Aktifkan Asisten Google, Dengar Murottal Al-Qur'an Jadi Lebih Mudah

Al Qolam
Gambar: Pixabay.com
Menurut data survei yang dilakukan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), pengguna jasa internet di Indonesia sampai dengan tahun 2017 mencapai 142 juta jiwa dengan penetrasi sebesar 54,69 persen dari total populasi penduduk Indonesia. Bahkan, Survei ini pun mencatat pertumbuhan pengakses internet yang sangat fantastis, yaitu lebih dari 600 persen dalam 10 tahun terakhir. 
Dari sekian juta pengguna internet aktif tersebut, tentu ada sebagian pengguna internet yang termasuk kelompok usia anak-anak dan remaja, di mana pada kelompok usia ini sangat diperlukan filter untuk menyaring informasi atau konten yang masuk melalui perangkat teknologinya. "Bak pisau bermata dua," perkembangan teknologi yang sangat pesat tidak hanya memberikan kemudahan dalam mengakses beragam informasi dan konten yang memberikan manfaat positif, namun juga memberikan kesempatan atau celah bagi diaksesnya konten yang berbahaya dan tidak pantas untuk di konsumsi anak-anak dan remaja. Untuk melawan informasi dan konten negatif yang mungkin saja berpotensi di akses oleh anak-anak dibutuhkan inovasi teknologi yang bermuatan positif sekaligus di sukai anak-anak dan mudah dalam pengoperasiannya.

Perkembangan teknologi digital yang serba cepat ini tidak hanya memberikan beragam kemudahan namun juga kepraktisan sehingga sangat ideal untuk menunjang kehidupan masyarakat modern yang inginnya serba cepat dan praktis. Setidaknya, ada beberapa kemudahan yang ditawarkan teknologi digital untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih maju dan berkembang, antara lain:
  • Menghapus jarak, ruang, dan waktu. Seseorang yang tinggal di belahan dunia lain bisa berkomunikasi dengan sangat lancar dengan orang lain yang berjarak ribuan hingga jutaan kilometer jauhnya hanya menggunakan perangkat teknologi digital. Bahkan, tidak jarang teknologi digital memungkinkan seorang ibu yang tinggal berjauhan dengan putra-putrinya bisa melihat sekaligus mendengarkan suaranya saat berkomunikasi, yah...menggunakan teknologi digital ini.
  • Hidup menjadi lebih praktis dan mudah. Apapun aktivitas yang diinginkan seseorang, entah itu berbelanja, membayar berbagai tagihan keuangan, mencari sekolah untuk anak-anak, dan sebagainya. berkat teknologi digital bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus bersusah payah datang secara langsung ke tempat tersebut. Bahkan seseorang yang ingin mengunjungi dokter atau rumah sakit bisa mendaftarkan dirinya terlebih dahulu tanpa harus datang secara langsung untuk sekadar antri, mudah dan praktis bukan?
  • Semua aktivitas yang dilakukan menjadi tak terbatas waktu. Tentu saja...aktivitas apapun yang ingin dilakukan, bahkan berbelanja bisa dilakukan kapan saja meskipun hari sudah larut malam. Ribuan bahkan jutaan toko online tetap buka hingga 24 jam dan siap melayani konsumen yang bahkan tempat tinggalnya pun berjarak sangat jauh. Ingin mengakses informasi pun tidak perlu khawatir karena jutaan informasi bisa didapatkan secara up to date tanpa berbatas waktu. 
  • Aktivitas belajar menjadi lebih mudah. Tidak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi digital memiliki dampak positif terhadap kemudahan untuk mempelajari sesuatu. Bahkan seorang ibu rumah tangga yang pada awalnya tidak mahir memasak variasi menu, bisa menjelma menjadi chef handal keluarga berkat kemajuan teknologi digital. Ingin mengajarkan doa-doa atau membiasakan si kecil mendengarkan ayat-ayat Al-Qur'an sejak dini, sangat mudah karena beragam aplikasi berbasis teknologi digital bisa di akses sangat mudah, semudah saat berbicara dengan si kecil. Bahkan, aplikasi ini memungkinkan orangtua mengajarkan kosa kata yang baik untuk ditirukan si kecil, seperti menggunakan inovasi teknologi dari Asisten Google.
Asisten Google merupakan aplikasi yang diluncurkan Google untuk memudahkan semua penggunanya berkomunikasi dengan google untuk menelusuri beragam informasi melalui perintah suara. Menariknya lagi, tidak hanya informasi yang bisa diakses pengguna melalui Asisten Google, tapi beragam hiburan atau apapun yang ingin di cari bisa dibantu aplikasi ini. Dengan cara akses yang terbilang sangat user friendly, aplikasi ini tentu juga cocok untuk anak-anak. Apalagi saat ini Asisten Google sudah bisa di akses dengan Bahasa Indonesia, sehingga memudahkan masyarakat Indonesia menggunakan Asisten Google untuk mengakses atau mencari tahu banyak hal, layaknya memiliki asisten pribadi. Tidak hanya itu, asisten virtual ini juga sudah dilengkapi fitur yang memungkinkannya mengenali beragam dialek Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia dari berbagai wilayah bisa mengakses Asisten Google berbahasa Indonesia ini.

