Selasa, 20 Mei 2014

FESTIVAL HARI MUSEUM INTERNASIONAL 2014 DI MUSEUM NASIONAL INDONESIA

Saat ini Museum Nasional Indonesia, Museum kebanggaan Bangsa Indonesia yang terletak di jalan medan merdeka barat no. 12 Jakarta, genap berusia 236 tahun pada tanggal 24 April 2014 lalu. Dalam rangka memperingati hari jadi tersebut sekaligus Hari Museum Internasional, Museum Nasional menyelenggarakan Festival Hari Museum Internasional dan 236 tahun Museum Nasional dari tanggal 17 sampai 24 Mei 2014.

Acara pembukaan festival yang berlangsung tanggal 17 Mei 2014 dimeriahkan oleh pertunjukkan-pertunjukkan tradisional yang mencerminkan betapa kayanya budaya bangsa Indonesia. Keberagaman budaya yang ditampilkan dalam bentuk tarian, nyanyian, serta kolaborasi alat musik tradisional dari berbagai suku di Indonesia mencerminkan betapa perbedaan budaya yang melingkupi bangsa Indonesia tidak harus membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Yah...prinsip, pemikiran, dan latar belakang boleh berbeda, namun jika untuk kepentingan bangsa dan negara, semuanya harus melebur menjadi satu kesatuan.

Selain pertunjukkan seni dan hiburan, pada acara pembukaan juga terdapat booth-booth kreativitas seni tradisonal Indonesia, seperti seni membatik, melukis dan membuat wayang, juga lomba-lomba seni tradisional antar pelajar SD seperti lomba mewarnai dan melukis kendi, lomba menggambar, dan lomba lainnya dalam ruang lingkup melestarikan seni dan budaya Indonesia.

Setelah acara puncak pembukaan festival, acara dilanjutkan dengan meninjau ruang pameran yang diselenggarakan Museum Nasional dengan tema "Potret Museum Nasional dulu, kini, dan akan datang". Di area pameran ditampilkan sebagian koleksi museum nasional baik berupa benda peninggalan sejarah, buku, visualisasi perjalanan panjang berdirinya museum nasional, serta tokoh-tokoh yang berjasa dalam pengembangan museum nasional sebelum berdiri hingga sekarang.

Ada 2 hal yang unik dan menarik di area pameran, yaitu presentasi siswa-siswi SMA Negeri 28 Jakarta bidang eskul Robotic yang menampilkan hasil karyanya berupa robot dengan tampilan unik dan masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, sebuah langkah awal generasi muda untuk menyalurkan potensi kreatif mereka dalam wadah positif. Semoga suatu hari anak-anak bangsa inilah yang akan mengantarkan Indonesia sejajar dalam IPTEK dengan bangsa lain di dunia.


Hal unik lainnya adalah tersedianya booth nobar di area pameran, di booth ini pengunjung bisa beristirahat sekaligus menonton video perjalanan sejarah berdirinya museum nasional dalam bentuk audio visual sekaligus prestasi yang telah dibangun museum nasional hingga sekarang.

Setelah acara pembukaan, masih ada acara lain yang tidak kalah menariknya dan akan berlangsung hingga 24 Mei 2014, diantaranya :
  • Pameran "Potret Museum Nasional dulu, kini, dan akan datang".
  • Demo dan workshop kreativitas seni dan kriya.
  • Pertunjukan kesenian dan film.
  • Lomba Esai dan membuat komik.
  • Seminar Kekunaan Singhasari.
  • Pertunjukan video mapping
Dan terakhir tentu saja acara puncak gebyar Festival Hari Museum Internasional dan 236 tahun Museum Nasional Indonesia, sekaligus acara penutup yang akan menampilkan hasil dari serangkaian lomba dan acara yang telah dilaksanakan. Jadi tunggu apa lagi...mari ramaikan dan kunjungi Festival Hari Museum Internasional di Museum Nasional sebagai wujud kecintaan dan apresiasi kita terhadap sejarah peradaban bangsa yang tersimpan di Museum Nasional Indonesia.

Tulisan ini sebagai Reportase untuk Blogger Reportase Indonesia (BRID)

6 komentar:

  1. Kegiatannya banyak dan seru banget ya Mba, apalagi kalau bisa membuat batik sendiri seperti itu, ajarin saya buat batik ya Mba ? kepengen juga bisa buat batik sepeti itu. :D


    Salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya mas, boleh-boleh aja malah sangat positif sekali lho niatan mas untuk belajar lebih jauh seni budaya bangsa Indonesia, malah justru saya lho yang kagum dengan kepiawaian mas mengolah seni dan budaya bangsa dalam bentuk tulisan...hahahaha.

      Hapus
  2. Reportasenya keren mbak .... sayang aku kemaren sakit jadi gak bisa datang , padahal pengen ketemu dirimu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku itu justru kepingin ketemu dirimu, kangen udah lama ngak ngobrol...next event ya mbak, oke yaaaa.

      Hapus
  3. Museum Nasional sekarang tampilannya cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak, ada bangunan tambahan untuk fasilitas publik. Mudah-mudahan terus berkembang. Tengkyuuu Mak

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...