Senin, 27 November 2017

HIT Expert, Solusi Terbaik Basmi Nyamuk Bandel

Siapa yang menyangsikan kalau menanam aneka tanaman di lingkungan rumah memiliki banyak manfaat positif, mulai dari menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia hingga membantu mengurangi kebisingan. Selain itu ada manfaat positif lainnya, yaitu sebagai media yang membantu menyimpan cadangan air tanah serta membantu mendinginkan suhu rumah. Inilah yang menjadi salah satu alasan kami menanam aneka jenis tanaman di halaman rumah meskipun lahannya sangat terbatas seperti halnya rumah-rumah lainnya yang di bangun di kawasan perkotaan. Sepintas memiliki rumah dengan aneka jenis tanaman hijau membuat rumah terlihat asri dan teduh, namun jika tanaman tersebut tidak di rawat dan dibersihkan secara teratur justru bisa menjadi salah satu sumber masalah kesehatan bagi penghuni rumah, seperti menjadi tempat paling nyaman bersarangnya nyamuk. Seperti yang selama ini kita ketahui, nyamuk menjadi salah satu binatang yang paling mematikan di dunia karena bisa menjadi perantara berbagai jenis penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

HIT Expert solusi basmi nyamuk bandel
Nyamuk bandel mampu beradaptasi dan berkembang biak di mana saja (Dokpri)

Memang sejak dahulu saya mengangankan memiliki rumah yang asri dengan beragam jenis tumbuhan hijau dan meskipun lahan terbatas setidaknya hal tersebut bisa saya wujudkan, tapi ternyata konsekuensinya tentu saja saya harus meluangkan waktu secara teratur untuk merawat tanaman tersebut agar tidak menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Namun karena kesibukan yang saya alami membuat aktivitas merawat tanaman menjadi terganggu dan akibatnya tanaman tumbuh sangat rimbun. Kondisi ini semakin diperparah dengan cuaca yang tidak menentu karena sedang dalam masa pancaroba atau pergantian musim sehingga cuaca panas di siang hari bisa berubah menjadi hujan ketika sore hari. Tentu saja cuaca seperti ini menjadi sangat nyaman untuk nyamuk berkembang biak apalagi kondisi tanaman di halaman rumah sangat rimbun dan gelap sehingga jumlah nyamuk pun semakin bertambah dari biasanya. Tentu saja semakin banyak nyamuk membuat suasana rumah menjadi tidak aman dan nyaman, terutama saat malam hari karena meskipun sudah menggunakan obat anti nyamuk tetap saja masih ada nyamuk yang lolos dan membuat tidur anak-anak menjadi kurang nyenyak.

Tidak hanya membuat tidur kurang nyenyak, nyamuk juga sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan menjadi salah satu binatang yang paling mematikan di dunia berdasarkan data yang dikemukakan oleh World Health Organization (WHO) untuk tahun 2016 ada sekitar 725.000 orang yang meninggal akibat gigitan nyamuk. Tidak hanya itu, nyamuk juga bisa menjadi vektor yang mematikan seperti yang dikemukakan oleh Syafruddin, ahli nyamuk dan malaria dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, "nyamuk sangat berbahaya karena menjadi vektor berbagai jenis penyakit dan nyamuk bisa menyebarkan virus, parasit protozoa, hingga cacing." Untuk diketahui, dari sekitar 3.500 spesies nyamuk yang tersebar di bumi, ada tiga jenis spesies nyamuk yang sangat berbahaya dan mematikan, yaitu Aedes, Anopheles, dan Culex. Seperti yang telah kita ketahui, nyamuk jenis Aedes menjadi penular virus Deman Berdarah Dengue (DBD) dan nyamuk Anopheles menjadi penyebar penyakit malaria. Sedangkan nyamuk jenis Culex dikenal menularkan deman West Nile, Japanese Encephalitis, dan Lympatic Filariasis, yang menimbulkan infeksi.

