Senin, 10 April 2017

Yuk Trip Keliling Indonesia bersama Turis Cantik, Lifestyle Blogger Jakarta

Indonesia itu sangat luas dan kaya, tidak hanya bentangan alamnya namun juga adat istiadat serta budayanya, karenanya sungguh beruntung jika seseorang bisa memiliki kesempatan menjelajah daerah-daerah cantik di Indonesia yang terkenal sebagai destinasi wisata hingga ke mancanegara. Meskipun belum memiliki kesempatan untuk menjelajah berbagai daerah atau destinasi wisata di Indonesia, bukan berarti kita tidak punya kesempatan lho untuk melihat indahnya alam di daerah lain di Indonesia, karena kita bisa melihat melalui artikel bertema travelling yang banyak di tulis blogger-blogger Indonesia, salah satunya adalah teman arisan link Blogger Perempuan saya, yaitu mbak Muthia Pakpahan dengan blognya "Turis Cantik." Jujur saya agak minder dapat tugas ngereview blognya mbak Turis Cantik, habis selain isinya pengalaman asyik ngetrip ke berbagai daerah di Indonesia, juga ada pengalaman keliling berbagai negara di dunia lho, jadinya siapapun yang berkunjung ke blognya mbak Turis Cantik bisa dapet paket yang super lengkap 😀.

Turis Cantik
Serba-serbi Blog Turiscantik.com (Gambar : Blog Turiscantik.com)

Selain artikel yang berlabelkan trip, blog Turis Cantik juga memiliki kategori lain yang pastinya sama menariknya dengan cerita-cerita saat trip keliling Indonesia atau mancanegara, yaitu review, kuliner, dan cerita keseharian sebagai ibu dari satu putra. Namun, khusus untuk menuliskan review arisan link kali ini, saya ingin mengambil kategori Trip Indonesia, siapa tahu nanti saya ketularan bisa keliling beberapa destinasi wisata di Indonesia seperti mbak Turis Cantik, dan saya sudah memiliki referensi kira-kira lokasi mana saja yang enak untuk di singgahi (kapan yah??). Kalau menurut Wikipedia, ada karakteristik khusus yang membuat suatu daerah atau tempat dapat memenuhi kriteria sebagai obyek atau destinasi wisata, yaitu ada sesuatu yang menarik untuk di lihat, ada sesuatu yang khas untuk dijadikan oleh-oleh atau di beli, serta ada suatu aktivitas yang dapat dilakukan di lokasi tersebut. Mau tahu lokasi atau daerah wisata mana saja di Indonesia yang sudah pernah di datangi mbak Turis Cantik, berikut sedikit review-nya (sedikit ya, kalau mau informasi lebih detail bisa langsung berkunjung ke blog Turiscantik.com, di jamin langsung mupeng...hahaha).

Lokasi Trip Indonesia pertama yang bikin saja tertarik adalah Bintan Lagoon Resort, tidak hanya resortnya yang keren banget tapi lokasi Pulau Bintan itu sendiri yang juga bikin saya penasaran. Selama ini saya hanya mengenal Pulau Bintan sebagai salah satu daerah bagian dari Propinsi Kepulauan Riau, dan layaknya sebuah pulau pastilah destinasi wisatanya sebagian besar adalah pantai. Tapi ternyata pantai di Pulau Bintan ini sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara, bahkan di antara wisatawan yang gemar berwisata sambil menyelam. Sungguh beruntung mbak Turis Cantik mendapat kesempatan berlibur di salah satu resort, tepatnya Bintan Lagoon Resort yang dari foto-fotonya saja sudah kelihatan sangat cantik dan indah. Selain berlibur asyik menikmati suasana pantai, ternyata resort ini juga memiliki fasilitas lain yang semuanya bikin betah wisatawan yang berkunjung. Oh ya, menurut mbak Turis Cantik, perjalanan menuju resort ini tidak terlalu jauh, hanya sekitar 1 jam melalui jalan darat dari Tanjung Pinang, ibukota Propinsi Kepulauan Riau.

