Savasa, Hunian Nyaman Berteknologi Pintar Di Kota Deltamas Cikarang

Siapa yang tidak mengenal kawasan industri Cikarang sebagai salah satu kota industri terbesar di Indonesia bahkan di kawasan Asia Tenggara di mana berdiri ratusan bahkan ribuan industri skala besar hingga kecil dari berbagai negara di dunia. Berdasarkan letak geografisnya, Kota Cikarang masuk dalam wilayah Kabupaten Bekasi yang hanya berjarak kurang lebih 34 km dari Kota Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia. Salah satu kawasan industri di Kota Cikarang di mana terdapat banyak pabrik-pabrik besar mengembangkan produksinya untuk di ekspor ke berbagai kota di dunia adalah Kota Deltamas. Selain di kenal sebagai salah satu kawasan industri terbesar di Kota Cikarang, Kota Deltamas juga menjadi pilihan lokasi hunian yang nyaman bagi ribuan tenaga kerja yang setiap hari bekerja dan beraktivitas di kawasan industri, baik di Kota Deltamas sendiri maupun kawasan industri di sekitarnya. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan Kota Deltamas jika memiliki hunian di kawasan ini, tidak heran jika kemudian banyak permintaan dari berbagai kalangan masyarakat untuk membangun hunian yang tidak hanya nyaman untuk ditinggali bersama keluarga, namun juga aman, dan tentu saja berteknologi modern serta pintar.

Savasa Deltamas
Senangnya bisa hadir dalam Opening Ceremony Marketing Gallery Savasa Deltamas (Dokpri)
Untuk menjawab kebutuhan masyarakat terutama yang bekerja dan beraktivitas di berbagai kawasan industri Cikarang, di Kota Deltamas dihadirkan SAVASA, kawasan hunian yang mengusung konsep Smart Lifestyle dan di dukung teknologi modern Jepang. Tanggal 15 September 2018 lalu, untuk pertama kalinya Savasa Deltamas secara resmi menyelenggarakan acara "Opening Ceremony Marketing Gallery SAVASA Deltamas," bertempat di kantor Marketing Gallery Savasa Deltamas. Beruntung saya menjadi salah satu dari kurang lebih 50 blogger yang mendapat undangan untuk menyaksikan secara langsung Opening Ceremony Savasa di Kota Deltamas Cikarang.

Perjalanan menghadiri Opening Ceremony di awali dengan menuju titik pemberangkatan di Kota Jakarta di mana undangan akan diberangkatkan secara bersama-sama oleh panitia dari dua titik pemberangkatan, yaitu di Sinar Mas Land Plaza Jalan MH. Thamrin, Jakarta dan Gedung Panasonic Gobel Cawang. Perjalanan menuju Kota Deltamas di Cikarang Pusat tentu saja di warnai kemacetan yang cukup lumayan menghabiskan waktu, terutama saat memasuki tol Cikampek karena sebagian besar kendaraan menuju berbagai kota di Pulau Jawa hampir dipastikan melewati tol ini. Selama perjalanan saya membayangkan betapa tidak nyamannya jika setiap hari harus melalui kemacetan seperti ini yang tidak mengenal kata libur, bahkan jika saat libur tiba hampir dipastikan kemacetan akan semakin bertambah. Jadi alangkah efisiennya jika seseorang yang bekerja di kawasan industri Cikarang, memiliki hunian di kawasan yang sama sehingga tidak harus berlelah-lelah berhadapan dengan kemacetan.

Selama perjalanan, beberapa orang dari panitia tidak hanya membagi-bagikan brosur informasi seputar pembangunan Savasa Deltamas, namun juga menjelaskan beragam fasilitas dan benefit yang akan kita dapatkan jika memiliki hunian di Savasa Deltamas. Informasi ini tentu saja sangat bermanfaat bagi kami yang sebelumnya belum begitu mengetahui Savasa Deltamas bahkan Kota Deltamas itu sendiri karena belum pernah mengunjunginya. Kota Deltamas sendiri merupakan kota mandiri seluas 3.200 hektar yang terletak di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi dan berlokasi di kawasan yang sangat strategis di antara dua kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta dan Bandung. Akses menuju lokasi terbilang sangat mudah di jangkau karena memiliki akses langsung dari Tol Jakarta-Cikampek km 37. Selain melalui akses tol tersebut, saat ini sedang di bangun infrastruktur lainnya yang semakin memudahkan akses menuju Kota Deltamas Cikarang.

