Selasa, 14 Maret 2017

Nyamannya Streaming Musik Legal Dengan New Aplikasi Langit Musik

Apa sih arti musik buat kalian? Kalau buat saya, musik adalah sahabat sejati yang selalu hadir saat saya membutuhkannya, di mana saja dan kapan saja bahkan saat di perjalanan sekalipun, karena mendengarkan musik kini sudah tidak ribet lagi berkat hadirnya aplikasi streaming musik yang dapat di akses dengan mudah melalui smartphone. Hadirnya aplikasi streaming musik harusnya juga mampu meminimalisir kasus musik illegal yang dari tahun ke tahun tidak pernah berkurang jumlah kasusunya, bahkan cenderung mengalami peningkatan seiring semakin berkembangnya teknologi, sungguh memprihatinkan. Masalah musik illegal ini pula yang menjadi fokus utama dibicarakan saat perayaan Hari Musik Nasional tanggal 9 Maret 2017 lalu di Istana Kepresidenan, di mana sekitar 200 musisi tanah air mulai dari angkatan tua hingga musisi muda hadir untuk memperingari hari bersejarah bagi insan musik Indonesia, termasuk Raisa sebagai salah satu artis musik yang beruntung mendapatkan sepeda dari Presiden Joko Widodo, dan Raisa ini salah satu artis favorit saya lho.

New Aplikasi Langit Musik
Streaming musik sebagai solusi mengatasi musik ilegal (Pic: Pribadi)

Berdasarkan hasil survei perilaku konsumen yang dilakukan Shopback ternyata jumlah konsumen di Indonesia yang berbelanja musik secara online belum begitu banyak jumlahnya, bahkan dari sekitar 2.300 respoden yang di data, hanya sekitar 16,3 persen yang pernah melakukan pembelian musik secara legal. Namun yang paling menyedihkan ternyata lebih dari separuh responden yang di data tersebut pernah mengunduh musik secara ilegal. Tentu saja ini bukanlah hal baru, karena Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) menyebutkan bahwa sejak tahun 2007 industri musik bajakan terus melesat bahkan hingga menyentuh level lebih dari 90 persen. Tentu saja untuk kasus ini ada faktor-faktor yang menjadi penyebabnya, terutama untuk alasan mengapa masyarakat enggan atau tidak tertarik untuk membeli atau mendengarkan musik secara legal.
  1. Alasan yang pertama dan terutama harga yang terlalu mahal sehingga responden enggan untuk membeli produk musik secara legal. Ini dibuktikan dengan hasil survei yang mencapai angka 44,4 persen.
  2. Merasa kesulitan untuk melakukan proses pembelian atau transaksi, terutama karena harus memiliki kartu kredit, dan untuk alasan ini ada sebanyak 27,8 persen responden. 
  3. Sisanya sekitar 25,2 persen mengeluhkan proses pembelian yang terbilang cukup rumit dan masih asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, sehingga terkadang masih ada masyarakat yang lebih memilih mengunduh musik secara ilegal melalui media online.
Padahal kebiasaan mengunduh musik secara ilegal melalui media online justru akan membahayakan perangkat atau smartphone miliknya atau sangat beresiko sekali karena rentan di susupi berbagai aplikasi yang berbahaya, belum lagi jika di tinjau dari aspek hukum di mana pelaku yang mengunduh musik secara ilegal akan di kenai Pasal Pelanggaran Hak Cipta sebagaimana yang di atur dalam pasal 72 ayat (1) Undang-undang No. 19 Tahun 2002 yang mengatur tentang Hak Cipta, dengan ancaman pidana penjara dan/atau denda. Namun tentu saja tidak mudah untuk memupuk kesadaran masyarakat betapa membeli musik secara legal merupakan bagian dari upaya untuk mengapresiasi karya cipta seseorang yang pastinya tidak mudah untuk menghasilkannya. Sama seperti menulis artikel original yang harus melalui proses yang cukup panjang, mulai dari mencari referensi yang cocok hingga menuangkan kata demi kata hingga menjadi satu tulisan atau artikel yang bermuatan edukasi, informasi, dan membuka wawasan pengetahuan baru bagi masyarakat. Musik pun demikian, tidak hanya membuat seseorang yang mendengarkan musik menjadi terhibur, musik juga ternyata memiliki manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh seseorang, diantaranya:
  • Membantu meningkatkan suasana hati atau mood menjadi lebih baik. Sebuah penelitian pada tahun 2011 di Kanada yang diterbitkan Jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengarkan musik favorit dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk. Bahkan, lebih lanjut dikemukakan dalam penelitian di McGill University Montreal Kanada disebutkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin yang berhubungan dengan perasaan senang dan bahagia.
  • Membantu mengurangi stress. Musik memang membantu menormalkan denyut jantung sehingga tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks, sehingga stress berkurang.
  • Membantu tidur lebih nyenyak. Ada jenis-jenis musik yang membantu tubuh lebih rileks dan tenang sehingga tanpa sadar membuat seseorang tertidur pulas. 
  • Membuat pikiran lebih fokus sehingga membantu meningkatkan kinerja seseorang dalam bekerja dan beraktivitas. Ada jenis-jenis musik yang membantu seseorang menjadi lebih fokus sehingga pekerjaan yang sedang dilakukannya menjadi lebih cepat selesai.