HIT Expert solusi basmi nyamuk bandel
Nyamuk adalah salah satu binatang yang paling mematikan di dunia (Dok: Pixabay.com)
Meskipun bahaya gigitan nyamuk yang terbilang kecil sudah bukan hal baru lagi, dan sudah banyak cara serta upaya untuk memberantas penyebaran beragam jenis nyamuk, tapi tetap saja nyamuk hingga kini masih tetap eksis bahkan semakin merajalela menimbulkan lebih banyak lagi penyakit yang berbahaya dan mematikan untuk manusia. Terbukti hingga kini nyamuk memiliki kemampuan adaptasi yang terbilang sangat tinggi karena bisa melewati banyak zaman dan perubahan cuaca serta alam. Dari banyak binatang yang hidup sejak masa pra sejarah, hanya nyamuk yang sukses bertahan hidup hingga sekarang bahkan kemampuan berkembang biaknya semakin bertambah tinggi. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi kunci kemampuan bermutasi nyamuk hingga saat ini, yaitu:

  1. Terhadap perubahan lingkungan dan alam,
  2. Terhadap ketersediaan pangan,
  3. Terhadap aneka obat anti nyamuk.
Indonesia dengan iklim tropisnya menjadi tempat paling nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak, tidak heran jika dari tahun ke tahun jumlah korban akibat gigitan aneka jenis spesies nyamuk terus bertambah. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan Indonesia, tahun 2016 sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit Deman Berdarah Dengue (DBD) dan sebanyak 1.585 orang meninggal akibat penyakit tersebut. Jumlah korban ini tentu saja belum termasuk penyakit lainnya yang disebabkan gigitan nyamuk, dan menunjukkan betapa berbahayanya sekaligus betapa cerdasnya nyamuk, jadi jangan remehkan ukurannya yang kecil karena fakta membuktikan kecil bentuk dan gigitannya ternyata malah lebih berbahaya. Banyaknya fakta yang menunjukkan betapa berbahayanya gigitan nyamuk ini tentu saja membuat saya lebih waspada, apalagi rumah-rumah keluarga di Indonesia dengan kondisi iklim tropisnya menjadi tempat paling nyaman bersarang serta berkembang biak nyamuk, salah satunya di antara rimbunnya tanaman yang berada di halaman rumah saya. Untuk alasan itulah mengapa saya harus melakukan tindakan preventif dengan dua cara, yaitu membersihkan lingkungan rumah secara berkala terutama area yang menjadi favorit nyamuk berkembang biak dan bersarang, sedangkan cara yang kedua adalah menggunakan obat anti nyamuk yang efektif membasmi nyamuk.

Umumnya, seperti yang telah kita ketahui bahkan mungkin sudah sering kita lakukan tindakan pengendalian berkembangnya nyamuk penyebab BDB adalah dengan 3M plus, yaitu menguras, menutup tempat penampungan air, menyingkirkan barang atau kaleng bekas yang bisa menjadi tempat nyamuk berkembang biak, dan menggunakan obat pembasmi jentik nyamuk. Tapi ternyata tidak cukup hanya itu karena upaya pemberantasan berkembangnya suatu penyakit harus melalui tiga rangkaian aksi, yaitu pencegahan, pengobatan, dan rehabilitasi. Dalam sebuah keluarga, apabila ada anggota keluarga yang menderita penyakit tentu saja peran ibu menjadi sangat penting, tidak heran jika ibu rumah tangga diposisikan sebagai Care Giver, yang artinya ibu berperan menjaga, merawat, mengobati, sekaligus mencegah penyakit.

