Mendunia Bersama Yulibu, Saatnya UMKM Rambah Pasar Internasional

Bulan Oktober 2017 lalu, saya mendapatkan undangan untuk menghadiri salah satu event yang diselenggarakan Smesco Indonesia, yaitu Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 dengan acara yang bertemakan "Pernik Nawacita Nusantara." Dalam Event yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Smesco Indonesia sebagai salah satu rumah atau tempat UMKM Indonesia memamerkan beragam produk yang dihasilkannya, masyarakat dapat melihat seni kerajinan tangan berupa quilt dan kain perca yang diaplikasikan dalam beragam produk, seperti tas, karpet, selimut, dan masih banyak lagi. Tidak hanya puluhan, event ini bahkan diikuti oleh ratusan UMKM dari seluruh Indonesia, dan fakta ini menunjukkan betapa besarnya potensi UMKM Indonesia. Bank Indonesia mencatat, sektor UMKM mempunyai tingkat penyerapan tenaga kerja sekitar 97% dari seluruh tenaga kerja nasional dan telah memberikan kontribusinya sekitar 57% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa UMKM memiliki peran yang sangat strategis tidak hanya dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, namun juga dalam hal distribusi hasil-hasil pembangunan. Selain itu, Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa dari keseluruhan jumlah pengusaha di Indonesia, sekitar 90% adalah pengusaha yang bergerak dalam sektor UMKM.

Yulibu.com
Pernaik-pernik cantik produksi UMKM Indonesia (Dokpri)
Tidak hanya memiliki kontribusi yang sangat besar dalam perekonomian Indonesia, UMKM juga memiliki andil untuk ikut memperkenalkan budaya Indonesia dalam bentuk beragam seni kerajinan. Tidak diragukan lagi bahwa Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang dikenal memiliki seni budaya yang khas dan unik, karena Indonesia terdiri atas berbagai suku yang masing-masing memiliki budaya khas sendiri. Pengalaman saya ketika menghadiri event yang diselenggarakan Smesco Indonesia tersebut, banyak seni kerajinan yang dipamerkan dengan sentuhan budaya tradisional Indonesia dan seni kerajinan ini mendapatkan perhatian yang cukup besar dari pengunjung, terutama dari mancanegara. Fakta ini menunjukkan bahwa UMKM Indonesia memiliki potensi yang sangat besar jika diperkenalkan ke pasar internasional. Inilah salah satu hambatan bagi berkembangnya UMKM ke tingkat yang lebih tinggi menembus pasar global, yaitu tidak memiliki sumber daya yang cukup mumpuni. Mungkin ada sebagian UMKM yang sudah berhasil memperkenalkan produknya ke pasar global, namun jika dibandingkan dengan jumlah keseluruhan UMKM di Indonesia, jumlah ini terbilang masih sangat kecil.

Inilah mimpi yang hingga saat ini masih sulit diwujudkan oleh UMKM Indonesia, yaitu memperkenalkan produknya ke pasar internasional. Namun seiring semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi digital, mimpi sebagian besar pengusaha UMKM Indonesia bisa saja terwujud. Tapi yang pasti, untuk menuju level yang lebih tinggi, UMKM harus memiliki persiapan yang matang, tidak hanya dari segi permodalan, namun juga sumber daya manusia yang memiliki kemampuan mengembangkan bisnisnya untuk naik ke level yang lebih tinggi. Berikut tiga aspek penting yang penting untuk dipersiapkan sebelum mewujudkan mimpi menembus pasar internasional.
  1. Lengkapi legalitas izin usaha sebagai upaya memperluas pasar. Sesuai dengan komitmennya untuk ikut mendukung tumbuh dan berkembangnya UMKM di Indonesia, pemerintah telah memberikan kemudahan regulasi bagi pengusaha UMKM yang ingin melengkapi legalitas usahanya. Fasilitas ini harus bisa dimanfaatkan pengusaha UMKM semaksimal mungkin karena untuk memperluas pasar, UMKM harus mengantongi izin usaha resmi seperti PIRT atau BPOM, halal MUI, Barcode, dan lain-lain. 
  2. Siapkan desain dan kemasan produk khusus. Ketika pengusaha UMKM ingin menaikkan level produknya ke tingkat yang lebih tinggi, kemasan produk menjadi salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Siapkan desain kemasan produk yang tidak hanya mencantumkan logo brand namun juga terlihat unik dan menarik, biasanya masyarakat mudah tertarik pada sesuatu yang terlihat unik dan berbeda. Selain penting untuk mempersiapkan produk UMKM masuk ke jaringan pasar yang lebih luas, desain kemasan serta logo bisa menjadi media branding agar lebih mudah memasarkan produk.
  3. Manfaatkan teknologi digital untuk memasarkan produk ke jaringan pasar yang lebih luas. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan internet membuat segala sesuatu terkoneksi secara cepat dan seolah tanpa sekat. Pemasaran online menjadi salah satu pintu masuk bagi UMKM Indonesia untuk memasuki pasar global atau pasar internasional. Konsumen dapat membeli produk dari mana saja dan kapan saja karena banyak perusahaan pengiriman barang yang sudah melebarkan usaha jasa pengirimannya ke seluruh dunia. Seorang konsumen dari Negara Amerika bisa dengan mudah membeli produk UMKM Indonesia hanya karena tertarik dengan foto dan diskripsi dari produk UMKM yang di jual di situs-situs marketplace skala internasional. Salah satu situs marketplace internasional yang memiliki misi khusus untuk membantu UMKM Indonesia merambah pasar internasional adalah Yulibu.com.
Mendunia Bersama Yulibu, Saatnya UMKM Rambah Pasar Internasional

