Jumat, 17 Maret 2017

Workshop Quilting, Serunya Membuat Sarung Bantal Motif Pinwheel Bersama Kriya Indonesia

Quilting! Sesungguhnya bukanlah kosakata yang asing di telinga saya karena sewaktu kecil oma saya yang berasal dari Pulau Sulawesi kerap membuat sendiri selimut yang berasal dari potongan kain perca yang dijalinnya satu sama lain dengan jahitan tangan sehingga menghasilkan motif selimut yang cantik dan berwarna-warni, yang disebutnya Quilt. Tapi itu sudah lama berlalu, bahkan saya sudah lupa kalau masih kecil dahulu saya pernah punya selimut yang bermotif kain perca, yang di jahit satu persatu secara handmade oleh oma saya. Saya kembali mengingat kata ini saat pertama kali membaca undangan dari Kriya Indonesia di media sosial yang akan menyelenggarakan "Workshop Quilting" di Museum Tekstil Jakarta. Tentu saja saya tertarik dan segera mendaftar karena saya tahu persis sekalipun teknik menjahit dengan quilting tidak mudah tapi setidaknya saya memiliki kesempatan untuk belajar meskipun hanya sedikit. Akhirnya saya jadi tahu ternyata menyambungkan potongan kain perca yang sepintas terlihat mudah, ternyata sulit sekali dan saya sudah membuktikannya 😂.

Workshop Quilting Bersama Kriya Indonesia
Saatnya mulai Workshop Quilting bersama Kriya Indonesia (Dok: Pribadi)

Sabtu, 4 Maret 2017 lalu, bertempat di Museum Tekstil Jakarta, Kriya Indonesia menyelenggarakan acara yaitu Workshop Quilting, membuat sarung bantal Motif Pinwheel, yang dihadiri puluhan peserta, mulai dari komunitas craft hingga blogger. Dalam acara workshop ini, selain mendapat kesempatan untuk belajar teknik menjahit quilting bersama Founder Kriya Indonesia, Mbak Astri Damayanti, juga mendapat kesempatan untuk mencicipi bagaimana rasanya menjahit dengan mesin jahit generasi terbaru dari Brother Indonesia. Ternyata memang tidak mudah menjahit dengan teknik quilting, selain harus mencocokkan motif agar nampak pas dan sedap di pandang mata, menjahitnya pun harus rapi. Tapi berkat workshop yang diselenggarakan Kriya Indonesia awal bulan lalu, saya jadi tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut, apa sih Quilting itu? Serta bagaimana awal mula quilting berkembang menjadi salah satu teknik menjahit yang mungkin sudah ada sejak berabad-abad yang lalu.

Ternyata cukup sulit menemukan referensi yang lengkap bagaimana sejarah quilting di dunia, tapi setidaknya ada sedikit informasi yang didapatkan bahwa teknik menjahit quilting ini sudah ada sejak abad 18 hingga 19, yang di mulai saat penduduk Eropa mengalami perpindahan atau migrasi besar-besaran dari Eropa menuju Benua Amerika. Bahkan, ada beberapa negara di Eropa yang sudah mengenal teknik menjahit quilting ini sejak abad ke-17 di mana motif yang digunakan untuk membuat quilt menggambarkan kondisi pada masa tersebut. Lalu, apa sebenarnya Quilting itu? Quilting adalah seni menggabungkan kain perca dengan ukuran dan potongan tertentu hingga akhirnya membentuk motif-motif yang unik serta perpaduan warna yang indah. Pada masa awal perkembangan Quilting, untuk menjahit quilt ini sama sekali tidak menggunakan mesin jahit melainkan menggunakan Hand Stitches atau jarum tangan seperti yang dahulu sering dilakukan oma saya. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi menjahit quilt bisa dilakukan dengan bantuan mesin jahit yang bahkan sudah di bekali teknologi canggih untuk menjahit quilt dengan berbagai pola atau motif.

