Pilih Kost atau Sewa Rumah, Pertimbangkan 5 Hal Penting Ini

Ada tiga alasan yang membuat banyak orang pindah ke kota besar, terutama Kota Jakarta yang merupakan ibukota Negara Indonesia. Alasan pertama adalah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena sudah bukan rahasia lagi jika fasilitas pendidikan di kota besar lebih lengkap dan berkualitas sehingga menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang lebih baik tentunya. Alasan selanjutnya adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik sehingga penghasilan yang didapatkan akan meningkat sehingga masyarakat memiliki kesempatan memperbaiki kualitas hidupnya. Sedangkan alasan terakhir adalah ditugaskan kantor atau perusahaan tempat bekerja, apalagi sebagian besar kantor pusat perusahaan berada di Kota Jakarta. Setiap tahun angka pendatang yang masuk ke Kota Jakarta dengan alasan tersebut selalu naik signifikan, hal ini tentu saja akan berimbas pada naiknya kebutuhan akan hunian, sementara di sisi lain luas lahan di kota besar terbatas yang tentu saja berpengaruh pada harga jual hunian yang selalu merangkak naik setiap tahun. Tidak heran jika sewa rumah menjadi solusi terbaik bagi pendatang yang belum memiliki kemampuan finansial cukup untuk memiliki hunian sendiri. Durasi tinggal yang pendek karena alasan pendidikan atau pindah bekerja menjadi salah satu alasan banyak orang enggan memiliki rumah sendiri di kota besar dan merasa nyaman dengan keputusan untuk menyewa rumah.

Sewa Rumah
Source: Pexels.com
Selain pilihan sewa rumah, kost menjadi salah satu pilihan pendatang yang ingin tinggal di kota besar, terutama yang tidak memiliki kemampuan finansial cukup untuk tinggal di kota besar. Seiring dengan semakin banyaknya pendatang yang memilih solusi kost untuk tempat tinggal, bangunan yang diperuntukkan untuk kost pun tumbuh bak jamur di musim hujan, tentunya dengan beragam fasilitas yang ditawarkan. Berikut ini beberapa kelebihan jika memilih hunian kost sebagai tempat tinggal:
  • Biaya kost lebih murah. Umumnya luas bangunan kost lebih kecil daripada rumah sewa, bahkan banyak tempat kost yang hanya menyewakan kamar dengan luas terbatas. Meskipun bisa sewa beragam, mulai dari yang murah hingga yang bertarif mahal sesuai fasilitas yang ditawarkan, namun sebagian besar setuju bahwa biaya kost jauh lebih murah dibandingkan dengan menyewa rumah, apalagi biaya sewa rumah kost setiap bulan umumnya sudah termasuk biaya listrik dan air.
  • Pindah kost lebih mudah. Umumnya biaya sewa kost dibayarkan secara bulanan, sehingga penyewa kost bisa pindah kapan saja jika merasa tidak nyaman. Namun memang ada sebagian rumah kost yang membuat perjanjian minimal waktu sewa sehingga penyewanya tidak leluasa meninggalkan rumah kost jika merasa kurang cocok, tapi jangan khawatir karena jumlah rumah kost dengan cara pembayaran seperti ini tidak banyak, masih banyak rumah kost yang bisa disewa secara bulanan sesuai kebutuhan.
  • Pengawasan lebih ketat. Memilih tinggal di rumah kost tidak hanya lebih murah dari segi biaya namun juga lebih terjamin dari segi keamanan, karena banyak rumah kost yang sudah dilengkapi pengamanan yang cukup ketat, mulai dari CCTV hingga pengamanan 24 jam sehingga penghuni kost merasa nyaman dan tenang saat meninggalkan rumah untuk beraktivitas. Tidak hanya itu, biasanya rumah kost di huni oleh banyak orang sehingga satu sama lain bisa saling mengawasi.
Meskipun banyak kelebihan yang ditawarkan rumah berkonsep kost, namun ada juga kekurangannya rumah berkonsep kost antara lain.
  • Penghuninya terbatas. Umumnya kamar kost hanya bisa di huni satu atau dua orang sesuai luas kamar, bahkan ada kamar yang hanya bisa di huni satu orang karena luas kamarnya sangat terbatas. 
