Belajar Jadi Lebih Seru dan Menyenangkan Di Ruangguru Digitalbootcamp

Ruangguru digitalbootcamp
Ciptakan ruang belajar yang seru dan menyenangkan karena materi pelajaran semakin sulit (Dok: Ruangguru.com)
“Hayo kak, yang semangat belajarnya…ujian nasional sebentar lagi lho,” sepertinya menjadi kata-kata yang nyaris selalu saya ucapkan di rumah untuk menyemangati putra sulung saya yang tahun ini akan mengikuti ujian nasional tingkat SMP. Tapi namanya juga anak-anak kadang semangat belajarnya suka naik turun, apalagi jika ada materi pelajaran yang sulit dipahaminya dan rasanya orangtua sekarang sudah maklum kalau materi pelajaran anak sekarang lebih berat dibandingkan saat para orangtua sekolah dahulu. Tidak hanya itu, ketika membantu anak-anak belajar atau mengerjakan pekerjaan rumah seringkali saya mengalami kesulitan terutama untuk pelajaran matematika karena konsep atau cara menghitungnya berbeda dengan yang saya dapatkan saat sekolah dahulu. Sehingga tidak heran jika jaman sekarang solusi untuk mengatasi permasalahan belajar anak hanya dengan mendaftarkannya di bimbingan belajar.

Sebagai orangtua masa kini yang memiliki problem yang sama dengan orangtua lainnya tentang bagaimana mengatasi kesulitan belajar yang di alami anak, saya pun mendaftarkan anak-anak di salah satu bimbingan belajar yang berlokasi terbilang cukup dekat dengan rumah. Tapi meskipun lokasi bimbingan belajar terbilang cukup dekat dengan rumah, laporan perkembangan belajar anak tidak setiap hari atau secara real time saya dapatkan, dan untuk mendapatkan laporannya pun terkadang saya harus datang secara langsung yang tentu saja harus menyisihkan waktu khusus. Belum lagi problem karakter yang harus saya hadapi karena putra sulung saya memiliki sifat yang pendiam, pemalu, dan bicara seperlunya saja, tentu saja hal ini cukup menghambat ketika belajar baik di sekolah maupun di bimbingan belajarnya hingga pada suatu hari dia pun mogok tidak mau lagi ikut bimbingan belajar padahal tahun ajaran ini harus mengikuti ujian nasional.

Hal pertama yang saya lakukan tentu saja mengorek informasi kenapa sih dia mogok tidak mau lagi mengikuti mengikuti pelajaran di bimbingan belajar. Alasan pertamanya sih capek karena beban pelajaran di sekolah semakin full karena sudah duduk di kelas 9, dan alasan keduanya guru lesnya kurang asyik sama saja seperti belajar di sekolah cuma duduk diam mendengarkan penjelasan terus mengerjakan soal-soal seperti di sekolah. “Ada ngak sih ma, tempat les yang asyik terus aku ngak harus keluar rumah setiap hari, jadi pulang sekolah bisa istirahat di rumah?” Yah tentu saja ada dong, karena berkat kemajuan teknologi digital konsep les atau bimbingan belajar yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja pastinya sudah tersedia. “Tapi ma, kalau bisa ruang kelas les onlinenya sama seperti les di bimbingan belajar biasa, banyak teman tapi ngak bikin aku malu bertanya ini dan itu tentang pelajaran.” Yah…sifatnya itu memang kadang jadi problem karena dia jadi enggan untuk bertanya tentang kesulitan pelajaran yang dialami padahal materi ujian nasional biasanya gabungan materi pelajaran yang didapatkan sejak duduk di kelas 7 hingga 9, kebayangkan banyak dan pastinya berat banget materinya.

Saya ingat, tahun lalu saya pernah mengikuti gathering bersama Komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) yang diselenggarakan Ruangguru.com sebagai salah satu startup di Indonesia yang menyediakan layanan pendidikan berbasis teknologi digital. Pastinya setelah satu tahun berlalu, layanan Ruangguru.com semakin berkembang dan produknya pun semakin bertambah mengingat perkembangan dunia digital sangat cepat. Saya pun segera mengakses situs Ruangguru.com dan benar saja ada banyak produk baru yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kesulitan belajar yang dialami anak-anak di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke, salah satunya adalah Ruangguru Digitalbootcamp.

