Kamis, 28 September 2017

Aneka Peralatan Dapur yang Wajib Dimiliki Ibu Modern

Ibu masa kini atau kerap di sebut ibu modern seringkali harus berperan ganda, baik sebagai ibu rumah tangga maupun sebagai ibu pekerja. Terkadang keterbatasan waktu yang mereka miliki membuat sebagian ibu pekerja merasa kurang maksimal mengurus keluargannya, terutama dalam urusan menyiapkan hidangan untuk keluarga atau dengan kata lain memasak di dapur. Padahal, tidak sedikit lho ibu pekerja yang piawai menyiapkan hidangan dengan rasa yang tidak kalah dengan restoran atau rumah makan manapun, dan yang terpenting hidangan tersebut di masak dengan rasa cinta yang besar. Lantas, bagaimana menyiasatinya? Tentu untuk ibu pekerja yang memiliki waktu terbatas namun memiliki tekad kuat untuk selalu menyiapkan hidangan yang di masak sendiri membutuhkan alat bantu masak yang praktis. Dengan alat bantu masak praktis dan modern ini, waktu yang terbatas untuk menyiapkan hidangan tidak lagi menjadi masalah. Tidak hanya itu, urusan memasak di dapur menjadi lebih mudah dan cepat jika memiliki aneka peralatan dapur yang pastinya sudah di desain sedemikian rupa menjadi alat bantu masak ibu masa kini yang nyaris tidak memiliki waktu luang yang cukup.

Aneka peralatan dapur
Ini lho aneka peralatan dapur untuk ibu modern (Gambar: Pixabay)

Lantas, apa saja sih aneka peralatan dapur yang memiliki kemampuan lebih sebagai alat bantu memasak bagi ibu masa kini yang memiliki waktu terbatas tersebut? Berikut aneka peralatan dapur yang dengan kemampuannya bisa membantu ibu masa kini memaksimalkan waktunya di dapur.
  1. Panci berukuran besar. Terkadang beberapa orang menganggap memiliki panci berukuran kecil sudah cukup, terutama bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga tidak banyak. Tapi sebenarnya, memiliki panci berukuran besar jauh lebih bermanfaat dan suatu saat pasti ibu akan membutuhkan panci ini jika harus memasak lebih banyak. Namun, pastikan untuk membeli panci yang memang sudah di desain untuk berbagai keperluan, seperti memasak sop, saus untuk membuat pasta, atau bahkan bisa digunakan untuk memasak nasi jika diperlukan. Selain itu, memiliki panci berukuran besar juga bermanfaat untuk membuat masakan dalam jumlah banyak sehingga ibu tidak perlu memasak berkali-kali, seperti ketika akan ada arisan keluarga, keluarga yang berkunjung ke rumah, makan bersama teman dan kolega, dan acara lainnya yang tentunya membuat ibu harus memasak lebih banyak dari biasanya.
  2. Alat pemotong makanan. Selama ini pisau menjadi alat bantu utama yang harus selalu ada di dapur, tapi ternyata tidak semua ibu rumah tangga mahir menggunakan pisau terutama jika terburu-buru harus menyelesaikan pekerjaan dapurnya, salah-salah pisau tersebut bisa melukai ibu. Untuk itulah, alat pemotong makanan menjadi solusi untuk mengatasi masalah yang kerap di alami ibu rumah tangga sekaligus ibu pekerja. Bagaimana tidak? Alat pemotong makanan ini terbilang sangat praktis dalam penggunaannya dan membantu meminimalisir waktu ibu di dapur. Alat bantu masa kini di dapur ini bisa di beli dengan mudah di toko atau pusat penjualan aneka peralatan dapur, biasanya selain digunakan untuk membantu memotong sayuran, alat ini juga bisa digunakan untuk mengupas beragam buah.
  3. Blender. Rasanya hampir semua rumah tangga modern memiliki alat ini, selain praktis dan membantu menghemat waktu ternyata blender juga memiliki fungsi yang cukup komplit sebagai salah satu alat bantu di dapur yang memudahkan ibu pekerja. Selain fungsi utamanya untuk membuat jus, ternyata blender bisa digunakan untuk menghaluskan berbagai jenis bumbu masakan sehingga kita tidak perlu capek-capek lagi menguleknya. Tidak hanya praktis, blender bisa membantu menghemat waktu sehingga kita bisa mempergunakan waktu untuk melakukan pekerjaan atau hal lainnya. 
  4. Wajan bergagang. Ternyata memiliki wajan bergagang jauh lebih bermanfaat ketimbang wajan biasa karena memiliki fungsi yang sangat banyak. Tidak hanya untuk mengoreng, wajan jenis ini juga bisa digunakan untuk memangang tanpa harus menggunakan alat panggang seperti versi yang lama. Saat ini tersedia dua jenis wajan bergagang, yaitu dengan pelapis atau tanpa pelapis. Untuk diketahui, wajan berlapis lebih mudah dalam urusan membersihkannya karena lemak atau sisa makanan tidak akan menempel kuat di wajan. Selain itu, wajan berlapis juga bisa membentu menghemat penggunaan minyak goreng sehingga sajian yang dimasak ibu akan lebih sehat karena tidak menggunakan minyak goreng terlalu banyak.
  5. Microwave. Sepintas banyak orang yang menganggap Microwave hanya digunakan untuk memanggang saja, padahal fungsinya lebih dari itu. Microwave bisa membantu aneka pekerjaan dapur ibu pekerja sehingga aktivitasnya di dapur lebih singkat dan efisien, seperti memasak mie instan, memanaskan makanan, atau memasak aneka hidangan tanpa harus takut gosong karena timer pada Microwave akan mengontrol makanan yang dimasukkan sesuai dengan tingkat kematangan yang kita inginkan karena microwave akan mati dengan sendirinya.
  6. Pisau Koki. Biasanya pisau koki terdiri dari beragam jenis pisau dalam satu paket, dan ternyata masing-masing pisau memiliki fungsi tersendiri sehingga proses memotong bahan masakan akan lebih cepat. Selain itu, menggunakan pisau sesuai fungsinya akan menghindarkan sajian yang kita buat tercampur baunya dengan bahan masakan lain.
Uraian di atas hanya mengulas sedikit aneka peralatan dapur yang bisa digunakan sebagai alat bantu agar urusan memasak menjadi lebih praktis dan hemat waktu, terutama untuk ibu pekerja masa kini yang tidak memiliki cukup waktu luang untuk berlama-lama di dapur. Selain itu, aneka peralatan ini juga membantu ibu pekerja tetap bisa menghidangkan makanan terbaik untuk keluarga tanpa harus mengorbankan waktunya terlalu lama.  Jadi...segera miliki aneka peralatan dapur tersebut, namun pastikan untuk membeli sesuai kebutuhan agar peralatan dapur tersebut tidak mubazir dan membuat sempit ruangan dapur.

1 komentar:

  1. Halo mbak Elisa, waaaah aku sih udah punya semua tersebut di atas kecuali pisau 1 set hehe..soalnya suka bingung dengan aneka bentuk dan fungsi pisau2 itu yang beberapa buah. Kalau panci besar aku biasa pakai buat bikin ketupat lebaran. Blender, wajan bergagang juga ada. Pemotong makanan yang spesifik kayaknya belum deng hehehe. Kapan2 mesti melengkapi deh biar makin rajin masaknya.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...