Rabu, 20 Desember 2017

Mudahnya Memasak Tahu Kuah Santan Kelapa Berkat Sasa Santan Kelapa

sasa, santan, kelapa, kreasi, masakan, resep,
Pagi ini kita mau buat resep masakan yang simpel, praktis, dan murah tahu kuah santan kelapa menggunakan Sasa santan kelapa (Dok: Pribadi)
Pagi hari biasanya saat yang paling heboh karena hampir seluruh anggota keluarga memulai aktivitas di pagi hari, baik berangkat ke sekolah, ke kantor, kuliah, dan beragam aktivitas lainnya. Seringkali dengan alasan lebih sehat dan hemat tentunya, para ibu lebih suka menyiapkan bekal makanan dari rumah, terutama untuk putra-putrinya yang akan berangkat ke sekolah. Memang dengan memasak sendiri di rumah, kita bisa tahu kesegaran bahan masakan serta aneka bumbu yang digunakan untuk memasak, apalagi ada sebagian anak yang memiliki riwayat alergi terhadap bahan atau bumbu masakan tertentu, sebagai ibu tentu harus mewaspadainya. Memang aktivitas memasak di pagi hari terbilang cukup merepotkan karena selain harus menyiapkan bahan serta bumbu untuk memasaknya, di saat bersamaan ibu juga harus menyiapkan keperluan lainnya seperti pakaian seragam, peralatan sekolah, dan lain-lain. Namun jika mengingat keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan memasak sendiri bekal serta sarapan untuk anak-anak, tentu rasa lelah tidak akan kita rasakan. Sebenarnya ada tips agar memasak sarapan dan bekal di pagi hari tidak menjadi aktivitas yang merepotkan, salah satunya adalah dengan memilih resep-resep yang praktis dalam memasaknya dan mudah dalam mencari bahan masakannya, seperti resep tahu kuah santan berikut ini.

Pastinya sudah pada tahu kan kalau resep tahu kuah santan kelapa merupakan makanan yang berbahan dasar tahu yang di masak dengan santan kelapa yang terkenal membuat makanan lebih gurih dan segar. Biasanya untuk membuat resep masakan ini, tahu yang digunakan adalah tahu putih yang bertekstur empuk sehingga dapat menambah kenikmatan saat menyantap masakan ini yang biasanya dihidangkan bersama nasi dan lauk lainnya. Meskipunnya lazimnya tahu yang digunakan adalah tahu putih, namun jika kita lebih menyukai tahu kuning tentu bisa juga di ganti menggunakan jenis tahu ini. Jadi tahu yang digunakan fleksibel, tergantung selera meskipun sebagian besar resep masakan tahu kuah santan kelapa ini menggunakan tahu putih.

Bagi yang sudah pernah mencoba resep masakan tahu kuah santan ini pastinya setuju bahwa waktu untuk memasaknya terbilang sangat singkat sehingga sangat cocok untuk di pilih menjadi resep masakan saat pagi hari, dan rasanya sudah pasti gurih dan lezat karena kuahnya menggunakan bahan dasar santan kelapa. Tidak hanya santan, bahan-bahan masakan yang terbilang tidak sulit untuk mendapatkannya dan biasanya sebagian ibu sudah memiliki stok bahan tersebut di dapur. Sedangkan bahan dasar tahu pastinya sangat mudah untuk membelinya baik di pasar maupun warung sayur dekat rumah karena tahu umumnya sangat di sukai sebagai bahan dasar beragam jenis masakan, selain harganya murah dan sangat terjangkau, menurut hasil penelitian tahu memiliki berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Eitss...tapi jangan salah, meskipun harga tahu relatif cukup murah namun jika sudah di olah berbagai jenis resep masakan, rasanya sangat enak dan pastinya menggugah selera makan siapa saja termasuk anak-anak, karenanya tidak salah jika tahu adalah salah satu bahan dasar masakan yang tergolong di sukai semua umur. Nah, untuk kali kita kita akan mencoba salah satu resep masakan menggunakan bahan dasar tahu dan santan kelapa, yaitu tahu kuah santan kelapa. Resep ini pastinya cocok sekali sebagai lauk makan, baik di pagi hari, siang, ataupun malam hari, dan pastinya semua anggota keluarga menyukai masakan ini, yuk kita cari tahu cara memasaknya.

