Tips Memakai Kebaya Batik Dengan Kain Batik yang Di Lilit

Kebaya Batik
Gambar : Pixabay.com
Ternyata kebaya batik masih menjadi pilihan busana favorit bagi sebagian besar wanita dan terbukti banyak toko online terkemuka yang menjual beragam kain batik berkualitas untuk dijadikan pilihan berbusana yang dipadupadankan dengan kebaya batik. 
Seiring perkembangan zaman, penggunaan kain batik kini bisa dimodifikasi sehingga banyak generasi muda yang masih suka memakai kain batik untuk berbagai kesempatan, bahkan untuk acara yang sifatnya santai. Tidak hanya bisa dimodifikasi menjadi kain yang langsung digunakan dengan cara di lilit, beberapa wanita mengenakan kain batik dengan cara di jahit seperti rok sehingga lebih praktis saat mengenakannya. Namun, sebagian wanita lain ternyata masih menyukai mengenakan kain batik dengan cara di lilit, yang tentunya sama praktisnya karena tidak perlu repot harus menjahitnya terlebih dahulu. Berbagai kreasi penggunaan kain batik dengan cara di lilit kini sudah tersedia dan bisa di akses secara cepat melalui smartphone, sehingga tidak ada kata repot saat ingin mengenakan kain batik dengan cara di lilit.

Sesungguhnya ada beberapa keuntungan mengenakan kain batik dengan cara di lilit, diantaranya bisa membantu menyamarkan ukuran tubuh sehingga ideal digunakan semua kalangan wanita. Bagi seseorang yang ukuran tubuhnya terlalu kurus, pendek, atau bahkan gemuk bisa menemukan ukuran yang pas dan nyaman jika mengenakan kain dengan cara pakai di lilit. Mengapa? Karena kain jenis ini tidak di jahit sehingga bisa dikreasikan dengan cara apa saja, selain itu ukuran kain tersebut bisa di desain mengikuti proporsi atau ukuran tubuh orang tersebut. Nah...mengenakan busana kain dengan cara di lilit ini bisa menjadi solusi yang mudah jika ingin mengenakan kain dalam berbagai kesempatan acara, termasuk saat merayakan hari raya Idul Fitri. Outfit dengan menggunakan kain batik dengan cara di lilit bisa membuat seseorang yang kurang percaya diri dengan volume atau ukuran tubuhnya menjadi lebih nyaman saat berbusana. Kain batik dengan cara di lilit ini bisa juga lho dipadupadankan dengan beragam desain atasan, namun memang sebagian orang masih nyaman jika menggunakan kain batik memadupadankan dengan atasan kebaya. Mau tahu cara pakainya, simak berikut ini.

Tips Memakai Kebaya Batik Dengan Kain Batik yang Di Lilit

Kebaya baik masih menjadi pilihan favorit bagi wanita jika ingin menghadiri acara yang sifatnya resmi dan biasanya dipadupadankan dengan kain batik yang di pakai di lilit. Ada beberapa keuntungan yang membuat sebagian wanita memilih mengenakan kain batik dengan cara di lilit, antara lain sangat mudah menyesuaikan dengan ukuran serta bentuk tubuh seseorang. Berikut beberapa referensi pilihan dan cara pakai untuk mendapatkan model yang cantik meski hanya mengenakan selembar kain batik yang di lilit.
  • Motif Tumpal untuk tubuh kurus. Bagi wanita yang memiliki bentuk tubuh cenderung kurus bisa memilih kain batik bermotif tumpal yang memberi kesan tubuh lebih bervolume. Caranya, letakkan kain ke pinggang dan pastikan motif tumpalnya jatuh ke depan, lalu lilitkan ujungnya sampai terasa kuat dan nyaman saat mengenakannya. Selanjutnya tinggal memadukannya dengan atasan kebaya atau atasan lain dengan tampak serasi saat dipadupadankan.
  • Kain Lilit Bermodel Kulot bagi wanita yang memiliki ukuran tubuh semampai. Kain batik dengan lebar 1,5 meter bisa dijadikan rok kulot dan sangat cocok di pakai oleh wanita yang memiliki ukuran tubuh tinggi semampai. Pastikan untuk memilih kebaya batik dengan lebar serta desain yang pas di badan, kemudian ambil salah satu ujung kain dan lilitkan ke pinggang. Ikat di bagian belakang sampai terasa kuat kemudian ujung satunya di tarik ke depan dari arah bawah. Dalam waktu sekejab, rok kulot cantik dari kain batik siap menemani untuk menghadiri berbagai momen atau acara penting.
  • Dengan menambahkan aksesoris ring bagi yang bertubuh mungil. Khusus bagi wanita yang memiliki ukuran tubuh mungil, bisa nambahkan semacam aksesoris ring khusus baju. Tidak perlu kesulitan untuk mencarinya karena sudah tersedia banyak pilihan di toko online, atau bisa melalui toko offline yang khusus menjual perlengkapan menjahit. Lalu bagaimana cara mengenakannya? Caranya kain batik dililitkan ke tubuh secara simetris sebanyak dua lapisan. Lalu tarik ujung satunya ke depan dan masukkan ke dalam ring, demikian pula dengan ujung yang satunya kemudian dibuatkan simpul di dalam ring tersebut. Dalam tempo singkat, terbentuk rok berlipit di area ring yang memberikan kesan tubuh lebih tinggi.
  • Detail lipit untuk tubuh dengan ukuran besar ke bawah. Bagi yang memiliki ukuran tubuh besar ke bawah, yaitu dari pinggang ke kaki, maka bisa memakai kain batik yang di lilit dengan diberikan aksen lipit. Caranya, cukup dengan melilitkan kain batik ke pinggang dengan sebelah lebih panjang. Bagian yang pendek di tarik ke depan, kemudian yang ukuran lebih panjang dililitkan kembali ke belakang, lalu tarik sisanya ke depan. Sisa kain inilah yang kemudian ujungnya di sematkan ke atas pinggang sehingga memberikan kesan akses lipit.
Kain batik bisa dikreasikan menjadi berbagai desain, bahkan tanpa harus susah-susah menjahitnya, namun meskipun bisa dikreasikan tanpa harus di jahit, kain batik ini juga bisa dijadikan rok atau atasan, seperti kebaya batik yang saat sedang tren di kalangan masyarakat masa kini. Selain itu, kain batik juga bisa dijadikan outer atau cardigan, syal, atau desain lainnya, yang membuatnya terlihat sangat multi fungsi. Jika tertarik, berbagai desain yang cantik dari kain batik bisa di lihat melalui berbagai video di aplikasi Youtube atau bisa dibaca melalui berbagai blog yang secara khusus menuliskan tentang padu padan saat berbusana. Tapi yang pasti selain dijadikan bawahan, kain batik juga bisa dikreasikan menjadi desain kebaya batik yang cantik dan cocok untuk dipadupadankan dengan kain batik dengan kreasi lilit.

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.