Jumat, 31 Maret 2017

Pojok Mungil Alfa Kurnia yang Sarat Ilmu dan Inspiratif

Tidak terasa arisan link bersama Blogger Perempuan kelompok V sudah mulai memasuki detik-detik terakhir, terus terang ada banyak tambahan ilmu baru yang saya dapatkan selama mereview blog teman-teman arisan kelompok V, salah satunya blog Pojok Mungil miliknya mbak Alfa Kurnia. Meskipun url blognya Pojok Mungil, namun isi blognya kalau menurut saya sangat luas dengan konten yang bersize besar alias sarat ilmu dan pastinya sangat menginspirasi siapapun yang berkunjung ke blog Pojok Mungil-nya. Seperti halnya blog emak-emak muda lainnya, blog Pojok Mungil milik mbak Alfa pun juga menyematkan laman khusus yang menbahas seputar tumbuh kembang si kecil. Tapi sebelum membahas kategori apa saja sih yang ada di blog Pojok Mungil, ada banner di blognya mbak Alfa yang sangat membuat saya penasaran, yaitu BukuBerkaki. Terus terang, jika blogwalking atau berkunjung ke suatu blog, saya paling suka melihat banner-banner yang dipasang pemilik blog di halaman blognya, menurut saya sangat menarik dan mungkin saja inspirasi bisa datang dari sana.

Alfa Kurnia


Setelah saya telusuri apa itu BukuBerkaki, ternyata suatu komunitas yang mendedikasikan seluruh aktivitasnya untuk membuka akses informasi terutama terhadap anak-anak melalui buku. Seperti halnya pepatah lama yang mengatakan, "buku adalah jendela dunia" karena dengan buku kita bisa mengintip dunia lain yang selama ini nyaris tak pernah terjangkau oleh kita, maka sangat penting memang untuk meningkatkan minat baca terutama di kalangan anak-anak. Melalui BukuBerkaki, akan ada banyak anak yang mendapat kesempatan untuk mengakses informasi melalui buku, terutama untu anak-anak yang tinggal di daerah yang masih sulit terjangkau akses informasi. Sedangkan untuk anak-anak yang sudah terjangkau akses informasi namun minat baca tergolong masih rendah, BukuBerkaki juga memiliki program untuk mengajak anak-anak untuk mulai mencintai buku sekalipun mereka dengan mudah dapat mengakses berbagai informasi melalui perangkat teknologi.

Foto dari Instagram Alfa Kurnia
Setelah mencari tahu apa itu Komunitas BukuBerkaki, sekarang lanjut kita mengulik isi blognya mbak Alfa yang pastinya sarat ilmu dan inspiratif melalui kategori utama blog Pojok Mungkin, yaitu Life as mom, Life with my kids, dan tentu saja Life in Brunei.

Life as mom

Dunia ibu memang penuh warna-warni yah, saya pun sudah merasakannya selama hampir empat belas tahun menjadi seorang ibu. Ada kalanya kita tertawa bahagia melihat tingkah lucu anak-anak, namun di lain waktu kita menangis saat anak-anak sakit atau mengalami sesuatu yang tidak diinginkan, atau ada kalanya kita marah saat anak-anak melanggar aturan yang sudah disepakati atau kita tetapkan saat anak-anak masih kecil, dan warna-warni cerita keseharian ibu itulah yang banyak saya jumpai saat membaca satu demi satu blogpost yang ditulis mbak Alfa yang termasuk dalam kategori "Life as Mom." Selain bertebaran post tentang resep-resep yang bikin saya penasaran ingin mencobanya...cuma penasaran lho hahaha, juga ada banyak post tentang pengalaman serta tips-tips parenting yang pastinya akan membantu saat menghadapi masalah serupa. Salah satu artikel yang menarik perhatian saya adalah tips yang dibeberkan mbak Alfa untuk urusan unggah-mengunggah foto anak-anak.