sasa, santan, kelapa, kreasi, masakan, resep,
Berkat Sasa santan kelapa, resep tahu kuah santan kelapa jadi hidangan yang praktis dan mudah dalam menasaknya, serta bergizi pastinya cocok untuk hidangan bersama keluarga (Dok: Pribadi)
Resep Tahu Kuah Santan Kelapa

Sebelum kita membahas langkah-langkah praktis untuk memasak resep tahu kuah santan, mendengar kata santan kelapa pastinya identik dengan keribetan karena harus membeli kelapa, memarutnya, hingga memerasnya untuk mendapatkan santan. Tapi berkat hadirnya produk Sasa santan kelapa yang praktis, aktivitas ribet saat harus memasak menggunakan bahan dasar santan kini tidak lagi menjadi hambatan. Selain gurih dan lebih mantap, Sasa santan kelapa memiliki beberapa keunggulan lainnya, yaitu:
  • Dibuat dari daging buah kelapa tua segar pilihan,
  • Diproses secara steril menggunakan sistem UHT dengan teknologi kemasan aseptik, untuk menghasilkan kualitas aroma dan rasa yang terjamin.
  • Praktis, dapat digunakan langsung tanpa harus di masak dengan hasil masakan yang sama dan konsisten.
Dengan keunggulan yang terdapat pada produk Sasa santan kelapa, kita tidak perlu ragu lagi untuk memilih menggunakan produk dari Sasa ini dalam setiap resep masakan berbahan dasar santan yang akan kita hidangkan untuk keluarga tercinta, seperti resep masakan yang saya buat kali ini tahu kuan santan kelapa. 

Bahan-bahan yang diperlukan:
  • 2 buah tahu putih/tahu cina berukuran sedang di potong dadu,
  • 2 buah cabe merah besar di potong serong tipis-tipis,
  • 2 buah tomat merah di potong dadu
  • 2 lembar daun salam, 2 cm ruas lengkuas, 2 sendok makan saus tiram,
  • 1/4 sendok teh merica bubuk, garam halus secukupnya, minyak goreng untuk menumis bumbu secukupnya, gula pasir secukupnya, dan penyedap rasa sapi secukupnya,
  • 1 bungkus Sasa santan kelapa dengan kualitas yang sama seperti kelapa tua yang baru di peras.
  • Bumbu-bumbu yang dihaluskan: 2 butir kemiri, 3 siung bawang merah, dan 3 siung bawang putih.
 Cara memasak tahu kuah santan kelapa: 
  1. Panaskan minyak goreng untuk menumis, setelah panas tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga tercium aroma harum.
  2. Masukkan lengkuas yang sudah digeprek dan daun salam sambil di aduk-aduk hingga bahan tersebut layu.
  3. Selanjutnya tuang Sasa santan kelapa ke dalam bumbu yang sudah di tumis tadi.
  4. Tunggu hingga santan mendidih sambil di aduk-aduk terus agar santan tidak pecah.
  5. Setelah mendidih masukkan tahu yang sudah di potong dadu ke dalam campuran kuah bumbu tadi.
  6. Jangan lupa masukkan juga cabe merah besar yang sudah di iris halus dan potongan tomat.
  7. Tambahkan juga saus tiram, merica bubuk, gula pasir, garam, dan penyedap rasa sapi.
  8. Aduk semua bahan menjadi satu, dan jangan lupa di cicipi rasanya.
  9. Tunggu hingga masakan matang dengan ciri tahu sudah mengapung ke atas.
  10. Terakhir, tahu kuah santan kelapa siap disajikan menjadi hidangan lezat untuk keluarga tercinta.
Gimana? Simpel dan mudah kan memasak resep tahu kuah santan kelapa, selain bahannya mudah di dapat dengan harga yang cukup terjangkau, masakan ini bisa menjadi alternatif untuk bekal putra-putri tercinta. Selain bergizi, berkat Sasa santan kelapa resep masakan apapun menjadi lebih simpel dalam memasaknya dan pastinya hygienis. Yuk jangan ragu untuk mencoba Sasa santan kelapa, karena saya sudah mencobanya, gurih dan mantap rasanya yang bikin masakan biasa menjadi luar biasa karena Sasa Santan, Aslinya Santan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...