Lanjut ke artikel mbak Turis Cantik berikutnya masih dalam kategori trip keliling Indonesia, dan kali ini saya mendarat di artikel yang menceritakan asyiknya menikmati wisata alam di Sumbawa Barat, tepatnya di Pantai Kertasari. Bagi yang penasaran dengan lokasi wisata pantai ini, menurut mbak Turis Cantik dalam artikelnya yang berjudul "indahnya Pantai Kertasari, Sumbawa Barat NTB," daerah wisata ini masuk dalam Kecamatan Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Desa ini terkenal sebagai salah satu penghasil rumput laut yang berkualitas, dan hasil panennya sudah di kirim ke hampir seluruh daerah di Indonesia lho, selain itu ternyata desa ini juga memiliki pantai yang cantik dan cocok dikembangkan sebagai salah satu lokasi wisata pantai di Sumbawa Barat, sungguh beruntung mbak Turis Cantik bisa menjelajah cantiknya salah satu pantai di Nusa Tenggara Barat. Selain menjelajah wisata alam, ternyata di daerah ini tepatnya di Kecamatan Taliwang merupakan daerah asal kuliner yang namanya sudah cukup terkenal se-antero Indonesia lho, apalagi kalau bukan Ayam Taliwang, yang ternyata berasal dari nama daerah di Sumbawa Barat ini lho...hmmm pastinya enak yah bisa langsung icip-icip kuliner ini langsung dari daerah asalnya.

