Alfatrex Bikin Hati Mantap Membuka Toko Online

I Love Monday, senin tanggal 7 Mei 2018 bertempat di The Pallas, Fairground Building kawasan SCBD Sudirman, Jakarta, Alfamart Digital Business menyelenggarakan acara "Grand Launching Alfatrex 2018."
Alfatrex
Suasana Grand Launching Alfatrex 2018 (Dokpri)
Dalam acara yang bertemakan "Ngobral, Ngobrol Bareng Alfa Digital," Alfamart tidak hanya memperkenalkan berbagai layanan berbasis digital terbarunya saja yang bertujuan memudahkan konsumen di mana saja menjangkau layanan Alfamart, namun juga mendorong berkembangnya semangat berwirausaha di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak tanggung-tanggung demi memberikan pelayanan yang maksimal untuk konsumen loyalnya dan seluruh masyarakat, Alfamart Digital Business meluncurkan 6 layanan berbasis digital yang dapat di akses dari mana saja dan kapan saja, yaitu Alfamikro, Alfamind, Alfa POP, Alfagift, Alfacart, dan terakhir Alfatrex yang baru saja di launching secara resmi senin lalu.

Alfatrex sendiri merupakan bagian dari Alfamart Digital Business yang secara khusus memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat di seluruh Indonesia khusus dalam bidang logistik atau jasa pengiriman. Logistik atau jasa pengiriman menjadi bagian yang sangat penting bagi pertumbuhan e commerce di Indonesia, karena pihak jasa pengirimanlah yang akan mendistribusikan atau mengiriman pesanan konsumen ke seluruh wilayah pengiriman.  Dengan memaksimalkan 13.500 jaringan toko Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia, Alfatrex diharapkan tumbuh dan berkembang menjadi salah satu jasa pengiriman atau logistik yang terdepan di Indonesia. Sejalan dengan visi dari Alfatrex, yaitu menjadi pilihan pertama bagi pelanggan dalam jasa pengiriman, setidaknya ada 4 produk unggulan dan 4 layanan pengiriman bisa di pilih konsumen untuk mengirimkan paket atau dokumen dengan cepat, tepat, akurat, serta efisien ke seluruh wilayah Indonesia.

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia terbilang sangat pesat, baik dari sisi penjual yang menjual produknya secara online maupun konsumen yang mulai menyadari bahwa berbelanja secara online menawarkan keuntungan tersendiri. Tentu saja hal ini berdampak positif terhadap perkembangan industri jasa pengiriman, dimana logistik menjadi salah satu komponen penting dalam mata rantai bisnis online. Media online DBS Asian Insight bahwa menyatakan bahwa Indonesia telah tumbuh menjadi pasar terbesar e-commerce di Asia Tenggara. Sedangkan media online lainnya menyatakan bawa Bank Indonesia memprediksi nilai transaksi e-commerce akan mencapai angka lebih besar dari Rp. 144 triliun pada tahun ini. Sungguh sebuah potensi yang luar biasa untuk industri jasa pengiriman barang. Secara detail, penjelasan tentang pertumbuhan e-commerce di Indonesia dan hal apa saja yang mendasari diluncurkannya Alfatrex terungkap dalam sesi talkshow "Ngobral, Ngobrol Bareng Alfa Digital," bersama narasumber, baik dari Alfamart maupun pihak yang bersinggungan langsung dengan industri jasa pengiriman barang.