Memang beberapa kali saya membaca share artikel tentang apa saja sih yang boleh dan tidak boleh di unggah di media sosial terutama menyangkut anak-anak karena di sinyalir ada beberapa kasus kejahatan yang berawal dari aktivitas orangtua yang kerap mengunggah berbagai foto anak-anaknya. Dari membaca artikel yang si post mbak Alfa berjudul "5 foto yang sebaiknya tidak diunggah di media sosial," saya mendapatkan ilmu serta informasi berharga atau lebih tepatnya peringatan mengapa sebaiknya kita berhati-hati saat ingin mengunggah foto anak-anak di akun media sosial kita, Ada 5 hal yang sebaiknya tidak kita lakukan untuk melindungi anak-anak kita dari kejahatan media sosial berdasarkan artikel yang di tulis mbak Alfa, yaitu jangan mengunggah foto anak kita bersama teman-temannya tanpa seizin orangtua anak tersebut, jangan mengunggah foto anak di sekolahnya, jangan mengunggah foto anak sedang telanjang atau tidak berbusana, jangan memuat identitas anak yang lengkap, serta jangan mengunggah foto yang mungkin saja akan mempermalukan anak kita sendiri kelak.

Terus terang artikel ini sangat penting menurut saya di ketahui para orangtua untuk waspada terhadap kejahatan dunia maya yang akhir-akhir ini cukup meresahkan. Selain itu, hindari mengunggah foto yang mungkin menurut kita lucu namun belum tentu anak-anak menyukai terutama saat usia mereka beranjak remaja, karena ada kalanya foto-foto lucu saat mereka masih kecil yang kita unggah di akun media sosial kita justru membuat mereka bisa saja di bully teman-temannya. Untuk alasan itulah saya setuju untuk pikir-pikir dulu deh atau pilah pilih foto apa saja yang akan kita unggah di akun media sosial kita. Selain artikel menarik bertemakan parenting tersebut, ternyata masih banyak artikel lainnya yang di tulis mbak Alfa, yang pastinya sarat akan tambahan ilmu baru untuk siapa saja terutama orangtua seputar parenting untuk anak-anaknya, dan yang pasti semua artikelnya sangat menginspirasi termasuk saya karena sejatinya semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk putra-putri tercintanya.

Life with my kids

Anak adalah segalanya untuk orangtua, bahkan orangtua tidak segan untuk bekerja keras memberikan fasilitas yang terbaik untuk anak-anaknya. Tidak hanya itu, orangtua juga tidak segan untuk mempelajari banyak ilmu baru agar bisa memberikan pengasuhan terbaik untuk anak-anaknya, tidak heran jika mbak Alfa menyematkan kategori khusus yang membahas segala hal tentang hidupnya bersama anak-anak. Ternyata ada banyak artikel yang di tulis mbak Alfa pada kategori ini, pengalaman bersama anak-anak yang pastinya sangat berkesan, entah itu saat mereka beraktivitas di sekolah, saat berlibur, dan masih banyak lagi. Tapi tidak lupa, mbak Alfa juga menyematkan artikel seputar tips yang sangat inspiratif bagi orangtua lainnya, seperti artikel yang satu ini membahas tips seputar mempersiapkan anak untuk liburan di pantai. Memang tidak mudah mempersiapkan anak-anak untuk berlibur termasuk saat berencana untuk berlibur di pantai, dan saya memiliki pengalaman dengan hal ini hehehe. Khusus untuk seputar urusan berlibur bersama anak-anak di pantai, mbak alfa membagikan beberapa tips yang sangat bermanfaat di Pojok Mungil-nya, diantaranya yaitu sebelum berangkat ajaklah anak mengenal susana pantai melalui buku atau tayangan di televisi, pilih pantai yang ramah dan nyaman untuk anak-anak, perkenalkan secara perlahan, bawalah perlengkapan yang cukup, dan sederet tips lainnya.

Selain itu, masih ada artikel lainnya yang menurut saya sangat menarik dalam kategori ini, antara lain artikel yang membahas "makna sebuah pelukan." Mungkin memeluk adalah suatu hal yang sederhana, bahkan nyaris terlupakan terutama saat anak-anak mulai beranjak remaja dan kita merasakan mereka mulai memasang jarak pengaman dengan kita. Terus terang saat putra sulung saya mulai beranjak remaja, kami seolah mulai berjarak dan jarang bersentuhan fisik, entah mungkin dia yang mulai menarik diri atau justru saya sendiri yang merasa tidak nyaman. Saat membaca sharing artikel yang di tulis mbak Alfa, saya merasa tersentuh dan bertanya kepada diri sendiri, "kapan yah saya terakhir memeluk remaja saya/" rasanya sudah sangat lama dan mungkin saja di sela waktu tersebut dia masih menginginkan pelukan dari ibunya. Ternyata memberikan pelukan kepada si kecil juga memberikan banyak manfaat lho, terutama untuk membangun hubungan emosional orangtua dan anak, berikut beberapa manfaat yang di sharing mbak Alfa; membangun rasa percaya antara orangtua dan anak, meredakan stress serta daya tahan tubuh, melepas hormon oksitosin yang merangsang rasa bahagia, dan masih banyak lagi manfaat positif lainnya.