Turis Cantik
Foto : Instagram Mutthz Pakpahan
Selain dua artikel tersebut, masih banyak artikel kece bertema wisata ke beberapa daerah di Indonesia lainnya yang bikin saya mupeng setengah mati bacanya, ternyata selain artikel yang menceritakan kisah perjalanan mbak Turis Cantik ke berbagai lokasi wisata di Indonesia, ada beberapa tips yang masih berhubungan dengan travelling lho yang pastinya sangat bermanfaat, salah satunya adalah tips menemukan kembali koper yang hilang saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang yang judul artikelnya "tragedi koper hilang." Ingat koper saat penerbangan, jadi ingat Alm mama saya yang kalau naik pesawat terbang tidak pernah lupa mengikatkan pita merah dan kuning pada kopernya, alasannya kalau cuma satu warna masih bisa tertukar dengan koper lain padahal kami sudah memasang name tag pada kopernya, namun mama selalu bersikeras caranya itulah yang paling benar dan tidak tanggung-tanggung pita yang di pasang lumayan panjang...hadeuhh tapi memang bermanfaat juga karena dari jauh kopernya pasti sudah terlihat karena lambaian pita-pitanya😂. Tapi dari beberapa tips yang dibagikan mbak Turis Cantik, ternyata cara yang digunakan mama saya terbilang cukup ampuh lho. Berikut beberapa tips yang saya kutip dari artikel yang di tulis Mbak Turis Cantik dalam blog kecenya tersebut.
  • Jangan lupa pasang Name Tag. Setuju dengan tipsnya mbak Turis Cantik, Name Tag sangat penting dan harus di pasang pada bagasi untuk berjaga-jaga agar koper tidak tertukar jika kebetulan ada koper yang sama jenis dan warnanya, selain itu tentu saja untuk berjaga-jaga juga jika suatu saat koper kita tertukar atau tertinggal. 
  • Tips lainnya yang tidak kalah pentingnya menurut mbak Turis Cantik adalah pastikan untuk selalu menggunakan kunci keamanan ganda. Umumnya koper-koper yang diproduksi di masa sekarang sudah memiliki sistem pengamanan yang cukup canggih, mulai dari gembok biasa hingga kunci dengan angka pin yang biasanya sudah tersemat di koper tersebut. Untuk mengantisipasi hal-hal yang merugikan ada baiknya kita menggunakan semua kunci pengaman, apalagi jika kita berencana untuk bepergian dengan jarak yang cukup jauh dan waktu penerbangan yang cukup lama.
  • Berikan tanda unik pada koper tersebut, bisa berupa stiker bergambar atau tulisan tertentu untuk melengkapi name tag yang sudah terpasang di koper tersebut. Hal ini untuk memudahkan kita memberikan ciri-ciri khusus kepada petugas, siapa tahu suatu saat koper kita tertukar saat penerbangan.
Selain tiga tips tersebut, masih ada tips lainnya yang sangat penting jika kita berencana untuk bepergian ke daerah atau negara lain, jika penasaran bisa langsung berkunjung ke blog Turiscantik.com lho. Terus...lanjut lagi mengulik postingan mbak Turis Cantik berikutnya yang sepertinya edisi terkini alias postingan paling gress saat saya mereview blognya Turiscantik.com, yang lagi-lagi membahas tips penting untuk para travellers, yaitu mengatasi jet lag. Biasanya jet lag kerap di alami seseorang yang baru saja melakukan perjalanan melintasi beberapa zona waktu, dan terkadang mengakibatkan sedikit masalah kesehatan, biasanya yang kerap di alami sebagian besar orang adalah pusing, apalagi yang baru saja melakukan penerbangan dalam waktu yang cukup lama. Nah...jika kebetulan ada yang mengalami masalah seperti ini, mbak Turis Cantik ada tips atau cara yang cukup membantu jika kebetulan mengalami yang namanya jet lag, diantaranya berikut ini.
  • Untuk mengatasi gangguan tidur, usahakan untuk mengikuti jam tidur negara asal dan jika melakukan penerbangan malam atau diri hari maka kita bisa tidur dengan nyenyak kalau jam biologis kita pada saat itu memang jam tidur.
  • Banyak minum air putih dan isotonik. Wah ternyata minum air putih yang banyak pun sangat dianjurkan untuk menghindari yang namanya jet lag, apalagi jika melakukan penerbangan panjang, jangan lupa untuk konsumsi air putih sebanyak-banyaknya.
  • Sebaiknya mengurangi minuman bersoda atau caffein. Untuk menghindari jet lag atau perasaan yang tidak enak pada tubuh ketika melakukan penerbangan dalam jarak yang cukup jauh, ternyata sangat dianjurkan untuk mengurangi minuman bersoda juga cafeein. Memang, sepanjang pengalaman saya, jangankan untuk penerbangan dengan jarak yang cukup jauh sedangkan untuk penerbangan biasa sekalipun saya sangat menghindari yang namanya minuman bersoda karena efeknya sangat tidak enak untuk tubuh kita lho. 
Beberapa tips itulah yang dibagikan mbak Turis Cantik untuk mengatasi jet lag, dan selain tips atau cara tersebut, masih ada beberapa cara efektif lainnya yang bisa di baca pada postingan atau artikel yang berjudul "Jet Lag? Atasi dengan 5 cara ini."

Satu hal yang membuat saya salut adalah di sela kesibukan sebagai ibu pekerja atau working mom, mbak Turis Cantik sangat rajin mengupdate blognya serta membalas komentar dari pengunjung blognya, jadi malu hati karena saya terhitung jarang mengupdate blog dan nyaris tidak tepat waktu membalas komentar di blog saya apalagi komentar di blog saya harus di approved terlebih dahulu, kadang suka terlewatkan. Padahal resolusi tahun ini inginnya saya lebih rajin update, blogwalking, dan membalas komentar di artikel saya lho, tapi belum juga kesampaian dan mudah-mudahan mereview blognya mbak Turis Cantik bisa membangkitkan semangat saya untuk lebih rajin lagi😂, biar tulisan saya makin oke seperti mbak Turis Cantik, yang singkat, padat, serta bermanfaat. Jika berencana ingin nge-trip, baik di Indonesia atau mancanegara, jangan lupa berkunjung dulu ke Turiscantik.com, karena ada banyak artikel atau postingan yang sangat bermanfaat dan menjadi referensi bagi traveller sebelum melakukan perjalanan wisata.

Tangerang, April 2017, postingan untuk Arisan Link Blogger Perempuan grup V.

1 komentar:

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...