Memasuki gerbang Kota Deltamas, aroma kawasan industri berskala internasional yang modern berpadu dengan kawasan hunian yang teratur dan nyaman tercium sangat kuat sehingga tidak salah jika Savasa Deltamas kemudian menjadikan Smart Lifestyle sebagai tagline kawasan huniannya. Tidak menunggu lama saat kami tiba di lokasi Marketing Gallery Savasa Deltamas yang juga menjadi tempat Opening Ceremony diselenggarakan, acara segera di mulai. Berbagai tamu penting, baik dari Sinarmas Land dan Panasonic Homes & Living sebagai pihak yang bekerjasama membangun kawasan hunian Smart Lifestyle, tamu undangan, media, dan tentu saja blogger-blogger dari kawasan Jabodetabek, menjadi saksi peluncuran kawasan hunian berteknologi pintar SAVASA.

Savasa Deltamas
Permainan angklung siswa siswi SMK Mitra Industri Deltamas (Dokpri)
Opening Ceremony di buka dengan pertunjukkan angklung siswa dan siswi SMK Mitra Industri yang berada di kawasan industri Kota Deltamas. Harmonisasi permainan angklung membuat saya ingat bahwa secara administratif Kota Cikarang termasuk dalam wilayah Propinsi Jawa Barat, sehingga tidak salah jika memilih alat musik angklung yang menjadi salah satu alat musik tradisional khas Jawa Barat. Dengan membawakan dua lagu nostalgia, yaitu sepanjang jalan kenangan dan cant help falling in love, sukses membuat undangan merasa terhibur terutama kami yang baru tiba dari Kota Jakarta. Di pandu MC yang menghibur di mana salah satunya warga asli Jepang yang sangat fasih berbahasa Indonesia bahkan suka menyanyikan lagu-lagu Indonesia yang bagi sebagian orang sudah mengenalnya, yaitu Hiroaki Kato, acara berlangsung sangat meriah dari awal hingga akhir acara.

Savasa Deltamas
Mr. Kazuhiko Tanaka memberikan kata sambutan (Dokpri)
Di awali dengan sambutan dari Kazuhiko Tanaka, selaku President Director PT. Panahome Deltamas Indonesia (PHDI) sekaligus juga menjabat sebagai President Director PT. Panasonic Homes Gobel Indonesia, yang memaparkan "Panasonic Homes memiliki 54 tahun pengalaman dalam membangun lebih dari 490.000 rumah di Jepang, dan telah menerapkan teknologi perumahan di Taiwan, Malaysia, dan sekarang di Indonesia. Dengan teknologi Wall-Precast Concrete (W-PC) yang khas akan membantu memberikan solusi untuk backlog 13 juta rumah di Indonesia, mempersingkat masa konstruksi setidaknya tiga bulan namun tetap mengutamakan kualitas terbaik. Bersama Sinarmas Land, mewujudkan pembangunan kota yang berkelanjutan namun tetap mempertimbangkan kelestarian dan keselamatan lingkungan, serta menyediakan perumahan klaster berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia."

Sementara itu, Hongky Jeffry Nantung, President Director PT. Puradelta Lestari, Tbk sekaligus CEO Commercial Sinar Mas Land menyatakan, "Melihat pertumbuhan pesat kawasan Cikarang dan sekitarnya belakangan ini, terutama dengan ditunjuknya Kota Deltamas secara resmi sebagai lokasi Cikarang Japannese School, memberikan keyakinan kepada kami pentingnya menyediakan perumahan yang berkualitas dengan standar Jepang di wilayah ini. Untuk mencapai itu semua, kami bekerjasama dengan Panasonic Homes, yang telah memiliki pengalaman luas dalam mengembangkan kota pintar seperti Fujisawa SST yang sangat sukses di Jepang untuk membangun 37 hektar produk hunian premium di lahan Sinarmas land sebagai komitmen untuk terus berinovasi dalam menyediakan pilihan hunian terbaik dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia."