BELAJAR JADI LEBIH SERU DAN MENYENANGKAN DI RUANGGURU DIGITALBOOTCAMP 

Pastinya banyak orangtua termasuk saya yang bertanya-tanya seperti apa sih produk dari Ruangguru yang di sebut Ruangguru Digitalbootcamp itu. Ternyata Ruangguru Digitalbootcamp memiliki konsep yang nyaris sama dengan bimbingan belajar offline yang siswanya digabungkan salam satu kelas berdasarkan tingkat pendidikannya, namun bedanya ruang belajar bersama ini bisa di akses secara online sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja, seperti yang dijelaskan Ruangguru.com dalam situsnya. 

Ruangguru digitalbootcamp
Ruangguru digitalbootcamp jadi solusi belajar lebih seru dengan teman seluruh Indonesia (Dok: Ruangguru.com)
Ruangguru digitalbootcamp atau di singkat RGDB adalah bimbingan belajar online yang dilaksanakan via group chat, yaitu melalui aplikasi LINE yang fokus pada tujuan untuk membantu persiapan belajar untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari kelas 6 SD hingga kelas 12 SMA, dan dilanjutkan dengan persiapan belajar menghadapi SBMPTN untuk lulusan SMA. Selain membantu persiapan belajar yang lebih intensif untuk menghadapi ujian nasional dan SBMPTN bagi kelas 6, 9, dan 12, Ruangguru digitalbootcamp juga membantu persiapan belajar menghadapi ujian semester bagi siswa kelas 7, 8, 10, dan 11 agar lebih mudah memahami materi pelajaran di sekolah dan bisa naik kelas dengan nilai yang memuaskan.

Jika tertarik pastinya ingin tahu lebih lanjut dong fasilitas apa saja yang tersedia di ruang belajar online Ruangguru digitalbootcamp. Ternyata fasilitas yang tersedia terbilang sangat lengkap dan sangat menunjang persiapan belajar anak baik yang akan menghadapi ujian nasional, SBMPTN, serta ujian semester kenaikan kelas.
  • Tanya jawab dengan guru atau kakak tutor sepuasnya,
  • Konsultasi tentang materi pelajaran sepuasnya hingga mampu mengerti pokok bahasan materi tersebut. 
  • Modul materi pelajaran yang lengkap, 
  • Rangkuman materi pelajaran, 
  • Latihan soal rutin per mata pelajaran, 
  • Pemahaman dan pendalaman materi lebih lanjut melalui video, 
  • Tryout ujian secara berkala di sertai pembahasan dan analisa kemampuan, 
  • Peserta berasal dari seluruh Indonesia.
Setelah tahu fasilitasnya, pastinya ingin tahu juga dong bagaimana sistem belajar Ruangguru digitalbootcamp dilaksanakan. Jangan khawatir karena sistem belajarnya sudah sangat dikenal anak-anak masa kini, yaitu setiap siswa yang sudah mendaftar akan di undang dalam group chat yang berbeda untuk setiap masa pelajaran menggunakan aplikasi LINE. Setiap group chat akan di damping oleh satu guru atau tutor dengan jumlah siswa per satu group chat maksimal 20 siswa agar suasana belajar nyaman dan kondusif. Setiap hari siswa akan mendapatkan materi pelajaran, dan setiap siswa bisa bertanya atau berdiskusi sepuasnya, bisa dengan tutornya secara langsung atau dengan teman satu group chatnya sehingga komunikasi dan interaksi menjadi lebih akrab sekalipun lokasi tempat tinggal berjauhan. Bayangkan berada satu group chat dengan teman siswa lain yang bahkan lokasi tempat tinggalnya sangat jauh, jadi memiliki kesempatan untuk saling mengukur kemampuan belajar dan materi yang didapatkan di sekolah. 