HIT Expert solusi basmi nyamuk bandel
Community Gathering bersama HIT Expert dan IIDN (Dokpri)
Sedemikian pentingnya peran ibu rumah tangga dalam upaya pemberantasan sekaligus pencegahan penyakit terutama yang disebabkan penularan nyamuk membuat Godrej Indonesia merasa perlu untuk menyelenggarakan acara community gathering yang bertujuan membuka akses informasi sekaligus membuka wawasan baru untuk ibu rumah tangga terutama yang tergabung dalam Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN) Jabodetabek tentang bahayanya nyamuk yang semakin cerdas berevolusi mengikuti perubahan iklim. Acara community gathering yang diselenggarakan tanggal 23 November 2017 lalu di EV Hive D'Lab, Jakarta tidak hanya menjadi ajang untuk sharing informasi serta pengetahuan baru seputar nyamuk yang makin hari makin cerdas berevolusi bersama narasumber sekaligus Brand Ambassador HIT, yaitu dr. Lula Kamal, namun juga menjadi ajang Godrej Indonesia melalui brand HIT meluncurkan produk terbarunya, yaitu HIT Expert sebagai solusi efektif membasmi nyamuk-nyamuk masa kini yang semakin bandel.

HIT Expert solusi basmi nyamuk bandel
Komunitas IIDN bersama narasumber dr. Lula Kamal (Dokpri)

HIT Expert solusi basmi nyamuk bandel
Sharing informasi seputar nyamuk bandel bersama HIT dan IIDN (Dokpri)

HIT Expert, Solusi Terbaik Basmi Nyamuk Bandel

Kok nyamuk bandel? Yap, dengan kemampuan bermutasi, beradaptasi, serta berevolusi, nyamuk-nyamuk masa kini bisa di bilang adalah nyamuk yang bandel dan tahan banting sehingga cara-cara sederhana yang dahulu masih efektif dilakukan untuk membasmi nyamuk kini sudah tidak mampu menekan laju pertambahan jumlah nyamuk. Pemanasan global yang akhir-akhir ini menjadi penyebab semakin panasnya suhu permukaan bumi ternyata juga berdampak pada siklus kehidupan nyamuk serta beragam penyakit yang ditimbulkannya. Untuk beradaptasi dengan perubahan iklim, mau tidak mau nyamuk harus berevolusi agar tetap eksis, caranya dengan semakin sering kawin dan berkembang biak. Ukuran nyamuk yang kini semakin kecil membuat nyamuk semakin sering dan agresif mengigit manusia untuk menyedot banyak darah untuk mengejar ke ukuran sesungguhnya sebagai salah satu syarat agar mampu berkembang biak. Hal inilah yang menjadi penyebab nyamuk makin bandel dan sulit untuk di basmi.

HIT Expert solusi basmi nyamuk bandel
Fakta nyamuk adalah binatang yang sangat berbahaya dan mematikan (Dokpri)
Seperti yang dikemukakan sebelumnya, bahwa ada tiga hal yang menjadi kunci kemampuan nyamuk bermutasi, salah satunya adalah kemampuannya untuk bertahan dari serangan aneka obat anti nyamuk, sehingga obat anti nyamuk biasa kini sudah tidak efektif lagi. Padahal dengan kondisi di mana nyamuk semakin sering kawin maka jumlahnya bisa dipastikan semakin meningkat. Tidak hanya itu, hadir di acara community gathering bersama HIT beberapa hari lalu memberikan saya banyak informasi baru, terutama sharing yang dikemukakan oleh dr. Lula Kamal seputar fakta nyamuk masa kini yang makin bandel, antara lain:

  • Nyamuk bisa berkembang biak hanya dengan air sebanyak 1 cc.
  • Umumnya nyamuk sangat suka sekali dengan bau tubuh manusia.
  • Nyamuk jaman sekarang semakin expert berkembang biak di segala cuaca.
  • Mitos bahwa nyamuk kebon tidak berbahaya adalah tidak benar karena bisa saja nyamuk tersebut tergolong jenis nyamuk yang mematikan.
  • Nyamuk aktif beraktivitas pada jam-jam tertentu, yaitu jam 7-12 siang dan jam 14-18, sehingga bisa di bilang inilah waktu yang ideal untuk menggunakan obat anti nyamuk.
  • Untuk penggunaan obat nyamuk elektrik disarankan digunakan pada ruangan yang lebih terbuka.
  • Nyamuk dapat bersarang atau bersembunyi di dalam dan luar ruangan, bisa di bilang di hampir setiap sudut rumah sangat potensial menjadi tempat nyamuk bersembunyi sehingga area persembunyian nyamuk semakin luas.
Dengan fakta-fakta ini tentu saja untuk membasmi nyamuk sekaligus mencegah terjangkitnya penyakit yang disebabkan nyamuk ini tidak lagi cukup hanya dengan melakukan langkah preventif yang sederhana saja namun harus dikombinasikan dengan penggunaan anti nyamuk yang lebih expert dan diformulasikan khusus untuk membasmi si nyamuk bandel ini, yaitu dengan menggunakan generasi baru "HIT Expert."

