Kamis, 14 November 2013

BERSAMA ACER SLIM ASPIRE E1, MELESAT MENJADI EMAK NETPRENEUR

Selang beberapa hari yang lalu, saya mengunjungi salah satu perhelatan besar yang diselenggarakan oleh salah satu tabloid wanita yang cukup ternama di Indonesia bertema "Ladies Fair". Tadinya niatan cuma kepingin kopdar sama teman-teman yang selama ini hanya saling menyapa di dunia maya, ternyata ada banyak hal-hal baru yang menarik dan layak untuk menjadi bahan pertimbangan sekaligus pembelajaran dalam rangka menguatkan merubah mindset saya dari emak konsumtif yang ngak bisa nahan diri kalau melihat barang bagus, menjadi emak yang lebih produktif secara ekonomi. Ternyata di luar sana ada banyak emak yang secara konsisten dan eksis terus merambat menjadi seorang pebisnis yang hebat, bahkan bisa memiliki dan menjual produk buatan sendiri dengan berbagai brosur yang cantik, ah...memang benar selain multitasking emak juga bisa produktif.


Emak dengan segudang kesibukannya mengurus rumah tangga dan keluarga, bahkan ada juga yang berprofesi sebagai emak pekerja, dan hal itu ternyata tidak menyurutkan niat untuk terus memacu diri lebih produktif secara ekonomi. Kenyataan itu membuat saya merasa tidak enak hati, dengan segudang fasilitas untuk lebih produktif, terkadang saya masih berada dalam kondisi naik turun, kadang bersemangat tapi bila ada benturan sedikit demi sedikit semangat menurun meskipun belum pernah sampai ke titik terendah, dan mudah-mudahan jangan. Hal ini mengingatkan saya akan pepatah "banyak jalan menuju ke Roma" dalam artian ada banyak jalan untuk menjadi sukses dan meskipun kita tidak pernah tahu jalan yang mana tetapi setiap jalan wajib kita lewati untuk menuju pintu kesuksesan.

Berbekal keinginan dan semangat untuk lebih baik lagi, membuat saya mulai fokus belajar lagi tahap-tahap untuk memulai bisnis, dan banyak belajar dari pengalaman emak-emak yang sukses menjadi emak pebisnis. Ibaratnya sudah memiliki kendaraan, saya harus mengecek kekuatan mesin-mesinnya, memperbaiki interiornya agar nyaman, dan memantapkan tujuan serta arahnya untuk memacu kendaraan melesat menembus rintangan menuju rumah kesuksesan. Pilihan yang selama sudah saya jalani menjadi ibu rumah tangga yang produktif dengan cara menjadi "online entrepreneur ala ibu rumah tangga" adalah sebuah kendaraan yang sudah saya miliki, tinggal bagaimana saya memantapkan hati untuk mengurai rintangan agar kendaraan yang saya bawa bisa membawa saya dan keluarga sukses menuju rumah idaman.

Dalam rangkaian tahap semakin memantapkan diri dan terus belajar, saya mulai memahami bahwa selain harus ada keyakinan kuat akan pilihan bisnis yang dijalani secara online, saya harus melakukan lima langkah strategis untuk memulai bisnis secara online dengan benar :
  1. Penelitian pasar. Langkah ini menuntun kita agar lebih spesialisasi terhadap bidang usaha yang banyak diminati konsumen namun masih rendah kompetitornya, dan produknya banyak dibutuhkan masyarakat.
  2. Tentukan Supply produk atau ketersediaan produk. Langkah ini menuntut kita harus mampu melakukan pengadaan sesuai dengan permintaan pasar yang sedang digarap, termasuk mencari produk dengan harga yang seminimal mungkin agar bisa dijual kembali dengan harga yang kompetitif, bila mungkin lebih murah.
  3. Gunakan tenaga freelance atau ahli dalam bidang desain website jika kita tidak mampu membuat website penjualan secara profesional, agar kita lebih fokus.
  4. Menentukan sasaran konsumen sesuai dengan jenis produk yang akan kita jual.
  5. Mempelajari berbagai fitur-fitur yang sudah disediakan banyak pengembang layanan internet untuk keperluan marketing atau memasarkan produk, seperti Google Adwords, social media, layanan iklan berbayar atau gratis, layanan website marketing, dan lain-lain.
Kebutuhan layanan akses internet untuk menjalankan bisnis secara online sangat penting, karena tanpa adanya jaringan internet mustahil bisnis online bisa dijalankan, tapi yang paling utama adalah kita mempunyai perangkat teknologi komputer sebagai media utama untuk bekerja. Sekarang perangkat teknologi tinggi sudah bisa mobile dan tentu saja tanpa batasan tempat untuk membawanya, yaitu notebook. Notebook di masa sekarang ini bukan lagi teknologi yang dianggap mahal karena hampir semua orang memilikinya, tentunya dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang. Tetapi namanya juga perangkat mobile, kita tentu membutuhkan notebook bukan hanya sekedar memiliki spesifikasi handal tetapi juga tebal-tipisnya, bayangkan jika saya ingin bekerja di luar rumah membawa notebook konvensional, pastinya lumayan berat serta agak tebal belum lagi membawa anak-anak yang mau tidak mau juga membawa keperluan anak-anak, pastinya kayak mau pindahan bukan refresing namanya.