  • Suasana rumah kost yang ramai dan cukup berisik. Di huni banyak orang tentu akan memunculkan suasana yang ramai dan berisik sehingga cukup menganggu bagi sebagian orang yang tidak terbiasa dengan suasana ramai. Apalagi untuk mahasiswa dan pelajar yang terkadang butuh konsentrasi untuk belajar karena akan menghadapi ujian, suasana rumah kost yang ramai dan berisik cukup menganggu konsentrasi belajar.
  • Penggunaan dapur dan kamar mandi yang terbatas. Salah satu hal yang kurang menyenangkan jika memilih kost adalah tidak leluasa menggunakan kamar mandi karena harus berbagi dengan penghuni lain. Namun memang ada sebagian rumah kost yang telah menyediakan fasilitas kamar mandi di dalam kamar sehingga tidak perlu menggunakan kamar mandi bersama, tapi harga yang ditawarkan biasanya cukup mahal. Selain kamar mandi, dapur pun biasanya menjadi sumber masalah karena kebanyakkan rumah kost hanya menyediakan satu dapur untuk digunakan bersama, karena itu beragam alat dapur terkadang harus rela di pakai bergantian dengan penghuni lain.
Selain tiga kekurangan tersebut, sesungguhnya banyak kekurangan lain jika memilih sewa rumah kost tapi memang dari segi biaya, tinggal di rumah kost jauh lebih ekonomis terutama bagi pendatang yang baru pertama kali menginjakkan kaki di kota besar, soal kenyamanan meskipun tidak senyaman tinggal di rumah sendiri namun beberapa tempat kost telah melengkapi dengan beragam fasilitas yang membuat penghuninya merasa nyaman. Meskipun tinggal di rumah kost bagi sebagian orang lebih nyaman, tapi ada sebagian lainnya yang justru merasa lebih nyaman dengan sewa rumah karena dianggap lebih leluasa. Apapun pilihan, entah itu kost atau sewa rumah, ada baiknya mempertimbangkan 5 hal penting ini agar keputusan yang diambil tidak berbuah penyesalan, terutama jika memilih opsi sewa rumah yang mengikat penyewanya bertahan dalam jangka waltu tertentu.
  1. Alokasi Budget yang Disediakan. Ketersediaan biaya menjadi salah satu pertimbangan utama saat memilih tinggal di rumah kost atau sewa rumah. Untuk sewa rumah setidaknya seseorang harus memiliki budget atau anggaran untuk membayar sewa selama satu tahun pertama, bahkan ada yang menetapkan minimal sewa pertama kali dengan jangka waktu dua tahun. Sedangkan tinggal di rumah kost hanya mengeluarkan biaya sewa satu bulan pertama sehingga lebih terjangkau jika budget masih terbatas. Alasan inilah yang membuat sebagian besar pendatang yang memilih melanjutkan pendidikan di kota besar memilih kost sebagai opsi tempat tinggal utama dibandingkan menyewa rumah yang dari segi anggaran jauh lebih mahal. Namun jika sudah menemukan rumah kost yang aman dan strategis, tidak ada salahnya lho melakukan pembayaran selama 6 bulan atau lebih karena akan terasa jauh lebih ringan dibandingkan harus mencicil setiap bulan.
  2. Pilih Lokasi yang Strategis. Lokasi rumah kost atau rumah yang disewakan tersebut menjadi salah satu pertimbangan penting, terutama untuk pendatang yang memiliki aktivitas cukup padat agar tidak menghabiskan banyak waktu di jalan. Untuk rumah tinggal, semakin strategis atau semakin dekat dengan kawasan tertentu, sewa rumah tentu lebih mahal dibandingkan yang berlokasi cukup jauh dari kawasan tersebut. Sedangkan untuk rumah kost, jauh lebih murah namun tentu saja dengan luas bangunan yang terbatas. Jika memilih sewa rumah, pertimbangkan budget atau anggaran yang dimiliki serta lokasi rumah tersebut, setelah yakin bisa mengatasi masalah yang mungkin bisa muncul sebagai akibat keputusan tersebut, maka opsi sewa rumah adalah yang terbaik. Pertimbangkan juga biaya transportasi yang harus dikeluarkan, karena semakin strategis lokasi rumah atau kost tersebut, tentu biaya transportasi akan semakin murah. 