Setelah acara sambutan baik dari pihak Sinarmas Land maupun dari Panasonic Homes, undangan diberikan kesempatan untuk menikmati hiburan dari benteng Taiko yang menampilkan berbagai atraksi menakjubkan dan tentu saja menghibur. Setelah menikmati acara demi acara dalam rangkaian Opening Ceremony Marketing Gallery Savasa Deltamas, tibalah pada acara inti, yaitu penguntingan pita sebagai tanda dibukanya secara resmi Marketing Gallery Savasa Deltamas untuk selanjutnya dapat melakukan kegiatan marketing sehubungan dengan akan segera dibangunnya kawasan hunian pintar Savasa Deltamas Cikarang. Setelah pimpinan kedua perusahaan yang berkolaborasi untuk membangun hunian Savasa Deltamas melakukan peninjauan ke kantor Marketing Gallery dan show unit rumah contoh, para undangan termasuk blogger dipersilakan untuk melihat-lihat rumah contoh serta meninjau Marketing Gallery Savasa Deltamas yang sebentar lagi akan segera beroperasi.

Savasa Deltamas
Marketing Gallery Savasa Deltamas resmi di buka (Dok: Blogger Savasa)
SAVASA, Hunian Nyaman Berteknologi Pintar Di Kota Deltamas Cikarang

Umumnya aktivitas masyarakat yang tinggal dan bekerja di kawasan industri sangat padat sehingga menuntut segala sesuatu dapat berjalan secara efisien dan hemat waktu. Selain itu, masyarakat modern tentunya menginginkan segala sesuatu saling terkoneksi dan terintegrasi, contohnya seorang ibu pekerja tentu saja ingin tetap memantau aktivitas keseharian anak-anaknya di rumah terutama yang masih balita dengan mudah dari tempatnya bekerja. Tentu saja keinginan ini bisa diwujudkan dengan kemajuan teknologi masa kini dengan bantuan smartphone dan berbagai aplikasinya. Dengan mengusung konsep teknologi pintar Smart Living dari Jepang yang memungkinkan impian orangtua masa kini bisa terwujud, maka dihadirkan SAVASA yang berlokasi di kawasan Kota Deltamas Cikarang.

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan SAVASA sebagai hunian nyaman berteknologi pintar di Kota Deltamas Cikarang, antara lain:

Berada dalam naungan nama besar Panasonic Homes & Living dan Sinarmas Land

Dua nama besar ini sudah tidak asing lagi dalam industri properti, dan kini berkolaborasi untuk membangun kawasan hunian Savasa Deltamas. Kedua perusahaan tersebut kemudian membentuk perusahaan Joint Venture yang bernama PT. Panahome Deltamas Indonesia (PHDI) untuk membangun 37 hektar kawasan hunian berteknologi pintar, SAVASA Deltamas. Dalam perencanaannya, pengembangan Savasa akan berlangsung dalam tiga tahap di mana tahap pertama akan di lakukan pembangunan lahan hunian seluas 13 hektar seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pengembangan tahap pertama akan di bangun 811 hunian dan 33 ruko yang terbagi dalam 4 klaster, yaitu Asa, Niwa, Hana, dan Yuta yang akan di desain secara khusus sehingga membuat penghuninya merasa nyaman dan aman. Berada dalam kawasan Kota Deltamas Cikarang, Savasa Deltamas memiliki berbagai fasilitas dan infrastruktur yang terbilang sangat lengkap mulai dari fasilitas pendidikan dari berbagai jenjang, sport center, serta akses transportasi. Saat ini telah tersedia fasilitas pendidikan SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, Pangudi Luhur Bernardus School mulai dari TK hingga SMA, Korean Education Complex, hingga Institut Teknologi Sains Bandung yang merupakan kerjasama antara ITB Bandung dan Sinar Mas. Untuk kedepannya akan di bangun rumah sakit Mitra Keluarga Deltamas, Japanese School (sekolah resmi Pemerintah Jepang), serta AEON Mall Deltamas yang lebih luas dari AEON Mall lainnya di Indonesia.

