Software Akuntansi Online Bantu UKM Menuju Pasar Global

UKM kini terus bertumbuh dan menjadi salah satu tiang penyangga perekonomian Indonesia, tidak hanya itu sejak dahulu sejarah membuktikan bahwa UKM merupakan satu-satunya usaha yang nyaris tidak terpengaruh krisis ekonomi yang sempat melanda Indonesia hampir dua puluh tahun yang lalu. Kini UKM tidak hanya menjadi solusi bagi masyarakat untuk membangun bisnisnya secara mandiri, namun juga menjadi salah satu sektor yang menyerap tenaga kerja cukup banyak dan menurut catatan Bank Indonesia, sektor UKM menyerap sekitar 97% dari keseluruhan jumlah tenaga kerja nasional. Tidak salah jika dikatakan bahwa sektor UKM memiliki peran yang sangat strategis dalam perekonomian nasional dengan menyumbang kontribusi sebesar 57% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Kontribusi ini tentu saja akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang seiring semakin banyaknya UKM Indonesia yang mulai melirik pasar internasional sebagai tujuan penjualan produknya. Sesungguhnya sejak dahulu pasar global sudah banyak yang menerima beragam produk UKM Indonesia karena keunikan dan pembuatannya yang cenderung handmade. Tapi ternyata jumlah UKM yang sudah eksis di pasar global belum terlalu besar, karena sebagian yang lain masih sibuk mengembangkan produk, mempersiapkan manajemen, serta strategi pemasarannya. Nah...untuk mengatasi masalah ini, keberadaan software akuntansi menjadi solusi untuk lebih memantapkan rencana UKM menuju pasar global.

Software Akuntansi
Foto: https://www.pexels.com/photo/photograph-of-a-document-1418347/
Mungkin bagi sebagian orang akuntansi hanyalah merupakan salah satu instrumen untuk mempermudah menghitung pendapatan dan pengeluaran sebuah usaha, tapi jika ditelusuri lebih jauh akuntansi ternyata memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan rencana pengembangan usaha. Hal ini diperkuat dengan pendapat yang dikemukakan Prof. Michael A. Roberto, yang merupakan Dosen Senior Akuntansi dan Real Estate dari Universitas California, "laporan akuntansi dapat membantu memprediksi dan bahkan mencegah kebangkrutan suatu usaha atau bisnis." Yap...suksesnya suatu bisnis atau usaha tidak hanya ditunjang oleh performa produk yang dihasilkan semata serta kekuatan strategi bisnis yang direncanakan, namun juga ditentukan oleh kerapihan catatan keuangan usaha tersebut. Memang dalam kenyataannya masih banyak pelaku UKM yang masih mengesampingkan peran penting akuntansi ini dengan beragam alasan, seperti menghemat biaya untuk membayar ahli akuntansi, merasa belum perlu membuat catatan keuangan yang lengkap, atau bahkan belum memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat catatan keuangan. Yah...seringkali pelaku UKM merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk membuat catatan keuangan yang lengkap karena masih fokus pada pengembangan produk dan selanjutnya merancang strategi pemasaran, apalagi saat ini UKM Indonesia terus di dorong untuk "Go Digital," agar usahanya lebih mudah masuk pasar global. Nah...software akuntansi online adalah solusi untuk memudahkan pelaku UKM mengawasi kondisi keuangan usahanya.

