Serunya Nikmati Wisata Air Di Bengkulu Bersama Keluarga

Pesan tiket pesawat ke Bengkulu
Keindahan alam Pantai Panjang (Foto: Pribadi)
Kapan ya terakhir ke Bengkulu? Mungkin sekitar lima atau enam tahun yang lalu, ketika itu putri bungsu saya masih berusia hampir dua tahun. Undangan pernikahan salah satu keponakan suami yang saya terima hari ini membuat saya teringat kembali dengan Bengkulu karena kebetulan kakak suami tinggal dan menetap di Bengkulu. Bengkulu adalah salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera, yang berbatasan dengan Provinsi Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Jambi. Beberapa kali saya mengunjungi Bengkulu dan pada awalnya bukan karena salah satu kakak suami tinggal di kota ini, namun karena kakak kandung saya pernah bertugas di Kota Bengkulu yang merupakan ibukota Provinsi Bengkulu. Pertama kali menginjakkan kaki di Kota Bengkulu saat saya masih kuliah semester dua, dan kebetulan saat saya sedang libur kuliah. Saat itu saya masih tinggal di Kota Bandar Lampung, jadi perjalanan menuju Kota Bengkulu di tempuh lewat jalur darat atau jalur tengah lintas Sumatera, melewati beberapa kota yang masuk dalam Provinsi Lampung, seperti Bandar Jaya, Kotabumi, Bukit Kemuning, Fajar Bulan, terus hingga ke Kota Krui yang saat itu masuk dalam wilayah Lampung Barat.

Perjalanan lewat darat menuju Bengkulu menyisakan pengalaman yang tidak terlupakan untuk saya, selain karena pemandangan yang indah di sisi kanan dan kiri jalan yang kami lewati, saya mengalami mabuk kendaraan yang tiada henti saat mobil mulai memasuki wilayah Fajar Bulan karena jalan yang berkelok-kelok, menanjak. dan berliku. Namun pemandangan deretan rumah panggung yang khas cukup menghibur dan menghilangkan sedikit pusing di kepala karena mabuk kendaraan yang tiada henti hingga akhirnya memasuki Kota Liwa, kota yang berhawa sejuk dan cenderung dingin karena berada di kaki gunung. "Ini baru separuh perjalanan," kata kakak saya karena hari mulai malam, kami memutuskan untuk menginap di Kota Liwa. Selain sedikit lelah dan mengantuk, kami tidak mau mengambil resiko melewati hutan lindung saat malam hari. Yap...untuk menuju Bengkulu dari Kota Liwa, kami harus melewati hutan yang cukup lebat dengan jalan yang menurut saya sangat ekstrim karena berbelok-belok seperti ular. Walhasil, setiap tikungan setiap mobil harus membunyikan klakson agar mobil dari arah berlawanan mengetahuinya. Meskipun perjalanan cukup esktrim, namun pemandangan laut lepas di sepanjang perjalanan dari Kota Liwa ini membuat mata terasa sangat segar, dan untunglah di etape kedua ini saya tidak mabuk kendaraan lagi hingga akhirnya memasuki Kota Manna yang secara administratif masuk dalam Provinsi Bengkulu...horeee sudah sampai Bengkulu akhirnya setelah menempuh perjalanan dua hari.

Pesan tiket pesawat ke Bengkulu
Suasana jelang Festival Tabot (Foto: Pribadi)
Sebenarnya sih yang membuat saya tertarik ikut ke Bengkulu karena akan diselenggarakannya Festival Tabot, yang merupakan festival budaya tradisional masyarakat Bengkulu. Festival ini berlangsung selama 10 hari berturut-turut lho, mulai dari tanggal 1 Muharram hingga 10 Muharram berdasarkan kalender Islam. Selain Festival Tabot, hal menarik lainnya adalah mengunjungi benteng bersejarah peninggalan Belanda, yaitu Benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno semasa diasingkan Pemerintah Belanda di Bengkulu. Benteng Marlborough yang saya ingat memiliki area yang cukup luas sekitar 44 ribu meter persegi dan menghadap langsung ke Samudera Hindia nan luas. Meskipun di sekitar area benteng sudah banyak bangunan milik masyarakat, namun kokohnya bangunan benteng ini menjadi saksi bisu entah berapa ratus kali terjadi pertempuran yang maha dahsyat. Saat itu tidak banyak tempat wisata yang saya kunjungi karena minat masyarakat untuk berwisata masih rendah sehingga banyak lokasi wisata yang belum dikembangkan. Sungguh saya tidak menyangka jika akhirnya salah satu kakak suami tinggal di Bengkulu, dan hari ini mengirimkan undangan pernikahan putrinya yang akan diselenggarakan di Bengkulu.