Al Qolam
Asisten Google kini hadir dapat di akses dengan Bahasa Indonesia (Dokpri)
Asisten virtual yang berbasis machine learning ini tentu saja harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kebutuhan belajar atau edukasi, agar tujuan positif dari keberadaan teknologi modern bisa tercapai. Google melalui aplikasi Asisten Google berkomitmen untuk menjadikan inovasi teknologinya ini bermanfaat untuk kemudahan masyarakat dalam mempelajari sesuatu, salah satunya dengan mengandeng 7 perusahaan di Indonesia untuk menggunakan Asisten Google sebagai media edukasi dan dapat menggunakan perintah suara dari Asisten Google ini. Al Qolam menjadi satu-satunya aplikasi yang tersedia di Asisten Google untuk konten agama, di mana pengguna aplikasi ini dapat melakukan berbagai aktivitas serta mengakses berbagai info hanya melalui perintah suara. Ada beberapa aktivitas yang bisa diakses pengguna hanya dengan satu kali perintah suara "bicara dengan Al Qolam" pada Asisten Google, antara lain:
  • Mendengar Murottal Al-Qur'an dari suara Mishari Rasyid yang disertai dengan terjemahan dari ayat-ayat tersebut secara lengkap dan jelas.
  • Mendengarkan doa-doa harian yang disertai artinya sehingga anak-anak akan lebih mudah memahami arti dan makna dari doa tersebut.
  • Mendengarkan ayat-ayat tematik sebagai sumber referens mempelajari berbagai hal, seperti mendidik anak, motivasi, dan sebagainya.
  • Mengetahui secara detail informasi tentang produk-produk Al Qolam, atau bisa langsung membelinya melalui Asisten Google.
Hanya dengan mengaktifkan asisten virtual ini, maka aktivitas mendengarkan murottal menjadi sangat mudah dan cepat. Namun tetap saja, meskipun kita dapat mendengarkan ayat-ayat Al-Qur'an lebih mudah melalui Asisten Google, adab dan sopan santun seperti ketika akan membaca Al-Qur'an secara langsung tetap harus dikedepankan. Pengintegrasian Al Qolam ke dalam aplikasi Asisten Google ini merupakan langkah yang sesuai dengan misi Al Qolam, yaitu melakukan syiar agama Islam. Selain itu, berdasarkan riset yang dilakukan oleh Institut Ilmu Al-Qur'an  (IIQ) bahwa angka buta huruf Al-Qur'an di Indonesia mencapai 65 persen dari keseluruhan penduduk yang beragam Islam. Diharapkan melalui integrasi Al Qolam ke dalam aplikasi besutan Google ini dapat membantu menurunkan angka buta huruf tersebut sekaligus merangsang keinginan anak untuk belajar ilmu agama sedini mungkin. Untuk rencana kedepannya, Al Qolam akan terus melakukan pengembangan konten-konten Islami yang dapat di akses melalui Asisten Google sekaligus menambahkan layanan pelanggan atau Customer Service sehingga lebih interaktif dan responsif saat melayani pelanggan. 