New Aplikasi Langit Musik
Mendengarkan musik baik untuk kesehatan (Pic: Pribadi)
Hadirnya aplikasi streaming musik merupakan solusi untuk memudahkan mendengarkan lagu dari mana saja dan kapan saja tanpa harus repot-repot mengunduh musik-musik tersebut hingga menghabiskan memori smartphone. Tidak hanya itu, aplikasi streaming musik ini bahkan sudah dilengkapi fitur yang memudahkan mendengarkan musik secara offline sehingga tidak akan menghabiskan kuota internet. Namun tentu saja untuk mengakses fitur ini ada sejumlah persyaratan tetentu, yaitu harus berlangganan dengan berbagai pilihan jangka waktu dan besarnya biaya berlangganan. Hal ini selain sebagai solusi untuk mendengarkan musik tanpa menghabiskan kuota internet dan ruang penyimpanan smartphone, juga sebagai bentuk apresiasi terhadap karya musik para musisi yang bersusah payah untuk menuangkan ide serta kreativitasnya hingga menghasilkan satu karya musik yang memberikan banyak manfaat positif bagi masyarakat. Salah satu aplikasi mobile streaming musik yang hadir dengan tampilan terbaru dan fitur yang lebih lengkap adalah aplikasi Langit Musik.

Cari Tahu Fitur-fitur Asyik Di New Aplikasi Langit Musik Di Sini

Munculnya berbagai aplikasi streaming musik ini tentu memberikan dampak positif bagi berbagai pihak, tidak hanya bagi pihak penyedia aplikasi belaka, namun juga bagi musisi, label rekaman, hingga pengguna aplikasi tersebut. Stabilnya bahkan cenderung mengalami peningkatan angka pengguna internet di Indonesia membuat pengguna aplikasi streaming musik pun mengalami peningkatan yang tentu saja menjadi kabar gembira bagi penyedia layanan streaming musik.. Di sisi lain, bagi musisi, hadirnya aplikasi streaming musik ini menjadi salah satu media untuk mempromosikan sekaligus mendistribusikan karya-karya mereka secara instant, cepat dan tepat mengenai sasaran. Sedangkan bagi pengguna, kehadiran aplikasi ini membuat akses musik menjadi lebih mudah, bahkan pengguna bisa mengakses ribuan musik dari puluhan tahun yang lalu dengan mudah, dari mana saja, dan kapan saja. Namun, ada yang lebih penting dari kemudahan yang ditawarkan aplikasi streaming musik ini, yaitu menjadi solusi yang cukup efektif untuk menurunkan angka mengunduh atau mengakses musik ilegal di kalangan masyarakat.

