Panduan Memilih Paket Hosting yang Tepat Untuk UKM

"Alhamdulillah kak, sekarang sudah bisa bantu-bantu ibu-ibu di sekitar lingkungan sini buat menambah penghasilan sekaligus keterampilan baru." 
Rasanya sudah beberapa tahun saya tidak bertemu dengannya, dahulu kami sempat bertetangga selama beberapa tahun sebelum akhirnya saya pindah ke lingkungan baru. Berkat kegemarannya menjahit dan membuat beragam pernak-pernik untuk di jual akhirnya berkembang menjadi bisnis yang cukup menjanjikan, bahkan beberapa tahun terakhir bisa membayar karyawan meskipun hanya sebatas ibu-ibu di lingkungannya. Sahabat saya mengakui bahwa salah satu faktor yang membuat bisnisnya berkembang cukup pesat karena keunikan produk handmadenya serta kemudahan memasarkannya menggunakan media digital. Awalnya pintu masuk untuk memasarkan produknya secara online adalah melalui berbagai situs marketplace dan ecommerce, yang harus di akui sangat membantu karena sahabat saya termasuk tidak begitu menguasai strategi pemasaran secara online. Namun seiring perkembangan produknya yang semakin beragam dan kebutuhan untuk menaikkan brand produk yang dimilikinya, akhirnya harus di akui dia butuh memiliki situs atau website khusus, selain toko online di beberapa marketplace dan ecommerce.

Paket Hosting Murah Jagoweb
Foto: https://www.pexels.com/
Memang saya tahu sejak awal merintis usaha kecilnya, sahabat saya ini sudah memiliki brand sendiri yang merupakan akronim dari nama-nama anaknya dan sangat bangga dengan brand tersebut, tidak ada maksud lain. Tapi ternyata untuk usaha kecil dan menengah memiliki brand atau merek sendiri merupakan nilai tambah yang sangat membantu untuk perkembangan produk mereka dalam jangka panjang. Yap...beberapa ahli marketing mengungkapkan bahwa merek atau brand memiliki arti yang sangat spesial di hati konsumen, bahkan terkadang merek atau brand menjadi salah satu faktor pendorong konsumen untuk berbelanja, dan menjadi keuntungan tersendiri bagi pelaku bisnis jika memiliki sejumlah konsumen yang loyal dengan brandnya. Betapa spesialnya arti brand atau merek ini di hati konsumen, tidak heran membuat sejumlah perusahaan besar merasa perlu untuk mempatenkannya agar tidak di tiru oleh pihak lain, terutama kompetitor. Untunglah...meskipun tidak mudah mengurus hak paten, satu tahun yang lalu sahabat saya secara resmi telah mempatenkan merek dan beberapa produk yang dihasilkannya. Namun sayangnya masih banyak pelaku UKM yang belum menyadari betapa pentingnya memiliki merek atau brand sendiri, di banding harus menempel brand milik orang atau perusahaan lain, berikut alasannya:
  • Merek atau brand adalah aset jangka panjang.
  • Merek atau brand sudah terbukti sangat ampuh untuk menarik perhatian konsumen.
  • Merek atau brand membuat konsumen mudah menemukan produk yang dihasilkan, tidak hanya secara online namun juga secara offline.
  • Merek atau brand memilih pengaruh yang sangat signifikan terhadap pola konsumsi konsumen.
  • Merek atau brand terkadang mampu mengugah sisi-sisi emosional konsumen sehingga berpotensi menjadikan konsumen tersebut loyal terhadap semua produk yang di jual.
  • Merek atau brand menjadi salah satu tools marketing untuk sebuah bisnis.
Kesadaran untuk lebih mendekatkan brand atau mereknya ke konsumen serta sebagai media yang tepat untuk melauching produk terbarunya membuat sahabat saya memutuskan ingin membangun dan membuat situs atau website sendiri. Menurutnya, memiliki website sendiri akan membuatnya memiliki space yang lebih luas untuk memperkenalkan beragam produknya termasuk produk terbarunya, selain itu dia berkeinginan memiliki space spesial untuk memperkenalkan dirinya selaku owner dan perjalanan bisnis yang dirintisnya. Tentu saja untuk mengakomodir keinginan-keinginan ini, saya menyarankan agar secepatnya dia mempersiapkan website khusus, tentu saja dengan domain spesial produk atau merek yang dimilikinya. Nah...sampai di titik ini muncul keraguan, mana yang harus dipilih, apakah hosting gratis ataukah berbayar. Tambahan informasi, hosting adalah tempat atau rumah untuk menampung beragam data-data sebuah website, tanpa hosting dan domain maka sebuah situs atau website tidak akan bisa di akses. Ada dua jenis hosting, yaitu berbayar dan gratis, masing-masing jenis hosting ini sesungguhnya memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri, namun menurut saya, untuk sebuah bisnis hosting berbayar adalah pilihan yang tepat karena menyangkut kredibilitas dari bisnis itu sendiri. 