Tapi Acer Indonesia pada penghujung tahun 2013 ini menghadirkan inovasi terbarunya yaitu Acer Aspire E1-432, notebook dengan fitur esensial yang lengkap namun dengan form factor yang lebih bersahabat untuk para pengguna yang mobile. Notebook keluaran terbaru ini didukung performa Intel® Processor didalamnya, mulai dari Intel® Dual Core Celeron® Processor 2955U yang memiliki dua buah inti (dua core) dan yang berjalan pada kecepatan 1,40 GHZ. Selain memiliki keunggulan utama dengan penggunaan Processor Intel 4th gen terbaru atau dikenal dengan kode nama Haswell, notebook ini juga memiliki dimensi yang 30% lebih tipis dibandingkan notebook konvensional lainnya. Kenyamanan dalam menggunakannya di tambah lagi dengan disediakannya keyboard model chiclet yang luas dan nyaman serta cocok untuk penggunaan dalam waktu yang lama, serta trackpad dengan permukaan yang bertekstur sehingga lebih akurat dan responsif. Kedua interface ini memang didesain optimal untuk penggunaan OS Windows 8. Pendek kata Acer Aspire E1 Series keluaran terbaru ini benar-benar "sahabat sejati" untuk bekerjasama.

Acer Aspire E1-432

Keinginan untuk lebih produktif secara ekonomi mengantarkan saya pada keinginan untuk menjadi seorang "Emak Netpreneur" dengan beragam pertimbangan dan fleksibilitasnya. Perkembangan Teknologi Informasi (TI) dan digital life yang begitu ekspansif, ternyata merupakan keberkahan tersendiri untuk memulai bisnis secara online, belum lagi dukungan akses internet yang semakin mudah tentunya harus dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih produktif. Meskipun baru memulai harus saya akui bahwa kemudahan teknologi membuat segala sesuatunya bisa dijangkau hanya dengan duduk manis di satu tempat, sehingga terasa lebih mudah asal ada kemauan untuk belajar. Karena itu bagi saya memiliki notebook Acer Aspire E1 Slim Series merupakan jembatan untuk memacu produktivitas saya agar lebih maksimal, baik dalam membangun bisnis online maupun passion saya dalam dunia tulis-menulis.


MELESATKAN BISNIS ONLINE BERSAMA ACER SLIM ASPIRE E1


Hampir tiga tahun menekuni bisnis online kecil-kecilan memberikan banyak pengalaman berharga bahwa selain menjual barang dagangan ada faktor-faktor lain yang sangat penting dan mendukung proses penjualan agar lebih maksimal seperti manajamen waktu, dukungan akses internet yang optimal, dan perangkat teknologi pendukungnya seperti notebook. Trend penggunaan notebook untuk keperluan berbisnis akhir-akhir ini sangat booming, apalagi ditunjang dengan spesialisasi perangkat notebook yang makin mumpuni, seperti yang diusung oleh Acer Aspire E1 Slim Series yang baru-baru ini diluncurkan di pasaran Indonesia dengan dimensi yang sangat mobilitis yaitu 30% lebih tipis dari notebook konvensional lainnya.