HIT Expert solusi basmi nyamuk bandel
Dua pilihan wangi baru yang premium dari HIT Expert untuk basmi nyamuk bandel (Dokpri)
Tadinya saya berpikir HIT Expert sama seperti anti nyamuk dari HIT lainnya yang memang selama ini terbukti membantu membasmi nyamuk termasuk nyamuk yang berbahaya. Tapi ternyata produk terbaru ini memang diformulasikan khusus untuk mengatasi nyamuk yang semakin bandel serta makin cerdas berevolusi untuk beradaptasi dengan perubahan iklim di bumi. Generasi baru HIT Expert memiliki empat kelebihan yang membuat produk anti nyamuk ini mampu menjadi solusi terbaik basmi nyamuk bandel, yaitu:
  1. Micro Particles, formulasi baru dengan partikel yang lebih kecil sehingga dapat bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel lebih efektif.
  2. Teknologi Double Nozzle, yang mampu menghasilkan semprotan menjadi lebih jauh dan merata ke seluruh ruangan termasuk sudut-sudut rumah yang sulit terjangkau sehingga kita bisa menyemprot secukupnya dan tidak boros.
  3. Kemasan baru Ergonomic Shape dengan desain cap yang ergonomis sehingga lebih nyaman ketika digenggam serta menghasilkan semprotan yang lebih halus.
  4. Ada dua pilihan wangi baru yang premium, yaitu Sweet Flower dan Fresh Citrus, yang tidak hanya efektif basmi nyamuk bandel namun juga membuat ruangan lebih harum dan segar. 
Meskipun produk ini masih terbilang baru diluncurkan, namun terbukti mampu membantu saya membasmi nyamuk yang tergolong bandel dan aktif menganggu kenyamanan istirahat anggota keluarga, terutama saat malam hari. Semakin sempitnya ruang gerak nyamuk bandel ini tentu saja akan membuat kemampuan berkembang biaknya semakin menurun, dan diharapkan angka jumlah korban gigitan nyamuk pun ikut menurun pula. Namun tentu saja, selain menggunakan obat anti nyamuk sebagai solusi terbaik basmi nyamuk bandel, ada langkah preventif lainnya yang tidak kalah pentingnya, yaitu menjaga kebersihan dan merawat lingkungan sekitar secara berkala apalagi jika di sekitar lingkungan tempat tinggal kita banyak di tanami pepohonan yang rimbun dan berdaun besar karena nyamuk sangat menyukai tempat-tempat seperti ini. Hingga saat ini pengalaman bertempur melawan nyamuk memang belum usai karena di basmi seribu maka akan lahir dengan cepat generasi baru nyamuk dengan jumlah yang sama bahkan lebih, tapi dengan hadirnya generasi baru HIT Expert sebagai solusi basmi nyamuk bandel setidaknya populasi nyamuk di sekitar lingkungan rumah bisa menurun dan mengurangi kemungkinan terjangkitnya penyakit akibat gigitan nyamuk.