Memang, jika memilih hosting berbayar ada sejumlah komitmen yang harus di penuhi, salah satunya adalah soal biaya untuk perawatan dan layanan fasilitas hosting yang digunakan. Namun untuk sebuah bisnis, UKM sekalipun, memilih hosting berbayar jelas memiliki keuntungan dan manfaat jangka panjang seperti berikut ini.
  • Lebih leluasa memasang plugin, script, dan widget apapun yang diinginkan untuk membuat tampilan situs atau website lebih menarik di mata konsumen. Yap...tidak bisa dipungkiri jika website atau situs yang memang didedikasikan untuk bisnis online sebaiknya memiliki fitur yang berbeda jika dibandingkan website personal lainnya. Sebuah situs bisnis online harus memiliki fitur atau navigasi yang ramah dengan konsumen dari berbagai usia dan latar belakang, selain itu tersedia fitur informatif lainnya yang memudahkan konsumen mengetahui secara detail produk yang di jual tersebut. Nah...jika menggunakan hosting berbayar tentu pelaku bisnis bisa memasang bermacam plugin, widget, dan script apapun yang diinginkan untuk menunjang tampilan websitenya tanpa batas.
  • Tidak terikat atau di batasi aturan tertentu. Jika dibandingkan menggunakan hosting gratis, tentu pelaku bisnis harus puas dengan batasan yang ditetapkan pihak penyedia layanan hosting tersebut, karena penyedia layanan hosting tersebut biasanya memiliki Term of Service (TOS) yang harus dipatuhi pengguna layanannya. Namun jika menggunakan hosting berbayar aturan seperti itu tidak akan di jumpai sehingga pelaku bisnis bisa bebas berkreasi membangun website yang diinginkan termasuk mengoptimasinya.
  • Terkesan lebih profesional dan bonafid. Memang untuk sebagian konsumen, sebuah website dengan hosting berbayar atau gratis terlihat tidak ada bedanya, apalagi saat ini sebuah website bisa memiliki nama top domain tanpa harus menggunakan hosting berbayar. Selain tersedia banyak domain murah untuk mendirect website bisnis kita, beberapa pihak penyedia layanan hosting gratis sudah menyediakan fitur untuk mempermudah menggunakan domain berbayar. Tapi percayalah tidak semua konsumen awam dengan hal tersebut, karena masih ada sebagian konsumen lain yang lebih percaya akan profesionalitas bisnis tersebut jika menggunakan hosting berbayar dan mengetahui apakah sebuah website menggunakan hosting berbayar atau gratis.Terus terang, saya pun lebih nyaman jika mengakses website bisnis yang menggunakan hosting berbayar karena secara tidak langsung menunjukkan komitmen pemilik bisnis tersebut terhadap produk yang dihasilkannya.
Dengan kelebihan ini tentunya akan lebih baik jika UKM mulai meng-onlinekan bisnisnya menggunakan hosting berbayar, terutama jika tujuan utama pelaku bisnis tersebut ingin memperkuat keberadaan merek atau brand di mata konsumen, tentunya harus mengedepankan asas profesionalitas dong. Tapi tidak sedikit pelaku UKM yang merasa ragu menggunakan hosting berbayar dengan alasan belum memiliki modal yang besar untuk menyewa layanan hosting berbayar, persis seperti yang dipikirkan sahabat saya. Selain itu, timbul juga perasaan khawatir bagaimana merawat website dengan hosting berbayar tersebut sedangkan kemampuan digital UKM masih rendah. Keraguan semacam inilah yang membuat pelaku UKM ragu untuk mulai meng-onlinekan bisnisnya secara mandiri dengan memiliki website bisnis pribadi. Tapi sesungguhnya sudah sejak lama pihak penyedia layanan hosting berbayar memiliki solusi untuk mengatasinya, yaitu dengan menyediakan layanan hosting murah. Namun tentu saja memilih layanan hosting murah tidak mudah dan berikut beberapa panduan memilih paket hosting yang tepat untuk UKM.
