Jumat, 26 April 2013

SERBA-SERBI NOVELET

Entah kenapa tiba-tiba saya ingin memposting tulisan mengenai novelet, yang jelas postingan ini untuk komsumsi pribadi dalam artian catatan agar saya dengan mudah bisa menemukan jejak jika ingin membuat sebuah novelet. Kata Novelet mengingatkan saya akan belasan tahun silam ketika masih remaja yang dengan sembunyi-sembunyi membaca majalah dewasa milik mama. Sebuah cerita yang biasanya dalam bentuk novelet. Kata ini kembali mengusik hati saya ketika berdiskusi tentang menulis di salah satu grup bersama teman-teman. Saya sangat ingin membuatnya suatu hari nanti, jadi beberapa catatan yang saya copas dari beberapa sumber akan saya posting disini biar mudah menemukannya kelak.

COPAS dari www.anneahira.com, Novelet atau Novel Singkat.
Dalam Dunia kepenulisan dan perbukuan, Novel Singkat sering disebut Novelet. Untuk novel singkat ini, Anda bisa menulis sekitar 50 halaman. Jumlah 50 halaman sudah termasuk seluruh isi novel.

Tips dan Trik Pembuatan Novelet :
  1. Tentukan Tema Utama Cerita, Layaknya sebuah novel walaupun yang Anda buat adalah Novel Singkat, tetap saja mempunyai konflik yang beragam dibandingkan ketika Anda menulis cerpen atau cerita pendek. Di dalam cerpen pada umumnya Anda hanya perlu menceritakan sebuah kisah yang mempunyai satu masalah atau konflik saja. Namun dalam Novelet, Anda dituntut untuk meramu cerita dalam ragam konflik yang berliku. Melibatkan banyak tokoh dan peristiwa  yang ada pada cerita. Semua konflik tersebut harus diceritakan secara runut dan logis, artinya bisa diterima dengan akal sehat.
  2. Eksplorasi Tokoh. Setelah Anda berhasil menemukan tema utama cerita yang memukau. Tentu dalam sudut pandang Anda, langkah selanjutnya adalah membeberkan dan memainkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita Anda. Tokoh-tokoh tersebut diutamakan berkesan di mata para pembaca, jadi Anda harus harus benar-benar menjadikan tokoh tersebut mempunyai karakter yang kuat.
  3. Mulai Menulis Dengan Tenggat Waktu Tertentu. Ini terkait dengan disiplin penulis. Tentukan waktunya, misalnya Anda menentukan novelet tersebut harus selesai dalam satu minggu atau paling tidak dua minggu. 
Dan ini yang di copas dari sumber lain tentang Novelet.
Novelet adalah cerita berbentuk prosa yang panjangnya antara novel dan cerita pendek. Bentuk Novelet sering disebut sebagai cerita pendek yang panjang saja. Beda novelet dengan cerita pendek adalah : novelet lebih luas cakupannya, baik dalam plot, tema, dan unsur-unsur yang lain. Dalam praktek ukuran tebal novelet sekitar 60 sampai 100 halaman.

Bentuk Novelet lebih banyak ditulis di Eropa daripada di Amerika, karena perhitungan dagang percetakan. Dengan munculnya Pocket Book kesempatan untuk menulis novelet semakin besar.

2 komentar:

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...