Berdasarkan hasil riset yang di rilis IP Awareness Foundation pada tahun 2016 menunjukkan penurunan angka pembajakan sebesar 29 persen dibandingkan tahun 2014. Dengan demikian terbukti bahwa hadirnya aplikasi streaming musik membuat masyarakat memiliki pilihan untuk mendengarkan musik secara legal, aman, fleksbel dan lebih murah, seperti yang ditawarkan aplikasi streamin musik legal dan aman yaitu aplikasi Langit Musik. Langit Musik adalah layanan musik yang dipersembahkan secara khusus oleh salah satu provider terbesar di Indonesia, yaitu Telkomsel dan bekerja sama dengan PT. Melon Indonesia. Aplikasi Langit Musik hadir untuk memberikan layanan streaming musik berkualitas secara legal, aman dan tanpa batas, dengan jumlah koleksi mencapai 6 juta musik, baik lokal maupun internasional dari berbagai genre musik.

Saat ini aplikasi langit Musik hadir dengan tampilan dan wajah baru yang dapat di akses melalui smartphone berbasis Android melalui aplikasi New Langit Musik. Tapi sebenarnya selain berbasis Android, aplikasi ini juga tersedia untuk smartphone yang berbasis IOS serta dapat di akses juga melalui komputer. Namun tentu saja selain smartphone berbasis Android, tampilan aplikasi Langit Musik masih sangat terbatas dan tidak selengkap Android. Kebetulan sehari-hari saya adalah pengguna smartphone yang berbasis IOS, meskipun fiturnya tidak selengkap smartphone berbasis Android setidaknya untuk mengakses lagu dengan akun FREEmium sudah cukup baik dengan kualitas musik yang menurut saya sangat bagus, berikut tampilan aplikasi Langit Musik berbasis IOS.

New Aplikasi Langit Musik
Tampilan aplikasi Langit Musik yang berbasis IOS (Pic: Pribadi)
Meskipun terbilang cukup nyaman, tetap saja ketika mencoba mengakses aplikasi Langit Musik melalui smartphone berbasis Android, rasanya berbeda dengan tingkat kenyamanan yang lebih tinggi, karena fitur-fitur yang tersedia lebih lengkap dan memudahkan pengguna untuk mengakses jutaan koleksi lagu pada aplikasi Langit Musik. Jika pada aplikasi Langit Musik berbasis IOS pengguna tidak dapat mendaftar secara langsung melalui aplikasi melainkan harus melalui website Langit Musik, namun tidak pada aplikasi yang berbasis Android di mana pengguna dapat mendaftar dengan mudah dan langsung mengakses semua fitur yang tersedia pada aplikasi streaming musik tersebut menggunakan akun FREEmium yang dapat ditingkatkan dengan mudah menjadi Premium. Nah...untuk mengakses fitur Premium ini masih sangat sulit jika dilakukan secara langsung pada aplikasi berbasis IOS.

New Aplikasi Langit Musik
(Pic: Pribadi)
Sebelum mencari tahu lebih lanjut seperti apa sih fitur-fitur dari New Aplikasi Langit Musik, ada baiknya menyimak informasi ini bahwa tidak semua smartphone berbasis Android bisa mengunduh aplikasi ini,  karena hanya bisa di unduh pengguna Android Versi 4.4 ke atas atau minimal OS Android Kitkat. Selain itu, aplikasi ini hanya bisa di akses bagi pelanggan Telkomsel dengan menggunakan paket data regular. Seperti biasa untuk mendownload aplikasi melalui smartphone berbasis Android harus melalui aplikasi Play Store atau Google Play dengan mengetikkan kata Langit Musik pada menu search, setelah proses pengunduhan selesai maka aplikasi Langit Musik pun siap menemani hari-hari sebagai sahabat terbaik yang selalu hadir setiap saat, kapan pun dan di mana pun. Setelah aplikasi siap di akses, untuk mendaftar atau login ke aplikasi Langit Musik, pengguna harus mempergunakan nomor Telkomsel-nya. Ada beberapa fitur utama pada New Aplikasi langit Musik, yaitu :