Workshop Quilting bersama Kriya Indonesia
Ini hasil karya saya, lumayan (Dok: pribadi)
Bahkan, untuk beberapa negara seperti Amerika, teknik menjahit Quilting ini memiliki memori kenangan tersendiri yang menggambarkan jejak-jejak sejarah perjuangan masa lalu. Tidak heran jika teknik jahit tradisional ini masih dilestarikan bahkan koleksi quilt yang sudah berumur lebih dari seratus tahun ini masih kerap dipamerkan di ruang-ruang museum dengan tujuan agar masyarakat mengenal dan tahu sejarah Quilting, karena hingga saat ini Quilting di anggap sebagai salah satu teknik menjahit dengan cita rasa seni yang tinggi. Meskipun gaungnya tidak senyaring di luar negeri, ternyata quilting sudah lama berkembang di Indonesia, dan beruntung saya diberikan kesempatan untuk tahu dan mencoba secara langsung bagaimana menjahit Quilting tapi dengan bantuan mesin jahit canggih yang ngak bikin pemula seperti saya mengalami kesulitan untuk menggunakannya. Penasaran dengan mesin jahit apa yang saya gunakan saat workshop Quilting awal bulan lalu? Ini informasinya.

Quilting Makin Mudah Dengan Mesin Jahit Brother GS 2500

Brother memproduksi banyak tipe mesin jahit yang sudah menggunakan teknologi canggih sehingga memudahkan penggunanya yang bahkan belum mengenal teknik menjahit sama sekali, salah satunya adalah GS 2500 yang saat workshop kebetulan saya gunakan untuk belajar menjahit Quilting. Layaknya mesin jahit modern produksi Brother lainnya, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan sehingga sangat cocok untuk pemula dalam dunia jahit-menjahit sekalipun seperti saya yang meskipun agak berantakan tapi berhasil menyelesaikan tugas workshop, membuat sarung bantal untuk kursi dengan motif Pinwheel.

Workshop Quilting bersama Kriya Indonesia
Penampakan Mesin Jahit Brother GS 2500 (Dok: Pribadi)
  • Ada sekitar 25 jenis jahitan yang bisa di pilih sesuai selera. Kata siapa menjahit harus selalu lurus, karena berkat mesin jahit generasi terbaru dari Brother ini, kita bisa menjahit dengan berbagai variasi jenis jahitan, seperti gelombang, zigzag, garis-garis, dan masih banyak lagi. Jenis jahitan yang beragam ternyata bisa mempercantik hasil kreasi atau pakaian yang dijahit sehingga nampak lebih indah tanpa harus repot-repot menggunakan alat lainnya.
  • Sistem 4 lubang kancing. Dahulu membuat lubang kancing cukup sulit, apalagi untuk penjahit yang masih pemula, namun berkat teknologi mesin jahit Brother hanya dengan mengganti sepatu mesin jahit, maka kita bisa membuat lubang kancing yang diinginkan sesuai dengan model atau desain baju yang akan di jahit.
  • Pemasangan sepatu mesin jahit yang mudah. Sepatu mesin jahit memiliki peranan yang sangat penting dalam urusan jahit-menjahit menggunakan mesin jahit karena akan membantu menyelesaikan jahitan. Dalam mesin jahit ada beberapa jenis sepatu mesin jahit yang tersedia tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda, ada sepatu standar untuk menjahit lurus dan variasi, ada sepatu untuk memasang resleting, serta ada juga sepatu untuk membuat lubang kancing. Untuk mesin jahit Brother, memasang sepatu mesin jahit sangat mudah, hanya dengan menekan bagian atas sepatu untuk melepas atau menempelkan sepatu yang akan di pasang sehingga tidak memerlukan alat bantu lainnya, seperti obeng dan lain-lain.
  • Lebih hemat listrik, karena hanya membutuhkan daya listrik sebesar 51 watt saja sehingga tidak akan membuat tagihan listrik rumah tangga menjadi melonjak hanya karena hobi menjahit.
  • Pengaturan jahitan, ada 6 baris gigi yang bisa di atur sesuai dengan tebal atau tipisnya bahan yang akan kita jahit, selain itu kita bisa mengatur panjang jahitan hingga 4 cm.
  • Built in free arm, yang artinya ketika kita menjahit kain yang lebarnya kecil atau membuat tali yang berbentuk silidris, kain bisa berjalan sendiri tetap pada jahitan lurus tanpa harus dipegangi tangan.
  • Pisau atau alat pemotong benang, yang terletak di dekat pusat aktivitas menjahit kita akan menemukan benda yang bentuknya mirip pengait dan menghadap ke atas, dan benda inilah yang digunakan untuk memotong benang dengan mudah dan cepat sehingga kita tidak membutuhkan gunting lagi. Cara menggunakannya cukup mudah, setelah selesai menjahit, masukkan benang yang tersisa pada alat tersebut dan benang akan langsung terputus tanpa harus menggunakan alat bantu lainnya.
  • Proses pemasangan benang ke mesin jahit yang sangat mudah, karena kita hanya tinggal mengaitkan benang tersebut pada alat yang sudah disediakan, kemudian terakhir dengan alat bantu memasukkan benang ke lubang jarum yang mudah, dengan cepat kita bisa mulai menjahit kembali. Tidak hanya proses memasukkan benang, untuk memasang benang pada sekoci mesin jahit pun sangat mudah dan cepat sehingga kita tidak perlu menunggu lama untuk mulai menjahit kembali.
Workshop Quilting bersama Kriya Indonesia
Saya dan GS 2500 (Dok: Pribadi)
Selain tipe GS 2500, Brother juga telah menyediakan mesin jahit tipe lainnya yang bahkan beberapa diantaranya sudah dibekali teknologi canggih yang mudah dioperasikan, baik untuk industri kecil atau skala rumah tangga maupun industri garment. Tidak hanya itu setiap pembelian mesin jahit Brother akan di bekali DVD yang berisi instruksi serta berbagai model jahitan yang bisa dijadikan inspirasi untuk memulai usaha jahit-menjahit dari rumah. Bagaimana tertarik dengan kemudahan yang ditawarkan Mesin Jahit Brother GS 2500 atau tipe lainnya seperti yang sudah saya coba saat mengikuti Workshop Quilting bersama Kriya Indonesia di Museum Tekstil Jakarta Awal Maret lalu? Bisa mencari informasi secara detail melalui website www.servicejayasupply.com atau datang secara langsung ke alamat berikut:

Service Jaya Supply
Jl. Ciledug Raya No. 9B - Cipulir, Kebayoran Lama
Jakarta Selatan, Indonesia

Oh ya, meskipun Quilting identik menggunakan kain perca atau kain sisa, namun pastikan kain atau bahan untuk membuat Quilt tersebut berkualitas karena kita berharap Quilt yang kita buat bertahan dalam waktu yang lama dan tidak mudah rusak atau robek. Pemilihan kain untuk membuat Quilt dari bahan yang berkualitas ini bahkan sudah sejak zaman dahulu, pada masa-masa awal berkembangnya teknik menjahit ini. Tidak heran jika di luar negeri banyak yang berusia hingga ratusan tahun dan kerap di pamerkan di museum pada momen-momen tertentu. Tidak heran jika dalam workshop kali ini menggunakan bahan baku kain yang di jual secara online oleh Textilezy.

Penasaran dengan apa itu Textilezy? Textilezy adalah situs ecommerce tekstil pertama yang memudahkan konsumen melakukan pembelian tekstil secara online, dari mana saja dan kapan saja. Dengan dukungan teknologi modern serta fitur-fitur yang memudahkan konsumen untuk mencari bahan pakaian sesuai dengan kebutuhannya, Textilezy muncul sebagai pioner untuk toko online yang secara khusus menjual beragam tekstil dengan harga yang relatif terjangkau dan proses pembelian secara online yang sangat mudah. Kini saatnya mengucapkan selamat tinggal pada acara berbelanja tekstil yang kerap identik dengan berdesak-desakan, panas, macet, serta berpotensi menambah biaya produksi karena ada biaya-biaya tidak terduga yang harus dikeluarkan.

Workshop Quilting bersama Kriya Indonesia
Belanja makin mudah dengan Aplikasi Zy Textile (Dok: Pribadi)
Soal kualitas dan ragam pilihan tekstil, jangan khawatir karena tersedia banyak pilihan jenis kain dengan motif atau corak yang beragam serta bisa di pilih sesuai kebutuhan, seperti Golden Rami, Linen Crepe, Cotton Japan, Bubble Crepe, Titanium Sateen, Torismo, dan masih banyak lagi. Berbelanja kain secara online semakin mudah tidak hanya melalu website, namun juga bisa dilakukan melalui aplikasi mobile  yang kekinian dengan Aplikasi ZY Textile  yang dapat di unduh melalui Play Store untuk smartphone yang berbasis Android dan App Store untuk yang berbasis IOS atau Iphone. Jadi tidak ada kata sulit untuk berbelanja tekstil berkat Textilezy, karena untuk berbelanja tidak hanya melalui website namun juga melalui aplikasi mobile, yang dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Workshop Quilting bersama Kriya Indonesia
Beragam jenis kain atau tekstil dengan harga terjangkau (Dok: Pribadi)
Referensi tulisan :
http://www.hiloninside.com/blog/mengenal-tentang-tehnik-quilting/
http://www.textilezy.com/
Release Kriya Indonesia via email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...