Sebenarnya lima atau enam tahun yang lalu, kami sekeluarga pernah mengunjungi Bengkulu dalam rangka bersilahturahmi agar anak-anak bisa mengenal keluarga pamannya lebih dekat sekaligus berlibur. Jika dahulu saat saya pertama kali mengunjungi Bengkulu, destinasi wisata terbilang masih terbatas dan belum banyak yang dikembangkan, namun saat berkunjung untuk kedua kalinya sudah banyak lokasi wisata yang dibuka dan telah dilengkapi beragam fasilitas untuk para pengunjungnya. Meskipun agenda utama tetap mengunjungi destinasi wisata sejarah, seperti Benteng Marlborough dan rumah pengasingan Bung Karno, namun harus di akui anak-anak saya lebih antusias saat tahu mereka akan di ajak menikmati wisata air. Yap...selain wisata sejarah, Bengkulu juga terkenal memiliki banyak destinasi wisata bahari atau air yang tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah namun juga suasana liburan yang menyenangkan untuk dinikmati bersama keluarga tercinta.

Pesan tiket pesawat ke Bengkulu
Ombak Pantai Panjang (Foto: Pribadi)
Serunya Nikmati Wisata Air Di Bengkulu Bersama Keluarga

Pariwisata Bengkulu tidak hanya di kenal karena memiliki destinasi wisata sejarah semata lho, karena di daerah ini ada banyak destinasi wisata air yang cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Apalagi anak-anak saya paling semangat jika di ajak mengunjungi lokasi wisata air, karena bisa bermain air sepuasnya. Ternyata menurut penelitian, ada beberapa manfaat jika anak-anak rutin di ajak menikmati wisata air lho. Apa saja manfaatnya, simak penjelasan berikut ini.
  • Belajar menghilangkan rasa takut dan membantu memupuk keberanian. Saya termasuk tidak bisa berenang bahkan cenderung takut dengan air dalam jumlah yang banyak karena menderita phobia air. Untuk alasan itulah saya beruntung karena ketiga anak saya suka bermain air dan bisa berenang, bahkan putri bungsu saya yang saat ini berusia 7 tahun susah bisa berenang sedikit demi sedikit. Nah...ternyata wisata air bisa membantu anak menghilangkan rasa takut, lebih berani, dan tangguh. Sifat baik inilah yang kelak sangat dibutuhkan generasi penerus bangsa agar mampu berkompetisi dengan bangsa lain.
  • Lebih rileks dan santai. Berwisata air tidak selalu identik dengan berenang atau bermain air, cukup dengan menikmati pemandangan indah di sekitar lokasi wisata air tersebut, akan membuat tubuh lebih rileks dan santai. Biasanya di sekitar destinasi wisata air tersebut tersedia beragam fasilitas, seperti taman bermain untuk anak-anak sehingga sambil bersantai, anak-anak bisa bermain di area permainan tersebut.
  • Membantu memberikan stimulasi untuk perkembangan anak, seperti fisik, motorik, dan sensorik. Selain itu, kita sering melihat anak-anak membuat sesuatu menggunakan media pasir di pantai, seperti membuat istana, bangunan rumah, dan lain-lain. Ternyata hal ini bisa memacu perkembangan kreativitas dan imajinasi anak lho.
Pesan Tiket Pesawat ke Bengkulu
Suasana Pantai Panjang (Foto: Pribadi)
Nah...beruntung saat berlibur di Bengkulu, kami sekeluarga mengunjungi beberapa destinasi wisata air yang ternyata cukup terkenal di kalangan wisatawan sebagai lokasi ideal untuk berlibur bersama keluarga, yaitu:
  1. Pantai Panjang. Siapa yang tidak kenal pantai yang satu ini karena namanya sudah melegenda dikalangan wisatawan, termasuk dari mancanegara. Jika dahulu saat pertama kali mengunjungi pantai ini relatif masih sepi, saat berkunjung kedua kalinya bersama keluarga, Pantai Panjang banyak mengalami perubahan. Oh ya, dinamakan Pantai Panjang karena memiliki garis pantai yang terbilang sangat panjang terbentang sepanjang 7 kilometer dan berada dekat pusat kota Bengkulu, hanya dibutuhkan beberapa menit saja untuk sampai ke Pantai Panjang dari pusat kota sehingga tidak heran jika hampir setiap malam selalu ramai. Ketika pertama kali mengunjungi pantai ini setelah belasan tahun lalu, saya cukup terkejut dengan perkembangannya yang cukup pesat. Beragam fasilitas tersedia lengkap di kawasan pantai ini, mulai dari penginapan, pusat kuliner, pusat belanja, fasilitas olahraga, hingga area taman bermain anak. Pasirnya yang halus dan lembut bikin anak-anak betah berada di pantai ini, meskipun di beberapa bagian pantai memiliki ombak yang cukup besar. 