Mengapa harus menggunakan Software Akuntansi Online?
  1. Memudahkan pelaku UKM mengontrol keuangan usahanya. Tidak semua pelaku UKM memiliki modal yang cukup untuk mempersiapkan usahanya masuk ke pasar global lho apalagi jika harus membayar karyawan khusus yang menangani akuntansi usaha. Sedangkan pelaku usaha sendiri terkadang tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menyusun laporan keuangan secara benar dan terperinci. Nah...untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan solusi efektif, yaitu dengan menggunakan software akuntansi berbasis online. Mengapa harus berbasis online? Terkadang untuk kepentingan mengembangkan bisnisnya, seorang pelaku UKM harus sering bepergian keluar kota, nah...dengan software akuntansi berbasis online ini, pelaku UKM bisa mengakses laporan keuangannya darimana saja dan kapan saja, termasuk mengatur arus keuangannya. Tidak hanya itu, terkadang di suatu pertemuan dengan relasi bisnis dibutuhkan data keuangan yang real time untuk menunjukkan produk mana yang berpotensi untuk dikembangkan, jika menggunakan software akuntansi berbasis online, laporan atau data semacam ini sangat mudah untuk di akses meskipun saat itu pelaku UKM berada jauh dari lokasi usahanya. Kemudahan lainnya adalah jika ingin mengakses sejarah transaksi keuangan waktu yang lalu, tidak perlu membongkar catatan keuangan yang terkadang sudah rusak dengan huruf-huruf yang kurang jelas, karena dengan software akuntansi online seorang pelaku usaha bisa dengan mudah mengakses catatan transaksi keuangan bulan atau bahkan tahun yang lalu.
  2. Hemat waktu dan biaya. Untuk pelaku usaha yang sedang giat-giatnya mengembangkan usahanya, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga, apalagi jika semuanya harus ditangani secara mandiri, mulai dari rencana pengembangan produk, mendesain kemasan yang menarik, pemasaran, hingga melakukan pencatatan keuangan. Tentu semua hal ini dikerjakan sendiri bukanlah tanpa alasan, terbatasnya modal menjadi salah satu faktor yang membuat seorang pelaku UKM memutuskan untuk mengerjakan segala sesuatunya secara mendiri. Untuk alasan itulah mengapa waktu menjadi sesuatu yang sangat berharga. Nah...jika sudah seperti ini tentu kehadiran software akuntansi berbasis online menjadi sesuatu yang sangat solutif untuk mengatasi beragam permasalahan, terutama terbatasnya waktu yang dimiliki untuk melakukan aktivitas pencatatan administrasi. Selain sangat membantu untuk menghemat waktu, software akuntansi berbasis online juga membantu meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan jika harus membayar seorang ahli akuntansi. Dengan software ini, maka pelaku UKM bisa melakukan aktivitas lain, seperti fokus pada pengembangan dan inovasi produk, strategi pemasaran, dan aktivitas lain.
  3. Terjamin keamanan. Sejarah membuktikan menyimpan catatan keuangan secara tradisional terkadang menimbulkan beragam masalah, salah satunya adalah kemungkinan ada yang hilang, tercecer, atau bahkan rusak. Dengan menggunakan software akuntansi berbasis online ini, tidak hanya keamanan data lebih terjamin, namun juga memudahkan saat hendak mengaksesnya kembali. Tidak hanya itu, dengan perhitungan yang akurat menggunakan software ini bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya human error yang bisa saja menimbulkan kerugian bagi pelaku usaha. Pelaku UKM juga bisa mencatat keuangannya secara pribadi tanpa harus melibatkan pihak ketiga yang belum tentu bisa dipercaya untuk membantu mengelola keuangan.
Nah...dengan keunggulan ini tentunya sangat efisien jika seorang pelaku UKM sejak awal mengembangkan produknya memilih menggunakan software akuntansi online, karena setelah kelak bisnis semakin maju dan berkembang, tentunya akan membutuhkan pencatatan keuangan yang lebih rumit lagi. Itu hanya satu keuntungannya, dan tentu saja ada banyak keuntungan lainnya yang bisa didapatkan, yaitu data keuangan usaha bisa diakses secara real time, dari mana saja dan kapan saja.  Bahkan, pelaku usaha tidak perlu membawa-bawa banyak dokumen laporan keuangan karena bisa diakses melalui beragam perangkat teknologi seperti smartphone. Terkadang untuk kepentingan mengembangkan usaha, pelaku usaha harus bertemu dengan pihak lain yang tertarik untuk menjalin kemitraan, biasanya pihak mitra meminta laporan keuangan terutama laporan penjualan sebagai pedoman untuk membuat keputusan. Jika pelaku usaha menggunakan sofware penjualan yang dapat diakses secara online, tentu permintaan ini bukanlah suatu masalah karena semua data dapat diperlihatkan saat itu juga secara real time.

Jika sudah begini tentu tidak ada alasan lagi bagi UKM Indonesia untuk naik kelas dan memasuki pasar global, karena perkembangan dunia digital memungkinkan seorang pelaku bisnis membuat transaksi penjualan dari mana saja dan kapan saja, asalkan produk yang dihasilkan berkualitas dan sesuai standar masing-masing negara di dunia. Sudah banyak produk UKM Indonesia yang berhasil masuk ke pasar global, bahkan sangat di minati masyarakat internasional, karena keunikan dan kualitas produknya. Dengan kehadiran software akuntansi online, setidaknya UKM bisa lebih mudah memantapkan rencananya menuju pasar global. Jangan khawatir merasa kesulitan untuk menggunakan dan mengaksesnya, karena biasanya software ini sudah didesain ramah terhadap pengguna yang masih pemula sekalipun. Tapi tentu saja, pelaku UKM harus terus mengupgrade kemampuannya untuk menggunakan beragam perangkat digital, karena kemajuan teknologi adalah sesuatu yang hal yang tidak dapat dihindari, dan berkat teknologi banyak produk UKM Indonesia bisa di kenal di pasar global serta diminati masyarakat internasional. 

Di tahun 2019 ini, saatnya semakin banyak UKM Indonesia menuju pasar global!

Referensi artikel:
https://www.jurnal.id/id/blog/peran-penting-software-akuntansi-online/

1 komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.