Konsep Hunian Savasa yang dibangun berdasarkan empat konsep dasar, yaitu:
  1. Smart Township, di mana kawasan hunian di bangun dengan sistem one gate berteknologi pintar untuk memberikan rasa aman yang menyeluruh bagi warga yang tinggal di kawasan tersebut. Serta Smart Cluster dan Smart Energy sehingga lebih ramah lingkungan dan menyatu dengan alam disekitarnya.
  2. Smart Security, di mana pengamanan tidak hanya dilakukan secara manual namun juga diintegrasikan dengan teknologi pintar yang dapat di akses penghuni dari mana saja dan kapan saja.
  3. Smart Home, di mana hunian dibangun dengan teknologi konstruksi dari Panasonic yang diintegrasikan dengan Panasonic Smart Home Technology.
  4. Smart Community, di mana hunian tidak hanya di rancang untuk tempat tinggal semata namun juga agar setiap penghuninya mendapat kesempatan untuk hidup lebih baik dan saling berinteraksi dengan warga lain dalam suasana yang harmonis. Selain itu, setiap kawasan hunian juga di lengkapi dengan urban farming area untuk memberikan kesempatan warganya menikmati gaya hidup Green Living.
Lokasi hunian yang sangat Strategis

Savasa Deltamas berada pada lokasi yang sangat strategis, yaitu sangat dekat atau bahkan berada di lingkungan kawasan industri Kota Deltamas Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Hanya berjarak 5 menit dari stasiun kereta cepat Jakarta - Bandung, Stasiun Karawang, dan Gerbang Tol KM 41,6 yang akan segera di bangun. Tidak heran jika dalam pengembangannya kelak, lokasi hunian Savasa Deltamas terbilang sangat strategis dan pastinya akan menjadi pilihan masyarakat yang bekerja dan beraktivitas di daerah-daerah sekitarnya. Selain itu, saat ini sedang di bangun infrastruktur jalan baru di kawasan Tol Jakarta - Cikampek yang pastinya akan memudahkan akses masyarakat menuju berbagai kota di Pulau Jawa. Lokasi Savasa Deltamas juga hanya berjarak kurang lebih 130 km dari Bandara Kertajati yang nantinya akan diproyeksikan sebagai bandar udara internasional.

Konsep Hunian Berteknologi Pintar

Dari total 37 hektar area yang dipersiapkan untuk kawasan hunian Savasa Deltamas, pada tahap pertama akan di bangun 13 hektar, 811 rumah, dan 33 ruko atau rumah toko. Sedangkan untuk tipe rumah akan di bangun dua tipe, yaitu tipe A dan tipe B. Untuk tipe A di bangun dengan luas tanah 66 m2 dan luas bangunan 64 m2 yang terdiri dari dua kamar tidur. Sedangkan untuk tipe B di bangun dengan luas tanah 84 m2 dan luas bangunan 80 m2 yang terdiri dari tiga kamar tidur. Kedua tipe tersebut sudah dilengkapi carport di setiap unitnya. Selain itu, juga akan dilengkapi berbagai fasilitas publik yang dapat di akses semua penghuni, yaitu tempat pengisian daya telpon seluler dan laptop umum, delivery dropbox untuk menjaga keamanan klaster selama pengiriman barang, dan fitur smart security seperti kamera CCTV, sensor sinar inframerah, dan sistem kartu akses untuk para penghuni. Tentu saja setiap gate juga akan di jaga penjaga keamanan yang sudah terlatih untuk menjaga keamanan serta kenyamanan penghuni, terutama untuk orangtua yang sibuk bekerja dan memiliki anak yang masih balita di rumah.

Setiap Hunian Di Lengkapi Teknologi Panasonic Homes yang Canggih dan Modern Serta Ramah Lingkungan

Indonesia memiliki kesamaan dengan negara Jepang, yaitu terletak di lingkaran Api Pasifik, di mana lingkaran Api Pasifik adalah wilayah yang sering di landa bencana gunung berapi dan gempa bumi. Untuk alasan itulah mengapa seharusnya hunian-hunian di wilayah-wilayah Indonesia yang rawan gempa sebaiknya di bangun dengan konstruksi tahan gempa seperti konsep hunian di Jepang. Savasa Deltamas hadir dengan mengusung konsep yang tidak hanya sesuai dengan gaya hidup masyarakat modern yang menginginkan segala sesuatunya lebih efisien, namun juga aman dari bahaya bencana alam seperti gempa. Melalui teknologi POWERTECH Panasonic, setiap hunian di Savasa sudah di lengkapi dengan konstruksi tahan gempa yang kokoh dan telah teruji kualitasnya. Selain itu, hunian juga akan dilengkapi fitur canggih Panasonic Home Network System yang terdiri dari CCTV baik di dalam maupun di luar hunian, sensor pintu, smart plug, serta Digital Cordless Phone. Sedangkan dari segi kenyamanan setiap hunian di lengkapi pula dengan sistem penyaring udara dan ventilasi PURETECH yang di klaim dapat menyaring hingga 97% debu, kotoran, dan partikel berbahaya yang masuk ke dalam rumah. Untuk melengkapi tagline hunian nyaman berteknologi pintar, setiap hunian di Savasa di rancang dengan sistem Cross Ventilation yang dapat meningkatkan sirkulasi udara dan membuat rumah lebih sejuk dan tentunya lebih sehat. Untuk saluran pembuangan atau septic tank telah dilengkapi Biotech Filter. Penerangan setiap ruangan hunian juga dilengkapi dengan lampu LED Panasonic Low Energy.

