Selasa, 07 Februari 2017

Hijaunya Dinding Rumah Berkat Tanaman Dollar Rambat

Tanaman dollar rambat
Tanaman dollar rambat di rumah saya (dokpri)
Tadinya cuma bermaksud mengisi space tembok di depan rumah yang belum di plester, eh...jadinya keterusan, akhirnya tanaman dollar rambat semakin tumbuh subur dan melekat kuat di tembok depan rumah. Entah karena bertangan dingin atau karena memang pekerjaannya berkecimpung dalam urusan tanaman, suami suka sekali menanam aneka jenis tanaman. Pohon pertama yang ditanamnya di depan rumah adalah pohon kemuning yang hampir mati di rumah mertua, pas di tanam di rumah kami, pohon kemuning tumbuh subur dan tinggi sekali, kalau lagi berbunga, harumnya sampai masuk ke dalam rumah. Tidak terhitung tetangga yang minta bijinya untuk di tanam, tapi entah tumbuh atau tidak. 

Beberapa kali ada seseorang yang belum saya kenal meminta daun kemuning, katanya sih buat obat tapi entah sudah terbukti khasiatnya atau belum, yang jelas saya belum pernah mencobanya, yang saya suka harum bunga kemuning jika sedang berbunga. Kalau kata suami, pohon di depan rumah sebagai salah satu upaya untuk menahan debu atau setidaknya meminimalisir debu masuk ke rumah😀. Tapi sedihnya, beberapa minggu yang lalu pohon kemuning di halaman rumah terpaksa harus di tebang karena sudah tinggi dan akarnya semakin besar, bisa-bisa merusak rumah. Maklumlah rumah di perumahan lahannya terbatas, jadi kalau akarnya sudah terlalu besar bisa merusak tembok atau dinding rumah.

Setelah pohon kemuning di tebang, sedih juga yah...ngak bisa lagi mencium harum bunga kemuning saat musim berbunga, tapi suami menggantinya dengan tanaman di pot. Selain pohon kemuning, ada satu tanaman lagi yang sampai saat ini masih tumbuh subur di tembok rumah, yaitu tanaman dollar rambat. Tadinya sih saya tidak pernah tahu nama tanaman tersebut, kebetulan kami mengambil bibitnya di tembok di kawasan Citra Raya, karena hampir semua tembok di sekitar Citra Raya di tanam jenis tanaman ini. Kalau menurut saya sih, fungsinya biar tembok ngak di corat-coret selain untuk menambah cantik eksterior kawasan perumahan. Dari bibit yang cuma setangkai, akhirnya tembok rumah kami semakin penuh. Kemudian berpindah mengisi tembok di halaman belakang 😀 jangan salah meskipun lahannya sempit, kami memutuskan untuk menyediakan space untuk tempat terbuka yang ngak di semen, ceritanya dulu saya bercita-cita pingin rumah yang ramah lingkungan meskipun kriterianya ngak terpenuhi semua.

Suatu hari saya mendapat tawaran membuat artikel untuk mengisi situs bibit bunga, pasti sebelumnya saya harus mencari referensi dong, dan tidak di sangka asyik googling saya menemukan gambar mirip dengan tanaman rambat di dinding rumah saya. Iseng saya klik situs yang memuat gambar tersebut, penasaran apa sih nama tanaman itu, ternyata nama Indonesia-nya Dollar Rambat (kok dollar yah?) dan nama latinnya Ficus Pumila L ( jadi ingat pas zaman sekolah dulu ngapalin nama-nama latin tumbuhan yang seabrek-abrek😂). Seperti tanaman atau pepohonan pada umumnya, tanaman ini pun memiliki fungsi yang saya penahan debu dan membuat sirkulasi udara lebih sehat. Jadi kepikiran, jika satu daun saja bermanfaat apalagi di tembok ada milyaran daun, pastinya udara jauh lebih sehat dan bisa meminimalisir polusi udara. Sayangnya...tidak semua masyarakat kota berpikiran yang sama yah, mungkin lahan rumah yang terlalu sempit sedangkan kebutuhan ruang sangat banyak, apalagi jika memiliki anggota keluarga yang banyak, pemikiran seperti ini terpinggirkan dulu deh.

Tanaman dollar rambat
Dokpri
Selain manfaat di atas, ternyata tanaman dollar rambat memiliki manfaat untuk kesehatan lho, namun tentu saja untuk membuktikannya dibutuhkan penelitian secara mendalam agar bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Namun apapun itu, ada baiknya saya share manfaat positif tanaman dollar rambat untuk kesehatan yah biar pada suka nanam pohon di rumah, selain bikin adem juga biar bumi ngak semakin panas😍.
  • Dapat mengobati atau mengurangi gangguan pencernaan. Umumnya gangguan pencernaan itu identik dengan mencret atau buang air besar secara terus-menerus, tapi ternyata tanaman dollar rambat ini juga bermanfaat untuk seseorang yang menderita penyakit ambeien. Terus bagian tanaman mana yang diambil? Ternyata untuk membantu meringankan jenis penyakit ini, bagian tanaman dollar rambat yang di ambil adalah bagian batangnya untuk di rebus kemudian di minum airnya.
  • Membantu menetralisir radikal bebas. Pastinya sudah pada tahu kan betapa berbahayanya radikal bebas untuk kesehatan tubuh manusia. Untuk itu dengan kandungan Flavonoid dan Polyphenol yang cukup tinggi pada tanaman dollar rambat, maka bahaya radikal bebas dapat di netralisir. Menanam dollar rambat selain bermanfaat untuk lingkungan, ternyata juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk di ketahui, pencemaran udara kini semakin tinggi belum lagi polusi yang nyaris setiap saat mengintai kesehatan tubuh manusia, wajar jika bermacam penyakit selalu muncul setiap saat, tidak jarang muncul penyakit-penyakit baru yang bahkan belum ditemukan obatnya. 
Untuk diketahui, Polyphenol serta Flavonoid adalah zat antioksidan yang umumnya terkandung pada daun teh, salah satunya adalh teh hijau. Sudah pada tahu kan kalau zat antioksidan itu memiliki peran yang sangat penting untuk membantu menangkal sekali lagi, bahaya radikal bebas.

Tanaman dollar rambat
Dokpri
Meskipun tanaman dollar rambat ini memiliki manfaat yang cukup besar dalam kesehatan, namun tetap harus berhati-hati karena akarnya melekat sangat kuat pada tembok, seperti yang ada di rumah saya. Sebelum memutuskan untuk menanam tanaman rambat ini, temukan tempat yang cocok yang diperkirakan tidak akan menganggu bagian rumah lainnya, karena jika sudah tumbuh subur tanaman ini bisa merambat ke mana-mana, bahkan bisa merusak genteng rumah. Sedikit tips dari saya untuk menekan laju pertumbuhan tanaman dollar rambat ini adalah dengan menguntingnya secara teratur jika sudah melewati ambang batas yang ditentukan, biasanya dua minggu atau satu minggu sekali jika musim hujan, suami rajin memangkas tanaman ini agar tidak merambat keluar jalur yang sudah ditentukan. 

Yuk mulai menanam yang hijau-hijau, bantu bumi agar tetap lestari memberi kita kehidupan yang sehat, kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi, anak-anak akan belajar dari kebiasaan yang dilakukan orangtuanya lho. Kadang-kadang melamun sambil memandangi tanaman dollar rambat dari jendela rumah, bisa mendatangkan inspirasi juga lho!😊.

Semoga bermanfaat dan senang bisa berbagi!

Referensi tulisan :
http://manfaat.co.id/manfaat-daun-dollar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...