  3. Status Keluarga. Status keluarga menjadi pertimbangan penting saat memutuskan tinggal di rumah kost atau sewa rumah, apalagi jika sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak, tentu tinggal di rumah kost bukanlah solusi terbaik, selain menghambat tumbuh kembang anak juga akan menganggu penghuni kost lainnya, kecuali jika memang rumah kost tersebut diperuntukkan untuk keluarga dan memiliki fasilitas untuk mendukung peruntukkan tersebut. Solusi kost adalah yang terbaik jika masih single atau lajang karena luas ruangan kamar kost sangat terbatas sehingga tidak bisa menampung terlalu banyak aktivitas penghuninya. Sewa rumah adalah opsi terbaik jika sudah memiliki keluarga, karena bisa menampung semua aktivitas anggota keluarga dan anak-anak bisa leluasa beraktivitas. Jangan lupa untuk memilih lokasi sewa rumah yang dekat dengan fasilitas pendidikan agar anak-anak bisa bersekolah dengan nyaman saat mengikuti orangtuanya pindah ke kota besar.
  4. Kelengkapan Fasilitas. Tidak bisa dipungkiri, keberadaan fasilitas menjadi hal yang utama terutama untuk pendatang yang berstatus mahasiswa atau pelajar. Rumah kost umumnya sudah dilengkapi berbagai fasilitas yang dibutuhkan, baik dari segi pengamanan maupun fasilitas pendukung lainnya seperti WIFI, air, dan listrik, bahkan ada beberapa rumah kost yang menyediakan fasilitas katering makanan dan laundry sehingga penghuninya tidak repot lagi mencari layanan tersebut saat pulang beraktivitas. Jika menyewa rumah, tentu fasilitas semacam ini tidak bisa didapatkan kecuali air dan listrik, namun khusus untuk air dan listrik biasanya penyewa harus membayar tagihan terpisah, yang tentu saja berbeda dengan rumah kost di mana semua tagihan sudah diakumulasikan dalam bentuk sewa bulanan. Namun, apapun pilihannya, pastikan sesuai dengan kebutuhan agar tinggal di rumah kost atau sewa rumah merasa nyaman dan bisa beraktivitas lancar.
  5. Peraturan yang Ditetapkan. Tinggal di rumah kost memang jauh lebih ketat dibandingkan sewa rumah, bahkan ada sebagian rumah kost yang melarang penghuninya pulang terlalu malam dan membawa tamu asing ke dalam lingkungan kamar kost, apalagi jika rumah kost tersebut menyatu dengan pemilik rumah kost, tentu pengawasan akan jauh lebih ketat. Bagi orangtua yang melepas anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ketatnya peraturan di rumah kost adalah solusi terbaik untuk menjaga pergaulan anak-anaknya karena orangtua tidak bisa mengawasi secara langsung. Sebaliknya, sewa rumah memang lebih longgar dari segi peraturan, apalagi jika menyewa rumah sendiri, tentu tidak ada pihak lain yang membatasi aktivitas si penyewa, mau pulang malam karena lembur atau ada aktivitas lain, tentu tidak menjadi masalah. Namun, apapun opsi yang di pilih, entah tinggal di rumah kost atau sewa rumah, pastinya sudah bisa bertanggung jawab dengan apapun keputusan yang dipilih, karena pindah dan tinggal di kota besar tidaklah mudah dan banyak tantangannya, jadi jangan salah pilih tempat tinggal agar merasa nyaman tinggal di kota besar.
Kota besar, seperti Kota Jakarta memang menjanjikan banyak hal, mulai dari peningkatan kualitas hidup, penghasilan, hingga pendidikan dengan kompetensi terbaik, karena itu pertimbangkan secara matang setiap keputusan yang diambil agar tidak berbuah penyesalan. Pilihan tinggal di rumah kost atau sewa rumah pun harus dipertimbangkan secara matang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, karena baik kost atau sewa rumah memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Soal budget, jangan khawatir karena biaya sewa kost di Jakarta sangat beragam, tergantung prioritas pilihan, jika pilihan utama adalah biaya maka tersedia banyak rumah kost dengan biaya yang cukup terjangkau, yang membedakannya hanyalah fasilitas yang disediakan. Sebaliknya, jika memilih lokasi, juga tersedia banyak rumah kost dengan lokasi yang sangat strategis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk transportasi. Sewa rumah pun bisa menjadi pilihan jika menghendaki ruangan atau bangunan yang lebih luas untuk menampung aktivitas, namun tentu saja biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih mahal dibandingkan tinggal di rumah kost. Apapun pilihannya, yuk pertimbangan 5 hal penting di atas agar menemukan pilihan tempat tinggal yang tepat saat pindah ke kota besar.

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.