  2. Pantai Tapak Paderi. Sebenarnya sih pantai ini masih termasuk kawasan Pantai Panjang, namun dahulu pantai ini digunakan sebagai pelabuhan tentara Inggris dan kebetulan letaknya tidak terlalu jauh dari Benteng Marlborough sehingga setelah berwisata sejarah kami langsung menuju pantai ini untuk beristirahat menikmati jagung bakar dan beberapa kuliner khas Bengkulu. Tidak di sangka kami sempat menikmati sunset matahari terbenam yang indah di pantai ini, sayang kamera smartphone belum secanggih sekarang sehingga hasil jepretannya kurang bagus.
  3. Danau Dendam Tak Sudah. Dulu saat pertama kali mendengar namanya yang unik, rasanya agak seram dan wajar jika menduga-duga ada cerita di balik penamaan danau yang terletak di Kota Bengkulu ini. Reaksi yang sama pun ditunjukkan anak-anak saat mendengar namanya pertama kali, dan mungkin karena efek namanya yang unik, ketika mengunjungi destinasi wisata air yang satu ini, anak-anak tidak terlalu antusias dan aktif bermain melainkan hanya duduk-duduk menikmati hijaunya pemandangan di sekitar danau. Yap...danau yang terletak di kelurahan Dusun Besar, Kota Bengkulu ini memang di kelilingi kawasan cagar alam serta bukit-bukit hijau sehingga cocok untuk dijadikan tempat beristirahat dan relaksasi.
  4. Air Terjun Palak Siring Kemumu. Saya ingat tadinya kami bermaksud mengunjungi salah seorang kerabat suami yang tinggal di Bengkulu Utara, tapi karena orang yang akan dikunjungi sedang bepergian, otomatis karena sudah tiba di kota ini akhirnya kami memutuskan untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang cukup terkenal, yaitu Air Terjun Palak Sering Kemumu (namanya aneh juga). Objek wisata yang satu ini namanya cukup di kenal lho di kalangan wisatawan, tidak heran jika penanda menuju lokasi wisata air ini sangat mudah ditemukan. Selain air terjun, lokasi wisata ini juga menawarkan pemandangan sekitar yang indah dan hijau karena daerah sekitarnya merupakan kawasan konservasi. Tidak hanya itu, di lokasi wisata ini terdapat irigasi yang merupakan peninggalan Belanda, kebayang kan betapa tua umurnya. Anak-anak senang sekali karena bisa bermain air di sungar yang berada di sekitar air terjun, selalu banyak bebatuan, airnya ternyata sangat dingin karena air terjun ini berada di kawasan pegunungan, tepatnya di Desa Kemumu. Tarif masuknya sangat terjangkau dan letaknya yang tidak terlalu jauh membuat banyak wisatawan tertarik mengunjunginya. Selain bisa melepas lelah dan tubuh lebih rileks, mata sangat dimanjakan dengan pemandangan hijau nan indah disekitar kawasan air terjun tersebut.
  5. Pantai Jakat. Atas rekomendasi kakak suami karena anak-anak ribut ingin berenang sepuasnya di pantai, maka sebelum pulang keesokkan harinya kami sempatkan untuk mengunjungi lokasi wisata Pantai Jakat. Lokasinya yang cukup dekat dengan pusat Kota Bengkulu sehingga tidak butuh waktu lama untuk tiba di sana menjadi salah satu pertimbangan kami untuk mengunjunginya. Benar seperti kata orang, pantai ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain air anak-anak sangat landai dan ombaknya cenderung kecil. Kedalaman pantainya hanya berkisar 0 - 1,5 meter dan terdapat batu karang yang tidak curam membuat objek wisata ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Di sekitar pantai tersedia fasilitas lengkap, termasuk kuliner atau tempat makan yang nyaman untuk saya menunggu anak-anak yang asyik bermain pasir dan berenang. Ternyata di sekitar kawasan pantai terdapat fasilitas bermain banana boat, jet ski, outbond atau area bermain anak, dan masih banyak fasilitas keren lainnya. Tidak heran jika pantai ini menjadi lokasi favorit keluarga untuk menghabiskan waktu libur.
Pesan tiket pesawat ke Bengkulu
Kawasan Air Terjun Palak Siring Kemumu (Foto: Pribadi)
Pesan tiket pesawat ke Bengkulu
Puas deh main air (Foto: Pribadi)
Sepertinya anak-anak senang dan puas deh bermain air selama liburan di Bengkulu, buktinya sampai sekarang mereka kerap menanyakan kapan bisa berlibur lagi ke Bengkulu karena masih banyak destinasi wisata yang belum kami kunjungi, diantaranya melihat secara langsung bunga raksasa Rafflesia Arnoldi yang sangat terkenal, kebetulan bunga raksasa ini ditemukan pertama kali di Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Meskipun kami sempat melewati daerah tersebut, tapi sayangnya kami tidak sempat mampir karena terbatasnya waktu liburan. 