Acer Aspire E1-432

Ketika saya berkomitmen untuk lebih serius membangun bisnis online saya, berarti saya harus memulai langkah-langkah strategis untuk menjalankan bisnis online secara benar seperti yang telah diuraikan sebelumnya.
  1. Melakukan penelitian pasar, tapi bukan pasar nyata melainkan pasar dunia maya. Untuk keperluan ini tentu saya membutuhkan Acer Aspire E1-432 yang memiliki fitur konektivitas berupa port LAN (RJ-45) yang dapat digunakan tanpa memerlukan converter apapun, Wireless Adapter Acer Nplity 802.11b/g/n jika kebetulan terdeteksi ada jaringan wifi disekitar saya, dan tiga buah port USB yang satu diantaranya menggunakan USB 3.0 untuk keperluan browsing menggunakan modem USB. Konektivitas melalui jaringan online ini sangat dibutuhkan karena saya harus mengetahui siapa saja yang menjadi kompetitor saya, berapa banyak produk sejenis yang di jual di pasaran online, dan tentu saja mempelajari iklan-iklan online yang terkait dengan produk toko online saya.
  2. Menentukan supply produk atau ketersediaan barang. Untuk keperluan yang satu ini saya membutuhkan supplier utama yang merupakan produsen produk tersebut agar harga yang saya dapatkan lebih murah sehingga harga yang saya jual lebih kompetitif atau bila mungkin lebih murah. Saya merasa nyaman apabila sesekali melakukan contact dengan video chatting karena pertemuan face to face membuat saya sedikit banyak mengenal wajah supplier saya meskipun kami tidak bertempat tinggal di daerah yang sama, meskipun komunikasi dalam bentuk lain tetap intens dilakukan. Untuk keperluan ini Acer Aspire E1-432 telah mengintegrasikan Webcam HD yang terintegrasi dan dengan resolusi yang lebih besar.
  3. Menekuni bisnis online berarti saya harus memiliki website toko online sebagai tempat untuk menampilkan produk-produk yang akan saya jual. Untuk keperluan ini saya tentu membutuhkan photo dengan kualitas gambar yang baik, bahkan tidak jarang saya harus mengeditnya agar terlihat lebih menarik. Dan lagi-lagi notebook Acer E1 Slim Series dengan kinerja grafis Intel HD Graphics (Haswell) menghasilkan performa yang sangat baik dan cocok untuk keperluan mengedit photo serta mengupload photo dengan tampilan yang cantik.
  4. Menentukan target marketing sesuai dengan produk yang saya jual dan segmentasi pasar yang memungkinkan saya untuk menjual produk saya. Dengan menggunakan jaringan internet saya dengan cepat bisa mendapatkan data-data yang saya perlukan agar dapat menentukan strategi penjualan apa kira-kira yang cocok. Untuk keperluan penyimpanan data ini, Acer Aspire E1-432 sangat handal dengan menggunakan RAM DDR3 sebesar 2 GB yang dapat di-upgrade hingga 8 GB, serta Harddisk SATA berukuran 500 GB sangat besar dan lega untuk menyimpan bukan hanya file tetapi juga video, ataupun keperluan multimedia lainnya.
  5. Membangun social online marketing sebagai salah satu fitur pendukung penjualan dan promosi. Untuk menjual saya membutuhkan media untuk mempromosikan produk saya, dan saya sangat beruntung berada di antara trend social media yang saat ini sedang banyak digunakan sehingga pekerjaan terasa lebih ringan dan informasi lebih banyak terupdate. Belum lagi dukungan networking yang sangat intens di antara sesama komunitas membuat saya merasa terbantukan dalam memperkenalkan produk yang saya jual.
Meskipun kadang-kadang terkendala masalah manajemen waktu karena bagaimanapun profesi utama saya adalah ibu rumah tangga yang harus mengurus rumah tangga, anak-anak, dan keluarga, namun terkadang saya mensiasatinya dengan mencuri-curi waktu disela-sela melaksanakan tanggung jawab tersebut. Entah itu pada saat anak-anak tidur, bermain, menunggu anak les, atau di sela waktu ketika menikmati akhir pekan bersama keluarga di luar rumah. Untuk yang satu ini Acer Aspire E1-432 dengan dimensinya yang 30% lebih tipis, tentu sangat saya perlukan apalagi dalam kondisi mobile dan pada saat yang bersamaan harus merespon customer. Tentu saya membutuhkan perangkat teknologi yang tetap menunjukkan sisi profesional saya sebagai pedagang namun tidak mengabaikan sisi keibuan saya.

LEBIH PRODUKTIF MENULIS BERSAMA ACER SLIM ASPIRE E1

Selain untuk keperluan membangun bisnis online, saya juga membutuhkan notebook yang handal sebagai teman  untuk menyalurkan hobi yang dalam dunia tulis-menulis. Dengan spesifikasinya yang jelas sangat mendukung, Acer Aspire E1-432 tentu akan banyak membantu mewujudkan passion saya dalam dunia menulis yang sekarang sedang saya naiki tahap demi tahap. Meskipun saat ini saya fokus pada menulis melalui blog namun bukan berarti menulis melalui media lain terpinggirkan, tetapi untuk satu waktu saya sedang dalam posisi menikmati menulis melalui blog dan menjadi lebih bersemangat dengan bergabung bersama Kumpulan Emak Blogger yang banyak memberikan kontribusi positif  untuk membangun mindset menjadi emak yang produktif dan aktif.