Savasa Deltamas

Savasa Deltamas

Setelah puas melihat-lihat Marketing Gallery Savasa Deltamas, serta melihat secara langsung rumah contoh yang akan dikembangkan menjadi hunian nyaman berteknologi pintar, para undangan diberikan kesempatan untuk menikmati makan siang. Setelah berlangsung acara makan siang, kemudian di lanjutkan dengan penampilan kembali Benteng Taiko dan tentu saja yang sangat di tunggu, yaitu penampilan Ica Zahra, pemenang pertama kontes menyanyi lagu Jepang yang diikuti peserta yang bukan warga negara Jepang. Terlihat jelas bahwa Ica Zahra memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang cukup fasih sehingga tidak heran jika Ica berencana untuk memulai karir di Jepang. Opening Ceremony Marketing Gallery Savasa Deltamas kemudian di tutup dengan pengumuman dan pembagian hadiah kompetisi sosial media yang diikuti peserta blogger, di mana hadiah yang ditawarkan sangat menarik, mulai dari setrika listrik, blender, serta magic com dari Panasonic yang teknologinya sudah sangat dipercaya masyarakat Indonesia sejak bertahun-tahun lalu memiliki kualitas sangat mumpuni.

Berinvestasi dengan memiliki hunian di Savasa Deltamas pastinya sangat menguntungkan, karena setiap hunian di Savasa memiliki banyak keunggulan yang masih jarang sekali di miliki hunian lainnya. Hunian nyaman berteknologi pintar di masa depan pastinya menjadi pilihan masyarakat modern untuk memberikan kenyamanan bertempat tinggal bagi keluarga tercinta. Selain membuat hidup lebih efisien dan nyaman serta aman, hunian berteknologi pintar diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi setiap penghuninya mewariskan lingkungan terbaik bagi generasi selanjutnya atau dengan kata lain menjadi hunian yang smart serta berkelanjutan. Pertumbuhan kota serta hunian tidak harus diikuti dengan kerusakan lingkungan alam sekitar karena sebuah kawasan hunian bisa dirancang dan di bangun serasi dengan alam, bahkan penghuninya bisa memberikan kontribusi bagi keseimbangan alam agar dapat di nikmati generasi-generasi selanjutnya.

Saat ini hanya Savasa Deltamas yang mampu menjawab tantangan tersebut, karena itu sebelum terlambat segeralah berinvestasi untuk masa depan yang lebih indah bagi generasi penerus bangsa selanjutnya.

Channel Youtube Savasa Deltamas

Savasa Deltamas
Referensi artikel :
http://www.savasa.id/
https://properti.kompas.com/read/2014/11/29/120124921/seperti-inilah-perumahan-pintar-di-masa-depan-

3 komentar:

  1. Hi!!! Ibu Mutia, terima kasih sudah menyempatkan waktu dan space blog nya untuk SAVASA, dan terima kasih juga telah menyempatkan waktu untuk menghadiri Acara Opening Ceremony SAVASA Marketing Gallery dan Show Unit kami di Kota Deltamas pada tanggal 15 September 2018 yang lalu. Jika Smart People ingin tahu lebih lanjut tentang SAVASA, silahkan menghubungi Marketing Gallery kami di nomor 021-899-15888 (Greenland Square Blok BA No.1, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kab.Bekasi) atau lsg ke Sales Supervisor kami, sdr.Andry Heryandi di HP 0813-1842483

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga atas undangannya karena saya berkesempatan menyaksikan secara langsung lokasi Savasa Smart Home di Kota Deltamas.

      Hapus
  2. kawasan industri bakal terus tumbuh selama masih ada lahan

    BalasHapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.