapkan keinginannya untuk memiliki sepeda kembali dan memutuskan setelah kelas tiga, berangkat sekolah inginnya naik sepeda bersama teman-temannya. Memang sih anak ketiga saya ini belum pernah dibelikan sepeda baru, karena sebelumnya menggunakan sepeda bekas kakak-kakaknya, dan kebetulan kedua kakaknya laki-laki, yang tentu saja jenis sepedanya adalah sepeda laki-laki. Tapi sebelum kejadian jatuh, anak ketiga saya cukup mahir naik sepeda untuk laki-laki milik kakaknya, tapi mungkin jenis sepeda itu tidak sesuai dengan umurnya sehingga saat mengendarai di jalan berbatu, anak saya sulit mengendalikan sepeda dan terjatuh. Belajar dari pengalaman itu, untuk berikutnya saya pastikan untuk memilih jenis sepeda anak yang tepat agar anak saya aman dan nyaman saat bersepeda.

Sepeda Anak
Sepeda anak yang tepat agar aman saat bersepeda (Dok:https://www.pexels.com)
Selama ini kita mengenal banyak jenis sepeda, yang beberapa diantaranya terkadang digunakan tidak sesuai dengan peruntukkannya, padahal jika digunakan tidak sesuai maka akan menimbulkan resiko yang kurang aman saat bersepeda, seperti yang di alami anak saya menggunakan sepeda yang tidak sesuai dengan usianya. Berikut beberapa kategori sepeda.
  • MTB, sepeda gunung yang multifungsi yang sangat cocok untuk dikendarai jalan berbatu, medan offroad, dan lintas alam.
  • Road, sepeda balap yang ringan dengan ban licin dan hanya diperuntukkan untuk jalan raya bukan untuk medan-medan yang sulit.
  • Urban, sepeda yang di rancang untuk lingkungan perkotaan dan umumnya digunakan masyarakat untuk beraktivitas sehari-hari.
  • BMX/Dirtjump, adalah jenis sepeda yang digunakan untuk atraksi dan umumnya sangat di gemari remaja perkotaan.
  • Youth, sepeda yang memang di desain khusus untuk remaja dan anak-anak bahkan beberapa diantaranya di rancang khusus untuk keamanan anak-anak saat bersepeda di jalan raya.
Ternyata, ada banyak sekali kategori dan jenis sepeda yah...jadi saat membeli sepeda pastikan untuk mengetahui dan mencari referensi seputar panduan memilih sepeda anak yang tepat agar aman saat bersepeda. Umumnya, saat anak-anak mulai belajar berjalan, mereka sudah tertarik dengan sepeda dan tidak jarang ingin menaiki sepeda, karena itu saat ini di pasaran sudah banyak jenis sepeda yang memang di desain khusus untuk anak-anak berusia balita, dan biasanya sudah dilengkapi pengaman khusus agar anak nyaman saat menaikinya. Tapi menjelang usia di atas lima tahun, biasanya sudah tumbuh keinginan yang mencoba menaiki sepeda yang terkadang tidak sesuai dengan usianya, seperti yang di alami anak saya, menaiki sepeda milik kakaknya dan berakibat jatuh dari sepeda. Nah...sekarang setelah anak saya mengutarakan keinginannya kembali memiliki sepeda, saya memutuskan untuk membeli sepeda anak yang tepat agar nyaman dan aman saat bersepeda. Berikut beberapa tips memilih sepeda anak yang tepat agar aman saat bersepeda.
  1. Pilih ukuran sepeda yang tepat. Ukuran sepeda sangat penting agar anak aman dan nyaman saat bersepeda, apalagi ukuran ban sepeda juga mempengaruhi ukuran sepeda tersebut, jika tidak sesuai dengan usianya tentu sangat beresiko jika dikendarai oleh anak. Ada beberapa jenis sepeda jika di lihat dari ukurannya, seperti ukuran 12 inch biasanya digunakan untuk anak yang berusia 2 - 4 tahun karena dilengkapi dengan dua roda kecil di sebelah kanan dan kiri yang berfungsi untuk membantu menyeimbangkan anak yang belum mahir naik sepeda. Selanjutnya sepeda dengan ukuran 16 inch, yang sangat cocok untuk anak yang berusia 4 - 7 tahun, ukuran 18 inch untuk anak yang berusia 5 - 8 tahun, dan ukuran 20 inch untuk anak yang berusia 8 - 13 tahun. Sesungguhnya ukuran sepeda ini tidaklah mutlak dijadikan patokan untuk memilih sepeda anak yang tepat, karena setiap anak memiliki perbedaan postur dan tinggi badan serta tentu saja kemahiran menaiki sepeda tersebut. Tapi memang panduan ukuran sepeda sesuai umur ini merupakan cara agar anak aman dan nyaman saat bersepeda, terutama di jalan raya.
  2. Ketinggian sadel. Agar anak nyaman dan aman bersepeda, ketinggian sadel tentu saja penting harus diperhatikan, apalagi untuk anak yang masih kecil dan belum memiliki kemampuan untuk mengatur keseimbangan tubuh saat bersepeda, selain itu pastikan agar kaki anak bisa menyentuh tanah dengan sempurna, agar aman saat bersepeda.
  3. Rem sepeda harus berfungsi dengan baik, karena rem merupakan pertolongan pertama anak saat belajar mengendarai sepeda, selain itu rem juga berfungsi menjaga keamanan anak saat bersepeda di jalan dengan lalu lintas yang cukup ramai.
  4. Frame atau rangka sepeda menjadi salah satu faktor penting memilih sepeda yang aman dan tepat untuk anak, jangan sampai menganggu kenyamanan anak saat bersepeda.
  5. Pelindung rantai atau gear, aksesoris ini juga menjadi bagian penting dari keamanan saat bersepeda, apalagi saat anak bersepeda di jalan raya. Untuk itu, pastikan untuk memilih sepeda yang memberikan perlindungan seperti ini.
Meskipun untuk sebagian orang dewasa, bersepeda tidak lagi populer sebagai transportasi untuk beraktivitas sehari-hari, namun untuk sebagian besar anak bersepeda masih sangat populer, bahkan menjadi pilihan utama saat berangkat ke sekolah, biasanya anak-anak bersepeda bersama teman-temannya sehingga suasana menjadi sangat menyenangkan. Tapi ternyata bersepeda juga bisa membantu merangsang keterampilan motorik anak lho, selain tentunya sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan anak dengan berolahraga. Tidak heran jika di lingkungan perkotaan banyak di bangun fasilitas taman bermain yang di lengkapi dengan area anak bermain sepeda. Nah...semakin banyak fasilitas seperti ini tentunya bisa merangsang anak-anak untuk berolahraga sambil bermain sepeda. Bahkan, tidak jarang sepeda menjadi pilihan hadiah yang tepat untuk anak-anak, saat ulang tahun, kenaikan kelas, atau memenangkan perlombaan tertentu. Tapi kadangkala, kesibukan orangtua yang padat, membuat mereka tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk memilih dan membeli sepeda yang cocok untuk buah hati tercinta. Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya tidaklah sulit karena saat ini sepeda anak bisa di beli secara online, dan sudah banyak toko online besar yang memudahkan orangtua memilih sepeda anak yang tepat. Tapi yang pasti, bersepeda secara rutin akan membuat anak tumbuh menjadi lebih sehat dan kuat asalkan sepeda anak yang dipilih adalah sepeda yang tepat, karena keamanan saat bersepeda adalah faktor yang sangat penting. Yuk bersepeda!

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.