Menulis ternyata menimbulkan sensasi tersendiri bagi saya, selain menambah pengetahuan tentang banyak hal termasuk teknik penulisan dan sebagainya, hobi menulis juga bisa menambah teman dan membuka orientasi pergaulan yang lebih luas. Dukungan performa handal Acer E1 Slim Series membuat menulis terasa lebih nyaman, ditunjang dengan dimensi yang 30% lebih tipis membuat saya tentunya tampil keren dengan notebook slim yang paling tipis dikelasnya. Dengan fasilitas yang sangat handal dan keren ini, membuat saya lebih terpacu meningkatkan produktivitas saya untuk terus maju mengejar impian saya sebagai seorang manusia.
  1. Lebih aktif menulis melalui blog. Dengan dukungan spesifikasi Acer Slim Aspire E1, update berita, info, dan sumber tulisan terasa lebih ringan, jaringan internet yang menjadi prasyarat utama ngeblog menjadi lebih mantap.
  2. Membangkitkan minat saya untuk mulai mempelajari celah-celah media penulisan lain yang pada akhirnya membuat saya lebih produktif secara ekonomi, seperti menulis artikel, menulis cerita, atau menulis buku. Dan saya bisa memanfaatkan program-program untuk menulis yang terintegrasi dengan baik dalam Acer Slim Aspire E1, berkat besarnya kapasitas Harddisk yang disediakan dan dukungan processor yang handal.
Jadi...bersama Acer Slim Aspire E1, saya harus mampu melesat mengejar harapan dan cita-cita saya dengan mengimplementasikannya ke dalam tindakan nyata. Menjadi Emak Netpreneur bagi saya dalam jangka panjang juga bisa ikut membantu mewujudkan keluarga sakinah yang mandiri dan produktif, serta menjadi sebuah momen ketika peran emak tetap bisa dijalankan dengan maksimal sembari berupaya menjadi perempuan yang produktif secara ekonomi. Pada akhirnya anak-anak akan belajar dari emaknya bahwa batasan profesi dan kondisi bukanlah penghalang ketika kita memiliki harapan dan keyakinan untuk mewujudkannya dalam tindakan nyata...Go Action.


Tulisan ini diikutsertakan dalam event "30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis" yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia.

Sumber referensi tulisan dan foto :
http://www.acerid.com/2013/10/acer-aspire-e1-432-notebook-tipis-dan-hemat-daya-berkat-prosesor-intel-haswell-4th-gen








15 komentar:

  1. semoga sukses bisnisnya ya mbak, sukses juga untuk si slim nya :)

    BalasHapus
  2. waduh alesannya supeer banget. calon juara nich :)

    BalasHapus
  3. panjang juga ulasannya, semoga sukses :)

    BalasHapus
  4. KOmplit nian ulasannya, Mak, :) Semoga sukses ya, :)

    BalasHapus
  5. yups.. semoga sukses semuamuanya mak ;)

    BalasHapus
  6. Dengan noteboook keren ini, Mak pasti tambah melesat. Sukses Mak :)

    BalasHapus
  7. salam kenal mak..
    duh keren nieh ulasannay meyakinkan..good luck kontesnya yah mbak

    BalasHapus
  8. keren mak ulasannya..goodluck ya..semoga jadi salah satu pemenang:) salam kenal

    BalasHapus
  9. Mantap ulasan nya mak...sukses ngontes nya ya mak....^_^

    Salam kenal.....:)

    BalasHapus
  10. kl ada ACER juga bisa mendukung bisnis menjadi semakin laris :)

    BalasHapus
  11. Amin...Maks, Makasih banyak udah mampir...moga-moga sukses semua.

    BalasHapus
  12. bisnis makin lancar dan semangat dengan si tipis ya :)

    BalasHapus
  13. Jury visit. Terima kasih sudah berpartisipasi.

    BalasHapus
  14. Panjang dan komplit banget mak ulasannya. Semoga menang dan semoga si tipis bisa bermanfaat bagi mak dan orang2 di sekitar Mak :)

    Prit Punya Cerita

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...