Life in Brunei

Salah satu keuntungan yang saya dapatkan menjadi Mom Blogger antara lain bisa mengenal banyak perempuan blogger yang bahkan berdomisili jauh dari Indonesia, salah satunya mbak Alfa yang hingga saat ini masih berdomisili di negara tetangga Brunei Darussalam. Tinggal nun jauh di sana, di negeri orang pastilah banyak cerita suka dan suka yang dirangkai mbak Alfa, dan semua cerita itu dituangkan mbak Alfa dalam artikelnya yang masuk dalam kategori Life in Brunei. Ada banyak artikel dalam kategori ini, namun yang mendominasi adalah cerita keseharian aktivitas anak-anak mbak Alfa disekolahnya. Yah....benar, salah satu pembeda yang membuat kita menyadari bahwa saat ini berada jauh dari Indonesia adalah sistem pendidikan, karena setiap negara memiliki sistem pendidikan tersendiri yang berbeda antara negara yang satu dengan yang lain, termasuk di Brunei. Dalam kategori ini ternyata ada banyak cerita yang dituangkan mbak Alfa selama tinggal di Brunei bersama keluarga tercinta, terutama aktivitas si cantik Cinta di sekolah. Selama membaca artikel yang bertagline Life in Brunei ini saya seolah ikutan terbawa dengan suasana dan kehidupan di negara tetangga yang terkenal dengan berlimpahnya cadangan minyak bumi.

Eh...ada satu artikel yang menarik perhatian saya tentang Blackberry (jadi kangen sama BB), bagi saya BB adalah perangkat teknologi pertama yang mengenalkan fitur messenger yang nyaman untuk berkomunikasi dengan keluarga. Tidak hanya fitur BBM-nya, bersosial media melalui BB juga sangat menyenangkan karena bisa mengetik dengan cepat berkat keypad Qwerty-nya, meskipun saat ini lambat laun saya sudah familiar dengan touchscreen (harus dong, mau tidak mau hahaha). Selain cerita tentang si BB ini, masih banyak artikel yang di tulis mbak Alfa, yang tidak hanya menceritakan pengalamannya selama tinggal di Brunei, namun juga ada banyak informasi yang berharga bagi siapa saja yang mungkin saja dalam waktu dekat juga harus pindah ke negara tetangga terdekat Indonesia ini. Sekali lagi, ini salah satu keuntungan menjadi blogger, karena tidak hanya mengenal teman-teman dari seluruh daerah di Indonesia tapi juga yang saat ini berdomisili di luar negeri...sangat menyenangkan.

Selain 3 kategori menarik yang disematkan mbak Alfa melalui blog Pojok Mungil-nya, ada satu kategori lain yang diberi nama Review, yang pastinya memuat artikel seputar review. Selain cerita keseharian, blogger juga terkadang harus menuliskan review tentang banyak hal, dan kalau menurut saya menuliskan review ini juga tidak kalah menyenangkan kok, karena kita bisa belajar banyak hal tidak hanya mekanisme atau cara menuliskan review dari sudut pandang yang baik, kita juga di tuntut harus mengenal dengan baik produk yang direview tersebut, imbasnya pengetahuan kita pastinya akan bertambah, dan lagi-lagi menurut saya hal tersebut membawa manfaat positif setidaknya bagi diri saya. Selain tulisan mbak Alfa yang sarat ilmu dan inspiratif, secara keseluruhan blognya juga sangat menyenangkan bagi saya, cantik dan navigasi-nya sangat mudah, sehingga dengan mudah saya bisa menemukan banyak artikel yang menarik dan informatif untuk di baca, menambah pengetahuan baru, sehingga sangat tepat jika saya katakan, Pojok Mungil mbak Alfa sangat sarat ilmu dan inspiratif, memberikan dimensi pengetahuan baru bagi siapa saja yang berkunjung ke Pojok Mungil-nya.

Dari Tangerang 31 Maret 2017, untuk mbak Alfa Kurnia (arisan link Blogger Perempuan grup V).

1 komentar:

  1. Halo mbak Mutia....wah asik bgt ya ada cerita ttg sesama blogger di Blogger Perempuan. Menarik bgt deh kisah mb Alfa Kurnia ini yg tinggal di luar negeri. Menginspirasi nih...keren 😄

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...