Aktifkan Asisten Google, Dengar Murottal Al-Qur'an Jadi Lebih Mudah

Kini Asisten Google bisa diakses dengan Bahasa Indonesia, bahkan aplikasi besutan Google ini bisa mengenali berbagai dialek Bahasa Indonesia sehingga sangat memudahkan masyarakat Indonesia yang di kenal memiliki beragam suku dan dialek.

Namun agar aplikasi Asisten Google ini dapat berjalan dengan baik pada smartphone, tentu ada persyaratan minimal, yaitu memiliki smartphone dengan sistem operasi minimal Android 5.0 Lollipop. Sedangkan untuk pengguna smartphone besutan dari Apple minimal dengan sistem operasi IOS 9.1.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan aplikasi ini melalui smartphone terbilang sangat mudah, yaitu:

  1. Unduh aplikasi Asisten Google atau Google Assistant atau juga Google Allo melalui Playstore untuk smartphone berbasis Android atau melalui Appstore untuk Apple.
  2. Tekan tombol home dalam beberapa detik hingga masuk ke aplikasi Google Assistant.
  3. Jika aplikasi ini muncul dalam dalam Bahasa Inggris, klik ikon titik tiga pada pojok kanan atas.
  4. Pilih menu Settings > Phone > Assistant Language > Klik Go To Language Preferences > Pilih Bahasa Indonesia. Aplikasi Asistan Google siap digunakan dalam Bahasa Indonesia.
Namun dari pengalaman saya setelah mencoba aplikasi Asistan Google ini, aplikasi langsung menyesuaikan dengan Bahasa Indonesia sehingga saya bisa langsung menggunakannya untuk terhubung dengan Al Qolam. 
Sekarang setelah mengunduh aplikasi Asistan Google, tinggal mencoba aplikasi ini agar terhubung secara cepat dengan Al Qolam, yaitu tinggal mengucapkan "Oke Google" maka Asistan Google akan langsung menjawab dan menanyakan apa yang ingin kita cari. Langkah selanjutnya adalah mengucapkan kalimat "Bicara dengan Al Qolam" secara jelas maka asisten pribadi ini akan langsung menyambungkan pengguna dengan Al Qolam. 
Setelah terhubung dengan Al Qolam maka pengguna tinggal mengucapkan apa yang ingin di dengar atau informasi apa yang ingin di ketahui, seperti mendengarkan Murottal Al-Qur'an. Biasanya Al Qolam akan menanyakan Surah apa yang ingin didengarkan. Jika ingin mendengarkan Surat Al Fatihah, maka tinggal mengucapkan "putar Surah Al Fatihah dong," tidak menunggu lama Murottal Surah Al Fatihah akan langsung diperdengarkan sesuai ayat yang diinginkan.

Al QolamAl Qolam




Al Qolam


Selain dengar Murottal Al-Qur'an jadi lebih mudah, pengguna juga bisa mendengarkan beragam doa-doa, seperti doa tidur, naik kendaraan, dan lain-lain, yang disertai dengan artinya sehingga anak-anak yang mendengarkan doa tersebut bisa memahami apa yang didengarkannya. Ayat-ayat tematik, tentang motivasi, mendidik anak, dan lain-lain juga bisa didengarkan informasinya melalui Asisten Google Al Qolam ini, sehingga akan menambah referensi keilmuan kita. Saya bersama anak-anak sudah mencoba berulang kali aplikasi ini, dan anak-anak sangat tertarik karena mereka bisa mendengarkan berbagai ayat serta surah Al-Qur'an yang disertai artinya sehingga anak-anak bisa memahami isi surah tersebut. Kedepannya diharapkan akan semakin banyak inovasi fitur terbaru yang membuat semua kalangan usia terutama anak-anak tertarik mempelajari Al-Qur'an sejak dini. Apalagi aplikasi semacam ini sangat cocok digunakan untuk anak-anak yang belum bisa membaca dan menulis. Tapi yang terpenting, Al Qolam melalui aplikasi Asisten Google ini bisa membantu mengentaskan angka buta huruf Al-Qur'an dari berbagai kalangan usia dengan cara yang lebih mudah. 

Al Qolam
Al Qolam dengan Asisten Google (Dokpri)
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.