Sesi pertama talkshow di buka dengan presentasi dari Bapak Bambang Setyawan Djojo, yang menjabat sebagai Direktur International Bisnis dan Teknologi Alfamart.  Dalam presentasinya di ungkap bahwa Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia dalam pertumbuhan pembelanja online atau e-shopper di bandingkan negara lain yang juga memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia, yaitu India dan China. Hal inilah yang kemudian mendasari Alfamart terus berinovasi membangun channel-channel bisnis terbaru dengan meluncurkan Alfamart Digital Business. Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, ada 6 inovasi digital Alfamart, yaitu:
  1. Alfa Mikro, adalah aplikasi yang diluncurkan Alfamart spesial untuk rekanan serta mitra binaan Alfamart yang biasanya berada di seputaran toko Alfamart untuk memenuhi kebutuhan stok barangnya, yang di sebut juga Member Store Sales Point (SSP). Tidak hanya akan mendapatkan harga spesial beragam produk untuk di jual kembali di toko member SSP tersebut, melalui Aplikasi Alfa Mikro member SSP bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran online, seperti PLN, Pulsa, BPJS, dan Toko Modal. Aplikasi ini dapat di unduh secara gratis melalui Google Play atau Google Playstore.
  2. AlfaMind, yaitu jaringan ritel toko virtual 3D AR-VR (Augmented Virtual Reality) yang memungkinkan konsumen berbelanja sekaligus berjualan seperti di dunia nyata. Dengan aplikasi ini, seseorang dapat memiliki toko online dengan mudah tanpa harus repot mengurusi stok barang dan pengiriman, karena semuanya akan di handel oleh pihak Alfa Digital.
  3. Alfa POP atau Alfa Point of Purchase, di mana konsumen dapat dengan mudah berbelanja secara online meskipun tanpa smartphone dan kuota internet. Konsumen dapat mengakses aplikasi ini di toko-toko Alfamart terpilih, dan berbelanja berbagai kebutuhan yang tidak di jual di toko Alfamart tersebut.
  4. AlfaGift, di man konsumen dapat dengan mudah mengakses penawaran serta diskon menarik yang sedang berlangsung di Alfamart.
  5. AlfaCart, adalah aplikasi untuk berbelanja secara online beragam kebutuhan sehari-hari konsumen.
  6. Alfatrex, adalah aplikasi dalam hal jasa pengiriman barang yang saat ini baru saja diluncurkan oleh Alfamart sebagai solusi kemudahan pengiriman barang ke seluruh Indonesia secara cepat, tepat, dan akurat. 
Alfatrex
Sumber: Alfamart

Alfatrex
Sumber : Alfamart
Dilanjutkan dengan sesi talkshow berikutnya bersama Ibu Amalia dari Alfa Digital yang menjelaskan seperti apa layanan jasa pengiriman barang dari Alfatrex yang membuatkan berbeda dengan jasa pengiriman barang lainnya. Setidaknya ada 3 hal pokok yang secara garis besar dijelaskan oleh Ibu Amalia, yaitu Sumber Daya Manusia yang berkualitas, Teknologi terkini dan modern, serta layanan pengiriman barang yang cepat, akurat, dan efisien. Ada 4 produk dari Alfatrex yang memudahkan masyarakat dalam pengiriman barang, yaitu:
  • SDS atau Same Day Service, merupakan produk primer dari Alfatrex untuk pengiriman kurang dari 15 jam paket akan di antar ke tempat tujuan.
  • NDS atau Next Day Service, untuk pengiriman tiba di tempat tujuan dalam waktu kurang dari 48 jam dan juga merupakan produk primer.
  • RGS atau Regular Service, untuk pengiriman dengan biaya yang terjangkau serta lokasi pengiriman seluruh Indonesia.
  • ECS atau Economy Service, untuk pengiriman paket dalam jumlah yang besar.
Selain menjelaskan beragam produk Alfatrex yang bisa di pilih sesuai kebutuhan, Alfatrex juga memiliki layanan spesial yang membuatnya jasa pengiriman barang ini berbeda dengan yang lain, yaitu servis atau jasa pengiriman yang beragam, yaitu:
  • Door to door, langsung ke tangan penerima atau alamat tujuan pengiriman barang.
  • Door to Store, di mana penerima bisa mengambil barang di berbagai tempat jaringan Alfa group.
  • Store to Store, pengirim melakukan pengiriman barang dan penerimaan barang di jaringan Alfa group.
  • Store to Door, pengirim melakukan pengiriman barang melalui jaringan Alfa group lalu diantarkan langsung ke alamat penerima.
Alfatrex
Ngobral "Ngobrol Bareng Alfa Digital" bersama berbagai narasumber (Dokpri)
Setelah mendengarkan secara langsung pemaparan dari Ibu Amelia dari Alfa Digital, selanjutnya sesi talkshow atau berbincang bersama seluruh narasumber, yaitu Ibu Lisa sebagai Direktur Operasional Blibli.com, Bapak M. Feriadi selaku Ketua Umum Asperindo, Bapak Donny M. Wardhana, Mak Mira Sahid sebagai Founder Kumpulan Emak Blogger (KEB), dan tetap di dampingi oleh Bapak Bambang Setyawan Djojo.  Sesi talkshow ini berlangsung meriah karena masing-masing narasumber memaparkan pandangannya tentang pertumbuhan dunia e-commerce Indonesia yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan sektor lain, seperti jasa logistik. Untuk mendukung terus naiknya pertumbuhan e-commerce di Indonesia, pihak jasa pengiriman barang harus terus berinovasi meningkatkan kualitas layanannya  dan sebaran wilayah pengiriman barang, karena masih ada beberapa wilayah di Indonesia yang masih kurang tersentuh layanan jasa pengiriman berbasis teknologi digital. Sedangkan Mak Mira Sahid memaparkan betapa teknologi digital telah dimanfaatkan dengan sangat baik oleh para ibu rumah tangga, yang dibuktikan dengan semakin bertambahnya jumlah member Kumpulan Emak Blogger (KEB) dari tahun ke tahun.