Pesan tiket pesawat ke Bengkulu
Menuju Kabupaten Kepahiang, Bengkulu (Foto: Pribadi)
Untungnya kami pulang pergi menggunakan moda transportasi pesawat terbang, sehingga waktu libur tidak terbuang di perjalanan, apalagi saat ini saya dan keluarga tinggal di Tangerang, Banten sehingga moda transportasi pesawat menjadi pilihan yang terbaik. Selain itu, mengingat betapa melelahkannya perjalanan darat menuju Bengkulu seperti yang saya alami dahulu dan kebetulan saat berkunjung, putri bungsu saya masih belum genap dua tahun sehingga naik pesawat adalah pilihan terbaik. Ternyata ada beberapa keuntungan lho jika memilih moda transportasi pesawat saat berlibur bersama keluarga berdasarkan pengalaman saya, antara lain:
  • Hemat waktu. Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu alasan mengapa banyak orang kerap memilih menggunakan moda transportasi pesawat adalah waktu perjalanan yang singkat dan umumnya sangat tepat waktu. Perjalanan yang singkat akan membuat semua aktivitas yang direncanakan berjalan lancar dan anak-anak cenderung lebih nyaman di perjalanan. Yap...umumnya anak-anak mudah bosan saat terlalu lama dalam kendaraan sehingga baik pesawat apalagi jika membawa anak-anak yang masih kecil adalah pilihan yang tepat.
  • Tidak akan direpotkan dengan barang bawaan. Jelas, naik pesawat menjamin keamanan barang bawaan kita dan pastinya enggak repot karena semua barang bawaaan masuk dalam bagasi pesawat. Cukup mendaftarkan barang bawaan kita saat check in dan mendapatkan bukti penyerahan barang, maka barang bawaan akan masuk bagasi dan akan diambil kembali saat tiba di tempat tujuan.
  • Hemat biaya. Harus di akui perjalanana menggunakan pesawat jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan moda transportasi lainnya, karena waktu penerbangan yang singkat maka biaya-biaya lain bisa di tekan, seperti biaya makan, bensin, bayar tol, dan biaya tidak terduga lainnya, apalagi jika membawa anak-anak yang masih kecil, biasanya membutuhkan banyak biaya untuk membeli beragam perlengkapan selama perjalanan. Selain bisa memangkas biaya-biaya yang kurang penting, terkadang banyak promo yang ditawarkan sehingga harga tiket yang di dapat jauh lebih murah dan hemat.
Pengalaman saya, ketika pesan tiket pesawat ke Bengkulu, bisa di bilang sangat beruntung karena mendapatkan harga hemat yang bikin saya tidak merogoh kocek terlalu dalam padahal kami membeli tiket pulang pergi untuk sekeluarga. Pastinya penasaran kan di mana saya mendapatkan tiket pesawat dengan harga promo dan murah, Pegipegi adalah jawabannya. Cara pesan tiket pesawat cukup mudah kok dan enggak pakai ribet, yaitu cari penerbangan, pilih penerbangan, isi data kontak dan penumpang, lakukan pembayaran, dan terakhir e-tiket dikirimkan melalui alamat email yang telah kita isi sebelumnya, kalau mau cara yang lebih mudah dan simpel cukup install aplikasi Pegipegi melalui Play Store dan Appstore. Oh ya, jangan khawatir melakukan pembayaran karena pembayaran Pegipegi sudah diproteksi 100% dengan keamanan SSL Secured sehingga transaksi keuangan yang digunakan terjamin keamanannya. Rincian biaya yang dikeluarkan sudah cukup jelas dan pastinya sangat memudahkan. Hanya menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam, pastinya enggak bikin anak-anak menjadi rewel dan kurang nyaman, bahkan anak-anak mendapatkan pengalaman baru naik pesawat terbang. Yuk berwisata bersama keluarga ke Bengkulu!

4 komentar:

  1. Baru tahu aku mbak, ternyata Bengkulu banyak juga ya wisata pantainya, bagus banget subhanallaah, semoga suatu hari aku bisa menginjakkan kaki ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, ada segudang wisata air di Bengkulu yang bahkan belum sempat saya jelajahi, mungkin next time akan berkunjung lagi.

      Hapus
  2. Wah sekali liburan banyak banget ya mbak yang dikunjungi. Penasaran sama penampakan danau dendam tak sudah mbak, namanya unik bisa jadi judul sinetron ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mba, saya saja sampai nanya-nanya mengapa namanya agak lain daripada yang lain, tapi belum ada jawaban yang pas menurut saya.

      Hapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.