  1. Space Hosting. Sebuah bisnis pastinya membutuhkan tempat atau lokasi usaha, entah itu di rumah sendiri maupun menyewa tempat khusus atau bahkan membeli tempat spesial untuk menjalankan bisnis tersebut. Begitu juga dengan bisnis yang berbasis online, juga membutuhkan tempat atau space untuk menjalankan bisnisnya, dalam hal ini hosting adalah tempat atau rumahnya. Seperti halnya lokasi atau tempat bisnis, ada yang berukuran besar dan ada yang kecil, disesuaikan dengan kebutuhan bisnis atau usaha tersebut. Nah...besarnya space hosting yang dibutuhkan pun beragam disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis itu sendiri. Namun yang pasti jika untuk kebutuhan marketing banyak di upload video dan gambar maka bisa dipastikan bisnis tersebut membutuhkan space yang lebih besar jika dibandingkan website yang hanya menyuguhkan deretan informasi. Selain itu, juga harus dipertimbangkan kebutuhan bisnis jangka panjang karena perkembangan website biasanya dinamis mengikuti perkembangan dunia digital, maka website atau situs bisnis tersebut harus mengantisipasi hal ini. Meskipun demikian hal ini janganlah menjadi penghalang pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya ke ranah digital, karena banyak tersedia layanan hosting unlimited dengan harga yang sangat ramah di kantong UKM sehingga pelaku UKM bisa fokus pada hal lain, seperti inovasi atau penyempurnaan produk.
  2. Bandwidth atau transfer data. Analogi mudahnya begini, di suatu tempat usaha yang mulai ramai di kunjungi konsumen, idealnya tentu membutuhkan ruangan yang lebih lega agar konsumen merasa nyaman. Nah...bandwidth ini terkait dengan jumlah pengunjung yang mampir ke website tersebut, semakin banyak jumlah pengunjung maka membutuhkan bandwidth yang juga besar agar konsumen merasa nyaman saat mengakses website tersebut, serta yang pasti enggak sering-sering down. Meskipun pada awalnya jumlah pengunjung belum terlalu banyak, namun bisa jadi di tahun-tahun mendatang saar bisnis semakin moncer maka jumlah pengunjung akan bertambah, dan jika tidak diiringi bandwidth yang besar maka website akan down atau sulit di akses. Namun jangan khawatir, sama halnya dengan hosting, saat ini sudah banyak layanan yang memberikan fasilitas bandwidth unlimited, terutama untuk kebutuhan UKM Indonesia sehingga pelaku bisnis tidak perlu pusing memikirkan biaya yang harus dibayarkan jika jumlah pengunjung terus meningkat.
  3. Jumlah Domain. Salah satu kelebihan jika memilih hosting berbayar adalah bisa menyematkan lebih dari satu domain dalam satu hosting, namun untuk lebih jelasnya sebelum memilih paket hosting pastikan pelaku bisnis sudah memiliki gambaran jumlah domain yang dibutuhkan. 
  4. Pilih penyedia layanan hosting yang berkualitas. Pihak penyedia layanan hosting memiliki peran yang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis berbasis online tersebut. Semakin baik dan berkualitas jasa yang ditawarkan, potensi bisnis untuk berkembang pun semakin besar karena konsumen akan mudah mengakses website tersebut. Terkadang ada website bisnis yang sangat sulit atau membutuhkan waktu yang lama untuk bisa diakses secara cepat, padahal dalam bisnis, pelayanan dan kenyamanan konsumen menjadi priorotas utama. Untuk alasan itulah mengapa memilih penyedia layanan hosting yang tepat sangat penting, jika perlu pilih penyedia layanan hosting yang memiliki dukungan konsumen 24 jam. Testimoni yang positif juga menjadi poin penting untuk memilih jasa layanan hosting tersebut.
  5. Alokasi Biaya. Besarnya modal yang dimiliki pelaku bisnis untuk masuk ke industri pemasaran secara digital juga menjadi poin penting yang harus dipertimbangkan, terutama untuk industri UKM. Tentu idealnya jika memiliki modal yang cukup, maka sebaiknya menyewa hosting yang unlimited untuk kebutuhan bisnis jangka panjang, jangan sampai hosting menjadi down karena jumlah pengunjung semakin hari semakin bertambah. Namun jangan khawatir karena saat ini sudah banyak penyedia layanan hosting berbayar yang menawarkan paket hosting unlimited dengan harga yang ramah di kantong UKM, salah satunya Jagoweb.com
  6. Testimoni. Sama halnya dengan bisnis lainnya, testimoni konsumen menjadi salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih penyedia layanan paket hosting. Nah...testimoni ini bisa membantu calon konsumen untuk memilih layanan hosting yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pelaku UKM tersebut.