Alfatrex
Puncak acara "Grand Launching Alfatrex" (Dokpri)
Menjelang sore, tibalah pada puncak acara, yaitu peluncuran secara resmi inovasi terbaru dari Alfamart Digital Business dalam bidang logistik, yaitu Alfatrex yang dilakukan secara bersama oleh Bapak Bambang Setyawan Djojo bersama tamu undangan terpilih lainnya serta di dampingi oleh Ibu Amelia dari Alfa Digital, melalui layar besar digital yang menandai bahwa layanan Alfatrex kelak bisa di akses dengan mudah oleh pelanggan melalui jaringan digital, dari mana saja dan kapan saja. Acara peluncuran secara resmi di tutup dengan barisan kurir Alfatrex yang telah siap melayani jasa pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia. Inovasi Alfatrex ini diharapkan menjadi pendorong bagi terciptanya wirausahawan baru yang mandiri dan berbasis teknologi digital, entah itu dengan memiliki toko online sendiri, berjualan melalui marketplace, atau dengan mendirikan e-commerce sendiri.

Alfatrex Bikin Hati Mantap Membuka Toko Online
"Menurut saya, setidaknya ada tiga hal penting yang harus disiapkan sebelum memulai bisnis online atau membuka toko online sendiri, yaitu semangat untuk mencari ide bisnis yang tepat, produk berkualitas yang akan di jual secara online, dan yang ketiga adalah memilih jasa pengiriman barang yang tepat."
Alfatrex
Gambar: Pixabay
Beberapa tahun yang lalu saya pernah mencoba berbisnis secara online, dan jika dibandingkan dengan saat ini, pertumbuhannya terbilang sangat pesat, seperti semakin banyaknya marketplace, e-commerce, toko online, dan bahkan media sosial yang kian ramah dengan aktivitas bisnis online.  Kualitas jaringan internet yang semakin baik serta semakin meratanya penyebaran jaringan internet merupakan salah satu faktor yang turut mendukung pertumbuhan bisnis online di Indonesia. Tapi yang pasti, keberadaan jasa pengiriman barang dengan layanan yang berkualitas juga menjadi faktor pendorong yang sangat penting untuk pertumbuhan bisnis online. Jika saat memulai bisnis online dahulu tidak banyak pilihan jasa pengiriman barang, bahkan untuk mengakses tarif pengiriman masih sangat susah karena harus datang secara langsung ke tempat jasa pengiriman barang, di timbang, barulah tarif dikeluarkan sehingga membutuhkan proses yang sangat lama. Tapi kini hadirnya teknologi digital membuat segalanya lebih mudah, karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mengecek tarif pengiriman barang ke seluruh kota di Indonesia. 

