Cari Tahu Cara Memilih Softlens Minus yang Tepat Untuk Mata Myopia

Softlens Minus
Gambar: Pixabay.com
Mata memang menjadi bagian penting yang sangat banyak diperhatikan. Terlepas dari fungsinya untuk melihat, namun memang mata pun memegang peranan penting dalam sebuah komunikasi sehingga ada pepatah dari mata turun ke hati. Tak heran jika banyak sekali orang, terutama wanita, yang berusaha untuk menampilkan mata yang indah. Mata yang indah sendiri tak hanya bisa didapatkan dengan hasil riasan semata melainkan juga dengan cara memasang softlens. Tidak hanya softlens biasa yang laris di pasaran, Softlens Minus pun juga banyak di minati di kalangan masyarakat dari berbagai usia.
Mata minus biasa disebut dengan myopia di dunia medis. Kondisi seperti ini terjadi ketika penderita kesulitan untuk melihat obyek yang jauh. Untuk solusi kondisi seperti ini adalah dengan menggunakan kacamata pada para penderitanya. Namun tak jarang para penderita myopia kurang percaya diri jika menggunakan kacamata. Terlebih kadang kacamata juga kurang cocok jika dipakai di acara tertentu sehingga softlens pun jadi solusi. Softlens untuk mata minus saat ini telah tersedia di pasaran dan bahkan bisa dipesan secara online, lebih hemat waktu dan tenaga pastinya.

Dalam hal pemilihan softlens untuk mata minus sendiri sebetulnya hampir sama dengan pemilihan softlens pada umumnya yakni dari segi warna, diameter, tingkat ketipisan, kadar air dan juga kadar oksigennya. Untuk itu kita harus menentukan dengan tepat karena mengingat kebutuhan untuk tiap mata yang berbeda. Namun untuk tips khusus bagi para pemilik mata minus, maka sesuaikan minus yang di derita dengan minus pada softlens tersebut. Ada perhitungan sendiri misalnya minus di mata 3.75, biasanya disarankan untuk menggunakan softlens dengan minus terkecil yakni 3.5. Meski demikian ada baiknya untuk konsultasikan pemilihan yang tepat pada dokter atau ahlinya sehingga tak salah memilih softlens minus. 

Selain dalam hal pemilihan softlens, ada baiknya juga jika kita mengetahui bagaimana cara perawatan softlens, hal ini untuk bisa meminimalisir terjadinya berbagai resiko ketika menggunakannya. 

Berikut ini beberapa tips bagi pengguna softlens untuk menjaga softlens agar bertahan lama:
  • Untuk yang pertama adalah tentang masalah kebersihan. pengguna softlens harus bisa menjaga kebersihan tangan sebelum menyentuh softlens tersebut. Hal ini demi meminimalisir mata terkena debu, kuman dan lainnya sehingga membahayakan. Oleh karena itu pastikan jika tangan selalu steril sebelum menyentuh softlens. 
  • Bersihkan softlens secara rutin dan teratur. Caranya pun mudah, yakni dengan meletakkan softlens di telapak tangan lalu tuang cairan solution dan gosok pelan. Namun tentu saja harus dipastikan tangan dalam kondisi bersih. Lanjut dengan bilas menggunakan cairan solution tersebut dan letakkan ke wadah kembali dalam kondisi bersih. 
  • Bersihkan wadah softlens juga. Pengguna softlens bisa membersihkannya dengan mencuci seperti mencuci wadah biasanya. Selain itu simpan juga di tempat dengan suhu yang kering serta kondisi bersih sehingga wadah softlens minus tetap bisa steril. 
  • Apabila pengguna softlens termasuk orang yang kerapkali menggunakan softlens sendiri, maka ada baiknya untuk tidak memelihara kuku yang panjang. Alasannya karena kuku ini bisa beresiko merobek atau bahkan merusak sisi dari permukaan softlens. Kuku panjang pun juga rawan jadi sarang kuman sehingga ada baiknya dihindari. 
Itulah beberapa hal penting yang wajib diketahui terkait pemilihan softlens minus. Namun jika tetarik ingin menggunakan softlens di momen yang spesial seperti Hari Raya Idul Fitri atau momen istimewa lainnya, solusinya cukup mudah dan tidak perlu langsung ke optik melainkan softlens bisa dipesan di situs belanja online. Harganya pun mulai dari 50 ribuan saja. Murah sekali bukan?

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.