Selasa, 31 Oktober 2017

Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 Dalam Tema Pernik Nawacita Nusantara

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) mencatat dalam lima tahun terakhir kontribusi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mengalami peningkatan, yaitu dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen. Tidak hanya menyumbang angka yang tidak sedikit dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, sektor UMKM juga telah banyak membantu penyerapan tenaga kerja di dalam negeri. Tercatat serapan tenaga kerja dalam sektor UMKM mengalami pertumbuhan dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen dalam periode lima tahun terakhir. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sektor UMKM meskipun baru mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun telah menjadi salah satu sektor andalan dalam peningkatan perekonomian Indonesia, terutama dalam hal penyerapan tenaga kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat. Tumbuhnya industri kreatif di Indonesia juga menjadi faktor yang memicu peningkatan tren positif sektor UMKM di Indonesia.

Smesco 2nd Quilt & Needle Craft
Meriahnya event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 (Dokpri)

Namun tentu saja untuk terus memacu pertumbuhan sektor UMKM agar semakin meningkatkan kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia dibutuhkan dukungan yang maksimal, dan salah satu bentuk dukungan dari Smesco Indonesia terhadap peningkatan sektor UMKM di Indonesia adalah dengan menyelenggarakan event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 yang berlangsung dari tanggal 19 Oktober hingga 21 Oktober 2017. Melalui acara yang bertajuk "Pernik Nawacita Nusantara," Smesco Indonesia ingin semakin fokus mengangkat quilt dan seni perca Indonesia agar semakin di kenal di dunia internasional. Kerajinan seni perca sesungguhnya bukanlah hal baru di Indonesia karena sejak dahulu masyarakat Indonesia sudah mengenal seni kerajinan tangan ini sebagai salah satu seni tradisional yang cukup banyak peminatnya di Indonesia, baik yang mendalami seni ini maupun yang menjadikan seni kerajinan ini sebagai salah satu koleksi. Bentuknya yang unik karena di desain dari beragam warna dan corak kain perca atau sisa, banyak orang yang menyukainya seni kerajinan ini karena dianggap memiliki nilai ekonomis, yaitu memanfaatkan kain sisa yang tidak dapat di pakai lagi dan sering dianggap sebagai sampah.

Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017
Pembukaan Event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft 2017 (Dokpri)
Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017
Beberapa tamu undangan saat acara pembukaan berlangsung (Dokpri)
Selain kerajinan seni kain perca, salah satu kerajinan tangan lainnya yang juga di gemari masyarakat Indonesia dan sudah berkembang sejak dahulu adalah seni quilt. Meskipun quilt dan Needle Craft sudah di kenal serta berkembang sejak dahulu di Indonesia bahkan sudah memiliki penggemar tersendiri, namun gaungnya belum terdengar hingga mancanegara padahal potensinya cukup besar. Ini menjadi salah satu alasan Smesco Indonesia ingin mengembangkan serta memperkenalkan beragam seni kerajinan quilt dan needle di kalangan masyarakat Indonesia serta terutama dunia internasional dalam acara yang bertajuk "Pernik Nawacita Nusantara." Selain di gelar berbagai workshop kerajinan tangan baik yang berbayar maupun gratis, juga di selenggarakan berbagai takshow, fashion show yang memamerkan beragam hasil karya para UMKM Indonesia, pameran, serta beragam acara lainnya yang pastinya menjadi informasi yang sangat berharga bagi pengunjung. Disinilah Smesco Indonesia memiliki peran yang sangat penting, yaitu menjembatani antara para pelaku seni kerajinan tangan quilt dan needle dengan pengunjung atau orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap seni quilt dan needle craft.

Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017
Susunan acara Event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 (Dokpri)
Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017
Suasana Pameran Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 (Dokpri)
Event yang berlangsung selama tiga hari, mulai tangga 19 hingga 21 Oktober 2017 menghadirkan beragam acara yang pastinya memberikan benefit atau keuntungan bagi pengunjung, baik mendapatkan akses informasi beragam hasil UKM Indonesia maupun kesempatan untuk mengikuti berbagai workshop. Pembukaan event yang berlangsung tanggal 19 Oktober 2017 lalu di hadiri oleh berbagai tamu penting, diantaranya dari jajaran Kementerian terkait yaitu Koperasi dan UKM Bapak Agus Muharam dan Ibu Emilia Suhaimi, Ibu Rieke Dyah Pitaloka selaku anggota DPR dari Komisi 6, Ibu Dewi Motik Pramono selaku Duta Koperasi, dan tamu undangan lainnya. Acara pembuka ini juga dimeriahkan oleh fashion show yang menampilkan hasil kreasi UKM Indonesia, khususnya sulam dan rajut yang cantiknya tidak kalah dengan hasil kerajinan dari luar negeri. Dalam pembukaan event ini juga, Ibu Emilia Suhaimi selaku Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi Usaha Kecil Menengah (LLP KUKM) dari Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan "bahwa dengan diselenggarakannya event ini, Smesco Indonesia akan fokus meningkatkan seni perca dan mengangkat quilt sebagai salah satu kerajinan yang mendunia. Untuk mencapai tujuan ini dibutuhkan pengetahuan tentang produk, bahan, dan wawasan tentang dunia quilt dan needle (sulam dan rajut), dan event inilah yang akan menjawab semua tantangan tersebut."