Memang bagi pemilik toko online, jasa pengiriman barang memiliki peran yang sangat penting karena dapat membantu meningkatkan penjualan dengan menjangkau daerah-daerah di luar toko online tersebut berada. Tapi selain itu ada beberapa manfaat jasa pengiriman barang yang sangat mendukung layanan toko online, antara lain:
  • Membuat waktu lebih efisien, karena barang yang di kirim akan sampai lebih cepat ke tangan konsumen dibandingkan jika melakukan pengiriman sendiri, apalagi jika jasa pengiriman barang tersebut sudah memiliki SDM yang handal di berbagai daerah. Pemilik toko online bisa fokus untuk meningkatkan penjualannya dan melayani transaksi lain.
  • Mengirim sesuai jumlah yang dibutuhkan, sehingga lebih ekonomis dari segi biaya dan tidak membutuhkan banyak biaya lain.  Biaya pengiriman akan disesuaikan dengan berat barang yang di kirim sehingga konsumen atau pembeli tidak akan terbebani biaya pengiriman yang besar.
  • Jaminan keamanan barang yang di kirim, sehingga pemilik toko online dan konsumen tidak perlu khawatir dengan keamanan barang yang di kirim tersebut, karena ada beberapa jenis barang atau produk yang sangat rentan rusak apalagi jika lokasi atau daerah pengiriman cukup jauh sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama.
  • Mudah untuk mengecek posisi barang yang di kirim atau tracking, karena dengan berbekal resi pengiriman, baik pemilik toko online maupun konsumen dapat melakukan aktivitas tracking secara mandiri, dari mana saja dan kapan saja.
Agar bisa merasakan manfaat tersebut, memilih jasa pengiriman barang yang berkualitas tentu adalah solusi yang tepat agar hati semakin mantap membuka toko online. Setelah mencari berbagai referensi, akhirnya saya menemukan tips penting sebelum memilih jasa pengiriman barang, yaitu:
  • Memiliki jangkauan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dengan rute pengiriman yang lengkap.
  • Ongkos kirim yang jelas dan tidak ada lagi biaya yang disembunyikan.
  • Layanan yang cepat, akurat, dan tepat.
  • Garansi pengiriman yang menjamin keamanan barang yang di kirim.
Hadir di acara "Grand Launching Alfatrex" membuat hati saya mantap membuka toko online, dan mulai mempersiapkan hal-hal penting sebelum memulai bisnis online, yaitu:
  1. Semangat untuk mencari ide bisnis yang tepat. Ada begitu banyak ide bisnis yang dapat dikembangkan dan dijadikan lahan yang potensial memulai bisnis online, namun untuk mencari ide bisnis yang tepat tentu dan mampu membangkitkan semangat untuk mengembangkan ide bisnis tersebut bukanlah hal yang mudah tapi bisa di mulai dari hal-hal yang sederhana, seperti memulainya dari hobi dan keahlian yang di miliki. Terdengar sederhana, namun memulai bisnis dari hal-hal yang disukai tentu akan membuat kita lebih bersemangat, seperti yang dikatakan oleh Confusius "Choose a job you love, and you will never have a work a day in your life."
  2. Produk yang berkualitas. Saat memulai bisnis online bukan berarti kita harus memiliki produk yang kita buat dan produksi sendiri karena kita bisa menjual produk milik orang lain. Namun sebelumnya kita harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang kualitas produk yang akan kita jual melalui toko online kita untuk meminimalisir masalah yang mungkin kelak harus kita hadapi. Saat memulai bisnis online dahulu, saya memilih menjual produk secara dropship karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dan tidak perlu memikirkan stok barang serta pengiriman. Meskipun cara penjualan tersebut masih lazim dilakukan banyak pemilik toko online hingga sekarang, kualitas barang yang akan di jual tetap wajib kita ketahui dan contoh produk tetap harus kita miliki, setidaknya sebagai bekal jika ada pertanyaan secara detail dari konsumen. Tapi jika masih kebingungan menjual produk yang tepat dan berkualitas, kita bisa memanfaatkan inovasi dari Alfamart Digital Business, yaitu aplikasi AlfaMind. AlfaMind memungkinkan siapa saja memiliki toko ritel sendiri dengan modal minim dan segudang barang dagangan, karena AlfaMind adalah jaringan toko ritel nasional virtual pertama di Indonesia yang berbasis smartphone. Pemilik toko online Alfamind bisa berjualan dari mana saja dan kapan saja tanpa harus repot memikirkan stok barang dan barang yang di jual sudah terjamin kualitasnya.
  3. Memilih jasa pengiriman yang tepat. Membuka toko online sendiri pastinya membuat kita lebih leluasa memilih sendiri jasa pengiriman barang yang tepat dan sesuai dengan tips yang telah ditulis sebelumnya, yaitu daya jangkau pengiriman, ongkos kirim yang kompetitif, layanan yang cepat dan tepat, serta jaminan keamanan. Semua kriteria ini ada pada inovasi terbaru dari Alfamart Digital Business, yaitu Alfatrex yang baru saja di launching secara resmi minggu lalu. Dengan memaksimalkan jaringan Alfamart group yang tersebar di seluruh Indonesia, pengiriman barang pastinya akan lebih mudah, apalagi keberadaan Alfamart sebagai salah satu jaringan toko ritel yang terbesar dan terbanyak di Indonesia, pengiriman barang akan lebih mudah, cepat, dan akurat. Dengan 4 produk unggulannya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Alfatrex siap melayani pelanggannya di mana saja dan kapan saja dengan semboyan kecepatan, ketepatan, dan terpercaya.
Ada 5 langkah mudah untuk mengirim paket dan dokumen dengan jasa pengiriman Alfatrex, yaitu:
  • Ukur dimensi paket yang akan di kirim lalu cek tarif pengiriman melalui fitur yang tersedia, baik melalui website www.alfatrex.id maupun mobile apps Alfatrex.
  • Isi data pengiriman melalui website www.alfatrex.id atau mobile apps Alfatrex untuk mendapatkan kode pembayaran.
  • Bawa paket yang akan di kirim ke Alfamart, Alfamidi, dan Dan Dan terdekat sambil menunjukkan kode pembayaran. Sementara ini hanya untuk lokasi pengiriman Alfamart Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, serta Alfamidi dan Dan Dan Jabodetabek.
  • Paket siap di antar ke lokasi tujuan.
  • Cek manifest paket melalui website atau mobile apps Alfatrex dengan memasukkan nomor resi yang didapatkan dari kasir Alfamart, Alfamidi, dan Dan Dan.