Fitur Jelajah atau Explore

Pada fitur ini, pengguna dengan mudah dapat menjelajahi berbagai genre musik yang di kemas dalam berdasarkan berbagai rekomendasi, mulai dari Langit musik sendiri maupun berdasarkan musik terakhir yang sering di dengar dan menjadi favorit pengguna, bahkan pengguna bisa menemukan lagu keren yang memiliki banyak followers dan jika suka bisa ikutan follow kumpulan lagu tersebut. Fitur ini sungguh memudahkan pengguna menemukan referensi musik berdasarkan genre musik yang sering di dengar sehingga tidak perlu repot untuk memasukkan kata kunci pada menu search untuk mencari musik yang sesuai selera pengguna. Selain menemukan lagu-lagu favorit, pengguna juga bisa menemukan lagu dari berbagai genre yang sedang hits, lagu-lagu baru, album musik top artis, musik dari berbagai aliran, atau musik berdasarkan mood pengguna.

New Aplikasi Langit Musik
(Pic: Pribadi)

Fitur #TAGSTATION

Tidak mau ribet mencari lagu? Bisa menggunakan fitur ini, karena terdapat playlist yang direkomendasikan dari berbagai aliran atau genre musik, baik nasional maupun internasional, lengkap dengan rekomendasi sesuai suasana hati pengguna disertai 'quote' yang asyik dan enak di baca.

New Aplikasi Langit Musik
(Pic: Pribadi)
Fitur Trending

Nah, kalau fitur yang satu ini sepertinya hanya ada di New Aplikasi Langit Musik deh, karena saya belum pernah menjumpai fitur yang bisa mengetahui musik-musik hits apa saja di berbagai kota di Indonesia. Fiturnya keren, hanya tinggal klik titik-titik warna-warni yang tersebar di peta Negara Indonesia, maka kita bisa tahu lagu yang lagi hits di daerah tersebut, bahkan kita bisa mengetahui lagu yang masuk 10 top hits di daerah tersebut secara detail, keren kan!

New Aplikasi Langit Musik
(Pic:Pribadi)
Fitur Laguku atau My Music

Sesuai nama fiturnya, pada area inilah pengguna bisa menemukan kembali lagu-lagu favorit-nya atau yang sering di dengar sehingga tidak mengalami kesulitan saat hendak memutar kembali lagu-lagu tersebur, baik yang baru saja didengarkan atau yang sering di dengar berulang-ulang.

New Aplikasi Langit Musik
(Pic: Pribadi)
Fitur Pemberitahuan atau Notification

Secara garis besar, ada 3 menu utama yang tersemat pada fitur ini, yaitu menu Update, di mana pengguna bisa mengetahui update atau kabar terbaru dari artis yang di follow atau teman-teman yang di follow. Selain itu, ada menu berbagi dengan saya atau Share with me, di mana pada menu ini pengguna bisa berbagi musik yang sedang di dengar dengan teman-teman yang sudah di follow dan menfollow pengguna tersebut. Sedangkan untuk menu yang terakhir adalah menu Promosi yang membantu pengguna menemukan informasi baik tentang playlist terbaru, promo berhadiah, kuis berhadiah, dan lain-lain.

New Aplikasi Langit Musik
(Pic: Pribadi)
Fitur Spesial Untuk Mengatur Akun Pengguna

Fitur ini memiliki menu yang sangat beragam yang digunakan untuk mengatur atau setting akun pengguna, mulai dari mengubah profile, mengatur notification, mengubah bahasa aplikasi, mengatur privasi aplikasi, mengatur settingan equalizer suara untuk musik, melihat serta mengatur kapasitas ruang data yang telah diberikan aplikasi Langit Musik kepada pengguna, serta informasi detail tentang aplikasi Langit Musik.

New Aplikasi Langit Musik
(Pic: Pribadi)
Secara keseluruhan untuk streaming musik asyik di aplikasi Langit Musik ada dua cara, yaitu dengan akun free atau FREEmium dan dengan akun Premium atau berbayat. Jika pengguna ingin menguprade ke akun Premium, pada aplikasi Langit Musik yang berbasis Android sudah tersedia menu khusus sehingga pengguna tinggal klik menu tersebut dan tersedia dua paket pilihan, yaitu LangitMusik Premium 30 hari dan 7 hari. Dengan berlangganan akun Premium, pengguna akan mendapatkan akses untuk streaming dan download lagu sepuasnya sehingga dapat mendengarkan musik secara offline di mana saja dan kapan saja, bahkan saat tidak tersambung koneksi internet sekalipun.