Bertepatan dengan event pembuka ini juga diserahkan secara simbolis sebanyak 750 pad payudara rajut yang di buat oleh 75 sukarelawan pengrajin quilt bekerjasama dengan Yayasan Cancer Knitted Knocked Indonesia untuk penderita kanker payudara (Survivor) yang berpenghasilan rendah. Yap...selain acara yang sifatnya edukatif sekaligus membuka wawasan ternyata event ini juga menyelenggarakan acara untuk amal yang pastinya sangat bermanfaat untuk para penderita kanker payudara. Selanjutnya acara pembuka di tutup oleh peninjauan secara langsung oleh tamu undangan ke stand-stand UKM yang menjadi peserta event Smesco Indonesia. Yah, memang terdapat banyak stand menarik yang bisa di lihat pengunjung event ini, mulai dari yang memamerkan hasil kerajinan yang sudah siap hingga bahan-bahan untuk membuat berbagai kerajinan tersebut. Selain itu juga di pamerkan hasil karya peserta yang mengikuti Quilt Competition di tahun ini, dan pastinya benefit bagi pemenangnya sangat bermanfaat, mulai dari kesempatan untuk mendapatkan peluang spesial maupun wawasan ilmu kerajinan tangan yang makin bertambah.

Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017
Kerennya produk UKM Indonesia (Dokpri)
Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017
Suasana saat workshop berlangsung (Dokpri)
Menjelang sore di hari pertama event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 diselenggarakan workshop gratis yang diikuti puluhan peserta, yaitu belajar merajut dan membuat pembatas buku dari bunga kering. Peserta yang mengikuti sangat antusias, bahkan beberapa diantaranya adalah pemula yang sama sekali belum mengenal teknik merajut sehingga acara workshop belajar merajut berlangsung sangat meriah. Sama sekali belum pernah mengenal teknik merajut atau bahkan belum pernah mencoba merajut? Ternyata beberapa peserta pemula yang mengikuti workshop gratis ini cepat belajar dan berhasil menyelesaikan tantangan untuk merajut tatakan gelas berbentuk bunga dan daun, dan untuk mengapresiasi keberhasilan beberapa peserta workshop rajut pemula yang berhasil menyelesaikan tantangan tersebut pihak panitia telah menyiapkan hadiah, seperti voucher belanja dan lain-lain.

Selanjutnya di hari kedua event, yaitu tanggal 20 Oktober 2017 juga diselenggarakan beragam acara yang tidak kalah menarik dengan acara di hari pertama, antara lain talkshow, sharing peserta yang mengikuti Quilt Competition yang diadakan beberapa waktu sebelum acara puncak berlangsung serta workshop gratis. Sama seperti hari pertama event, workshop gratis hari ke-2 ini juga diikuti cukup banyak peserta. Ini menunjukkan bahwa sesungguhnya banyak masyarakat yang tertarik dengan seni kerajinan tangan baik tradisional Indonesia maupun handmade khas dari mancanegara, seperti seni quilting. Tentu saja peserta yang mengikuti berbagai acara dan pengunjung tidak hanya mendapatkan manfaat atau keuntungan dari event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 semata, namun juga peluang untuk mengembangkan keterampilan tersebut menjadi modal untuk memulai bisnis UKM.

Menjelang hari terakhir penutupan Event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017, yaitu tanggal 21 Oktober 2017 pun diselenggarakan beragam acara yang tidak kalah menarik dengan acara hari-hari sebelumnya. Selain pengunjung masih bisa menikmati beragam produk UKM Indonesia khususnya sulam dan rajut, juga diselenggarakan berbagai talkshow yang pastinya sangat bermanfaat baik untuk pelaku UKM sendiri maupun masyarakat umum yang memiliki minat untuk memasuki dunia bisnis kreatif Indonesia. Selain talkhow bisnis yang bisa membuka celah bagi pelaku UKM untuk mempelajari lebih dalam lagi ilmu tentang bisnis, juga diselenggarakan talkshow yang secara khusus membahas tentang kesehatan khususnya bahaya kanker. Tidak hanya di isi talkshow yang bermanfaat, menjelang penutupan event Smesco ini juga diselenggarakan workshop, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Saat jam-jam menjelang penutupan acara berlangsung juga diselenggarakan lelang Quilt dan kue yang bertujuan untuk amal, terutama yang ditujukan untuk para penderita kanker payudara, dan diikuti pengumuman pemenang lomba-lomba yang diselenggarakan panitia dalam rangka memeriahkan event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017.

Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017
Hasil karya peserta Quilt Compettion 2017 (Dokpri)
Dengan berakhirnya rangkaian acara event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017, maka diharapkan industri kerajinan tangan di Indonesia, khususnya sulam dan rajut akan semakin di kenal di dunia internasional, tidak heran jika dari beberapa workshop yang diselenggarakan panitia didatangkan pengajar khusus dari berbagai negara yang selama ini di kenal sebagai produsen quilt, yaitu Jepang, Thailand, dan Korea. Diharapkan peserta yang mendapat kesempatan untuk mengikuti workshop akan mendapatkan ilmu yang lebih sebagai modal untuk membuka peluang memasuki pasar internasional. Tidak bisa ikutan event tahun ini, jangan khawatir karena event-event seperti ini akan terus diselenggarakan Smesco Indonesia sebagai upaya untuk terus mendukung kemajuan UKM Indonesia agar berkembang dan menjadi salah satu industri handal serta mampu menembus pasar dunia.

Referensi tulisan :
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161121122525-92-174080/kontribusi-umkm-terhadap-pdb-tembus-lebih-dari-60-persen/
https://smescoindonesia.com/smesco-indonesia-angkat-seni-quilt-dan-needle/

Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017
Mejeng dulu saat pembukaan event Smesco 2nd Quilt & Needle Craft Festival 2017 (Dokpri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...