HIT Expert solusi basmi nyamuk bandel
Nyamuk bandel makin eksis bersarang di mana saja (Dokpri)
Setidaknya ada dua langkah preventif yang bisa kita lakukan untuk membasmi nyamuk bandel di lingkungan rumah, yaitu area dalam rumah dan luar rumah. Untuk area dalam rumah perhatikan daerah-daerah berikut ini yang rentan menjadi lokasi bersarangnya nyamuk, antara lain:

  • Tumpukan baju, apalagi jika baju-baju tersebut kotor dan belum di cuci, biasanya nyamuk sangat suka sekali bersarang di tempat seperti ini karena itu hindari menumpuk baju terlalu banyak dan lama.
  • Tumpukan buku, apalagi jika buku-buku tersebut berjumlah banyak dan tidak di susun secara teratur atau dibersihkan sehingga menjadi lokasi favorit nyamuk berkumpul.
  • Lipatan tirai, kolong sofa, hiasan meja, hiasan dinding, gantungan baju, serta aquarium, juga menjadi lokasi favorit nyamuk bersarang dan berkembang biak, karena itu rajin-rajinlah membersihkan area tersebut secara teratur
  • Gunakan HIT Expert sebagai solusi terbaik basmi nyamuk bandel hingga ke akar-akarnya karena dengan formuka terbarunya HIT Export terbukti efektif membasmi nyamuk. Namun tentu saja, perhatikan secara seksama pentunjuk dan cara pemakaiannya karena meskipun produk ini terbilang aman bagi kesehatan, namun jangan lupa pemakaian obat anti nyamuk sembarangan bisa menimbulkan masalah lainnya.
  • Semprotan obat anti nyamuk ke daerah-daerah tersebut pada jam-jam nyamuk aktif bergerak seperti yang dikemukakan dr. Lula Kamal agar langkah membasmi nyamuk lebih efektif.
Sedangkan untuk area luar rumah, ada beberapa tempat yang biasanya menjadi lokasi favorit nyamuk bersarang serta berkembang biak, antara lain:
  • Tanaman yang tumbuh di halaman rumah, mungkin jika tanaman tersebut tidak terlalu banyak nyamuk tidak terlalu suka mendekati tempat tersebut, namun jika pohon-pohon yang tumbuh di halaman berdaun lebar dan rimbun, tentu saja ada area yang gelap dan lembab yang pastinya rentan menjadi tempat nyamuk bersarang. Untuk itu, lakukan pemangkasan dedaunan secara teratur dan rajin merawat tanaman tersebut. Jika menggunakan pot tanaman, perhatikan secara seksama saat menyiram tanaman tersebut agar tidak ada air yang mengenang di dalam pot tersebut dan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.
  • Ember dan gentong air yang berada di halaman rumah sebaiknya di tutup agar tidak menjadi tempat nyamuk berkembang biak.
  • Perhatikan talang air, jika tersumbat segera diperbaiki agar air tidak terdapat air mengenang dan air mengalir dengan lancar.
  • Mainan anak-anak juga bisa menjadi tempat bersarang serta berkembang biaknya nyamuk, apalagi jika mainan tersebut digenangi air atau masih terdapat bekas-bekas anak bermain. Sebaiknya setelah anak-anak bermain ajarkan untuk segera merapikan dan menyimpan alat-alat bermainnya, terutama alat bermain yang diperuntukan di luar rumah, karena jika lengah sedikit saja nyamuk segera mengambil alih dan menjadikan mainan tersebut sebagai tempat bersarang dan berkembang biak.
Jangan pernah sepelekan gigitan nyamuk yang terlihat kecil karena akibat yang ditimbulkannya sangat berbahaya bahkan mematikan, apalagi nyamuk berevolusi makin bandel sehingga dibutuhkan solusi terbaik yang lebih expert, yaitu dengan generasi baru HIT Expert yang dengan formula barunya mampu lebih efektif membasmi nyamuk bandel. 

Yuk...lindungi kesehatan keluarga dari gigitan nyamuk yang berbahaya dengan HIT Expert, nyamuk hilang bikin hati ibu lebih tenang.

Referensi tulisan :
Lembar fakta HIT Expert, basmi nyamuk bandel.
http://lifestyle.kompas.com/read/2016/02/24/110000523/Nyamuk.Spesies.Paling.Mematikan
http://journal.ui.ac.id/index.php/health/article/download/792/754

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...