Tahun 2016 lalu, McKinsey Indonesia mengeluarkan hasil kajiannya bahwa ekonomi digital diproyeksi akan memberikan nilai tambah sebesar US$ 115 milliar atau setara 10% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2025. Sektor UMKM memegang peranan yang sangat penting dalam geliat pasar ekonomi digital Indonesia dalam beberapa tahun mendatang karena semakin banyak pengusaha UMKM yang mulai "Go Digital" untuk beragam produk yang dihasilkannya. Kemudahan transaksi pembayaran lintas negara serta banyaknya perusahaan jasa pengiriman yang membuka jaringannya di berbagai negara membuat langkah UMKM Indonesia memasuki pasar internasional semakin mudah. Namun tentu saja, UMKM harus terus memaksimalkan potensi sumber daya manusianya agar memiliki skill mumpuni untuk menaikkan level produk UMKM ke tingkat yang lebih tinggi.
 
Yulibu.com
Mudahnya membangun bisnis dengan marketplace (Pixabay.com)
Salah satu platform yang dengan mudah dioptimasi oleh pengusaha UMKM Indonesia adalah marketplace. Sejak lima tahun terakhir, marketplace tumbuh sangat pesat di Indonesia seiring semakin banyaknya masyarakat yang melakukan aktivitas jual beli secara online. Bertambahnya konsumen belanja online dan di tambah lagi dengan semakin baiknya layanan provider internet membuat aktivitas jual beli secara online semakin naik pamor di kalangan masyarakat. Tidak heran jika jumlah pengusaha UMKM pun mengalami peningkatan, termasuk jumlah ibu rumah tangga yang juga memiliki profesi sebagai pengusaha UMKM. Selain mengoptimasi media sosial untuk mengoptimasi penjualan produknya, banyak pengusaha UMKM yang melirik keberadaan marketplace sebagai platform untuk meningkatkan performa penjualannya ke skala yang lebih luas dan tidak terbatas. Berikut beberapa keuntungan yang akan di peroleh pengusaha UMKM jika memilih marketplace sebagai platform untuk menjual dan memperkenalkan produknya.
  • Lebih mudah dan simpel, karena setelah mendaftar menjadi seller maka akan langsung mendapatkan dashboard khusus untuk menjual produknya. Pengusaha UMKM tidak perlu bingung dan repot harus membuat toko online, memikirkan desain, hosting, membayar jasa pembuatan website, dan sebagainya, karena pihak marketplace sudah menyediakan fasilitas tersebut secara gratis.
  • Terjamin keamanannya, karena pihak marketplace sudah menyediakan fasilitas keamanan bertransaksi, baik untuk seller maupun pembeli. Jaminan keamanan ini tentu saja akan membuat konsumen merasa nyaman untuk berbelanja secara online dan tentu saja fasilitas ini tidak hanya menguntungkan konsumen namun juga seller.
  • Sistem penjualan yang memudahkan dan modern, karena selain menyediakan pilihan metode pembayaran yang beragam, sistem marketplace juga memuat secara lengkap beragam transaksi penjualan yang telah dilakukan beserta histori konsumen yang telah melakukan pembelian produk. Data-data ini tentu saja sangat memudahkan seller untuk melakukan pembukuan, menganalisa, dan menentukan strategi penjualan produk berikutnya. 
  • SEO Friendly. Nah...ini adalah salah satu alasan mengapa memilih marketplace sebagai platform berjualan adalah pilihan yang tepat karena seller atau pengusaha UMKM tidak perlu pusing memikirkan SEO agar produk yang di jual terindeks di mesin pencari Google atau lainnya. Apalagi SEO terbilang cukup sulit untuk ditaklukkan, tidak heran jika banyak pelatihan atau bimbingan terhadap pengusaha UMKM yang ingin go digital fokus pada SEO (Search Engine Optimization).
  • Lebih mudah memasuki pasar internasional. Banyak pengusaha UMKM yang bermimpi produk yang dihasilkannya bisa menembus pasar internasional, namun hanya sedikit yang mengetahui cara untuk mewujudkannya. Marketplace menjadi platform yang cocok untuk mewujudkan mimpi tersebut menjadi nyata, karena tanpa harus repot membawa produk keliling dunia untuk memperkenalkan dan menawarkannya, pengusaha UMKM sudah dapat merambah pasar internasional dengan mudah. Namun tentu saja untuk menembus pasar internasional, pengusaha UMKM harus memilih marketplace yang tepat, yaitu marketplace yang berskala internasional dan memiliki jaringan konsumen yang tersebar di berbagai negara, seperti situs marketplace internasional Yulibu.com.