Dalam pembaharuan aplikasi Langit Musik yang dirilis belum lama ini, pengguna semakin merasa nyaman untuk streaming musik karena ada sejumlah perbaikan dan penambahan menu, antara lain saat pengguna upgrade ke akun Premium untuk mendengarkan musik secara offline lebih mudah, lebih mudah untuk sign of dan merubah password, tampilan lirik yang lebih oke dan enak di baca, serta perbaikan sistem sehingga tidak di jumpai kendala saat streaming musik baik secara online maupun offline. Tidak hanya itu, dalam versi terbarunya kali ini, aplikasi Langit Musik sudah tersedia untuk Android 7.0 atau OS terbaru Android Nougat, meskipun belum mencoba tapi pastinya lebih baik dan ringan saat streaming musik online maupun offline. Terus kapan nih Langit Musik memperbaharui aplikasi di IOS...ditunggu lho😁.

Nyamannya Streaming Musik Legal Dengan New Aplikasi Langit Musik

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, hadirnya aplikasi streaming musik setidaknya mampu menurunkan angka pembajakan atau mengunduh lagu secara ilegal, karena saat ini dengan harga berlangganan internet yang cukup terjangkau, masyarakat dapat mendengarkan ratusan ribu bahkan jutaan lagu melalui aplikasi streaming musik. Bahkan, untuk mendengarkan lagu secara offline, aplikasi streaming musik seperti Langit Musik menyediakan harga upgrade ke akun premiun yang terbilang lebih murah, bayangkan jika kita harus membeli albumnya secara langsung, nyaman kan!
 
Belum lagi kita tidak perlu repot-repot menyediakan space atau ruang kosong pada smartphone karena tidak semua smartphone memiliki ruang penyimpanan yang berkapasitas besar, nah dengan aplikasi Langit Musik sudah disediakan ruang penyimpanan khusus yang dapat di akses secara offline jika berlangganan akun Premium, bagaimana? Tambah nyaman kan streaming lagu di Langit Musik. Kenyamanan semakin bertambah karena mendengarkan lagu melalui aplikasi streaming musik sangat legal dan kita bisa mengapresiasi karya musik musisi plus mendapatkan hiburan yang membuat tubuh kita lebih sehat, persis seperti yang telah disebutkan pada bagian awal tulisan ini. Jika merasa musik memberikan kontribusi yang cukup besar dalam kehidupan kita, jangan ragu untuk mendengarkan musik secara legal, karena itu merupakan salah satu wujud rasa terima kasih atas kebaikan yang telah kita dapatkan dari karya cipta para musisi tersebut.