Dengan konsep bimbingan belajar seperti ini pastinya cocok dengan karakter anak saya yang tidak suka banyak bicara atau agak pemalu, karena tidak bertemu secara langsung melainkan melalui aplikasi chatting yang pastinya sangat familiar untuk anak seusia dia. Meskipun di kehidupan nyata anak saya agak pendiam namun jika chatting dengan saudara atau temannya sepertinya agak cerewet, jadi menurut saya sangat cocok jika mengikuti bimbingan belajar dengan konsep digital. Selain akan mendapatkan materi pelajaran lengkap untuk mata pelajaran yang akan diujikan dalam ujian nasional atau SBMPTN, tutor atau guru yang menjadi staf pengajar di Ruangguru digitalbootcamp adalah lulusan atau yang masih berstatus mahasiswa dari berbagai PTN ternama dan terbaik di Indonesia seperti Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan lain-lain, yang semuanya memiliki pengalaman mengajar.

Sssttt…untuk orangtua tidak perlu repot lagi untuk mengakses hasil belajar anak karena setiap bulan tim Ruangguru akan mengirimkan hasil pencapaian belajar anak melalui email yang didaftarkan orangtua siswa. Adapun laporan pencapaian yang akan dilaporkan mencakup perkembangan nilai tryout atau latihan soal, analisis kelemahan siswa dalam belajar, serta keaktifan siswa di grup belajar. Jadi orangtua bisa ikut memantau belajar anak meskipun anak mengikuti bimbingan belajar secara online, yang yang pasti orangtua tidak perlu bersusah payah menyisihkan waktu luang datang secara langsung ke tempat bimbingan belajar untuk mendapatkan laporan hasil belajar anak. Ruangguru digitalbootcamp benar-benar menghadirkan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar anak masa kini. 

SEKILAS TENTANG RUANGGURU

Mungkin ada beberapa orangtua yang sudah mengenal atau bahkan merasakan manfaat setelah anak-anaknya mengikuti bimbingan belajar melalui berbagai produk di Ruangguru, namun pastinya ada juga orangtua yang bahkan belum mengenal apa sih Ruangguru yang sudah eksis sejak bulan April 2014. Seperti yang sudah di singgung sedikit sebelumnya, Ruangguru adalah startup yang menyediakan layanan pendidikan berbasis teknologi yang memfokuskan diri pada penyediaan layanan jasa guru privat berkualitas secara online dan offline atau marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, video belajar berlangganan, hingga penyediaan konten-konten yang disesuaikan dengan standar kurikulum nasional sebagai bahan persiapan ujian, serta sistem manajemen belajar terpadu.

Tidak hanya itu, di usianya yang memasuki tiga tahun Ruangguru telah meraih berbagai penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri, diantaranya penghargaan sebagai Situs Pendidikan Terbaik di Indonesia dalam Bubu Awards 2015, Honorable Mention for Best Education Startup dalam KAIZEN 2016 di Dubai, Google Launchpad Accelerator 2016 – Awardee, UNICEF Youth Innovation Forum 2015 – Innovation to Watch, dan lain-lain, yang kesemuanya menunjukkan bahwa Ruangguru secara serius berusaha ikut membantu meningkatkan kualitas guru serta mutu pendidikan di Indonesia. Bahkan untuk mendukung kemudahan akses berbagai produk Ruangguru untuk mendukung belajar siswa, sudah tersedia aplikasi mobile Ruangguru yang dapat di unduh melalui Google Play dan App Store, sehingga orangtua dan siswa bisa mengakses produk dan fasilitas Ruangguru dari mana saja dan kapan saja. 

Ruangguru digitalbootcamp
Aplikasi video belajar bisa menjadi solusi mengatasi kesulitan belajar secara cepat dan tepat (Dok: Ruangguru.com)
Informasi terbarunya, Ruangguru sudah mengembangkan aplikasi video belajar terbaru yakni ruangbelajar. Ruangbelajar sendiri merupakan produk dari Ruangguru yang mengggabungkan penjelasan dari guru dengan video animasi. Selain itu, di ruangbelajar juga terdapat rangkuman dari topik yang dibahas dan bisa saling bertukar catatan pelajaran ke teman-teman lain yang daftar di ruangbelajar.

Bersama Ruangguru, yuk lakukan revolusi belajar agar belajar menjadi luar biasa, seru, menyenangkan, dan mudah.

Tidak ada komentar:

Copyright : elisakaramoy (2017). Diberdayakan oleh Blogger.