Yulibu.com
Yuk jadi seller internasional di marketplace Yulibu.com
Sejak berdirinya pada tahun 2016, Yulibu.com memiliki komitmen untuk fokus membantu meningkatkan penjualan pengusaha kecil di berbagai negara, termasuk Indonesia agar dapat memperkenalkan produknya ke pasar internasional dengan cara yang lebih mudah dan simpel. Indonesia, sebagai salah satu negara dengan jumlah UMKM cukup besar, tentu saja membutuhkan platform yang memudahkan pengusaha merambah pasar internasional tanpa harus memiliki modal yang besar. Selain fokus pada penjualan produk UMKM, Yulibu.com juga fokus untuk membantu meningkatkan penjualan produk asli buatan pengusaha Indonesia ke pasar internasional karena sejak dahulu produk lokal terkenal memiliki mutu yang tidak kalah dengan produk luar negeri. Selain memudahkan konsumen internasional untuk membeli beragam produk asli Indonesia, Yulibu.com juga memberikan kesempatan bagi wisatawan mancanegara yang pernah berkunjung ke Indonesia untuk membeli kembali produk favoritnya saat berwisata dahulu. Terkadang ada wisatawan mancanegara yang tidak sempat membeli souvenir asli Indonesia, dan mereka bisa membeli dengan mudah melalui marketplace Yulibu.com.

Dengan potensi konsumen yang sangat besar bahkan sekelas dunia internasional jika pengusaha UMKM memilih berjualan melalui Yulibu.com, tentu saja produk yang akan di jual harus memiliki kualitas dan mutu yang juga berskala internasional, karena salah satu persyaratan UMKM merambah pasar internasional adalah produk yang berkualitas dunia. Platform penjualan sudah didapatkan, pengusaha UMKM sudah diberikan jalan oleh Yulibu.com untuk memperkenalkan sekaligus menjual produknya ke pasar internasional, selanjutnya tugas pengusaha UMKM membuat produk yang berkualitas internasional dengan kemasan yang menarik agar konsumen internasional tertarik untuk membelinya, karena tanpa konsumen usaha UMKM merambah pasar internasional menjadi sia-sia. Maksimalkan fitur promosi yang sudah diberikan Yulibu.com untuk setiap seller-nya agar produk yang di jual semakin di kenal konsumen global, dan jika perlu pelajari cara membuat copywriting penjualan yang baik untuk menunjang promosi yang dilakukan.

Mendunia bersama Yulibu, saatnya UMKM rambah pasar internasional.

Referensi tulisan:
https://yulibu.com/about-us/
https://bisnisukm.com/saatnya-ukm-naik-kelas-siapkan-4-hal-ini-agar-bisnismu-tak-tergilas.html
https://www.unsircle.com/alasan-kamu-perlu-berjualan-di-marketplace/

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.