Alfatrex
Website www.alfatrex.id

Alfatrex
Cari informasi Dropstore terdekat (www.alfatrex.id)
Alfamind
Mudah memiliki toko online sendiri berkat AlfaMind
Konsep layanan jasa pengiriman barang Alfatrex sangatlah mendukung pertumbuhan bisnis online kedepannya di Indonesia, tidak hanya karena jaringan Alfamart group sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga ke kota-kota kecil, namun juga karena kemudahan mengakses lokasi dropstore, bahkan di tempat saya tinggal akses ke Alfamart sangatlah mudah dan cepat karena hanya berjarak beberapa ratus meter. Inovasi layanan jasa pengiriman barang yang berbasis digital dan daya jangkau pengiriman yang sangat luas inilah diharapkan akan makin memantapkan lahirnya wirausahawan baru terutama di kalangan usia muda sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang. Alfatrex bikin hati mantap membuka toko online!

Referensi tulisan:
Pers Release Grand Launching Alfatrex, 7 Mei 2018.
https://www.alfatrex.id
http://entrepreneurcamp.id/cara-mencari-ide-bisnis/
https://doku.com/id/blog/single/117/Perhatikan-Hal-Ini-Sebelum-Memilih-Jasa-Pengiriman-Untuk-Toko-Online

2 komentar:

  1. Makin banyak pilihan ekspedissi, makin mudah buat bisnis online ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak, yang pasti pengecekan pengiriman barang jadi lebih lancar kalau jasa pengiriman barangnya berbasis digital dan lebih mudah karena toko Alfamart banyak cabangnya.

      Hapus

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.