Tidak hanya itu, kenyamanan saat streaming musik legal dengan New Aplikasi Langit Musik semakin bertambah menurut saya karena faktor-faktor berikut :
  • New Aplikasi Langit Musik sangat mudah digunakan, bahkan untuk pengguna akun yang masih baru sekalipun karena begitu masuk aplikasi, sudah di suguhi deretan album atau kumpulan musik hits dari banyak musisi.
  • Lebih mudah mendapat akses informasi lagu-lagu atau musik yang sedang hits di berbagai daerah di Indonesia, dan fitur ini terbilang merupakan terobosan baru nan inovatif untuk aplikasi langit Musik.
  • Bisa saling share atau bertukar informasi playlist atau lagu dengan orang-orang yang menfollow akun Langit Musik kita, atau mendapatkan informasi Playlist terbaru dari akun teman yang kita follow. Selain itu, kita bisa mendapatkan update terbaru dari artis favorit yang sudah kita follow lho, terutama jika artis tersebut merilis lagu barunya.
  • Sambil share playlist, kita juga bisa membangun jaringan pertemanan atau networking dengan teman-teman media sosial kita yang juga memiliki akun Aplikasi Langit Musik lho, baik di Facebook maupun Twitter, jadi tidak hanya sebatas share lagu yang sedang didengarkan melalui akun media sosial melainkan bisa saling berinteraksi layaknya timeline media sosial, namun hanya terbatas dengan teman yang memiliki akun Langit Musik juga.
Gimana ngak nyaman streaming musik dengan Aplikasi Langit Musik, karena sambil mendengarkan musik kita juga berinteraksi atau saling share info playlist keren terbaru sehingga kita juga bisa update lagu-lagu baru yang hits saat ini atau lagu-lagu nostalgia masa lalu yang ternyata sampai saat ini masih suka bikin kita "baper" maksimal. Tapi yang bikin saya tambah suka dengan New Aplikasi Langit Musik, album-album musiknya cukup lengkap, bahkan album yang fisiknya dahulu pernah saya miliki tapi sekarang sudah hilang entah kemana, saat mendengarkan lagu masuk berbentuk kaset, ternyata ada lho di Aplikasi Langit Musik.

Saran? Sepertinya untuk saat ini saya cukup puas hanya berharap semoga New Aplikasi Langit Musik seperti di Android akan segera bisa di nikmati untuk smartphone berbasis IOS. Selain itu, saya berharap dengan semakin terjangkaunya harga berlangganan akun Premium Aplikasi Langit Musik, kasus pengunduhan lagu ilegal akan semakin turun sehingga bisa membangkitkan semangat musisi untuk terus berkarya melahirkan musik-musik yang berkualitas dengan dukungan penuh Langit Musik. Tidak lupa yang terakhir, saya juga berharap Langit Musik memberikan ruang bagi musisi pemula untuk mempromosikan sekaligus mendistribusikan karya mereka, karena banyak musik-musik berkualitas yang juga lahir dari musisi-musisi yang berlabel "indie" lho, terutama karya anak bangsa agar semakin mudah di akses masyarakat lintas negara secara legal.

Melalui New Aplikasi Langit Musik diharapkan masyarakat akan lebih teredukasi untuk masalah pembajakan atau pengunduhan lagu secara ilegal, karena hal itu jelas sangat merugikan, tidak hanya bagi perkembangan musik Indonesia namun juga berdampak buruk pada perangkat yang digunakan. Lebih nyaman kok streaming musik legal, selain memberikan apresiasi terhadap musik itu sendiri, hati dan pikiran juga menjadi lebih sehat karena musik memberikan banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh manusia.

Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger.

Referensi tulisan :
http://hiburan.metrotvnews.com/read/2016/12/11/626665/hasil-survei-belum-banyak-orang-indonesia-yang-belanja-
http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt4b202fd2a0be8/aspek-hukum-unduh-lagu-di-internet
http://doktersehat.com/manfaat-mendengarkan-musik-bagi-kesehatan/
http://www.langitmusik.co.id/faq

6 komentar:

  1. Langitmusik emang keren, saya udah coba dengerin musiknya lewat appsnya, kualitas suaranya oke banget, dolby digital gitu ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, apalagi dengan new app langit musik makin keren dan nyaman deh streaming musik.

      Hapus
  2. Sayangnya org2 masih banyak yg ga peduli ya mbak, ttp aja lbh menyukai donlod yg ilegal. Pdhl itu sama saja mematikan kreatifitas senimannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, juga berpotensi merusak perangkat lho, udah banyak yang coba-coba download illegal bikin perangkat rentan di susupi virus berbahaya.

      Hapus
  3. Dengerin musik memang asyik ya, apalagi ada LangitMusik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin langit-langit hidup kita semakin ceria ya mbak berkat Langit Musik.

      Hapus

Terima kasih atas kunjungan dari teman-teman, dan saya usahakan untuk berkunjung balik secepatnya. Mohon maaf karena kolom komentar saya moderasi untuk menghindari link-link hidup yang tersemat di kolom komentar akhir-akhir ini. Terima kasih banyak atas pengertiannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...