Paket Hosting Murah Jagoweb
Layanan Hosting Murah Jagoweb.com
Detail panduan yang sudah dijelaskan di atas memang bisa menjadi pertimbangan pelaku bisnis untuk memilih paket hosting yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnisnya, selanjutnya tinggal pelaku bisnis memilih pihak penyedia layanan hosting yang tepat serta mampu menjamin stabilitas kinerja website untuk jangka panjang. Selain itu, banyak UKM Indonesia yang belum terlalu familiar untuk memanage sebuah website atau situs bisnis, karena itu memilih penyedia hosting yang memberikan support atau dukungan selama 24 jam harus dipertimbangkan. Seperti yang saya alami beberapa tahun silam saat pertama kali menggunakan jasa hosting, karena masih sangat pemula dan belum berpengalaman sedikit masalah bisa membuat saya merasa sangat khawatir, untunglah support penuh yang saya dapatkan selama 24 jam membantu saya mengatasi masalah tersebut. Begitupun dengan UKM yang belum memiliki keterampilan yang cukup untuk mengatasi masalah website, support penuh dan tersedianya tutorial yang lengkap step by step harus menjadi pertimbangan sebelum memilih pihak penyedia layanan hosting. Selain itu, pertimbangkan juga poin-poin berikut ini sebelum memilih penyedia layanan hosting agar layanan website bisnis UKM tetap prima sepanjang masa.
  • Aktivasi Cepat. Umumnya setelah melakukan konfirmasi pembayaran, konsumen menginginkan situsnya serta layanan hostingnya bisa segera di akses, untuk alasan itulah mengapa penting bagi UKM untuk memilih layanan hosting yang menawarkan aktivitas cepat.
  • Promo dan tawaran menarik, seperti gratis top level domain untuk aktivitas layanan hosting, hal ini akan menghemat budget UKM terutama untuk UKM yang masih memiliki modal terbatas.
  • Akses penuh terhadap semua fitur hosting sehingga pelaku UKM bisa berkreativitas tanpa batas membuat website terbaik untuk mempromosikan produk yang dijualnya.
  • Support penuh serta pelayanan 24 jam, baik dalam penanganan error, hack, serta permasalahan teknis hosting lainnya, apalagi jika pelaku UKM masih terbilang pemula dalam urusan hosting ini.
  • Pastikan semua paket hosting dapat diupgrade kapan saja saat UKM membutuhkan space hosting yang lebih besar, karena mungkin saja pada awalnya UKM tidak memiliki modal yang cukup dan hanya berkeinginan memperkenalkan produknya secara detail, namun lama-kelamaan jumlah pengunjung dan konsumen terus meningkat yang tentu saja membutuhkan ruang hosting yang juga lebih besar, nah...pada titik inilah UKM butuh untuk mengupgrade paket layanan hostingnya.
  • Tersedia fasilitas promo diskon yang sangat menguntungkan UKM, seperti promo diskon sebesar 40% untuk pembelian paket hosting unlimited atau paket super besar ke atas di Jagoweb dengan kode promo "DENY40" serta kode promo "JAGOWEB10" untuk promo diskon 10% pembelian semua paket hosting. Bagaimana tertarik? Sila kunjungi website layanan hosting unlimited murah gratis daftar domain dan jasa website Jagoweb.com dan pilih paket hosting sesuai kebutuhan serta dana yang tersedia.
Satu hal yang memang tidak bisa di pungkiri seiring kemajuan teknologi digital, setiap bisnis setidaknya harus dapat di akses secara online, tidak hanya untuk kebutuhan pemasaran saja namun juga untuk memperkuat branding produk tersebut terhadap konsumen, baik yang sudah loyal maupun yang sama sekali belum mengenal produk tersebut. Kemudahan mengakses beragam informasi secara digital menjadi solusi mudah bagi UKM Indonesia untuk memperkenalkan produknya ke pasar internasional sehingga lingkup penjualan akan lebih luas. Dukungan terhadap UKM telah banyak diberikan berbagai pihak karena terbukti sejak beberapa tahun terakhir UKM memiliki peran cukup dominan dalam memajukan perekonomian dan membuka kesempatan lapangan kerja yang lebih luas. Bahkan, UKM terbilang memiliki ketahanan yang cukup mumpuni terhadap krisis keuangan yang pernah di alami Indonesia beberapa tahun lalu. 
Nah...dengan "Go Online" maka UKM Indonesia akan naik kelas menuju pasar yang lebih luas, karena itu saatnya UKM Indonesia meng-onlinekan bisnisnya dengan memilih paket hosting yang tepat agar memiliki website yang profesional.

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.